Blog ›

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing?

Tren digital marketing saat ini mulai dikenal di kalangan masyarakat, terutama bagi para pelaku bisnis. Kemudahan serta efektivitas pun menjadi alasan kenapa mereka memilih untuk mulai beralih ke digital. Tapi apa sebenarnya digital marketing itu?

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Namun tahukah Anda bahwa digital marketing ternyata sudah ada sejak lama?

Istilah digital marketing memang baru ramai seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet. Namun ternyata teknologi digital sudah mulai dipakai sejak tahun 1910. 

Pada waktu itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung Metropolitan Opera di New York dan dapat didengarkan oleh orang-orang di beberapa lokasi yang berbeda di New York menggunakan earphone.

Perkembangan komputer dan selanjutnya kelahiran internet memperluas pengertian digital marketing. Digital marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau milyaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya. 

Berbeda dengan sebelum adanya internet, aktivitas digital marketing kini tidak lagi bersifat satu arah.

Kelebihan Digital Marketing

Keuntungan utama digital marketing ialah Anda dapat menarget pasar yang lebih luas menggunakan biaya yang jauh lebih sedikit dan menggunakan cara-cara yang jauh lebih dapat diukur.

1. Biaya Jauh Lebih Rendah untuk Jangkauan yang Sama

Anda bisa menjangkau seluruh dunia (asalkan Anda sanggup memenuhi permintaan dari seluruh dunia) dengan biaya yang jauh lebih rendah dengan menggunakan website. Namun perlu diingat, kemudahan ini juga diperoleh pemilik bisnis lain termasuk kompetitor Anda.

Untuk mengungguli situs web kompetitor, Anda tetap perlu melakukan promosi yang lebih baik dari kompetitor Anda. Ada 2 macam “promosi” yang umum dilakukan para pemilik website, yaitu SEO atau Search Engine Optimization dan Iklan.

Kedua cara tersebut sama-sama memakan biaya. Sama halnya dengan era sebelum digital marketing, budget dan metode promosi siapa yang lebih efektiflah yang akan memenangkan persaingan.

2. Mempermudah Komunikasi Berkala

Mempertahankan pelanggan bisa jadi lebih sulit dan memakan biaya daripada memperoleh pelanggan baru. Namun hasilnya sangat sebanding dengan usahanya.

Digital marketing memungkinkan tim Anda untuk tetap menjalin komunikasi dengan para pelanggan menggunakan cara yang halus, akrab dan hemat biaya. Para pelanggan yang merasa diperhatikan akan lebih mudah mengingat merek produk atau jasa Anda dibanding saingan.

Seorang pelanggan yang setia pada produk atau jasa Anda juga lebih besar kemungkinannya untuk melakukan transaksi berulang kali membeli produk atau jasa lain yang Anda tawarkan dan bahkan menyarankan orang-orang di sekitar mereka untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

3. Mudah Memilih Target Spesifik

Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu mereka akan melalui beberapa tahap pembelian dan tahap yang paling awal ialah pencarian informasi. Pada masa sebelum digital marketing pemilihan target sudah dapat dilakukan namun sangat jauh dari kata spesifik dan tidak efisien.

Cara marketing konvensional tidak menyediakan banyak pilihan segmen pasar sehingga efisiensi pemasangan iklan konvensional sangat rendah atau bahkan tidak dapat diukur. Di era marketing digital Anda ada lebih banyak segmen pasar yang tersedia untuk dijadikan target pemasaran Anda.

Jika Anda menjual mobil dan memasang reklame maka Anda tidak dapat memilih siapa saja yang dapat melihat papan reklame Anda. Meskipun Anda dapat memasang reklame di jalan yang berada di perumahan elite namun Anda tidak dapat memilih untuk menampilkan reklame hanya pada mereka yang sedang ingin membeli mobil.

Marketing digital memungkinkan Anda melakukan persis hal tersebut di atas!

 

Target digital marketing lebih spesifik

Saat ini jauh lebih mudah untuk membagi pasar ke dalam segmen-segmen tertentu karena banyak platform digital marketing memungkinkan Anda untuk memilih target pasar yang spesifik. 

Anda bahkan dapat mengarahkan iklan atau promosi digital yang Anda buat agar ditampilkan pada orang-orang yang memiliki minat tertentu, berada pada usia tertentu, sudah berkeluarga atau belum bahkan rentang pendapatan tertentu.

Selain itu kelahiran digital marketing memungkinkan para pemilik usaha untuk melacak setiap tahapan yang dilalui oleh pelanggan bahkan mulai dari saat mereka mencari informasi solusi permasalahan yang mereka hadapi.

Dengan banyaknya pilihan digital marketing yang ada saat ini Anda dapat mengiringi setiap tahap perjalanan pembelian seorang calon pelanggan dan menggiring mereka untuk memilih produk atau jasa Anda. 

Ada banyak sarana yang tersedia untuk mengekspos produk atau jasa Anda kepada calon pelanggan dan program-program analisis andal yang memungkinkan Anda untuk mengukur sarana mana yang paling efektif dalam menarik pelanggan baru.

Penargetan yang lebih spesifik ini tentu saja akan memperbesar kemungkinan target pasar untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan karena semakin relevan dalam kehidupan mereka.

Tidak menjadi masalah bagaimana para pelanggan menemukan produk atau jasa Anda. Baik itu melalui mesin pencari, iklan di medsos, iklan website, kunjungan organik media sosial dan lain-lain, Anda selalu dapat berinteraksi dengan mereka secara jauh lebih mudah dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka secara langsung.

4. Mudah Diukur Efektivitasnya

Tidak seperti cara pemasaran konvensional yang lebih mahal dan sulit diukur efektivitasnya, platform iklan online dan organik jauh lebih terjangkau dan efektivitasnya sangat dapat diukur. 

Selain itu Anda dapat memantau performa iklan dan konten organik secara berkala serta mengetahui berapa banyak orang yang melihat iklan maupun konten Anda serta profil orang-orang tersebut.

Tergantung platform analisis apa yang Anda gunakan, Anda akan dapat melihat usia dan jenis kelamin, minat, tempat tinggal, bahasa mereka, perangkat apa yang mereka gunakan untuk melihat konten Anda serta berbagai komponen lainnya.

Profil pengunjung website berdasarkan usia dan jenis kelamin
Profil pengunjung website berdasarkan usia dan jenis kelamin
Profil pengunjung website berdasarkan minat mereka
Profil pengunjung website berdasarkan minat mereka

5. Mudah Disesuaikan

Keajaiban digital marketing tidak berhenti di situ. Selain itu memantau performanya Anda juga dapat membuat perubahan-perubahan yang perlu untuk meningkatkan performa iklan bahkan saat iklan sedang berjalan. 2 hal inilah yang tidak mungkin dilakukan pada media iklan konvensional. Anda tidak mungkin mengubah materi reklame atau iklan media yang sedang berjalan tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Berikut ini beberapa metrik yang berguna dalam mengukur performa suatu iklan:

  • Cost-per-click (CPC)
  • Return on investment (ROI)
  • Customer acquisition cost (CAC)
  • Customer lifetime value (CLTV)

Anda juga dapat menyesuaikan konten website Anda dengan pengunjung tertentu. Misalnya jika pengunjung baru maka website menampilkan promosi, namun jika yang datang ialah pelanggan lama maka website akan menampilkan produk lain yang belum pernah ia beli.

Semakin banyak data pelanggan yang Anda miliki dan terhubung dengan website Anda maka semakin banyak penyesuaian dan modifikasi yang dapat Anda buat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyusun Strategi Digital Marketing yang Tepat?

Tantangan dalam Digital Marketing

Kelebihan dan kemudahan pemasaran digital yang disebutkan di atas tidak membuatnya tanpa tantangan. Seperti halnya marketing konvensional, tantangan-tantangan tersebut harus diatasi agar Anda dapat memperoleh manfaat digital marketing dengan maksimal.

Investasi Waktu

Media digital seperti Facebook dan iklan Google memerlukan banyak waktu untuk menguji keefektifan setiap konten dan materi iklannya. Karena banyaknya parameter yang dapat diatur maka waktu yang dibutuhkan untuk trail and error jauh lebih banyak daripada cara pemasaran konvensional yang tidak terlalu dapat di utak-utik. Namun begitu tim Anda menemukan formula yang cocok dengan tujuan bisnis Anda, mereka dapat mereplikasinya dengan jauh lebih mudah dan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Bisnis Anda Jauh Lebih Terekspos

Hal ini merupakan kelebihan namun juga dapat menjadi tantangan atau menimbulkan kesulitan jika tidak siap mengatasinya. Pelanggan dapat memutuskan untuk mengeluh mengenai produk atau jasa Anda di media sosial mereka sendiri. Tergantung seberapa baik tim Anda dapat menanganinya, hal ini dapat mengangkat maupun menjatuhkan brand Anda.

Waktu untuk Pelatihan

Sudah cukup banyak orang di Indonesia yang mengenal digital marketing namun sayangnya masih belum menjadi hal yang umum. Bisa jadi Anda maupun tim Anda akan memerlukan waktu untuk mempelajarinya agar dapat memanfaatkannya dengan maksimal. Selain itu ada banyak tools dan layanan pemasaran digital yang berbeda cara penggunaan dan tujuannya satu sama lain sehingga untuk memilih yang cocok juga membutuhkan waktu.

Regulasi Privasi

Undang-undang dan peraturan terkait privasi pengguna perlu diperhatikan dan dipahami agar usaha-usaha untuk mengenali profil pelanggan tidak menyalahi hukum.

Baca juga: Bagaimana Menentukan KPI Digital Marketing dengan Konsep SMART

Platform dan Contoh Digital Marketing di Era Internet

A. Search Engine Optimization (SEO)

Penggunaan search engine atau mesin pencari untuk aktivitas marketing dapat dilakukan dengan cara organik (Search Engine Optimization) maupun berbayar menggunakan iklan.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization

Sesuai namanya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya-upaya yang dilakukan agar sebuah halaman web menempati urutan terbaik pada hasil pencarian (hampir semua pengelola web mengoptimasi website mereka untuk Google karena Google merupakan mesin pencari yang palig banyak digunakan di dunia). Posisi yang dianggap baik dalam hal ini ialah di halaman pertama dan posisi terbaiknya ialah tentu saja posisi teratas.

Berbeda dengan iklan, SEO memerlukan waktu lebih lama agar hasilnya dapat terlihat namun hasil tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan iklan.

a. On Page SEO

On page SEO merupakan upaya-upaya optimasi yang dilakukan dari dalam situs web. Upaya-upaya ini meliputi:

  • Keyword research – pemilihan keyword atau kata kunci yang akan digunakan di halaman tersebut
  • Content Marketing – Konten merupakan salah satu dari 2 faktor terbesar yang mempengaruhi ranking sebuah halaman di hasil pencarian. Semakin bermanfaat konten suatu halaman maka lebih besar peluang halaman tersebut menempati peringkat atas hasil pencarian dan semakin banyak pengunjung yang dapat diperoleh.

Namun perlu diingat, konten tersebut juga harus diperlukan oleh pengunjung. Jika tidak banyak orang yang memerlukan konten yang Anda buat maka tidak banyak juga yang akan mengunjungi halaman Anda. Untuk hal inilah keyword research sangat diperlukan karena melalui keyword research Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang mencari informasi mengenai topik tertentu.

  • Optimasi kecepatan halaman – jika ada 2 halaman yang isinya sama bagusnya maka Google akan menempatkan halaman yang dimuat lebih cepat di posisi yang lebih tinggi
  • Penggunaan sub header yang tepat – Sub header membantu pembaca mengetahui sub topik pembahasan dalam suatu artikel. Namun ternyata mesin pencari juga terbantu dengan penggunaan sub header yang ideal karena algoritma mereka dirancang untuk mencari halaman yang paling berguna dan enak dibaca untuk manusia.
  • Link internal – Membahas sebuah topik beserta sub-sub topiknya akan membuat ukuran sebuah halaman menjadi terlalu besar dan melelahkan untuk dibaca. Oleh karena itu Anda dapat membagi sebuah topik ke dalam beberapa artikel dan menghubungkan satu artikel dengan artikel yang lain untuk menciptakan serangkaian pembahasan yang lengkap. Cara seperti ini akan lebih optimal untuk posisi website Anda dibandingkan membahas keseluruhan topik dalam satu artikel yang sangat panjang.
  • Optimasi URL – kata-kata dalam URL tidak akan membuat website Anda otomatis berada di halaman pertama namun sekali lagi, jika ada 2 halaman yang sama bagusnya maka Google akan memprioritaskan halaman yang URLnya mengandung keyword yang digunakan oleh pengunjung untuk mencari informasi.
  • Optimasi title dan description tag – Sama halnya dengan optimasi URL. Title dan description tag yang enak dibaca dan mengandung keyword yang ditarget akan lebih diprioritaskan oleh Google.
  • Dan lain-lain

b. Off Page SEO

Sedangkan Off page SEO merupakan upaya-upaya optimasi yang dilakukan dari luar situs web. Off page SEO didominasi oleh 2 aktivitas yaitu:

  • Link building – Faktor terpenting dalam off page SEO dan satu dari 2 faktor utama SEO selain konten. Semakin banyak link dari website lain yang mengarah ke halaman website Anda maka semakin tinggi pamor website Anda di mata Google. Link dari website lain diibaratkan orang-orang yang merekomendasikan produk atau jasa Anda. Semakin banyak orang yang merekomendasikannya (atau link yang diperoleh) maka semakin besar tingkat kepercayaan website Anda.

Tentu saja tidak semua link itu sama. Ada link dari website tertentu yang nilainya lebih tinggi dari website lainnya. Kembali ke perumpamaan tadi, rekomendasi untuk produk atau jasa Anda yang berasal dari seorang ahli akan lebih bernilai dan lebih dapat dipercaya daripada rekomendasi seorang awam.

  • Social sharing – Erat kaitannya dengan Social Media Marketing di bawah. Konten website yang dibagikan dan memperoleh banyak interaksi di media sosial akan memiliki nilai tambah di mata Google. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami jenis konten apa saja yang efektif dalam menjaring interaksi untuk setiap media sosial.

Jika Anda sudah memiliki website, kami menganjurkan Anda melakukan audit website untuk mengetahui bagian mana saja pada website Anda yag masih dapat dioptimalkan. Ikuti saja panduan audit website kami yang lengkap dan ramah bagi pemula untuk membantu Anda memperoleh gambaran mengenai keoptimalan website Anda.

c. Technical SEO

Technical SEO adalah teknik optimasi situs web dan server yang membantu spider mesin pencari (web crawler) untuk merayapi dan mengindeks situs Anda secara lebih efektif dalam rangka untuk membantu meningkatkan peringkat organik.

2. Search Engine Advertising

Anda juga dapat mendatangkan pengunjung ke website Anda dengan menggunakan iklan. Kelebihan dari iklan ialah hasilnya bisa langsung terlihat namun kekurangannya, begitu Anda menghentikan iklan maka aliran pengunjung bisa berhenti begitu saja kecuali Anda juga mendatangkan pengunjung dengan cara organik di atas.

Ada banyak metode yang umum dipakai dalam beriklan, antara lain:

  • Pay Per Click (PPC): Anda membayar setiap kali iklan Anda diklik. Platform iklan PPC search engine yang paling banyak digunakan saat ini ialah Google Ads.
  • Pay Per View/Impression: Anda membayar setiap kali iklan Anda dilihat. Penayangan dihitung saat pemirsa menonton iklan video selama 30 detik (atau sepanjang durasi video jika video kurang dari 30 detik) atau berinteraksi dengan iklan, mana saja yang terjadi lebih dulu.

B. Social Media Marketing

Seperti halnya pada mesin pencari, ada cara untuk mendatangkan pengunjung ke akun media sosial Anda secara organik dan ada juga yang berbayar.

Digital marketing media sosial

1. Social Media Optimization

Setiap media sosial memiliki ciri khasnya masing-masing. Ini berarti tidak semua jenis konten dapat menghasilkan interaksi yang bagus di semua media sosial. Sebagai contoh:

  • YouTube dan Facebook sangat cocok untuk konten video
  • Instagram sangat cocok untuk foto dan kata-kata mutiara
  • LinkedIn untuk lowongan pekerjaan, berita seputar perusahaan Anda dan konten profesional
  • Pinterest untuk infografis dan instruksi bergambar

Perlu diperhatikan juga media sosial apa yang populer di suatu negara. Di Indonesia konten berupa lowongan pekerjaan mungkin akan memperoleh lebih banyak interaksi jika diposting di Facebook daripada di LinkedIn karena LinkedIn belum terlalu populer di kalangan pencari kerja Indonesia.

Baca juga: Rangkuman Ukuran Feed Instagram Terupdate

2. Social Media Advertising

Ada banyak media sosial yang menawarkan fasilitas untuk beriklan di platform mereka. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri dan dapat diatur untuk audiens yang spesifik.

Contohnya di Facebook Ads Anda dapat mengatur agar iklan Anda hanya dilihat oleh pengguna wanita yang berusia 19-25 tahun dan suka memasak.

C. Affiliate Marketing

Affiliate marketing ialah suatu bentuk pemasaran di mana Anda orang-orang untuk mereferensikan produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan imbalan sejumlah komisi tertentu. Contoh yang paling dikenal dalam metode pemasaran ini ialah Amazon Associates di mana mereka memiliki ratusan ribu jika tidak jutaan orang yang mereferensikan produk yang dijual di Amazon.

D. Email Marketing

Email marketing merupakan suatu metode di mana bisnis Anda berkomunikasi langsung dengan para pelanggan maupun calon pelanggan menggunakan email. Menurut statistik email marketing memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam memperoleh pelanggan baru daripada media sosial.

Email juga merupakan metode yang ideal untuk komunikasi jangka panjang dengan para responden salah satunya karena orang-orang jarang mengganti alamat email mereka.

Jika Anda ingin kegiatan email marketing secara efektif dan efisien, Anda dapat menggunakan salah satu tools CRM (Customer Relationship Manager) yang dapat mengelola hubungan serta mengatur email seperti apa yang harus dikirimkan agar tercapai kesuksesan dalam penjualan maupun pemasaran yang dilakukan. 

E. Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.

Beberapa jenis konten dapat Anda gunakan seperti:

  1. Hiburan

  2. Informasi

  3. Edukasi

  4. Inspirasi

  5. Tips, Trick, dan Tutorial

Maka itu, konten yang dibuat harus relevan agar tercipta perasaan butuh dari audiens yang akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

F. Video Marketing

Video Marketing adalah suatu metode pemasaran baru dalam marketing online yang menggunakan media Video. Video Marketing merupakan strategi terbaik pemasaran bisnis/ brand Anda di era digital ini. 

Mengapa? Karena jika video marketing telah terkonsep dan menarik hasilnya, video ini bisa menampilkan gambar dan audio secara bersamaan yang mudah diserap audiens, sekaligus mengubah audiens menjadi customer Anda.

Aset Digital Marketing

Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang pelaku bisnis untuk tahu teknik dan sumber daya yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset. Kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing antara lain:

  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (Logo, Profil Perusahaan)
  • Jejak online (Review/Feedback/Testimoni dari pelanggan, dll.)

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan layak untuk dibagikan.

Baca juga: Tutorial Digital Marketing: Mengenal User Journey

Hal lain yang cukup penting adalah keaktifan Anda dalam forum online. Usahakanlah profil usaha Anda punya rating dan kesan yang baik dari para pelanggan.

Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang Anda miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika Anda sudah mulai paham mengenai digital marketing, ada baiknya Anda paham juga mengenai komponen pengeluaran serta biaya digital marketing sebagai acuan dasar.

Kursus Online

1. Hubspot Academy

HubSpot merupakan salah satu vendor CRM (Customer Relationship Software) yang berbasis di Amerika Serikat. HubSpot ternyata juga menyediakan beragam kursus gratis di dunia digital marketing secara lengkap lewat situs academy-nya.

Mulai dari Inbound Marketing, Social Media Advertising, Google Ads, dan banyak lagi. Dan yang membuatnya lebih seru, kelas-kelas di HubSpot juga dilengkapi dengan workbook dan test bersertifikat secara gratis.

2. LinkdIn Online Course

Jika Anda adalah pengguna sosial media LinkedIn, maka seharusnya Anda tidak asing dengan layanan kursus online gratis ini. Di LinkedIn, Anda bisa mempelajari dunia digital marketing secara lengkap dan sebagian kelasnya ada yang gratis.

Namun perlu diingat, hanya kelas-kelas pemula saja yang diberikan cuma-cuma. Jika Anda tertarik untuk mempelajari bidang tersebut lebih lanjut, maka Anda harus berlangganan terlebih dahulu dengan biaya sekitar 300 US Dollar setiap bulannya.

3. SEMRush Academy 

Tertarik untuk mendalami dunia SEO? SEMRush Academy memberikan berbagai kelas gratis untuk Anda yang tertarik dengan seluk beluk mesin pencari. 

Mengingat SEMRush sendiri adalah salah satu vendor tools SEO yang ternama di dunia, maka kelas yang diberikan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

SEMRush juga memberikan sertifikasi setiap kelasnya secara gratis. Perlu diketahui bahwa sertifikat yang ada di SEMRush memiliki kadaluarsa, sehingga harus Anda perpanjang kembali setiap kurun waktu tertentu.

4. Sasana Digital Lab

Sasana Digilab merupakan kursus online digital marketing dengan harga yang terjangkau serta materi yang lengkap dan praktisi. Disana Anda akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera memulai digital marketing hingga membahas secara lengkap mulai dari persiapan, strategi, hingga optimalisasi iklan yang akan Anda jalankan. 

Manfaatkan Kelebihan Digital Marketing Mulai Sekarang!

Dunia sedang melakukan transformasi digital dan untuk itulah kami hadir. Kami dapat membantu Anda dalam berbagai layanan jasa digital marketing mulai dari strategi iklan Facebook sampai SEO yang akan melejitkan bisnis Anda, baik start up maupun bisnis yang telah berjalan sekian lama.

Saluran media digital dengan cepat mengubah cara berinteraksi dengan pemirsa dan bagaimana mereka memandang merek Anda, jadi penting bagi Anda untuk mencoba metode yang pemasaran yang baru alih-alih mengandalkan taktik tradisional seperti iklan cetak atau papan reklame. Pemasaran digital menawarkan alternatif yang lebih masuk akal untuk menjangkau pelanggan potensial dan akan menghemat waktu dan uang jika digunakan dengan benar.

Dengan digital marketing, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang tidak pernah Anda bayangkan dapat dijangkau dengan biaya rendah. Produk atau jasa Anda akan dapat menjangkau jauh lebih banyak orang dari sebelumnya!

Penutup

Tren digital marketing saat ini mulai dikenal di kalangan masyarakat, terutama bagi para pelaku bisnis. Keuntungan utama digital marketing ialah Anda dapat menarget pasar yang lebih luas menggunakan biaya yang jauh lebih sedikit dan menggunakan cara-cara yang jauh lebih dapat diukur.


Bagi kamu yang masih bingung memahami konsep dasar digital marketing secara menyeluruh, kursus online ini adalah solusi yang tepat buatmu!

Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera memulai digital marketing. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan

Logo Perusahaan Sasana Digital clear

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Artikel Lainnya

Langganan Kabar Terbaru dari Kami

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊