Blog ›

Simak 12 Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

I

Tahukah Anda, kelebihan digital marketing bisa menjadi pondasi dasar untuk meraih kesuksesan kampanye pemasaran bisnis?

Tentu bukan rahasia lagi jika digital marketing menjadi strategi pemasaran yang powerful, namun masih banyak pebisnis yang belum memanfaatkannya. Ada kemungkinan pebisnis tersebut tidak memahami kelebihan digital marketing bagi bisnisnya.

Lantas, apa dampak kegunaan kelebihan dan kekurangan pemasaran online bagi kesuksesan pemasaran bisnis? Artikel ini akan mengulas kelebihan dan kekurangan digital marketing bagi kesuksesan pemasaran bisnis Anda secara lengkap. Simak sampai habis, ya!

12 Kelebihan Digital Marketing

Setelah memasuki era digital, banyak pebisnis yang mulai beralih pada bisnis digital. Agar bisa menjangkau target pasar dan melakukan promosi secara efektif, digital marketing bisa jadi solusinya. Apa saja kelebihan digital marketing lainnya untuk bisnis Anda?

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Jangkauan yang Luas, Cepat, dan Dapat Disesuaikan

Kelebihan digital marketing yang pertama adalah jangkauan yang luas, cepat, dan bisa disesuaikan dengan target audiens yang dituju. Mulai dari gender, usia, lokasi, hingga produk yang dicari. 

Pada platform ads online, iklan hanya akan muncul pada audiens dengan riwayat pencarian, transaksi, atau minat pada produk tertentu. 

Tentunya hal ini berbeda dengan iklan konvensional, yang mana Anda perlu melakukan survey sebelum memasang iklan di baliho. Dengan digital marketing, Anda bisa menargetkan audiens lebih spesifik dan bisnis akan berjalan lebih efektif.

2. Implementasi Relatif Mudah dan juga Fleksibel

Dulu, strategi pemasaran banyak menggunakan media konvensional seperti, baliho, spanduk, koran, dan lain sebagainya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi internet, strategi pemasaran relatif mudah diimplementasikan.

Dengan digital marketing, semua kegiatan promosi akan diarahkan pada platform digital sehingga semua aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah dan fleksibel dilakukan.

3. Kemudahan dalam Analisis Pasar

Ketika memutuskan terjun dalam bisnis online, Anda akan bertemu banyak kompetitor di pasar. Oleh sebab itu, perlu untuk mengenal pesaing Anda mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga strategi pemasaran yang dipakai.

Analisis kompetitor akan membantu Anda bertahan di tengah persaingan yang ketat. Selain untuk mengenal kompetitor, analisis ini juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk menemukan value yang belum disadari oleh para kompetitor.

4. Menargetkan Pelanggan Potensial dengan Lebih Spesifik

Keuntungan digital marketing lainnya adalah membantu Anda memahami pelanggan potensial. Anda bisa menggali informasi terkait apa yang memotivasi pelanggan membeli produk Anda.

Kini, jauh lebih mudah membagi pasar dalam segmen-segmen tertentu. Bahkan Anda juga bisa mengarahkan iklan atau promosi Anda kepada audiens dengan usia, gender, pendapatan hingga minat yang disesuaikan dengan bisnis Anda.

Dengan menargetkan pelanggan potensial yang lebih spesifik, Anda bisa mengolah pesan produk sesuai dengan yang mereka butuhkan dan inginkan.

5. Tingkat Hubungan serta Keterlibatan Audiens Tinggi

Membangun komunikasi dengan audiens merupakan faktor penting dalam bisnis. 

Dengan digital marketing, Anda bisa menyediakan layanan pelanggan untuk bisa mengenal, berinteraksi, bahkan membangun hubungan yang solid sehingga tercipta pelanggan yang loyal pada produk Anda.

Memanfaatkan platform digital, seperti media sosial, juga bisa menjadi wadah untuk membagikan konten pemasaran interaktif. Konten interaktif tersebut dapat berupa games, polling, atau tanya jawab yang mana bisa mengundang keterlibatan aktif audiens Anda.

6. Praktis dalam Proses Branding Bisnis dan Produk

branding dengan kelebihan digital marketing

Keunggulan digital marketing yang bisa Anda pertimbangakan adalah proses branding yang lebih praktis. Branding akan membantu bisnis dan produk Anda lebih menonjol dibandingkan kompetitor lain.

Selain itu dikutip dari Forbes, branding penting untuk mengembangkan hubungan dan kepercayaan dengan konsumen jika Anda ingin membangun hubungan jangka panjang.

Cukup dengan memposting konten melalui platform digital, maka Anda bisa memperkenalkan sekaligus membangun citra merek dalam benak audiens.

Baca juga: Apa Itu Digital Branding? Pahami Konsep hingga Strateginya

7. Pengukuran serta Evaluasi Kerja

Digital marketing juga akan mempermudah Anda dalam melakukan pengukuran serta evaluasi kinerja strategi pemasaran yang diterapkan. 

Anda bisa memantau performa iklan dan konten secara berkala untuk mengetahui profil audiens. Dari platform digital, Anda bisa memperoleh informasi seperti jumlah interaksi dengan akun, profil, hingga ketertarikan audiens.

Pengukuran yang dilakukan bisa menjadi tolak ukur keberhasilan serta bahan evaluasi untuk penerapan strategi pemasaran selanjutnya.

8. Mudah dalam Mengumpulkan Data (Data Collecting)

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mengumpulkan data audiens dengan lebih mudah. 

Dalam aspek iklan digital, seperti Google Ads atau Facebook Ads, data menjadi hal yang krusial. Data-data yang dikumpulkan adalah data mengenai konsumen berupa jenis kelamin, usia, lokasi, hingga preferensi pembelian.

Dari data tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan strategi pemasaran selanjutnya.

9. Tidak Butuh Sumber Daya Manusia yang Banyak

Salah satu pengeluaran terbesar dalam melakukan pemasaran konvensional adalah biaya untuk tenaga pemasar. Namun dengan menggunakan strategi digital marketing, Anda bisa meminimalisir biaya itu.

Anda tidak perlu lagi membayar tenaga pemasar untuk mempromosikan produk di lapangan. Cukup melakukan pemasaran di media sosial, seperti Instagram, Tik Tok, hingga Facebook, Anda sudah bisa mempromosikan sekaligus menjual produk kepada konsumen.

Baca Juga: Panduan Membangun Struktur Organisasi Tim Digital Marketing

10. Bagian dari Strategi Pemasaran yang Powerful

Di era kemajuan teknologi saat ini, digital marketing berperan penting dalam memajukan sebuah bisnis. Upaya digital marketing adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempengaruhi audiens dengan promosi halus

Dengan keuntungan digital marketing ini akan memungkinkan Anda melakukan pemasaran secara masif dan terukur. Dengan begitu, upaya promosi lebih efektif dan menjangkau target audiens lebih tepat.

11. Efisien dari Segi Waktu dan Biaya

Untuk mengungguli kompetitor, ada 2 macam promosi yang bisa Anda pilih, yaitu organic marketing dan paid marketing. Metode pemasaran tersebut dapat menjadi pilihan bagi untuk menggaet lebih banyak target konsumen. 

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, budget digital marketing jauh lebih ramah di kantong. Inilah yang menarik para pebisnis untuk menerapkan digital marketing sebagai sarana pemasaran produk mereka. 

Membuat akun di platform digital juga lebih cepat dan praktis, dibandingkan Anda memasang spanduk, baliho, atau iklan di media cetak lainnya. Dengan begitu biaya dan waktu yang dibutuhkan lebih efisien serta hasil yang diperoleh pun lebih optimal.

12. Potensi Pertumbuhan Bisnis yang Signifikan

Adanya potensi pertumbuhan signifikan dengan memanfaatkan digital marketing mendorong para pebisnis beralih ke strategi ini. Selain, biaya pemasaran yang murah, jangkauan audiens pun juga luas.

Dengan begitu, tingkat penjualan bisnis Anda juga akan ikut meningkat. Apalagi kini sudah banyak bisnis yang berhasil berkembang pesat karena memanfaatkan pemasaran digital ini.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing? Ayo Bahas Lengkap Seluk-beluknya!

Itulah beberapa kelebihan digital marketing yang bisa menjadi pertimbangan Anda, selanjutnya kita akan membahas mengenai kekurangan digital marketing.

6 Kekurangan Digital Marketing

Selain memiliki keunggulan yang banyak dilirik oleh para pebisnis, ada beberapa kelemahan pemasaran online yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Berikut ini 6 kekurangan digital marketing yang perlu Anda ketahui.

1. Makin Meningkatnya Persaingan Bisnis Digital

Kini pebisnis tidak hanya bersaing dari segi produk saja, namun juga dari segi kreativitas bisnisnya. Bisnis mampu memenangkan persaingan jika mereka yang bisa membuat campaign promosi yang kreatif dan inovatif. 

Tren digital marketing yang semakin ramai, tentunya membuat persaingan di pasar bisnis online juga semakin ketat. Jadi, Anda perlu mempersiapkan bisnis Anda sebaik mungkin agar unggul di tengah persaingan tersebut.

2. Membutuhkan Keahlian Khusus di Bidang Tertentu

Salah satu kekurangan digital marketing adalah dibutuhkannya keahlian khusus untuk penerapannya.

Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang dinilai cukup kompleks. Maka, dibutuhkannya wawasan atau pengalaman untuk penerapan yang optimal. 

Selain itu, penerapan pemasaran digital ini tidak bisa dilakukan secara instan. Dibutuhkan waktu agar brand produk Anda bisa dikenal oleh audiens. 

Baca Juga: Cara Belajar Digital Marketing dari A sampai Z di Tahun 2023

3. Kecakapan dalam Penggunaan Teknologi

penggunaan teknologi untuk kelebihan digital marketing

Adanya transformasi digital pada dunia bisnis, menuntut pebisnis ikut beradaptasi dengan perubahan permintaan konsumen. Hal ini juga dirasakan jika Anda memilih digital marketing sebagai strategi pemasaran. 

Akan ada banyak aplikasi atau teknologi baru yang mendukung proses digital marketing. Kekurangan pemasaran online ini akan menuntut Anda terus belajar agar mampu menggunakan beragam fitur atau teknik dengan media dan platform yang berbeda.

4. Membutuhkan Minat, Passion, serta Konsistensi

Dalam pelaksanaannya, digital marketing memerlukan minat, passion, dan konsistensi dari pelakunya. Tanpa hal tersebut, Anda pasti akan kesulitan dalam proses pengaplikasiannya. 

Anda perlu memilih kandidat yang benar-benar memiliki passion pada bidangnya, misalnya seorang di bidang social media specialist. Mereka harus bisa menciptakan konten kreatif yang disesuaikan dengan karakteristik setiap media sosial milik brand.

5. Feedback Negatif dapat Terekspos

Bagi sebuah brand, komentar atau feedback negatif dari audiens tentu menjadi tantangan dan ancaman tersendiri. Sebab, hal tersebut dapat mempengaruhi reputasi brand dalam benak konsumennya. 

Untuk mencegah adanya hal buruk itu, Anda bisa memberikan produk atau layanan terbaik kepada konsumen. Anda juga perlu mempertimbangkan segala tindakan atau keputusan yang berkaitan erat dengan kepuasan konsumen.

6. Isu Keamanan dan Privasi Pengguna

Ketika memutuskan menggunakan pemasaran digital, tentu ada resiko yang akan ditanggung. Salah satu kelemahan digital marketing adalah adanya serangan malware atau virus.

Dampak dari serangan virus tersebut bisa terjadi peretasan aplikasi atau website yang berakibat pada bocornya data atau informasi perusahaan hingga user. Oleh karena itu, diperlukan proteksi kuat untuk mencegah dampak negatif digital marketing tersebut.

Baca juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

Berikutnya, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan digital marketing yang harus dipertimbangkan para pebisnis.

Mengapa Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing Harus Dipertimbangkan?

pemahaman teknologi untuk kelebihan digital marketing

Pemasaran telah berubah cepat di era digital. Berbagai platform digital mulai diburu para pebisnis untuk media promosi. Platform e-commerce, media sosial, hingga website dipilih untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Meskipun demikian, pengembangan bisnis tetap memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini yang menjadi pertimbangan pebisnis dalam memilih strategi digital marketing atau marketing konvensional.

  • Dengan digital marketing, Anda bisa menjangkau target audiens yang lebih spesifik. Hal ini berbeda dengan marketing konvensional karena jangkauan target cenderung lebih terbatas. Inilah yang menyebabkan produk atau layanan tidak menjangkau konsumen yang tepat.
  • Media sosial, seperti Instagram, Facebook, Tik Tok sering menjadi media promosi utama para pebisnis. Situs website, SEO (Search Engine Optimization), marketplace, dan lainnya juga sering dipakai pebisnis masa kini.

    Baca juga: Pahami Internet Marketing agar Bisnis Mudah Berkembang

    Sedangkan untuk marketing konvensional, media yang digunakan adalah spanduk, baliho, brosur, hingga iklan di surat kabar.
  • Pemasaran digital juga membutuhkan biaya yang lebih terjangkau. Dengan fitur online ads Anda bisa mengiklankan produk Anda dengan biaya yang murah. Bahkan, dengan media sosial atau website gratis Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. 

    Namun dengan pemasaran konvensional, biaya yang dikeluarkan relatif besar. Sebab pemasaran ini menggunakan media seperti baliho, televisi, atau radio yang mana biaya sekali beriklan cukup mahal.
Digital MarketingMarketing Konvensional
Target KonsumenJangkauan target audiens lebih spesifikJangkauan target audiens lebih terbatas
Media PromosiMedia sosial, website, SEO (Search Engine Optimization), marketplace, dan lain sebagainyaSpanduk, baliho, brosur, surat kabar, televisi, radio, dan masih banyak lagi
Biaya PenerapanBiaya lebih terjangkau Biaya cukup mahal

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Penting untuk Bisnis UKM

Pertanyaan Seputar Kelebihan Digital Marketing

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan kelebihan digital marketing. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait kelebihan digital marketing bagi pemasaran bisnis Anda.

1. Apakah Kelebihan Digital Marketing dan Online Marketing Itu Sama?

Sebenarnya kelebihan digital marketing dan online marketing sama. Namun dari segi jangkauan pasar, digital marketing lebih unggul. Dengan digital marketing pebisnis bisa menjangkau pasar lebih luas, spesifik, dan biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau.

2. Bagaimana Cara Merespon Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing?

Para pebisnis bisa mengidentifikasi kondisi bisnis mereka terlebih dahulu. 

Setelah mengetahui kondisi bisnis, kelebihan digital marketing dapat dimaksimalkan pada penerapan upaya pemasaran. Sedangkan untuk kekurangan digital marketing, bisa dicegah dengan mengoptimalkan pemasaran online Anda sebaik-baiknya.

Baca Juga: Jasa Konsultan Digital Marketing, Pentingkah Bagi Bisnis?

Penutup

Sudah saatnya pebisnis mempertimbangkan keuntungan digital marketing bagi perkembangan bisnisnya. Pemasaran online ini akan membantu Anda menarik minat target konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Jika ingin berkonsultasi terkait penerapan digital marketing pada bisnis, Sasana Digital siap hadir mendampingi Anda menemukan solusi terbaik untuk perkembangan bisnis dalam digital marketing. Klik banner di bawah ini dan dapatkan Layanan Konsultasi hanya bersama kami!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?