Blog ›

Jasa Konsultan Digital Marketing, Pentingkah Bagi Bisnis?

I

Pernahkah Anda mendengar istilah konsultan digital marketing? Di era perkembangan bisnis digital, profesi satu ini memang sudah tidak asing lagi.

Terutama peran konsultan digital marketing atau digital marketing consultant bisa menjadi begitu krusial dalam bisnis Anda. Tidak hanya datang memberikan saran-saran, namun perannya nanti akan lebih besar daripada itu.

Lantas, apa saja alasan sebuah bisnis membutuhkan jasa konsultan digital marketing? Dalam artikel ini kita akan mencari tahu, bagaimana peranan digital marketing consultant bagi bisnis Anda, dan bagaimana tips memilih jasa konsultan yang tepat.

Seluk-beluk Dunia Digital Marketing serta Pengaruhnya Terhadap Bisnis

Penggunaan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling efektif menarik hati pelanggan, sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia bisnis masa kini. 

Bahkan, strategi ini juga telah muncul saat teknologi internet berkembang pesat untuk digunakan secara umum, meskipun pada saat itu masihlah terbatas.

Namun kini berbeda cerita. Penggunaan strategi digital marketing kian meluas sehingga mendisrupsi beberapa strategi marketing konvensional yang terkesan sudah tidak efektif lagi.

Hal ini juga memicu adanya peluang serta ancaman khususnya dalam berbisnis. Hal itu ditujukan pada mereka yang mampu memaksimalkan peran digital marketing, maka merekalah yang akan mendominasi pasar dan juga hati pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing 101 dari Jenis, Strategi + Tipsnya

Kenyataannya, pasar dan dunia bisnis saat ini memang sebagian besar telah didominasi oleh para pemain besar yang “telah dulu terjun” memanfaatkan digital marketing. 

Lalu pertanyaannya: “Apakah bisnis saya masih punya kesempatan?”, “Jika ada, apa yang harus saya lakukan?”, “Berapa harga yang harus saya bayarkan untuk sebuah jasa digital marketing?” atau “Manakah yang harus saya gunakan, konsultan digital marketing atau agensi digital marketing?

Apapun jawaban dari pertanyaan Anda, yang pasti apabila Anda berpikir jauh ke depan mengejar pertumbuhan bisnis melalui digital marketing.

Nah, ada dua hal yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kapabilitas tim di bidang digital marketing
  2. Fokus mengembangkan strategi digital marketing yang tepat.

Khusus untuk poin ke-2, kita akan bahas bagaimana Anda dan juga tim dapat fokus mengembangkan strategi digital marketing yang tepat bersama digital marketing consultant. Simak penjelasan di bawah ini.

Pahami Apa Itu Konsultan Digital Marketing bagi Bisnis Anda

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jasa konsultan digital marketing dalam sebuah bisnis, tentunya kita perlu mengenal lebih dulu apa yang dimaksud dengan konsultan digital marketing.

Digital Marketing Consultant atau Konsultan Digital Marketing adalah seseorang yang berprofesi atau bekerja untuk menciptakan dan menerapkan strategi digital marketing bagi suatu sektor bisnis. 

Sedangkan dikutip dari Indeed, konsultan digital marketing adalah seorang profesional yang berfokus pada pembuatan campaign promosi dan periklanan di platform digital. Profesi ini memiliki pemahaman terkait pemasaran dan teknologi modern yang sangat baik. 

Dengan jasa digital marketing consultant, Anda dapat menyampaikan berbagai harapan, masalah ataupun tujuan yang hendak bisnis Anda capai. Nantinya, tim digital marketing consultant akan memberikan strategi dan solusi bagi perkembangan bisnis Anda.

Baca juga: Marketing Consultant untuk Atasi Tantangan Bisnis Anda!

Pentingkah Peran Konsultan Digital Marketing bagi Bisnis?

Berangkat dari latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu setiap bisnis harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada. Namun sayangnya, tidak semua bisnis siap mengadopsi digital marketing dalam waktu singkat.

Entah karena alasan struktur organisasinya yang masih sulit untuk melakukan transformasi, sumber daya dan juga fasilitas yang belum mendukung, ataupun kecakapan tim yang belum mumpuni.

Hal ini membawa kita untuk lebih memahami konteks, “Lalu, apa sih pekerjaan seorang konsultan digital marketing?”

Jawaban sederhananya, peran & pekerjaan konsultan digital marketing dalam bisnis Anda adalah semata-mata mengarahkan bisnis agar tidak salah arah dalam mengeksekusi strategi marketing yang dibuat melalui berbagai pertimbangan.

Untuk membantu Anda memahami jawaban di atas, mari kita simak poin-poin penjabaran di bawah ini!

a. Menganalisis Seperti Apa “Tren Pasar

Sebagaimana yang kita tahu, pasar saat ini mengalami perubahan yang cukup cepat.  Ditambah adanya media sosial yang menjadikan tren tersebut seakan-akan hanya memiliki umur yang singkat.

Apa yang tim Anda rencanakan hari ini bisa saja tidak relevan lagi dalam beberapa pekan ke depan.

Di sanalah peran seorang konsultan digital marketing, yaitu menangkap sinyal-sinyal perubahan tren pasar agar strategi yang dibuat masih dapat relevan.

b. Menganalisis “Channel Marketing” yang Paling Tepat untuk Digunakan

Selain pasar, hal lain yang juga dilakukan oleh konsultan digital marketing adalah melihat channel digital marketing mana yang paling berpotensi.

Memilih channel digital tentu tidak hanya sekadar melihat channel mana yang tengah booming dalam rentang waktu tertentu, namun lebih daripada itu.

Peran konsultan pemasaran di sini akan menganalisis apakah channel tersebut sesuai dengan bisnis Anda, misal seperti apa karakteristik audiensnya, berapa potensi yang akan didapatkan di channel tersebut, apa hambatannya, dan lain-lain.

Baca juga: 6 Channel Digital Marketing Paling Penting & Klasifikasinya

c. Memberikan “Rekomendasi Strategi” yang Dapat Segera Dieksekusi

Lebih dari sekadar memberikan hasil analisis. Peran selanjutnya adalah memberikan bisnis Anda berbagai opsi dan juga rekomendasi strategi digital marketing.

Akan tetapi, yang perlu diingat di sini adalah Anda sebagai pemilik bisnis nantinya akan “Berdiskusi” seputar strategi apa saja yang akan digunakan nantinya. 

Bukan malah menyerahkan pembuatan strategi 100% kepada jasa konsultasi bisnis online, karena pada dasarnya Anda yang lebih paham seperti apa bisnis Anda berjalan.

Ya, inilah inti dari keseluruhan peran & tugas konsultan digital marketing. Dengan kata lain, mereka akan menjadi partner yang akan mendampingi pertumbuhan bisnis Anda.

Baca juga: Brand Marketing 101: Strategi Penting Bangun Identitas Brand

d. Memberikan Arahan “Dos & Don’ts” terhadap Keputusan yang Diambil

Memberikan arahan “Dos & Don’ts” terhadap keputusan bisnis juga merupakan tugas dari seorang konsultan marketing online.

Hal ini akan membantu bisnis Anda bertumbuh dengan lebih cepat dan tetap berada di dalam jalur karena berbagai pertimbangan yang dibawakannya.

Akan tetapi, bukan berarti keputusan ada di tangan jasa konsultan, ya. Namun perannya di sini adalah memberikan gambaran “Pros & Cons” terhadap keputusan yang akan Anda ambil sebagai pemilik bisnis.

Baca juga: Sales Funnel: Arti, Tahapan, hingga Manfaatnya bagi Bisnis

e. Melakukan “Evaluasi” terhadap Kinerja Bisnis Khususnya dalam bidang Digital Marketing

Yang terakhir, tentu kehadiran mereka di dalam bisnis Anda adalah untuk mengevaluasi kinerja strategi digital marketing yang telah Anda jalankan.

Bisa jadi di tengah berjalannya strategi, ada saja hal-hal yang tak terduga sehingga mengharuskan Anda untuk “banting setir” menggunakan strategi lain.

Nah, tentu sebelum bisnis Anda “banting setir” menggunakan strategi lain, harus ada evaluasi yang dilakukan. Di situlah peran konsultan pemasaran dalam bisnis Anda.

Jadi, consultant marketing online dapat memberikan seperti apa gambaran “Next Step” dari strategi yang sejalan dengan tujuan bisnis.

Peran Penting Konsultan Digital Marketing bagi Bisnis
Peran Penting Konsultan Digital Marketing bagi Bisnis

7 Alasan Menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing

Bagi Anda yang bertanya-tanya, “Apa alasan terkuat yang dapat meyakinkan saya untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing,” mari simak 7 alasan berikut:

1. Perubahan Tren & Perilaku Pasar yang Begitu Cepat

Sejalan dengan apa yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya mengenai peran konsultan digital marketing terhadap tren pasar, Anda sangat diwajibkan untuk peka terhadap poin ini.

Perubahan tren & perilaku pasar yang begitu cepat tentunya sangat dikhawatirkan oleh banyak pelaku bisnis, terlebih jika perubahan tersebut mengharuskan Anda untuk segera “Memutar Haluan”.

Karenanya, untuk menangkap sinyal-sinyal perubahan tren & perilaku pasar diperlukanlah seorang digital marketing consultant yang cakap dalam bidang tersebut.

2. Persaingan di Dunia Digital Semakin Ketat

Sejak digalakkannya gerakan “Go Digital!”, telah banyak bisnis yang memanfaatkan digital marketing sebagai salah satu alat tempur utama dalam pemasaran.

Hal ini tentu merupakan sebuah kabar baik karena setiap orang atau bisnis berkesempatan memiliki toko online karena kemudahan penggunaanya. 

Akan tetapi, poin kritisnya adalah ini juga bisa dianggap sebagai ancaman bagi bisnis karena akan memunculkan banyak sekali pesaing yang dapat mengambil pelanggan-pelanggan setia Anda.

Baca juga: 4 Aspek GO DIGITAL, Jadikan Bisnis Anda Selangkah Lebih Maju

3. Membantu Menyelaraskan Antara Tujuan Utama Bisnis dengan Implementasi Strategi Marketing 

Tidak jarang, aktivitas marketing yang dijalankan malah menjauhkan bisnis Anda dari tujuan utamanya. Mengapa itu terjadi?

Hal ini dapat terjadi karena berawal dari strategi yang dibangun tidak berorientasi pada goal atau tujuan utama yang ingin dicapai suatu bisnis.

Oleh karena itu, peran seorang konsultan di sini adalah untuk membantu bisnis Anda agar tetap berada pada jalur yang sebenarnya.

4. Merancang Strategi Marketing yang Lebih Efektif, Efisien, dan Tepat Sasaran

Membuat strategi marketing yang efektif, efisien, dan tepat sasaran adalah tugas utama tim digital marketing dalam bisnis Anda.

Namun sayangnya, hal ini tidak semudah hanya memilih channel apa yang sesuai, lalu mulai mempromosikan produk/jasa Anda di sana.

Strategi ini dibangun atas dasar-dasar dan tujuan yang jelas, yang nantinya diukur dengan berbagai metrik yang dapat Anda lacak.

Sudah menjadi tugas seorang jasa konsultasi bisnis online untuk mendampingi bisnis Anda membuat strategi yang ciamik, sekaligus menetapkan KPI (Key Performance Indicator) yang dapat diukur di kemudian hari.

Baca juga: KOL Marketing: Strategi Pemasaran Wajib untuk Bisnis di 2023

5. Membantu Menemukan Celah Kelemahan Kompetitor Terhadap Bisnis Anda

Saat menjalankan bisnis, yang juga harus Anda pertimbangkan adalah mengenai kehadiran kompetitor.

Selain keberadaan, Anda juga mesti paham di bagian-bagian mana saja yang dapat menumbuhkan potensi ancaman terhadap bisnis Anda akibat keberadaan kompetitor ini.

Tentu memantau sekian banyak kompetitor membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, dan bisa saja membuyarkan fokus Anda kepada pelanggan. 

Oleh karena itu, Anda dapat menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada consultant marketing online.

6. Membantu Menciptakan Inovasi untuk Strategi Marketing 

Inovasi dalam sebuah bisnis, khususnya bisnis di bidang marketing menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan berbagi ide ataupun insight seputar bidang digital marketing, tentunya akan menjadi hal yang bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan inovasi terbaru bagi bisnis Anda.

Baca juga: Ketahui Apa Itu Visual Marketing Beserta 7+ Jenisnya

7. Membantu Menghadirkan Solusi Terhadap Permasalahan serta Tantangan Bisnis di Masa Mendatang

Ketika Anda telah terjun dalam dunia bisnis, maka berhadapan dengan masalah dan tantangan adalah hal yang cukup lumrah. Sebab, kedua hal tersebut adalah bagian dari ujian para pebisnis sebelum mencapai level yang lebih tinggi. 

Dengan consultant marketing online, bisnis Anda akan dapat menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi setiap permasalahan yang dihadapi sehingga mendorong pertumbuhan bisnis secara signifikan. 

7 Alasan Menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing
7 Alasan Menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing

Nah setelah mengetahui beragam alasan yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam menggunakan jasa konsultan digital marketing, berikutnya kita akan membahas mengenai tips memilih digital marketing consultant yang tepat.

Tips Praktis Memilih Konsultan Digital Marketing yang Tepat

Bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa konsultan digital marketing bagi bisnis, berikut kami bagikan 6 tips penting dalam memilihnya:

• Tanyakan, Apakah Aktivitas Konsultan Tersebut Berdasarkan “Data” & “Hasil Riset”?

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah apakah jasa konsultan digital marketing yang Anda pilih bekerja berdasarkan data & hasil riset.

Hal ini menjadi penting karena dewasa ini hampir semua keputusan bisnis wajib berlandaskan data, sehingga mau tidak mau bisnis Anda pun harus mempertimbangkannya.

Konsultan digital marketing yang baik adalah konsultan yang paham akan ruang lingkup pekerjaannya berdasarkan data-data yang bertebaran di internet.

• Selaraskan Antara “Tujuan & Objektif” Bisnis Anda dengan Layanan Konsultasi yang Ditawarkan

Tips kedua dalam memilih jasa konsultan digital marketing yang tepat adalah dengan mempertimbangkan seperti apa perspektif si konsultan terhadap bisnis Anda.

Apakah layanan yang mereka tawarkan fokus terhadap tujuan yang Anda harapkan, atau malah tidak sama sekali.

Triknya, hal ini dapat Anda perhatikan ketika baru pertama kali mengadakan sesi diskusi. Di sini Anda dapat memperhatikan bagaimana alur, proses, serta cara kerja si konsultan dalam mencapai hasil.

• Simak, Apakah Gambaran Strategi yang Direkomendasikan oleh Konsultan Sejalan dengan “Kebutuhan Bisnis & Tren Pasar” Saat Ini?

Tips selanjutnya adalah Anda harus mampu menganalisis apakah gambaran strategi yang disarankan consultant internet marketing tersebut rasional.

Rasional di sini maksudnya adalah rekomendasi tersebut apakah sejalan dengan kebutuhan bisnis dan juga tren pasar yang tengah berjalan.

Hal ini menjadi penting mengingat ada banyak sekali sektor industri & bisnis dengan produk/jasa yang beragam, tentu “Treatment” yang diberikan oleh konsultan pun harus berbeda-beda.

• Perhatikan “Portofolio, Testimoni, dan Rekam Jejak” yang Dimiliki Konsultan Digital Marketing

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah Anda harus jeli dalam melihat portofolio, testimoni, dan juga rekam jejak yang dimiliki oleh si konsultan.

Beberapa hal yang dapat Anda analisis seperti siapa saja yang pernah jadi klien, bagaimana tanggapan mereka, seperti apa perubahan yang dihadirkan, bagaimana hasilnya, dan sebagainya.

Baca Juga: Sasana Digital, Konsultan Digital Marketing Bandung

Pastikan Konsultan Digital Marketing Memahami Pola Perilaku Konsumen Online

Tidak hanya memahami tentang cara berkomunikasi, pastikan bahwa calon konsultan digital marketing yang akan Anda pilih memahami bagaimana pola perilaku konsumen secara online. 

Hal tersebut berkaitan dengan dampak yang akan diberikan pada tujuan bisnis Anda. 

Perilaku konsumen, baik itu secara online maupun offline, sangatlah berbeda. Inilah nantinya yang menjadi salah satu tugas bagi konsultan Anda.

Jadi, tanpa memahami siapa buyer persona dan pola perilaku target pasar, akan sulit bagi konsultan marketing online untuk merumuskan strategi digital marketing yang efektif bagi bisnis Anda.

Pastikan konsultan yang Anda pilih dapat Menyajikan Pengukuran yang Mengarah Pada Konversi

Metrik pengukuran kinerja pada digital marketing tidak hanya sekadar jangkauan, keterlibatan, ataupun jumlah kunjungan ke website bisnis Anda. Namun, pengukuran tersebut haruslah sampai pada tahap konversi. 

Untuk itu, dengan kemampuan melacak alur konversi bisnis, maka seorang konsultan digital marketing mampu menguatkan upaya untuk mencapai tujuan suatu bisnis.

Baca juga: Rekomendasi Kursus & Training Digital Marketing di Bandung

Tips Praktis Memilih Konsultan Digital Marketing yang Tepat
Tips Praktis Memilih Konsultan Digital Marketing yang Tepat

Jasa Konsultan Digital Marketing dari Sasana Digital

Bagi Anda yang tengah membutuhkan jasa digital marketing consultant untuk membantu proses perkembangan bisnis, berikut penjelasan singkat mengenai 3 layanan & jasa konsultasi digital marketing Sasana Digital yang dapat Anda manfaatkan:

1. Audit Performa Saluran Pemasaran Digital

Layanan Audit Digital Marketing bertujuan membantu Anda mengetahui posisi bisnis terkini, melihat strategi milik kompetitor, hingga melihat peluang potensi pengembangan digital bagi bisnis Anda.

audit digital marketing di jasa konsultan digital marketing

Melalui layanan audit, Sasana Digital menawarkan layanan full audit terhadap performa channel-channel digital yang Anda miliki, mulai dari website, SEO, SEM, media sosial, hingga online store bisnis yang dijalankan. Atau memberikan arahan untuk memperbaiki beberapa hal penting pada toko online. 

Sebagai bukti di lapangan, salah satu klien kami yang bergerak dalam bisnis Toko Mainan, mengalami peningkatan penjualan hingga 50% melalui saluran penjualan di salah satu marketplace Indonesia dalam waktu 1,5 bulan saja.

2. Consulting Digital Marketing

consulting digital marketing di jasa konsultan digital marketing

Setelah audit, Sasana Digital dapat memberikan fasilitas konsultasi untuk bisnis Anda. Ada cerita menarik di mana salah satu klien kami yang bergerak dalam bisnis Fashion Wanita, mengalami lonjakan konversi penjualan bisnis klien setelah berkonsultasi dan mendapatkan pendampingan. Terbukti! dalam waktu 2 bulan saja bisnis tersebut mengalami peningkatan pendapatan hingga 150%.

Mengenai hal ini, kami membagi konsultasi ke dalam 2 jenis, yaitu full package consultation dan on-demand consultation.

a. Full Package Consultation

Konsultasi Penuh bersama Konsultan Digital Marketing

Layanan ini akan membantu Anda dengan menjalankan keseluruhan strategi digital marketing mulai dari menganalisis peluang, merancang strategi, mengaplikasikan strategi, hingga mengukur keberhasilan strategi yang telah dijalankan bisnis Anda.

b. On-demand Consultation

Konsultasi On-demand bersama Konsultan Digital Marketing

Layanan Konsultasi On-Demand cocok untuk pebisnis yang baru saja terjun dalam dunia bisnis atau pebisnis yang belum memiliki tim. Layanan ini menawarkan program konsultasi yang fleksibel dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Anda dapat berkonsultasi baik mengenai masalah & tantangan yang dihadapi bisnis, pembentukan strategi baru, hingga evaluasi terhadap kinerja kampanye marketing sebelumnya.

3. Private Training Digital Marketing

private training digital marketing di jasa konsultan digital marketing

Melalui private training, Anda bisa menyertakan tim bisnis Anda hingga 4 orang. Untuk layanan satu ini, Sasana Digital pernah berkontribusi menangani kebutuhan digital marketing di sebuah Klinik Ibu dan Anak.

Dengan perancangan strategi dan konten yang tepat sasaran ke audiens, media sosial klink tersebut mampu menjangkau hingga 20 ribu-an follower secara organik yang fokus pada konsumen.

4. Corporate Training Digital Marketing

Corporate training adalah layanan pelatihan yang kami sediakan bagi perusahaan yang ingin menyertakan antara 6-8 orang timnya. Sebagai portofolio, Sasana Digital pernah melakukan Audit Konten dan Meta Ads Setting untuk mengetahui kelemahan strategi di sebuah Bisnis Travel Umroh.

Akhirnya prinsip ABC (Audience Benefit Content) menjadi salah satu strategi dan konsep yang dipakai untuk kebutuhan perusahaan ini. Hasilnya, travel umroh tersebut mengalami peningkatan omset hingga 2,4 miliar dengan ROAS lebih dari 20x dalam 2 minggu.

corporate training digital marketing di jasa konsultan digital marketing

Semua layanan konsultasi digital marketing dari Sasana Digital ini diharapkan dapat membantu banyak bisnis berkembang sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Apabila sekiranya bisnis Anda membutuhkan layanan di atas, akan sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu bersama kami melalui Layanan Konsultasi Gratis Sasana Digital.

Sasana Digital, Salah Satu Digital Marketing Consultant Terbaik di Indonesia

Sesi konsultasi bersama Digital Marketing Consultant Bandung

Memilih jasa konsultan digital marketing yang tepat memanglah tidak semudah yang dibayangkan, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. 

Lebih dari sekadar hasil, Anda pun harus mempertimbangkan banyak faktor agar komunikasi yang dibangun berjalan lancar dan pada akhirnya dapat meraih hasil yang diinginkan.

Karenanya, satu dari sekian banyak digital marketing consultant terbaik di Indonesia yang direkomendasikan karena memenuhi kriteria yang telah kita bahas sebelumnya adalah Sasana Digital. 

Rekomendasi ini berlandaskan track record yang telah dibangun dan terbukti berhasil mendampingi banyak bisnis mulai dari skala UMKM, UKM, Startup, lembaga negara & swasta, hingga korporasi.

Mengapa Memilih Sasana Digital sebagai Konsultan Digital Marketing untuk Bisnis Anda?

  • Tepat Sasaran dalam Menemukan Peluang serta Ancaman bagi Bisnis Anda
  • Perumusan Strategi yang Sejalan dengan Tren Pasar dan Perkembangan Zaman
  • Pendampingan Penuh terhadap Pertumbuhan Bisnis Anda
  • Analisis dan Pengukuran Dilakukan secara Teliti dan Tepat Sasaran

Topik Kursus di Jasa Konsultan Digital Marketing

Dari penjelasan di atas, kami Sasana Digital dapat menjadi solusi atas pertanyaan dan kebutuhan Anda dalam mengembangkan kapabilitas tim serta performa bisnis dengan digital marketing. Berikut ini cakupan topik pelatihan dan konsultasi yang bisa Anda dapatkan.

banner topik kursus di jasa konsultan digital marketing

Penutup

Dengan menggunakan jasa konsultan digital marketing, tentu dapat menjadi salah satu solusi terbaik bagi bisnis Anda apabila ingin bertumbuh secara signifikan. Namun perlu diingat, “Apa tujuan nyata yang harus saya dapatkan apabila saya bekerja sama dengan konsultan digital marketing ini?”

Sebelum memutuskan jasa & layanan apa yang harus Anda ambil di Sasana Digital, manfaatkanlah Layanan Konsultasi Gratis dengan cakupan topik layanan meliputi Digital Marketing Fundamental, Content Marketing, Meta Ads, dan lain sebagainya.

Klik banner di bawah ini untuk mencari tahu apa saja layanan digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda agar dapat melesat!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?