Blog ›

Rekomendasi Kursus & Training Digital Marketing di Bandung

I
Reading Time: 8 minutes

Kehadiran digital marketing telah mengubah arah dan strategi sebagian besar bisnis. Karenanya, penting bagi seorang pemilik bisnis untuk segera membangun tim marketing yang cakap dalam bidang tersebut.

Artikel ini akan menjelaskan, bagaimana Sasana Digital dapat menjadi solusi untuk bisnis Anda melalui pelatihan digital marketing.

Sasana Digital, Konsultan dan Trainer Digital Marketing Bandung

Sasana Digital merupakan perusahaan penyedia solusi digital untuk akselerasi bisnis dan perusahaan, dengan salah satu layanannya yaitu kursus & pelatihan digital marketing yang disesuaikan dengan kebutuhan UMKM, UKM, Startup, Koporasi, hingga Lembaga Negara.

Sebagai salah satu Konsultan dan Trainer Digital Marketing terbaik di Bandung, Sasana Digital selalu berupaya untuk mewujudkan visi dan misi yakni menginspirasi, mengedukasi, dan memberdayakan setiap bisnis di Indonesia dengan teknologi digital.

Kenapa Harus Mengikuti Kursus & Training Digital Marketing?

Perubahan tren pasar terjadi begitu cepat. Akibatnya, bisnis Anda mau tidak mau harus mampu menyesuaikan dan segera menerapkan strategi yang tepat saat momen tersebut.

Perubahan tren inilah yang menjadi alasan mengapa Anda dan juga tim diharuskan untuk belajar digital marketing.

Belajar digital marketing secara mandiri tidaklah mudah. Anda bersama tim butuh waktu dan budget ekstra untuk memahami sekaligus praktik. Selain itu, akan ada resiko boncos yang selalu mengikuti karena pasti harus melalui proses trial-error.

Value Kursus & Training bersama Sasana Digital

Sasana Digital selalu mengedepankan 3 value berikut selama memberikan pelatihan terhadap klien-kliennya, yakni:

• Digital Mindset

Sesi pelatihan digital marketing bersama Sasana Digital yang bersifat 2 arah diharapkan mampu untuk membantu peserta menghadapi tantangan dan persaingan bisnis di era digital saat ini yang begitu dinamis.

Practical Skillset

Sesi pelatihan diharapkan mampu membekali peserta untuk dapat berkembang melalui penajaman skill dari trainer berpengalaman dan dapat memberikan hasil nyata terhadap perkembangan bisnis.

Produktivitas Karyawan

Sesi pelatihan juga diharapkan mampu memberdayakan tim sebagai aset utama dalam bisnis melalui peningkatan performa dan produktivitas.

Dengan 3 value tersebut, Sasana Digital sebagai salah satu konsultan digital marketing terbaik di Bandung menyediakan layanan Kursus & Training Digital Marketing untuk bisnis Anda agar tim Anda mampu memaksimalkan peran teknologi digital saat ini.

Program Pelatihan Digital Marketing di Sasana Digital

Sasana Digital menawarkan training digital marketing yang menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Anda bersama tim dapat memilih salah satu dari 3 program training yang ada yaitu:

A. In-House Training

Program ini bertujuan untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di bisnis/perusahaan Anda. Segala kebutuhan seperti materi, waktu, serta tempat pelatihan disesuaikan dengan permintaan dari tim yang akan di training.

B. Private Training

Pelatihan ini bersifat Private (Minimal 4 orang/1 Tim) yang diselenggarakan di kantor Sasana Digital. Terkait jadwal pelatihan, Anda dan juga tim dapat menentukan sendiri kapan waktu pelaksanaan training digital marketing.

C. Public Training

Sasana Digital juga mengadakan pelatihan dengan topik tertentu yang dapat diikuti oleh Anda dan juga tim. Pelatihannya dapat berbentuk Seminar, Workshop, ataupun Webinar.

Itulah 3 program training Sasana Digital yang dapat Anda pilih. Ketiganya dapat Anda ikuti secara Offline maupun Online tergantung dengan kebutuhan. Informasi selengkapnya dapat Anda baca pada halaman training di bawah ini.

​​Fokus Utama Kursus & Training Digital Marketing

Dalam setiap rangkaian kursus dan training digital marketing yang Anda ikuti, setidaknya ada 5 hal yang wajib ada:

1. Pemahaman Konsep Dasar Digital Marketing

Konsep dasar digital marketing merupakan hal wajib yang harus dipahami oleh sebuah tim marketing dalam suatu bisnis. Alasannya tidak lain berhubungan dengan strategi yang akan dirancang.

Bayangkan, bagaimana strategi yang akan dijalankan dapat berhasil, sedangkan yang merumuskan strategi tersebut tidak tahu-menahu apa esensi dari digital marketing. Bisa-bisa, bisnis Anda bukan malah semakin maju, tapi menjadi mundur karena menghabiskan resource yang ada.

2. Menentukan Channel Digital Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dalam merancang strategi digital marketing, channel menjadi salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan. Sebab, karakteristik audiens di setiap channel itu berbeda, baik journey maupun cara berkomunikasinya.

Karena itu, Anda harus mengenal bagaimana karakter audiens di setiap channel serta apa pendekatan yang sesuai terhadap mereka agar strategi dapat berjalan dengan lebih efektif.

3. Strategi Pembuatan Konten yang Mendapat Banyak Interaksi

Strategi pembuatan konten tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan pemilihan channel digital marketing. Konten akan menjembatani antara audiens dengan produk/layanan yang bisnis Anda tawarkan.

Strategi pembuatan konten tidak hanya membicarakan mengenai desain, tapi juga membicarakan faktor penghubung antara brand Anda dengan masalah yang audiens hadapi.

4. Membaca Data Analytic & Insight untuk Menentukan Segmentasi Pasar

Apabila Anda menjalankan suatu kampanye marketing menggunakan platform digital, maka Anda harus siap dihadapkan dengan yang namanya data.

Data telah menjadi hal yang sangat berharga di dunia digital. Sebab, apabila Anda mampu memahami data secara benar, maka dampaknya akan sangat signifikan terhadap pertumbuhan bisnis.

5. Meningkatkan Trafik Audiens di Seluruh Channel

Selain 4 fokus sebelumnya, meningkatkan trafik juga memegang peranan penting. Trafik yang tinggi akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan/closing dalam bisnis.

Bayangkan bila Anda mampu memanfaatkan digital marketing secara maksimal. Kira-kira akan ada berapa persen penjualan yang terjadi apabila trafik yang datang berkali lipat dari sebelumnya.

Dengan berfokus kepada 5 hal di atas, Sasana Digital telah merancang beberapa program pelatihan yang dapat diikuti oleh setiap bisnis yang ingin bertumbuh dengan cepat.

Platform Pembelajaran saat Pelatihan Digital Marketing

Terdapat 2 metode pelatihan yang dapat Anda pilih menyesuaikan dengan kebutuhan, platform, dan cara belajar tim Anda, yaitu:

a. Pelatihan Offline Digital Marketing di Bandung

Metode pertama, Anda dan tim dapat belajar secara on-site, baik di kantor Sasana Digital (Private Training) ataupun di tempat yang telah disediakan oleh peserta pelatihan (In-house & Public Training).

Pelatihan Offline Digital Marketing bersama Sasana Digital
Training Offline Digital Marketing

b. Pelatihan Online Digital Marketing via Zoom

Metode kedua, Anda dapat mengikuti pelatihan melalui platform online conference Zoom. Sasana Digital akan mempersiapkan segala hal demi kelancaran dan kenyamanan para peserta selama proses belajar.

Pelatihan Online Digital Marketing bersama Sasana Digital
Training Online Digital Marketing

Program Kursus Online Digital Marketing

Selain program training, Sasana Digital juga menyediakan program kursus online bagi Anda yang lebih suka belajar secara mandiri melalui video.

Program tersebut bernama Sasana Digital Lab. Anda hanya perlu membeli kursusnya 1x dengan harga terjangkau (Terkadang juga ada diskon) dan dapat diakses selamanya melalui platform apapun dan di manapun.

Selain itu, kursus ini juga dibekali dengan cheatsheet dan juga latihan untuk mengasah keahlian peserta kursus. Informasi selengkapnya mengenai kursus online Sasana Digital Lab dapat Anda kunjungi di:

Topik & Materi Pelatihan Digital Marketing

Ada berbagai topik bahasan yang dapat Anda pelajari dalam sesi training bersama Sasana Digital, diantaranya adalah:

1. Digital Marketing Fundamental

Mempelajari apa itu digital marketing secara keseluruhan, bagaimana perkembangannya di Indonesia, serta apa dampaknya bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Tim Anda akan mempelajari seperti apa lanskap serta seluk-beluk digital marketing secara keseluruhan, bagaimana peran digital marketing terhadap bisnis, hingga strategi efektif membangun tim digital marketing yang solid.

2. Digital Marketing Strategist

Lebih dalam dari hanya sekedar mengenal apa itu digital marketing, Sasana Digital akan mengajarkan tentang apa strategi yang cocok dan dapat dengan segera diterapkan dalam bisnis Anda.

Di dalam topik digital marketing strategist ini, tim Anda dibekali pemahaman mengenai pola perilaku pelanggan di dunia digital saat ini (Customer Behaviour), optimalisasi berbagai channel digital, hingga membuat strategi promosi yang efektif berdasarkan hasil analisis data digital marketing.

3. Content Marketing Strategy

Dalam dunia digital, jembatan penghubung antara audiens dengan brand Anda adalah konten. Tanpa kehadiran konten, bisnis Anda tentu akan kesulitan dalam mengakuisisi pasar yang ditarget. Mereka juga akan memandang sebelah mata bisnis Anda karena tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Dalam topik ini, tim Anda akan dituntut untuk memahami seperti apa perilaku audiens dalam mengkonsumsi konten digital serta membuat planning di berbagai channel yang ingin Anda optimalisasikan.

Selain itu, yang paling penting juga adalah tentang bagaimana cara melakukan monitoring terhadap performa konten guna mengukur efektivitas strategi content marketing yang telah dibuat oleh tim Anda demi pertumbuhan bisnis yang signifikan.

4. Social Media Marketing (SMM)

Salah satu channel digital yang paling banyak dikunjungi audiens saat ini adalah media sosial. Namun, dengan banyaknya jenis konten yang tersedia, ditambah juga dengan algoritma yang selalu saja diperbarui, apakah Anda yakin mampu mengoptimasi semuanya sekaligus?

Dalam sesi training Social Media Marketing, tim Anda akan dibekali tentang bagaimana caranya membuat social media planning yang baik, menulis copywriting, hingga mengelola konten media sosial dengan lebih efektif menggunakan tool praktis.

Output utama dari training ini tidaklah hanya untuk meningkatkan penjualan, namun juga mem-branding bisnis Anda untuk tujuan jangka panjang.

5. Facebook Ads & Instagram Ads

Anda akan mempelajari bagaimana Digital Advertising bekerja, khususnya menggunakan Facebook Ads & Instagram Ads. Tingkatannya pun juga akan disesuaikan, entah itu Anda memulainya dari materi basic ataupun materi intermediate.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan topik Facebook Ads & Instagram Ads adalah tim Anda mampu untuk menjalankan iklan di kedua platform media sosial tersebut dengan best practice dari trainer berpengalaman di bidangnya.

Tidak hanya sekadar menjalankannya saja, namun juga nantinya tim Anda dapat menganalisis berbagai variabel data yang dibutuhkan oleh bisnis karena tren periklanan digital akan selalu dinamis seiring perkembangan zaman.

6. Desain Grafis untuk Bisnis

Objektif dari topik ini adalah bagaimana tim Anda menghasilkan konten yang berkualitas dari sisi desain. Pemahaman yang ditekankan tidak hanya tentang pemilihan elemen, layout ataupun warna, tapi juga tentang bagaimana memperkuat pesan dalam konten tersebut.

Melalui pelatihan ini, tim Anda didorong untuk mampu memahami elemen dalam desain, penataan warna dan tipografi, membuat moodboard desain, hingga praktif membuat desain menggunakan tools tertentu.

7. Search Engine Optimization (SEO)

Peserta training akan belajar bagaimana caranya mendatangkan visitors ke website dengan cara organik melalui SEO. Bagaimana menulis konten artikel yang baik serta hal apa yang perlu dioptimasi agar muncul di halaman 1 mesin pencari.

Output dari topik pelatihan ini yakni para peserta pelatihan diharapkan mampu memahami algoritma mesin pencari terutama Google, memahami 3 teknik utama SEO, melakukan riset konten beserta kata kunci potensial, hingga praktik menulis konten artikel yang SEO Friendly agar ranking di Google.

8. Website & Landing Page Creation

Anda akan diajarkan tentang bagaimana cara membuat halaman website atau landing page sesuai dengan struktur dan penempatan konten yang tepat.

Selain belajar cara membuatnya, Sasana Digital juga menawarkan layanan Website Development bagi Anda yang ingin segera memiliki website untuk menjalankan bisnis.

9. Online Shop & Marketplace Optimization

Topik ini sangat sesuai bagi Anda yang sedang atau akan memulai bisnis di Marketplace, khususnya menggunakan Shopee atau Tokopedia sebagai marketplace terpopuler saat ini.

Dikarenakan banyaknya fitur yang ada untuk mengelola toko online, Anda nantinya akan diajarkan step-by-step tentang cara membuat hingga mengoptimasi toko marketplace dengan benar, hingga berujung pada penjualan produk berkali lipat.

Belajar Digital Marketing Bersama Sasana Digital

Merangkum kursus dan pelatihan digital marketing di Sasana Digital, maka Anda dapat memilih bagaimana cara belajar yang sesuai dengan tim Anda butuhkan.

a. Training Digital Marketing di Bandung (On-site)

b. Diskusi dan Konsultasi Digital Marketing

Sesi diskusi dan konsultasi digital marketing di bandung

c. Video Pembelajaran (Kursus Online/E-course)

Belajar Digital Marketing melalui Video Kursus Online
Kursus Online Digital Marketing

d. E-book Digital Marketing

Sasana Digital juga menyediakan e-book digital marketing yang dapat Anda download secara GRATIS di website Sasana Digital Lab.

Belajar Digital Marketing melalui Ebook
E-book Digital Marketing

e. Praktik Menjalankan Digital Marketing

Hal ini merupakan inti dari pelaksanaan kursus dan pelatihan digital marketing di Sasana Digital. Anda dan tim tentunya akan dituntut untuk bisa praktik langsung sesuai dengan topik yang dibahas dalam sesi training.

Portofolio & Testimoni Klien Sasana Digital

Sejalan dengan penjelasan di atas, Sasana Digital menawarkan suatu bentuk metode pelatihan digital marketing terbaik untuk membantu tim di bisnis Anda bertumbuh dengan memanfaatkan pendekatan teknologi digital saat ini.

Anda juga dapat menyimak testimoni klien yang pernah mengadakan sesi training di halaman testimoni dan channel YouTube Sasana Digital. Lebih lengkapnya juga dapat Anda lihat dalam proposal pelatihan digital marketing di bawah ini:

Penutup

Itulah sekilas mengenai layanan kursus dan training digital marketing di Sasana Digital. Anda dapat memilih salah satu dari program-program tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini.

Penting untuk diingat bahwa akan selalu ada tantangan dan rintangan ketika sebuah bisnis mulai memanfaatkan digital marketing.

Oleh karena itu, memberikan pelatihan untuk tim akan menjadi solusi yang tepat sekaligus menghindarkan bisnis Anda dari resiko kerugian.

Apabila Anda punya pertanyaan atau ingin segera memanfaatkan layanan kursus dan training Sasana Digital, silahkan klik gambar di bawah ini.

Bagikan Artikel Ini

Aktivitas Terbaru Sasana Digital

/