Blog ›

Pelatihan Digital Marketing: Materi & Biaya Terbaru 2024

I

Pelatihan digital marketing telah menjadi kebutuhan vital bagi bisnis di era digital yang semakin berkembang. 

Dengan persaingan yang semakin sulit, kemajuan teknologi yang semakin mutakhir, dan tren pasar yang terus update, ilmu digital marketing menjadi salah satu hal yang wajib dikuasai agar bisnis kita tetap relevan.

Dalam artikel ini kita akan membahas 10 materi, biaya pelatihan digital marketing, dan rekomendasi kelas pelatihan digital marketing pada tahun 2024.

Kapan Bisnis Perlu Pelatihan Digital Marketing?

Pelatihan pemasaran digital bukan hanya penting bagi tim marketing, tetapi juga bagi seluruh tim bisnis yang ingin memahami dan merasakan sendiri manfaat pelatihan digital marketing.

Berikut adalah beberapa permasalahan dalam bisnis yang sering terjadi, dan menjadi alasan mengapa pelatihan digital marketing sangat penting bagi bisnis Anda.

1. Ketika Bisnis Mengalami Penurunan Penjualan

Pelatihan digital marketing menjadi urgent ketika bisnis menghadapi penurunan penjualan yang drastis. Naik turunnya pendapatan mungkin hal yang lumrah dalam bisnis. Namun kita harus bersiap untuk menghadapi risiko lonjakan yang drastis

Dengan memahami strategi digital marketing yang efektif, bisnis Anda dapat merencanakan strategi campaign yang lebih kuat untuk meningkatkan penjualan

2. Ketika Kompetitor Bisnis Semakin Aktif

Jika kompetitor bisnis semakin aktif dalam digital marketing, ini menjadi rambu untuk Anda untuk terus meningkatkan skill tim pemasaran agar memiliki kemampuan praktis dan strategis.

untuk tetap bersaing secara aktif. Pelatihan digital marketing membantu tim memahami strategi yang digunakan oleh pesaing dan menemukan pembeda antara bisnis Anda dengan kompetitor.

3. Ketika Bisnis Baru Memulai Digital Marketing

Bisnis yang baru mulai menggunakan digital marketing perlu memahami konsep dasar dan strategi yang diperlukan agar campaign yang dijalankan berhasil dan tidak boncos. 

Memperkaya skill digital marketing sejak awal atau ketika bisnis baru akan dimulai, adalah sebuah investasi bagi kita. Dengan kemampuan mumpuni, pada akhirnya Anda dapat merasakan sendiri manfaat pelatihan digital marketing.

4. Ketika Bisnis Ingin Memaksimalkan ROI Marketing

Pelatihan digital marketing membantu bisnis memahami cara mengoptimalkan budget marketing mereka dalam digital marketing untuk mendapatkan ROI (Return of Investment) yang lebih tinggi. 

Dengan memahami metrik pemasaran digital dan strategi terbaik, bisnis dapat mengevaluasi metrik mana yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kampanye mereka.

5. Ketika Bisnis Ingin Memperkuat Digital Branding

Pelatihan digital marketing juga penting ketika bisnis ingin memperkuat branding mereka secara online. Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang strategi digital branding, tim pemasaran dapat membangun hubungan yang baik dengan audiens mereka dan memperkuat brand awareness di dunia digital.

Dengan mengikuti pelatihan digital marketing, bisnis dapat memastikan bahwa tim mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan-tantangan di atas dan mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Pelatihan & Sertifikasi Digital Marketing #1 untuk Profesional, Dosen & Tenaga Pengajar

10 Materi Pelatihan Digital Marketing

Materi pelatihan digital marketing biasanya mencakup berbagai topik yang relevan dengan pemasaran online. Berikut adalah beberapa materi yang mungkin diajarkan dalam pelatihan digital marketing:

materi & topik pelatihan digital marketing 1

1) Copywriting

Pelatihan copywriting yang kami tawarkan akan memberikan pemahaman mendalam tentang:

  • Penggunaan copywriting untuk tujuan bisnis.
  • Strategi dan teknik yang akan membawa Anda dari level nol hingga menjadi ahli, melalui konsep dasar hingga teknik tingkat lanjut.
  • Panduan tentang serangkaian kerangka kerja yang mudah dipahami dan diterapkan, sehingga dapat menghasilkan teks-teks yang memikat dan persuasif.

2) Content Writing

Pelatihan content writing yang kami tawarkan akan memberikan pemahaman komprehensif tentang:

  • Penggunaan content writing untuk keperluan bisnis.
  • Elemen-elemen penting dalam penulisan konten serta struktur yang efektif.
  • Proses penulisan yang sistematis, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, sehingga Anda dapat menghasilkan konten-konten berkualitas tinggi secara konsisten.

3) Digital Marketing Activation

Pelatihan Digital Marketing Activation yang kami tawarkan merangkum poin-poin kunci:

  • Lanskap digital marketing dan pondasi dasarnya.
  • Membahas tren-tren digital terkini dan menganalisis perilaku konsumen secara mendalam untuk memahami bagaimana mereka berinteraksi dengan konten digital. 
  • Memandu Anda dalam merumuskan strategi multi-channel dan omni-channel yang efektif untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak kampanye pemasaran Anda. 

materi & topik pelatihan digital marketing 2

4) Marketing & Branding Strategy

Melalui materi pelatihan digital marketing ini Anda akan memiliki wawasan seputar:

  • Pembangunan identitas merek (brand identity) yang kuat.
  • Strategi digital branding yang efektif.
  • Strategi untuk menempatkan merek Anda secara optimal di pasar digital.

5) Pelatihan Facebook Ads (Meta Ads)

Meta Ads (Facebook dan Instagram) adalah platform campaign efektif yang sering digunakan oleh bisnis. Konsep dan praktik yang akan diajarkan adalah seputar:

  • Konsep dasar & strategi meta ads
  • Cara mengatur kampanye pemasaran
  • Evaluasi performa kampanye

Bahkan selain melalui materi di atas, ada juga kelas pelatihan Prakerja yang secara khusus membahas tentang “Teknik Beriklan di Instagram dan Facebook untuk Meningkatkan Penjualan”.

Baca Juga: Pelatihan Digital Marketing – Training Consultant Jakarta

6) Training Google Ads (SEM)

Apa yang akan Anda pelajari dan dapatkan?

  • Google ads fundamental & strategy
  • Effective keyword research process (Riset kata kunci yang efektif untuk SEM)
  • Campaign performance evaluation (Evaluasi kinerja kampanye marketing)

7) Marketplace (Shopee & Tokopedia)

Berikut cakupan pembelajaran di dalamnya:

  • Marketplace fundamental & strategy
  • Sales performance audit & optimization

materi & topik pelatihan digital marketing 3

8) Content Marketing

Dalam pelatihan content marketing, Anda berhak mendapatkan materi dan bimbingan praktik seputar:

  • Content marketing fundamental & strategy
  • Content marketing mapping
  • Evaluasi performa kampanye

9) Social Media Marketing

Untuk menguasai lanskap social media marketing, berikut gambaran pembahasan yang akan diikuti:

  • Fundamental & strategy
  • Social media management consultant
  • Account performance evaluation

10) Pelatihan/Training SEO

Melalui pelatihan SEO (Search Engine Optimization), Anda akan mendapatkan fasilitas materi pembelajaran dan praktik seputar:

  • Fundamental & strategy
  • Integrasi penerapan SEO & AI (Artificial Intelligence)
  • Evaluasi kinerja SEO

Baca Juga: 6+ Rekomendasi Materi Digital Marketing: Efektif bagi Pemula

Perkiraan Biaya Pelatihan Digital Marketing

Biaya pelatihan digital marketing bervariasi tergantung jenis program, penyelenggara pelatihan, dan tingkat keahlian yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa jenis program pelatihan digital marketing dan perkiraan biayanya:

  1. Kursus Online: Biaya untuk kursus online di Sasana Digital sangat beragam, semuanya tertera dan dapat Anda cek di www.sasanadigilab.com. Ada yang gratis dan juga berbayar.
  2. Kelas Tatap Muka (Online): Biaya pelatihan untuk kelas tatap muka online atau seminar bergantung pada kompleksitas materi dan topik, biayanya berkisar di bawah Rp 7 jutaan.
  3. Kelas Tatap Muka (Offline): Dibanding kelas online, biaya untuk kelas tatap muka offline cenderung lebih mahal. Biaya bisa berkisar di bawah angka Rp 16 juta, disesuaikan dengan tantangan dan kebutuhan perusahan.
  4. Pelatihan Sertifikasi BNSP: Pelatihan sertifikasi digital marketing BNSP dilakukan dengan 2 fase; fase training & fase assessment (ujian sertifikasi).

Kedua fase ini dapat difasilitasi Sasana Digital baik untuk tenaga pendidikan (Dosen/Guru), tim di perusahaan, maupun perorangan (Rp 7 juta/orang). Khusus program ini, ada Bonus Bundling Kursus Online Digital Marketing bagi yang mendaftar.

Baca Juga: 12 Cara Belajar Digital Marketing dari A sampai Z Tahun 2024 [Update]

Tanya Jawab terkait Pelatihan Digital Marketing

Berikut ini ada beberapa pertanyaan penting seputar pelatihan digital marketing yang mungkin masih membuat Anda penasaran selama ini.

1. Bagaimana Cara Pelatihan Digital Marketing Dapat Membantu Penjualan Bisnis?

Pelatihan digital marketing tidak hanya sekadar memberikan bimbingan, tetapi juga mendorong tim bisnis Anda untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi yang luar biasa. 

Ini tidak hanya melibatkan pengembangan kemampuan dalam merancang strategi bisnis yang tangguh, tetapi juga memahami akar penyebab penurunan penjualan, serta merancang solusi yang lebih efektif dan relevan dengan target pasar melalui pemanfaatan konten digital marketing yang canggih. 

Dengan demikian, pelatihan ini menjadi landasan yang kokoh bagi kesuksesan dan keberlanjutan bisnis Anda di era digital yang terus berubah.

2. Bagaimana Mengukur Keberhasilan Pelatihan Digital Marketing yang Diselenggarakan?

Ada 4 fase dalam mengukur keberhasilan setelah Pelatihan Digital Marketing:

  1. Peningkatan Kreativitas & Inisiatif Tim > Sejauh mana tim berubah menjadi lebih kreatif dan proaktif dalam mengembangkan ide-ide baru.
  2. Peningkatan Kualitas Konten Marketing > Kualitas yang dapat diukur melalui berbagai metrik, seperti tingkat keterlibatan (engagement) pengguna, tingkat konversi, atau bahkan penilaian pengguna terhadap relevansi dan kualitas konten yang disajikan.
  3. Pertumbuhan Channel Digital Marketing (Sosmed/Website) > Pengukuran mengenai peningkatan jumlah pengikut (followers) di media sosial, peningkatan lalu lintas (traffic) di website, atau peningkatan dalam jumlah interaksi dan interaksi konsumen dengan konten yang dipublikasikan.
  4. Peningkatan Penjualan > Penjualan adalah ukuran paling konkret yang dituju.

3. Bagaimana Memilih Materi/Topik Pelatihan Digital Marketing yang Tepat?

Sasana Digital menyediakan Free Consulting untuk memastikan kebutuhan bisnis Anda. Di Free Consulting ini Anda dapat berkonsultasi mengenai:

  1. Promosi apa saja yang sudah dijalani 
  2. Tantangan bisnis terbesar saat ini
  3. Kompetitor & persaingan yang sedang dihadapi
  4. Kemampuan tim saat ini
  5. Perubahan tren customer 

Dari informasi tersebut tim kami akan menyarankan materi/topik pelatihan digital marketing yang cocok agar setelah pelatihan tim Anda bisa langsung eksekusi strategi digital marketing yang efektif sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

Gambaran Singkat Portofolio Sasana Digital

contoh kasus layanan audit digital marketing

1) Salah satu klien kami yang bergerak dalam bisnis toko mainan, mengalami peningkatan penjualan hingga 50% melalui salah satu marketplace Indonesia dalam waktu 1,5 bulan saja. Prosesnya, kami lakukan audit berbagai saluran pemasaran digital yang mereka gunakan dan menemukan faktor hambatannya.

contoh kasus layanan consulting digital marketing

2) Selain itu, klien kami di bisnis fashion wanita mengalami lonjakan konversi penjualan setelah berkonsultasi dan pendampingan bisnis. Dan dalam waktu 2 bulan saja bisnis tersebut mengalami peningkatan revenue hingga 150%.

contoh kasus layanan private training digital marketing

3) Klien kami di bidang kesehatan, salah satu klinik ibu dan anak di Bandung mampu menjangkau hingga 20.000 followers secara organik dengan memfokuskan media sosialnya pada target audiens.

contoh kasus layanan corporate training digital marketing

Di bidang tour & travel, prinsip ABC (Audience, Benefit, Content) menjadi salah satu strategi dan konsep yang dipakai untuk kebutuhan perusahaan ini. Hasilnya, travel umroh tersebut mengalami peningkatan omset hingga 2,4 miliar dengan ROAS lebih dari 20x dalam 2 minggu.

Sasana Digital Terdaftar Sebagai Mitra Resmi Kartu Prakerja

lembaga pelatihan digital marketing - mitra resmi prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing di dunia kerja.

Program ini diluncurkan sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi pengangguran dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja di Indonesia, dengan cara memberikan voucher pelatihan keterampilan.

Pada program ini peserta akan mendapatkan benefit:

  1. Voucher pelatihan yang dapat ditukarkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh LP (Lembaga Pelatihan). Sasana Digilab merupakan salah satu LP yang menyediakan pelatihan dalam program kartu prakerja.
  2. Insentif yang ditransfer ke akun e-wallet peserta 
  3. Bonus ulasan / review

Baca Juga: Digital Marketing Specialist: Bangun Karir Mulai dari Sini!

Kemnaker

Kemnaker adalah singkatan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Kementerian ini bertugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan, seperti Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). 

Salah satu programnya yaitu memberikan pelatihan sertifikasi digital marketing yang sejalan dengan program Kemnaker. Kemnaker yang mengeluarkan sertifikasi dan akreditasi untuk pengakuan atas suatu LPK.

Sasana Digital menjadi salah satu LPK yang tersertifikasi Kemnaker sebagai lembaga pelatihan kerja resmi.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengembangkan dan menyelenggarakan sistem sertifikasi profesi di Indonesia.

Sebagai penyelenggara pelatihan digital marketing, Sasana Digital merupakan mitra resmi BNSP. Kami menyediakan pelatihan persiapan ujian sertifikasi BNSP di bidang digital marketing dan memfasilitasi peserta untuk mengikuti ujian sertifikasi BNSP. Selain itu, trainer kami juga sudah bersertifikasi BNSP.

Cerita Client Sasana Digital


Cerita para klien Pelatihan Digital Marketing di Sasana Digital

Baca Juga: 9 Program Sertifikasi Digital Marketing untuk Raih Karier Impian

Penutup

Sasana Digital hadir untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut melalui pelatihan digital marketing yang komprehensif. Dengan mengikuti pelatihan kami, tim bisnis Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di era digital ini.

Tingkatkan skill Tim Digital Anda untuk mendorong kinerja bisnis, branding digital, dan mengatasi kompetitor dalam upaya membawa pertumbuhan penjualan bisnis. 

Siap tingkatkan perfoma bisnis dan susul kompetitor bersama Sasana Digital?

Daftar dan konsultasikan masalah digital marketing Anda bersama Sasana Digital sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?