Blog ›

9 Program Sertifikasi Digital Marketing untuk Raih Karier Impian

I

Kini, sertifikasi digital marketing tengah banyak diburu oleh para digital marketer.

Pemicunya adalah banyak perusahaan dan institusi yang membutuhkan digital marketer expert untuk mempercepat proses transformasi digital pada perusahaan atau bisnis mereka. 

Lantas, bagaimana cara mendapatkan sertifikasi digital marketing? Melalui artikel ini, Sasana Digital akan membahas secara lengkap mengenai jenis hingga manfaat sertifikasi tersebut bagi Anda. Simak sampai habis ya!

Apa Itu Sertifikasi Digital Marketing?

Sertifikasi digital marketing adalah suatu sertifikasi yang disediakan oleh badan tertentu seperti lembaga sertifikasi profesi untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam digital marketing.

Sertifikasi tersebut menjadi sebuah cara untuk memverifikasi kompetensi individu atas kemampuan mereka yang berhubungan erat dengan digital marketing. Sertifikasi akan diberikan oleh sebuah lembaga kepada peserta yang telah berhasil menyelesaikan course atau ujian yang disediakan.

Lalu, apakah sertifikasi marketing itu penting?

Tentu. Jika Anda berpikir untuk berkarir dalam bidang digital marketing, program sertifikasi ini menawarkan jalur yang lebih fleksibel dan lebih terjangkau untuk masuk ke bidang digital marketing.

Dengan sertifikat yang telah diperoleh, dapat digunakan oleh para digital marketer untuk menambah value, membedakan diri mereka dengan pelamar lain, serta meningkatkan peluang untuk dilirik oleh recruiter. 

Baca juga: Cara Belajar Digital Marketing dari A sampai Z di Tahun 2023

Setelah mengetahui pengertian sertifikasi digital marketing, selanjutnya akan dibahas manfaat Anda mengikuti sertifikasi tersebut.

Manfaat Mengikuti Sertifikasi Digital Marketing

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan setelah mengantongi sertifikat digital marketing gratis maupun berbayar. Berikut ini beberapa manfaat mengikuti sertifikasi marketing yang perlu Anda ketahui.

  1. Memiliki value yang lebih dibandingkan orang lain
  2. Menambah kredibilitas dalam bidang digital marketing
  3. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan diri
  4. Membuka wawasan terkait digital marketing lebih luas
  5. Meningkatkan rasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki

Itulah alasan pentingnya Anda mengikuti sertifikasi tersebut. Satu hal lagi yang menarik dari sertifikasi ini adalah proses sertifikasi tersebut akan melibatkan pelatihan. 

Pelatihan yang Anda ikuti, nantinya akan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan produktivitas pada diri Anda. Secara bertahap, Anda akan mampu bekerja lebih efektif dan lebih efisien sehingga dapat meraih hasil kerja yang optimal.

Baca juga: Rekomendasi Kursus & Training Digital Marketing di Bandung

8 Sertifikasi Digital Marketing Pilihan & Diakui Luas

Sebuah langkah cerdas untuk Anda mempertimbangkan karir di bidang digital marketing. Mengingat para ahli memperkirakan pengeluaran pemasaran digital global mencapai $ 450 miliar pada tahun 2021. Bahkan angka ini akan meningkat 40% pada tahun 2024.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengubah karier, sertifikasi marketing dapat sangat membantu. Namun dengan begitu banyak pilihan, program sertifikasi pemasaran digital mana yang benar-benar layak dipertimbangkan?

Untuk Anda yang tertarik mengasah kemampuan dan meningkatkan kredibilitas diri, berikut ini beberapa jenis sertifikasi marketing yang bisa Anda pilih dan coba.

1. Google Analytics Individual Qualification

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 1

Sertifikasi digital marketing yang cukup banyak disarankan adalah Google Analytics Individual Qualification. 

Google Analytics Individual Qualification mencakup konsep Universal Analytics dasar dan lanjutan. Hal tersebut mencakup perencanaan dan prinsip, implementasi dan pengumpulan data, konfigurasi dan administrasi, konversi dan atribusi, serta laporan, metrik, dan dimensi.

Kemampuan untuk memahami Google Analytics sangat diperlukan oleh seorang digital marketer. Sebab, dengan Google Analytics Anda dapat menganalisis performa strategi marketing dan mendapatkan data terkait pengunjung dari aspek demografi hingga minat. 

Dengan memiliki kemampuan dasar itu, Anda dapat menyusun strategi marketing yang efektif untuk bisnis Anda. 

Sebelum mengikuti sertifikasi ini, Anda juga bisa mempelajari materi-materi yang disediakan secara optional pada kursus Google Analytics for Beginners dan Advanced Google Analytics. 

Google Analytics Individual Qualification dapat dilaksanakan secara online dan gratis dengan durasi 90 menit. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Anda harus mencapai skor 80% dan jika gagal Anda perlu waktu 1 minggu untuk mencoba lagi.

Baca Juga: Apa Itu Google Analytics? Ketahui Fungsi dan Penggunaannya

2. Google Ads Certification

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 2

Tidak hanya Google Analytics Individual Qualification, Google juga menyediakan Google Ads Certification. 

Google Ads Certifications adalah akreditasi profesional yang ditawarkan Google kepada individu yang menunjukkan kemahiran dalam aspek dasar dan lanjutan Google Ads. 

Sertifikasi ini dapat menunjukkan bahwa Google mengakui Anda sebagai ahli dalam periklanan online. 

Neil Patel juga menyebutkan bahwa meskipun Anda telah menjalankan beberapa campaign, mengikuti sertifikasi ini akan sangat berguna dalam memahami berbagai tools Google yang dibutuhkan dalam campaign. 

Jika Google Analytics Individual Qualification fokus pada kemampuan dasar, maka Google Ads Certification fokus pada topik-topik yang lebih luas mengenai Google Ads.

Saat ini tersedia 11 Google Ads Certification, mulai dari Google Ads Search, Google Ads Display, Google Ads Video, Shopping ads, dan lain sebagainya.

3. Facebook Certified Planning Professional

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 3

Sertifikasi berikutnya adalah Facebook Certified Planning Professional. Sertifikasi ini cocok untuk Anda yang berkecimpung dalam media sosial, seperti Facebook. 

Facebook Certified Planning Professional adalah sebuah sertifikat yang diberikan kepada digital marketer profesional l yang ahli dalam merencanakan campaign periklanan Facebook yang sukses.

Sertifikasi ini fokus pada menentukan KPI campaign, mengoptimalkan jangkauan dan frekuensi, merencanakan strategi dan anggaran, serta mengukur kinerja campaign. 

Sama seperti Google Analytics Individual Qualification, Anda juga bisa mengakses materi-materi terkait Facebook Certified Planning Professional secara gratis. Namun untuk mendapatkan sertifikasi ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 150 dolar AS.

Nantinya, sertifikasi Facebook Certified Planning Professional akan berlaku selama 1 tahun.

Baca Juga: Rekomendasi Belajar Facebook Ads Melalui 5 Kursus Gratis Ini

4. HubSpot Content Marketing Certification

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 4

Sertifikasi digital marketing yang tak kalah menarik lainnya adalah HubSpot Content Marketing Certification.

HubSpot Content Marketing Certification adalah program sertifikasi yang cocok untuk Anda yang berfokus pada content marketing skill. Course sertifikasi ini akan menunjukkan pada Anda bagaimana menjadi content marketer yang efektif. 

Sertifikasi online ini menyediakan 12 course, 54 video, dan 11 quizzes secara gratis. HubSpot Content Marketing Certification akan membantu Anda membangun fondasi content marketing yang kuat.

Nantinya, Anda akan mempelajari terkait kerangka kerja pembuatan yang efektif secara konsisten, membuat konten yang disukai audiens dan search engines, serta menjadi content marketer yang lebih strategis. 

Yang membuat sertifikasi HubSpot unik adalah program ini membantu Anda memahami nilai dari storytelling dan cara membangun kerangka kerja pembuatan konten dengan benar.

HubSpot Content Marketing Certification membahas segala sesuatu mulai dari cara membangun strategi blog tamu hingga cara mempromosikan konten Anda.

5. Hootsuite Academy Marketing Certification

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 5

Sertifikasi marketing yang selanjutnya bisa Anda coba adalah Hootsuite Academy Marketing Certification. Sertifikasi ini dirancang dan dibuat berdasarkan konsultasi dengan para ahli dan praktisi pemasaran.

Dengan mengikuti kursus ini, Anda akan dapat mengembangkan keterampilan praktis terkait dasar social marketing untuk meningkatkan followers, engagement, dan hasil bisnis. 

Untuk mendapatkan sertifikasi pemasaran ini, Anda harus menyelesaikan ujian online dengan 60 pertanyaan  yang menguji pengetahuan Anda tentang prinsip-prinsip inti pemasaran media sosial.

Ujian tersebut berdasarkan pada video pembelajaran eksklusif tentang social media marketing yang mencakup segala sesuatu mulai dari membuat strategi media sosial dan mengoptimalkan profil hingga pemasaran konten sosial dan membangun audiens.

Dengan biaya sekitar $199, Hootsuite Academy Marketing Certification akan memberi 5 kurikulum, mulai dari Social Media Strategy, Social Media Content Marketing, hingga Measuring Success. Apakah Anda tertarik mencobanya?

6. Youtube Certified

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 6

Setiap kali marketer berbicara mengenai sertifikasi, mereka cenderung berfokus pada course yang mencakup dasar-dasar digital marketing. Cukup mengejutkan betapa jarangnya Youtube Certified dibicarakan. Lalu apa itu Youtube Certified?

Youtube Certified adalah  serangkaian kursus yang dirancang untuk membantu para kreator dan mitra yang memenuhi syarat menggunakan sistem dan alat YouTube yang canggih. 

Kursus tersebut  berfokus pada konsep seperti manajemen hak dan analisis tingkat lanjut. Selain itu, kursus ini juga berfokus untuk mengajari Anda cara membuat konten menarik yang mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Namun sejak Oktober 2019, YouTube Certified hanya terbuka untuk kreator dan mitra yang memiliki manajer mitra YouTube atau yang memiliki akses ke ID Konten. Hal tersebut juga menjadi salah satu persyaratan untuk Anda yang tertarik mengikuti sertifikasi ini.

YouTube Certified menawarkan empat kursus berbeda yang dirancang untuk peran yang berhubungan dengan bisnis. Beberapa kursus yang bisa Anda coba adalah Content Ownership Course, Asset Monetization Course, Music Course, dan Music Rights Management Course.

Untuk berhasil memperoleh Youtube Certified, Anda harus mendapatkan nilai 75% atau lebih tinggi pada ujian untuk lulus. Jika telah lolos, Anda akan mendapatkan email yang mengonfirmasi kelulusan ujian Anda dan sertifikasi course tersebut akan berlaku selama 18 bulan.

7. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 7

Jenis sertifikasi selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Bekerja sama dengan LSP Digital, Sertifikasi Profesi Digital Marketing LSP-BNSP telah secara resmi diakui oleh negara. 

BNSP adalah salah satu badan independen yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. 

Salah satu sertifikasi yang dikeluarkan oleh BNSP adalah sertifikasi digital marketing. Dilansir dari LSP Digital, Anda dapat mengikuti sertifikasi dengan biaya sebesar Rp1.000.000 dan mendapatkan 10 unit kompetensi yang telah memenuhi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

Dari 10 unit kompetensi SKKNI BNSP tersebut, Anda akan membuat perencanaan periklanan, merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan, mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan, hingga penggunaan sosial media dan website. 

Untuk mengikuti sertifikasi ini terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, seperti lulusan SLTA Sederajat, memiliki sertifikat pelatihan sesuai ruang lingkup skema Digital Marketing, atau memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun di bidang digital marketing.

8. Private Training for BNSP Training

Jenis Sertifikasi Digital Marketing - 8

Ingin mencoba sertifikasi marketing, namun Anda belum memiliki persiapan yang matang? Tidak perlu khawatir lagi karena Layanan Private Training for BNSP Training dari Sasana Digital bisa Anda coba.

Private Training for BNSP Training adalah pelatihan dari Sasana Digital yang bersifat personal half-day (3 jam) dengan berfokus pada kemampuan untuk menghadapi ujian BNSP untuk bidang digital marketing.

Dengan mengikuti private training ini, nantinya Anda akan memperoleh akses 4 bundling video kursus digital marketing. Yang mana dapat Anda akses selamanya secara mandiri melalui video kursus pada website Sasana Digital Lab.

Dengan biaya sekitar Rp6.700.000 / Package, Anda bisa mendapat Layanan Private Training for BNSP Training yang sudah termasuk:

  1. Pendaftaran ujian BNSP
  2. Pendampingan melalui grup WhatsApp bersama trainer hingga jadwal ujian dikeluarkan pihak BNSP
  3. Koordinasi penerbitan sertifikat setelah mengikuti ujian

Layanan Sasana Digital satu ini sangat cocok untuk Anda yang berminat mengambil Sertifikasi BNSP yang telah sesuai dengan SKKNI digital marketing. Sebab, nantinya Anda akan mendapatkan training serta fasilitas pendukung ujian.

Nah, apakah Anda tertarik mengambil Layanan Private Training untuk Ujian BNSP bidang Digital Marketing dari Sasana Digital?

9. Pelatihan Prakerja Bersertifikat

Anda ingin memiliki sertifikasi keahlian namun:

  • Belum cukup pede dengan skill saat ini?
  • Belum memiliki keahlian sama sekali, namun tertarik dengan digital marketing?

Tenang! Jika Anda lolos sebagai peserta penerima manfaat kartu Prakerja 2024, Anda bisa gunakan benefit dari pemerintah dengan mencari Lembaga Pelatihan Prakerja resmi dan bersertifikat

Untuk peserta yang lolos dan mendapatkan Kartu Prakerja gelombang 64 yang dibuka awal Maret, Anda bisa mengikuti pelatihan Prakerja terdekat di bulan April 2024 by Sasana Digital (Mitra resmi Prakerja). Tema pelatihan yang akan dilangsungkan adalah tentang “Teknik Beriklan di Instagram dan Facebook untuk Meningkatkan Penjualan”.

Sertifikasi Digital Marketing - Pelatihan Prakerja 2024

Baca juga: Jasa Konsultan Digital Marketing, Pentingkah Bagi Bisnis?

Itulah 9 jenis sertifikasi pemasaran digital yang bisa Anda coba sesuai dengan kebutuhan atau bidang pekerjaan yang Anda tekuni.

Apa Saja Pekerjaan yang Bisa Anda Lamar dengan Sertifikasi Digital Marketing?

Anda tentu sudah tahu bahwa pemasaran digital adalah bidang yang tengah berkembang pesat. Salah satu alasannya adalah ada begitu banyak peluang pekerjaan dalam bidang ini. 

Di sinilah peran penting program sertifikasi. Program ini akan mempersiapkan Anda untuk berkarir di bidang digital marketing. 

Lalu, apa saja pekerjaan yang bisa Anda lamar setelah mendapatkan sertifikasi? Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa Anda lamar.

  1. Digital Marketing Analyst
  2. Digital Marketing Specialist
  3. Digital Marketing Manager
  4. SEO Specialist
  5. Content Writer
  6. Social Media Manager
  7. Social Media Specialist
  8. Email Marketing Specialist
  9. Director of Digital Marketing
  10. Website Developer

Apa pun itu, program sertifikasi marketing akan menjadi dasar yang kuat untuk karier Anda di bidang pemasaran digital.

Melalui sertifikasi tersebut, Anda akan memiliki dasar-dasar yang diperlukan untuk peran apa pun. Dari sana, Anda dapat membangun keterampilan Anda untuk fokus pada bidang pemasaran digital tertentu.

Baca juga: Top 17+ Tempat Kursus Digital Marketing Gratis bagi Pemula

Portofolio Sasana Digital – Penyedia Sertifikasi Digital Marketing

Berikut ini portofolio Sasana Digital sebagai penyedia pelatihan dan sertifikasi digital marketing:

1. Private Training Digital Marketing

layanan private training di penyedia sertifikasi digital marketing

Bukan hanya sendiri, melalui private training Anda juga bisa mengikutsertakan divisi terkait untuk mendapatkan pelatihan digital marketing, yaitu hingga maksimal 4 orang dalam tim.

Layanan training jenis ini sebelumnya telah dilakukan oleh salah satu mitra klien kami, yaitu sebuah bisnis Klinik Ibu dan Anak.

Sesuai dengan case dan goal perusahaan, akhirnya lahirlah perencanaan strategis melalui konten yang disesuaikan dengan target audiens. Setelahnya, klinik tersebut berhasil menarik lebih dari 20 ribu pengikut secara organik yang fokus pada target konsumennya.

2. Corporate Training Digital Marketing

Layanan Corporate di penyedia sertifikasi digital marketing

Jika Anda ingin ada lebih banyak SDM dalam perusahaan yang mengikuti program skill improvement seperti ini, Sasana Digital juga menyediakan layanan corporate training yang bisa diikuti oleh 6 hingga 8 orang.

Sebelumnya, Sasana Digital pernah melakukan Audit Konten dan Pengaturan Meta Ads untuk mengidentifikasi kelemahan strategi pada sebuah Bisnis Travel Umroh.

Pada akhirnya, prinsip ABC (Audience Benefit Content) menjadi salah satu strategi dan konsep yang diterapkan untuk kebutuhan perusahaan ini. Hasilnya, bisnis travel umroh tersebut mengalami peningkatan omset hingga 2,4 miliar dengan ROAS lebih dari 20x dalam waktu 2 minggu.

3. Audit Digital Marketing

layanan audit di penyedia sertifikasi digital marketing

Kami menyadari bahwa setiap bisnis memiliki case dan kebutuhan tersendiri untuk mengelola aktivitas digital marketing mereka. Apabila bisnis masih ragu mengenai problem dan ancaman industri terhadap bisnis mereka, sehingga bingung dalam menentukan strategi baru, Sasana Digital siap memberikan layanan audit untuk Anda.

Tahap ini melibatkan proses pendampingan, khususnya dengan pemeriksaan menyeluruh terhadap seluruh saluran pemasaran digital yang dimiliki oleh bisnis.

Contohnya, klien kami yang menjalankan bisnis Toko Mainan, mendapatkan bimbingan melalui layanan konsultasi dan audit. Hasilnya, mereka berhasil meningkatkan penjualan sebanyak 50% melalui saluran penjualan di salah satu marketplace Indonesia dalam waktu 1,5 bulan.

4. Consulting Digital Marketing

layanan consulting di penyedia sertifikasi digital marketing

Bagi konsultan digital marketing, konsultasi bisnis adalah tahap paling penting dan mendasar untuk memahami situasi. Setelahnya, barulah klien akan mendapatkan panduan dan arahan untuk memperbaiki aspek-aspek penting pada saluran digital yang digunakan oleh bisnis.

Begitu pula dengan yang dialami oleh klien kami yang bergerak di bidang Fashion Wanita. Pada tahap audit, kami mengidentifikasi beberapa hambatan. Sasana Digital kemudian membantu dalam merancang strategi untuk meningkatkan konversi penjualan bisnis klien, yang terbukti berhasil dengan peningkatan pendapatan hingga 150% dalam waktu 2 bulan.

Cakupan Topik Training dan Konsultasi

Sasana Digital dapat menjadi solusi digitalisasi bisnis Anda, baik untuk mengembangkan kapabilitas tim maupun performa bisnis melalui strategi pemasaran digital. Terdapat beberapa topik pembahasan inti dalam digital marketing yang dapat Anda pelajari, yakni:

Banner Topik Digital Marketing Training dan Konsultasi (6)

Pertanyaan Seputar Sertifikasi Digital Marketing

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan sertifikasi digital marketing. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait sertifikasi digital marketing.

1. Kenapa Harus Mengikuti Sertifikasi Digital Marketing?

Salah satu alasan Anda harus mengikuti sertifikasi pemasaran digital adalah untuk meningkatkan kredibilitas Anda dalam bidang digital marketing. Dengan memiliki sertifikasi ini, Anda juga akan memiliki nilai dan kemampuan lebih dalam bidang terkait.

2. Apa Saja Sertifikasi Digital Marketing?

Ada beberapa jenis sertifikasi marketing yang bisa Anda ikuti, di antaranya adalah Google Analytics Individual Qualification, Google Ads Certification, Facebook Certified Planning Professional, HubSpot Content Marketing Certification, dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP.

3. Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi Digital Marketing?

Untuk mendapatkan sertifikasi pada bidang digital marketing, Anda dapat memulai dengan mencari lembaga sertifikasi digital marketing yang terpercaya. Lalu, pahami jenis-jenis sertifikasi yang akan Anda ambil dan pelajari materi-materi yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Praktis! 7 Kiat Belajar Bisnis Online dari Nol Tahun 2023

Penutup

Nah, itulah beberapa jenis sertifikasi marketing yang bisa Anda coba. Jika Anda ingin menjadi praktisi digital marketing, tidak ada salahnya Anda mengikuti program sertifikasi tersebut. Mengingat dengan sertifikasi yang dimiliki, dapat menunjang kesuksesan karir Anda di dunia kerja.

Apabila Anda masih kebingungan dan kesulitan untuk mengambil sertifikasi digital marketing, kini Sasana Digital hadir dengan layanan Training yang akan membantu Anda dalam menghadapi ujian sertifikasi BNSP.

Yuk, cari tahu info selengkapnya dengan cara klik banner di bawah ini dan dapatkan layanan terbaik dari kami!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital