Blog ›

Pelatihan & Sertifikasi Digital Marketing #1 untuk Profesional, Dosen & Tenaga Pengajar

I

Sertifikasi Digital Marketing menjadi langkah strategis bagi mereka yang ingin meningkatkan skill dan potensi di bisnis digital. Dalam era teknologi saat ini, memiliki sertifikasi digital marketing standar BNSP menjadi modal berharga baik untuk meningkatkan kompetensi maupun karir. 

Sertifikasi tidak hanya tentang peningkatan keterampilan tetapi juga membangun dasar kredibilitas yang kuat di dunia kerja.

Proses untuk mendapatkan sertifikasi melibatkan pembelajaran mendalam dan ujian yang menantang. Berikut ini kami bahas gambaran dan cara daftar sertifikasi berstandar nasional!

Lembaga Sertifikasi Digital Marketing

Sebelum mengikuti sertifikasi, memilih lembaga sertifikasi yang kredibel harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Ada dua contoh lembaga sertifikasi terkemuka dan sudah diakui secara global untuk digital marketing, yaitu Sertifikasi Digital Marketing Google (Google Digital Garage) dan HubSpot Academy.

Dalam skala nasional, Sasana Digital dapat membantu Anda untuk melakukan sertifikasi digital marketing. Pelaksanannya pun bisa dilakukan secara offline maupun online. 

Program-program ini dirancang oleh para ahli industri untuk memastikan relevansi dan ketangguhan dalam berbagai aspek digital marketing.

Baca Juga: 11 Kursus Digital Marketing Bersertifikat untuk Pelaku UMKM

Pelatihan Digital Marketing Sebagai Syarat Sertifikasi bagi Pemula, Profesional & Dosen

Program sertifikasi digital marketing BNSP disarankan bagi Anda yang memang sudah ada pengalaman ataupun seorang dosen/guru/tenaga pengajar pada program studi marketing, manajemen, ataupun bisnis. Akan lebih mudah jika Anda telah memiliki pemahaman dasar dan familiar dengan bidang keahlian yang ingin disertifikasi.

Ada beberapa lembaga yang mewajibkan peserta mengikuti pelatihan dasar sebelum mengikuti program sertifikasi lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka memiliki dasar pemahaman yang kuat sebelum mengikuti ujian sertifikasi.

Di Sasana Digital, Anda bisa mengikuti program sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dengan cara paling mudah, yaitu dengan melakukan pendaftaran serta penyelesaian tahap assessment yang simple sebelum mengikuti training dan proses ujian.

Durasi Program Sertifikasi

Sertifikasi digital marketing biasanya memiliki durasi yang bervariasi, tergantung pada lembaga penyelenggara dan tingkat keterampilan yang diinginkan. Ada program yang hanya berlangsung beberapa minggu, ada juga yang dapat memakan waktu hingga beberapa bulan.

Kelebihan dari pelatihan sertifikasi digital marketing dengan Sasana Digital adalah fleksibilitas waktu yang memungkinkan peserta untuk mengikuti program tanpa mengorbankan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

Di Sasana Digital sendiri, untuk sertifikasi digital marketing berlangsung 1 hari dengan pelatihan terlebih dahulu selama 1 hari offline dan 7 hari konsultasi.

Baca Juga: Profesi Digital Strategist: Tugas, Keahlian dan Gaji

Manfaat Sertifikasi Digital Marketing

Sertifikasi digital marketing memberikan benefit bagi Anda yang ingin menjadi ahli di bidang digital marketing. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Pengakuan Kredibilitas

Sertifikat dari lembaga terkemuka memberikan bukti konkret bahwa pemegangnya telah mendalami prinsip-prinsip dan praktik terbaik dalam industri digital marketing. Ini menciptakan kepercayaan diri di mata atasan atau klien potensial.

2. Pengetahuan Mendalam

Peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan umum tetapi juga memahami konsep-konsep yang lebih mendalam, mulai dari analisis data hingga strategi iklan digital yang efektif.

3. Pintu Masuk ke Kesempatan Karir

Sertifikasi digital marketing membuka pintu masuk ke berbagai peluang karir di berbagai sektor. Dari spesialis SEO hingga manajer kampanye digital, pemegang sertifikasi memiliki kualifikasi yang dicari-cari oleh perusahaan.

4. Adaptasi Terhadap Perubahan Industri

Industri digital marketing selalu berkembang, dan pemegang sertifikasi cenderung lebih adaptif terhadap perubahan. Program-program ini dirancang untuk mencakup tren terkini dan inovasi dalam dunia pemasaran digital.

5. Jaringan dan Komunitas

Sertifikasi digital marketing sering kali membawa peserta ke dalam komunitas yang kuat dan mendukung. Melalui forum online, acara, dan webinar, mereka dapat terhubung dengan sesama profesional di bidang ini.

Baca Juga: 10 Tugas Admin Marketing dalam Menerapkan Strategi Pemasaran

Pertimbangan Saat Memilih Lembaga Pelatihan Sertifikasi Digital Marketing

Berikut beberapa pertimbangan saat memilih lembaga pelatihan sertifikasi digital marketing sebelum Anda mengikuti ujiannya:

1. Pemilihan Program yang Tepat

Pilihlah program sertifikasi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan karir Anda. Pertimbangkan kredibilitas lembaga, silabus yang ditawarkan, dan dukungan yang diberikan.

Sasana Digital menyediakan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sertifikasi Anda, misalnya dalam studi digital marketing, manajemen, hingga bisnis. 

Program ini membantu calon peserta memahami bidang yang akan dipelajari dan seberapa relevan dengan kebutuhan dan minat mereka.

2. Metode Pengajaran

Metode pengajaran atau training di Sasana Digital berfokus pada kebutuhan dan efektivitas. Dalam hal ini kami mengacu pada kisi-kisi ujian sertifikasi BNSP.

3. Instruktur dan Pengajar

Training di Sasana Digital akan dibimbing oleh instruktur/trainer profesional dan berpengalaman dalam industri digital marketing.

Bagaimana Cara Daftar Sertifikasi Digital Marketing

Proses pendaftaran sertifikasi digital marketing dapat bervariasi, tetapi langkah-langkah umumnya melibatkan:

1. Pendaftaran dan Pembayaran

Setelah memilih program, lakukan pendaftaran melalui situs resmi lembaga penyelenggara. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan, termasuk biaya yang terkait.

2. Aktif dalam Proses Pembelajaran

Digital marketing sertifikasi memerlukan keterlibatan aktif. Ikutilah dengan serius setiap modul pelatihan, berpartisipasilah dalam forum diskusi, dan manfaatkan sumber daya tambahan yang disediakan.

3. Ujian dan Evaluasi

Sebagian besar program sertifikasi mengharuskan peserta untuk mengikuti ujian atau proyek akhir sebagai bagian dari evaluasi. Persiapkan diri dengan baik untuk menguji pemahaman Anda terhadap materi.

4. Perolehan Sertifikat

Setelah berhasil menyelesaikan program, peserta akan menerima sertifikat resmi. Sertifikat ini dapat digunakan untuk memperkuat portofolio dan meningkatkan daya saing di pasar kerja.

Baca Juga: Digital Marketing Specialist: Bangun Karir Mulai dari Sini!

Gambaran Training Sertifikasi Digital Marketing di Sasana Digital

Pelaksanaan: Bisa online maupun offline
Jenis Pelatihan
  • Private Training
  • Try Out (Simulasi Ujian)
  • Pendampingan dan konsultasi 7 hari pasca training
Alur: 
  • Pendaftaran Ujian
  • Pelaksanaan Ujian
  • Terbit Sertifikat
Kurikulum:
  • Mengikuti SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) BNSP sesuai standar materi yang akan diujikan
Kegiatan Pelatihan:
  • Materi, Diskusi, dan Praktik,
  • Termasuk Studi Kasus, dan Tugas berupa Proyek

*diskusi dapat dilakukan secara langsung bersama trainer profesional kami

Baca Juga: 10+ Workshop Digital Marketing: Upgrade Skill Pemasaran Anda

Portofolio Sasana Digital – Lembaga Pelatihan Sertifikasi Digital Marketing

Berikut ini perjalanan Sasana Digital bersama para klien dengan masing-masing layanannya:

1. Private Training Digital Marketing

layanan private training di penyedia pelatihan sertifikasi digital marketing

Salah satu mitra klien kami, sebuah bisnis Klinik Ibu dan Anak, sebelumnya telah menggunakan layanan private training. Berdasarkan case dan goal perusahaan, dilakukan perencanaan strategis melalui konten yang disesuaikan dengan target audiens. Hasilnya, klinik tersebut berhasil menarik lebih dari 20 ribu pengikut secara organik yang fokus pada target konsumennya.

2. Corporate Training Digital Marketing

Layanan Corporate training di penyedia pelatihan sertifikasi digital marketing

Melalui layanan corporate training, Sasana Digital melakukan Audit Konten dan Pengaturan Meta Ads untuk mengidentifikasi kelemahan strategi pada Bisnis Travel Umroh.

Pada akhirnya, prinsip ABC (Audience Benefit Content) diterapkan untuk perusahaan tersebut, menghasilkan peningkatan omset hingga 2,4 miliar dengan ROAS lebih dari 20x dalam 2 minggu.

3. Audit Digital Marketing

layanan audit di penyedia pelatihan sertifikasi digital marketing

Melalui layanan audit, kami memberikan pendampingan, termasuk pemeriksaan menyeluruh terhadap semua saluran pemasaran digital bisnis Anda. Salah satu klien kami yang menjalankan Toko Mainan, telah berhasil meningkatkan penjualan mereka sebanyak 50% melalui salah satu marketplace Indonesia setelah menggunakan layanan konsultasi dan audit dari kami dalam waktu 1,5 bulan.

4. Consulting Digital Marketing

layanan consulting di penyedia pelatihan sertifikasi digital marketing

Konsultasi bisnis adalah langkah krusial untuk memahami situasi dan kondisi bisnis. Sasana Digital berhasil membantu salah satu klien bisnis di bidang Fashion Wanita, dengan merancang strategi meningkatkan konversi penjualan, sehingga ada peningkatan pendapatan hingga 150% dalam 2 bulan.

Baca Juga: Pelatihan Digital Marketing: Materi & Biaya Terbaru 2024

5. Sertifikasi Digital Marketing

Ada juga salah satu klien Sasana Digital di bidang Lembaga Pendidikan, yaitu Politeknik Sukabumi, berantusias mengikuti program training dan sertifikasi digital marketing hingga akhirnya lolos ujian dan mendapatkan sertifikasi BNSP. Berikut ini dokumentasi perjalanan dan prosesnya.

pelatihan sertifikasi digital marketing 1
Proses Pelatihan Sertifikasi Digital Marketing oleh Trainer Sasana Digital-1
pelatihan sertifikasi digital marketing 2
Proses Pelatihan Sertifikasi Digital Marketing oleh Trainer Sasana Digital-2
pelatihan sertifikasi digital marketing 3
Peserta Menyimak Pemaparan Materi untuk Kebutuhan Ujian Sertifikasi
pelatihan sertifikasi digital marketing 4
Diskusi Interaktif dan Feedback Bersama Peserta

Cakupan Topik & Training

Sebelum menentukan pilihan jenis sertifikasi profesi, Anda dapat memahami cakupan topik dan training di Sasana Digital

topik pelatihan & konsultasi di penyedia pelatihan sertifikasi digital marketing

Baca Juga: Jasa Digital Marketing Terbaik & Bagaimana Mereka Bekerja

Penutup

Sertifikasi Digital Marketing bukan sekadar lembaran kertas, tetapi merupakan kunci untuk membuka pintu kesempatan karir di era digital ini. 

Dengan dukungan lembaga-lembaga terkemuka dan silabus yang dirancang untuk mencakup seluruh spektrum digital marketing, peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam dunia pemasaran online yang dinamis. 

Maka dari itu, memilih lembaga pelatihan sertifikasi digital marketing adalah langkah proaktif menuju perubahan dan peningkatan karir yang signifikan.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?