Blog ›

10 Tugas Admin Marketing dalam Menerapkan Strategi Pemasaran

I

Tugas admin marketing memiliki peran yang krusial dalam mengelola strategi pemasaran dan promosi produk atau jasa dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, admin marketing berperan penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

Banyak orang yang tertarik untuk mengembangkan karier sebagai admin marketing karena pekerjaan ini terhubung langsung dengan konsumen. Permintaan akan jasa administrasi marketing juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Jika Anda tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai admin marketing, sangat disarankan untuk membaca informasi penting mengenai posisi tersebut yang telah dirangkum oleh Sasana Digital.

Apa Itu Admin Marketing?

Admin marketing adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pencatatan penjualan, mengunggah produk, merangkum pesanan, dan melayani pembeli yang ingin melakukan pemesanan. Mereka juga melakukan tindak lanjut atau followup untuk meningkatkan penjualan.

Pada dasarnya, pekerjaan admin marketing harus mempersiapkan dan menyediakan semua kebutuhan administratif bagi tim sales dan marketing sesuai dengan prosedur operasional standar perusahaan.

Menurut Zippia, admin marketing atau marketing administrator memiliki peran penting dalam mengelola operasional pemasaran perusahaan.

Mereka bertanggung jawab untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan di pasar, serta meningkatkan popularitas merek melalui platform media digital.

Tugas admin marketing juga meliputi membantu tim kreatif dalam merancang kampanye iklan, konten digital, dan materi pemasaran lainnya guna meningkatkan kesadaran merek.

Mereka juga dapat membantu dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru dengan menganalisis tren industri dan permintaan konsumen, bekerja sama dengan tim pengembangan bisnis untuk menciptakan sumber pendapatan baru bagi perusahaan.

Dalam kesimpulannya, tugas admin marketing memiliki peran yang penting dalam mendukung operasional pemasaran perusahaan.

Mereka membantu dalam administrasi, promosi produk dan layanan, meningkatkan popularitas merek melalui media digital, dan bekerja sama dengan tim kreatif serta pengembangan bisnis.

Tugas admin marketing yang lainnya adalah berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, mengatasi keluhan, dan melakukan tindak lanjut untuk meningkatkan penjualan.

Dengan pemahaman yang baik tentang peran ini, pekerjaan admin marketing dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan dalam mencapai kesuksesan pemasaran.

Lalu, bagaimana peluang kerja atau prospek kerja jika Anda ingin memulai karier sebagai seorang Admin Marketing? Berikutnya kita akan membahas mengenai peluang bekerja pada profesi ini.

Baca juga: Apa Itu Staff Marketing? Ini Definisi dan 10 Skill Wajibnya

Bagaimana Peluang Bekerja Sebagai Seorang Admin Marketing?

Peluang kerja sebagai admin marketing menawarkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan audiens dan terlibat dalam proses penjualan.

Meskipun tugasnya menyenangkan karena dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, menjadi seorang admin marketing juga menantang karena harus mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

Namun, peluang untuk menjadi admin marketing sangatlah besar. Di era digital ini, perusahaan banyak membutuhkan admin marketing yang dapat mengelola kegiatan administrasi secara online, seperti memasukkan pesanan konsumen, melayani pertanyaan konsumen, memberikan informasi detail tentang produk, dan lain sebagainya.

Jika Anda merasa tertarik untuk bekerja sebagai seorang admin marketing, ada beberapa tugas yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengambil peluang atau kesempatan berkarier sebagai admin marketing.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Marketing dalam Suatu Perusahaan

Seorang admin marketing sebenarnya tugasnya apa saja, sih? Pertanyaan tersebut sering kali tidak dipahami oleh banyak orang.

Namun, sebenarnya tugas dan tanggung jawab seorang admin marketing atau penjualan sangat penting dalam perusahaan. Setiap posisi administrasi dalam perusahaan memiliki tugas yang hampir serupa. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang admin marketing:

1. Membuat Laporan Transaksi Penjualan

tanggung jawab dan tugas admin marketing - 1

Tugas admin marketing yang pertama adalah mengurus data penjualan perusahaan, termasuk memeriksa dan mengecek status serta data penjualan secara teliti.

Anda juga harus rutin menginput data setiap harinya untuk pengarsipan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan followup terhadap orang-orang yang belum membayar atau yang tidak terdaftar dalam sistem, mungkin karena ada masalah teknis.

Baca juga: Apakah Arti Follow Up? Ini 5 Cara Tingkatkan Closing Rate

2. Pengecekan Ulang Hasil Input Data

Dalam menginput data, seringkali terjadi kesalahan. Oleh karena itu, sebagai admin marketing, Anda harus menelaah dan melakukan pengecekan kembali terhadap data yang telah Anda input agar menghindari kesalahan.

Setiap kesalahan, sekecil apapun, dapat berpengaruh pada perhitungan penjualan dan pelayanan penjualan secara keseluruhan.

Pengecekan ulang dapat dilakukan dengan membandingkan invoice yang diterima dari konsumen dengan data yang Anda input ke sistem. Jika terdapat perbedaan, maka ada kesalahan dalam input data.

3. Menyusun Laporan

Tugas admin marketing yang selanjutnya adalah menyusun laporan, seperti faktur atau invoice penjualan, yang biasanya dibuat pada akhir bulan.

Anda juga perlu melaporkan hasil rekapan transaksi per periode, seperti per minggu atau per bulan.

Selain itu, Anda harus mendistribusikan invoice kepada divisi keuangan untuk dilaporkan dan membantu supervisor admin dalam penyusunan laporan.

4. Membuat Pengarsipan dan Kegiatan Administrasi Lainnya

Tugas admin marketing berikutnya adalah membuat pengarsipan dan mengelola kegiatan administrasi perusahaan.

Setelah melakukan penginputan data, Anda harus merekap dan mengarsipkan data tersebut secara rapi, terorganisir, dan sistematis. Tujuannya adalah untuk memudahkan pencarian data ketika dibutuhkan secara mendadak atau darurat.

Selain mengelola data penjualan perusahaan, admin marketing juga bertanggung jawab dalam mengelola kegiatan administrasi perusahaan, seperti memenuhi kebutuhan kantor, termasuk pengadaan alat tulis kantor yang perlu persetujuan dari supervisor.

5. Mengelola Database Konsumen

Database pelanggan atau konsumen merupakan aset penting bagi perusahaan.

Sebagai seorang admin marketing, Anda harus mampu mengelola database konsumen dengan baik. Data tersebut sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan, terutama dalam promosi dan penjualan.

6. Melakukan Promosi dan Direct Mail

Tugas admin marketing berikutnya adalah melakukan promosi dan direct mail kepada pelanggan.

Anda dapat menggunakan berbagai platform media sosial, seperti WhatsApp, email, Instagram, dan sebagainya. Promosi yang dilakukan meliputi penawaran terbaru dari perusahaan untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk perusahaan.

Selain promosi melalui media sosial, admin marketing juga dapat membuat direct mail dalam bentuk penawaran produk. Biasanya, email marketing digunakan untuk penawaran ini, yang cenderung lebih profesional daripada promosi di media sosial.

Direct mail juga berguna untuk menarik pelanggan yang belum melakukan pesanan agar menjadi pelanggan setia dengan memesan produk yang ditawarkan secara khusus. Penawaran juga dapat diberikan kepada pelanggan lama agar tetap loyal terhadap produk dan bisnis perusahaan.

7. Mengelola Proses Penjualan

Selain melakukan promosi, admin marketing juga terlibat dalam proses penjualan baik secara aktif maupun pasif.

Tugas ini meliputi menerima pesanan, mencatat transaksi, memeriksa stok barang, mencetak pesanan, dan mendistribusikannya ke bagian produksi.

Anda juga perlu melakukan koordinasi dengan tim ekspedisi dan tim gudang dalam proses pengiriman barang pesanan.

8. Mengupload Produk di Toko Online

Jika perusahaan memiliki toko online, tugas admin marketing adalah mengupload produk yang akan dijual ke toko online tersebut. Produk dapat diunggah ke website perusahaan, marketplace, atau media sosial perusahaan.

9. Melayani Chat Konsumen

Sebagai admin marketing, tugas Anda adalah melayani chat konsumen. Anda harus merespons chat terkait pesanan produk, kendala, atau pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

Chat konsumen dapat diterima melalui berbagai platform, seperti WhatsApp, Instagram, website, atau marketplace. Dalam melayani konsumen, Anda diharapkan dapat memberikan respon yang cepat agar penilaian konsumen terhadap pelayanan admin baik.

Baca juga: Customer Care yang Efektif: Implementasi & Studi Kasus

10. Memberikan Penjelasan Produk

tanggung jawab dan tugas admin marketing - 10

Sebagai bagian dari edukasi konsumen tentang produk, admin marketing bertanggung jawab untuk memberikan penjelasan detail mengenai informasi produk, termasuk manfaat, fitur, harga, dan promosi diskon yang tersedia.

Dengan penjelasan yang jelas, konsumen dapat langsung melakukan pemesanan jika tertarik dengan produk tersebut. Selain tugas dan tanggung jawab di atas, admin marketing juga dapat melakukan tugas lain seperti:

  • Pemeriksaan dokumen
  • Persiapan dokumen keluar untuk penawaran proposal
  • Distribusi dokumen dari dan ke departemen lain
  • Mengurus dokumen penjualan seperti nota penjualan
  • Surat jalan marketing, faktur, dan lain sebagainya
  • Bertanggung jawab dalam input data laporan dari tim marketing
  • Mengecek kecocokan laporan penjualan dengan administrasi sistem
  • Mengecek nominal uang masuk atau setoran dari tim marketing apakah sesuai dengan sistem
  • Menyusun laporan biaya operasional
  • Memperbarui laporan barang yang terjual
  • Membuat laporan pembukuan sederhana
  • Menyiapkan dokumen untuk penagihan kepada klien
  • Menyiapkan administrasi untuk media promosi
  • Mengupload produk terbaru
  • Memberikan informasi tentang produk terbaru kepada tim marketing
  • Mengarsipkan database klien
  • Melakukan penagihan pembayaran yang jatuh tempo kepada klien
  • Mengurus hubungan dengan klien melalui email, surat, atau telepon

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Admin Marketing

Untuk memenuhi persyaratan posisi admin marketing, terdapat beberapa keterampilan dan keahlian yang diharapkan oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa kualifikasi atau skill serta pengalaman kerja yang diinginkan untuk posisi ini:

  • Mengenal dan mahir dalam menggunakan Microsoft Excel dan Google Spreadsheet
  • Memahami pengolahan data numerik dan angka dengan baik
  • Efisien dalam bekerja dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru
  • Mampu mengoperasikan teknologi dengan baik dan tidak kesulitan dalam penggunaan perangkat digital
  • Teliti, tidak terburu-buru, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap profesional, dan cekatan dalam menjalankan tugas
  • Memahami prinsip-prinsip administrasi secara umum
  • Mengerti dan memiliki pengetahuan mengenai pengarsipan data
  • Memiliki kemampuan komputasi dan penginputan data yang baik
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan menghadapi tantangan dengan baik
  • Bersedia membantu divisi lain dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan

Dengan memiliki keterampilan dan keahlian tersebut, seorang admin marketing akan dapat menjalankan tugas dengan baik dan efektif, serta memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Bagaimana Kualifikasi Seorang Admin Marketing?

kualifikasi admin marketing

Untuk memenuhi ekspektasi yang tinggi, perusahaan biasanya mencari admin marketing dengan kualifikasi yang baik. Admin marketing harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik, kreatif, dan dinamis dalam bekerja.

Beberapa kualifikasi yang sering dicari oleh rekruter untuk posisi admin marketing adalah pemahaman tentang prinsip pemasaran dan manajemen kantor, kemampuan dalam menggunakan Microsoft Office, aplikasi online seperti Google Adwords, dan perangkat lunak pemasaran.

Mereka juga diharapkan memiliki keterampilan multitasking, pengalaman dalam riset pasar, serta komunikasi interpersonal yang baik.

Selain itu, disiplin, teliti, jujur, dan bertanggung jawab juga merupakan sifat yang diinginkan. Meskipun gelar pendidikan, seperti ilmu komunikasi, marketing, atau bisnis sering menjadi persyaratan, beberapa perusahaan juga membuka kesempatan bagi pelamar dengan gelar lain.

Berapa Perkiraan Gaji Jika Berkarier Sebagai Admin Marketing?

Dengan kualifikasi yang sudah disebutkan di bagian sebelumnya, gaji seorang admin marketing biasanya berkisar antara 3 jutaan setiap bulannya, tergantung pada UMR dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Pada umumnya, gaji seseorang tidak hanya ditentukan oleh tanggung jawab dan tugas yang diberikan, tetapi juga lokasi di mana mereka bekerja.

Setiap wilayah memiliki standar upah sendiri. Jika Anda memiliki pengalaman dalam bidang admin marketing, dapat diprediksi bahwa gaji yang akan diterima berkisar antara 5 hingga 6 juta rupiah per bulan.

Baca juga: Sales Marketing: Definisi, Gaji dan Tugasnya dalam Bisnis

Apa Saja Langkah-langkah Untuk Menjadi Seorang Admin Marketing?

Hal apa saja yang sebenarnya Anda butuhkan jika Anda tertarik untuk memulai karier sebagai seorang admin marketing? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

1. Menyelesaikan Pendidikan Sarjana

Untuk posisi entry-level dalam admin marketing, umumnya diperlukan gelar associate. Namun, untuk posisi manajemen tingkat menengah, seorang admin marketing biasanya membutuhkan gelar sarjana.

Jurusan yang relevan untuk calon admin marketing meliputi seni komunikasi, pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat.

Melalui pendidikan tersebut mereka akan dilatih dalam keahlian memasarkan dan membangun koneksi bagi perusahaan atau bisnis. Jurusan administrasi bisnis juga dapat menjadi pilihan yang baik.

2. Memperoleh Pengalaman Kerja

Pekerjaan entry-level dan magang dapat ditemukan di perusahaan yang bergerak dalam bidang media, barang, dan jasa.

Posisi ini biasanya melibatkan tugas-tugas seperti membuat buletin mingguan atau surat elektronik untuk daftar klien perusahaan, mengembangkan kampanye iklan untuk publik, dan bekerja dengan tim media untuk merancang proyek baru.

Beberapa perusahaan mungkin juga memiliki persyaratan khusus, seperti pengalaman kerja sebelumnya dalam desain grafis, untuk calon admin marketing.

3. Bergabung dengan American Marketing Association (AMA)

American Marketing Association (AMA) adalah organisasi yang menawarkan keanggotaan bagi para profesional di bidang pemasaran.

Bergabung dengan AMA dapat membantu admin marketing dalam mengembangkan karir mereka dan tetap terinformasi tentang perubahan yang dapat mempengaruhi industri pemasaran.

Melalui konferensi yang diadakan oleh AMA, anggotanya dapat membangun jaringan dan hubungan dengan rekan kerja dalam industri pemasaran.

4. Meningkatkan Pendidikan dan Karier

Mengambil gelar master dalam administrasi bisnis dan pemasaran dapat meningkatkan peluang karir seorang admin marketing. Pada tingkat master sering mencakup riset pasar, perilaku konsumen, dan pemasaran internasional.

Lulusan akan memiliki keterampilan kepemimpinan dan pengetahuan teoritis yang diperlukan untuk mengambil peran yang lebih penting dalam perusahaan. Mereka juga dapat memenuhi syarat untuk promosi menjadi manajer pemasaran atau direktur.

Tugas-tugas pekerjaan yang lebih tinggi mungkin termasuk menganalisis strategi pemasaran dan produk, melakukan riset untuk produk baru, dan melaksanakan program promosi.

Secara singkat, untuk menjadi seorang admin marketing, biasanya diperlukan gelar sarjana dalam pemasaran, seni komunikasi, atau bidang terkait, serta pengalaman kerja dengan perusahaan yang bergerak di bidang media, barang, atau jasa.

Pertanyaan Seputar Tugas Admin Marketing

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan tugas Admin Marketing. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait tugas Admin Marketing.

1. Apa Tugas Admin Marketing yang Paling Utama?

Seorang admin marketing bertanggung jawab untuk meneliti tren terkini dan kebutuhan para pelanggan untuk mempermudah proses promosi yang efektif. Profesi ini wajib untuk merancang dan menerapkan strategi marketing untuk menjangkau pelanggan baru dengan anggaran yang efektif.

2. Apa Saja yang Harus Dikuasai Seorang Admin Marketing?

Beberapa kualifikasi atau skill yang harus dikuasai oleh seorang Admin Marketing adalah mengenal dan mahir dalam menggunakan Microsoft Excel dan Google Spreadsheet, memahami pengolahan data numerik dan angka dengan baik, serta efisien dalam bekerja dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

3. Berapakah Gaji Admin Marketing di Perusahaan?

Untuk gaji, Admin Marketing di Indonesia, rata-rata admin marketing mendapatkan gaji sebesar Rp3.303.097 setiap bulannya.

Penutup

Dalam dunia pemasaran yang semakin kompetitif, admin marketing memiliki peran yang tak tergantikan dalam mengelola strategi pemasaran yang efektif. Dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan target audiens, mereka membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

Jika Anda ingin mengoptimalkan strategi pemasaran Anda, jangan ragu untuk menghubungi layanan training yang ditawarkan oleh Sasana Digital.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas, tim kami siap membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran yang sukses untuk pertumbuhan bisnis Anda. Klik banner di bawah ini dan dapatkan layanan training untuk perkembangan bisnis Anda!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital