Blog ›

Marketing Consultant untuk Atasi Tantangan Bisnis Anda!

I

Saat ini, profesi Marketing Consultant sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam menghadapi tantangan pemasaran yang terus berubah di era digital.

Perubahan yang terjadi dalam strategi pemasaran dan munculnya tren baru membuat peran konsultan pemasaran menjadi sangat penting.

Maka dari itu, mari kita simak lebih lanjut tentang pentingnya profesi konsultan pemasaran dalam artikel ringkas berikut yang disajikan oleh Sasana Digital.

Apa Itu Marketing Consultant dan Digital Marketing Consultant?

Perusahaan baru seringkali menghadapi kekurangan dalam tim pemasaran, oleh karena itu mereka mencari tenaga outsourcing untuk meningkatkan kualitas pemasaran mereka.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan jasa seorang konsultan marketing yang berperan sebagai penasihat perusahaan.

Menurut The Balance SMB, seorang konsultan marketing bekerja sama dengan perusahaan untuk merancang dan melaksanakan strategi pemasaran.

Mereka menggunakan keahlian pemasaran untuk membantu perusahaan mencapai target pemasaran yang telah ditetapkan.

Tugas seorang konsultan marketing meliputi penyusunan rencana pemasaran yang terperinci, menentukan pesan pemasaran bisnis, dan mengidentifikasi tren pemasaran yang sesuai dengan citra perusahaan.

Sebagian konsultan juga terlibat dalam penelitian untuk menemukan strategi pemasaran yang optimal.

Mereka memantau hasil dan mengadaptasi kampanye pemasaran untuk memastikan klien mendapatkan hasil terbaik.

Meskipun penelitian dan perancangan strategi adalah tugas yang tidak mudah, konsultan pemasaran biasanya bekerja secara mandiri dan tidak dalam sebuah tim.

Mereka sering ditemukan di lembaga outsourcing atau bekerja sebagai freelancer, dengan mendirikan bisnis mereka sendiri dan bekerja secara independen.

Mengapa Konsultan Digital Marketing Dibutuhkan?

konsultan digital marketing - marketing consultant

Mengapa perusahaan membutuhkan konsultan pemasaran digital?

Mari kita melihat situasi saat ini. Di pasar online, persaingan semakin ketat. Hal ini diperparah oleh keterbatasan individu untuk bepergian, sehingga banyak orang memilih untuk melakukan aktivitas di rumah.

Hal ini berdampak pada pemasaran offline, seperti konferensi, acara promosi, dan billboard yang terlihat sepi dibandingkan sebelum adanya pembatasan perjalanan.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan Konsultan Digital Marketing untuk membantu Anda mempromosikan bisnis Anda. Jika tidak, pesaing bisnis Anda akan lebih dulu melakukannya.

Konsultan Digital Marketing dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda secara efektif dan hemat biaya.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui alasan mengapa perusahaan Anda membutuhkan Konsultan Digital Marketing, berikut adalah penjelasannya:

1. Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Terarah

Pemasaran digital melibatkan penentuan strategi yang efektif dan implementasinya. Ini menjadi dasar untuk melakukan pemasaran yang baik, namun juga membutuhkan investasi yang signifikan.

Marketing Consultant yang baik akan mempertimbangkan tujuan bisnis, investasi, dan pertumbuhan bisnis di masa depan agar strategi dapat berjalan dengan optimal.

Baca juga: Jasa Konsultan Digital Marketing, Pentingkah Bagi Bisnis?

2. Efisiensi, Keahlian, dan Pengalaman

Marketing Consultant yang memiliki pengalaman akan dapat menjalankan pemasaran digital dengan lebih efisien.

Anda tidak perlu melatih kembali staf Anda, yang membutuhkan investasi besar dan memastikan mereka melakukan tugas dengan benar. Ini akan menghemat waktu dan uang Anda.

3. Penggunaan Alat dan Teknologi yang Tepat

Konsultan pemasaran sudah memiliki akses ke solusi dan alat yang diperlukan untuk menjalankan pemasaran digital.

Mereka tahu cara menggunakan alat dan perangkat lunak dengan efektif, meningkatkan peluang Anda untuk mencapai tujuan lebih cepat. Ini mencakup analitik digital, pemasaran media sosial, pemasaran email, dan lainnya.

4. Membantu Anda Fokus pada Bisnis

Menjalankan bisnis membutuhkan banyak waktu dan perhatian. Jika Anda menghabiskan waktu untuk mempelajari cara menjalankan pemasaran digital, waktu Anda untuk fokus pada bisnis akan berkurang.

Konsultan pemasaran memberikan Anda waktu untuk fokus mengembangkan bisnis, memelihara tim, dan membangun hubungan dengan pelanggan.

5. Maksimalkan Aset Online

Dengan perkembangan media sosial, mesin pencari, dan pemasaran seluler, penting untuk memanfaatkan aset online secara maksimal agar bisnis Anda mendapatkan kehadiran online yang diharapkan.

Baca juga: Bahas Media Promosi Mulai dari Pengertian Hingga Fungsinya!

6. Analisis yang Diperlukan

Marketing Consultant berfokus pada angka dan performa.

Konsultan pemasaran digital dapat membantu Anda memberikan analisis yang diperlukan, seperti menggunakan Google Analytics dan alat lainnya. Dengan menerapkan analisis dengan baik, promosi bisnis Anda dapat berjalan lancar.

7. Meningkatkan Performa Situs Web

Situs web adalah aset penting dalam pemasaran digital. Konsultan pemasaran digital dapat membantu meningkatkan performa situs web agar tetap menarik dan relevan bagi pengunjung.

8. Membangun Branding yang Konsisten

Branding adalah identitas visual bisnis Anda, mulai dari logo, font, warna, hingga slogan dan pernyataan yang mencerminkan visi bisnis.

Konsultan pemasaran yang berpengalaman dapat membantu membangun branding yang baik dan konsisten.

9. Memaksimalkan Penggunaan Konten

Konsultan marketing akan menggunakan konten yang Anda miliki, seperti artikel, visual, dan video, secara efektif untuk memasarkan bisnis Anda.

10. Automasi Pemasaran

Automasi pemasaran online dapat menghemat waktu dan uang perusahaan Anda. Beberapa aspek, seperti kurasi konten, SEO, dan email marketing, dapat di otomatisasi.

Namun, penggunaan otomatisasi yang berlebihan dapat menyebabkan spam. Konsultan pemasaran digital yang baik akan menemukan keseimbangan yang tepat dan menghindari spam.

Baca juga: Marketing Campaign: Kunci Keberhasilan Bisnis Anda, Benarkah?

Tugas & Tanggung Jawab Seorang Marketing Consultant

Sebagai seorang pakar pemasaran yang memiliki pengetahuan luas tentang tren terkini, konsultan pemasaran memiliki harapan yang tinggi dari klien mereka.

Mereka tidak hanya harus pandai merancang strategi yang efektif, tetapi juga harus mampu menyampaikan kinerja mereka kepada tim eksekutif perusahaan. Menurut Betterteam, berikut adalah tanggung jawab seorang konsultan pemasaran:

  • Mengidentifikasi dan merancang pesan pemasaran untuk berbagai platform yang digunakan oleh klien
  • Membuat dan mengembangkan strategi pemasaran
  • Melakukan penelitian tentang tren pemasaran dan memastikan hasil yang ditemukan dapat diaplikasikan
  • Menyiapkan laporan dan presentasi untuk strategi pemasaran yang akan disampaikan kepada klien
  • Menciptakan materi pemasaran yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti membangun citra merek, meningkatkan kesadaran, dan sebagainya
  • Mendukung perusahaan dalam kampanye pemasaran, mulai dari perencanaan hingga pelaporan kegiatan
  • Membantu tim pemasaran perusahaan dengan memberikan nasihat dan saran terkait teknik pemasaran terkini
  • Mengadakan seminar pemasaran untuk staf perusahaan guna meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya strategi pemasaran yang matang dan efektif
  • Merancang kuesioner dan melakukan penelitian kepuasan pelanggan sebagai dasar untuk strategi pemasaran
  • Menanggapi interaksi antara pelanggan dan perusahaan di media sosial dan platform komunitas lainnya

Skill & Kualifikasi Profesi Marketing Consultant

Melihat tanggung jawab dan peran yang mereka emban, pekerjaan sebagai konsultan marketing adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap enteng. Tentu saja, seseorang perlu memiliki berbagai keterampilan dan kualifikasi khusus untuk menjadi konsultan pemasaran yang terkenal.

Selain keahlian, reputasi juga menjadi faktor penting bagi seorang konsultan pemasaran. Berikut adalah daftar keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh seorang konsultan pemasaran:

1. Keahlian dalam Pemasaran

Keahlian utama yang harus dimiliki oleh seorang konsultan pemasaran adalah pengetahuan yang luas tentang dunia pemasaran.

Kinerja mereka sangat terkait dengan keahlian yang mereka miliki. Selain itu, seorang konsultan pemasaran yang baik terus meningkatkan pengetahuan mereka di bidang yang mereka kuasai.

Mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang media sosial, pengembangan konten, SEO, PPC, dan lain sebagainya.

2. Kemampuan dalam Copywriting

Kadang-kadang, perusahaan akan meminta konsultan pemasaran untuk terlibat langsung dalam penulisan materi pemasaran di platform mereka.

Oleh karena itu, konsultan pemasaran harus menguasai keterampilan copywriting. Dengan kemampuan menulis yang kreatif dan persuasif, mereka juga memasarkan keahlian mereka.

3. Keterampilan Kepemimpinan

Setelah dipekerjakan, tanggung jawab seorang konsultan marketing adalah memimpin seluruh proses pemasaran yang telah disiapkan oleh perusahaan.

Mereka akan memimpin berbagai divisi yang memiliki perspektif dan pendapat yang berbeda. Oleh karena itu, konsultan marketing harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik untuk menyatukan visi dan misi semua pihak yang terlibat.

4. Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Konsultan pemasaran harus mempresentasikan hasil penelitian dan strategi yang akan diajukan kepada klien mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga sering diminta untuk mengadakan seminar di perusahaan atau lembaga pendidikan. Oleh karena itu, konsultan pemasaran harus memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik.

5. Latar Belakang Pendidikan

Pekerjaan seorang konsultan marketing erat kaitannya dengan strategi komunikasi dan pemahaman mendalam tentang kepribadian manusia.

Menurut Digital Marketing Institute, calon konsultan pemasaran sebaiknya memiliki gelar di bidang komunikasi, periklanan, psikologi, atau manajemen.

Jasa Konsultan Pemasaran Digital Makin Diminati Bisnis

Perkembangan teknologi digital dan komunikasi telah mengubah cara manusia melakukan berbagai aktivitas, termasuk aktivitas bisnis.

Saat ini, banyak pelaku bisnis beralih ke platform digital untuk memasarkan produk dan layanan mereka, dan inilah mengapa jasa konsultan pemasaran digital semakin dibutuhkan.

Kegiatan pemasaran tidak hanya mengandalkan metode konvensional, tetapi juga mengadopsi pendekatan modern menggunakan teknologi digital dan internet yang lebih efisien.

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk secara efektif mengelola kegiatan pemasaran digital karena berbagai alasan. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan tertinggal dalam persaingan yang semakin global dan ketat.

Mengatasi Tantangan Bisnis Bersama Jasa Konsultan Pemasaran Digital

Untuk mengatasi berbagai masalah terkait pemasaran digital, Anda dapat mengandalkan jasa konsultan khusus yang ahli di bidang ini. Mereka memiliki kompetensi dan pengalaman yang relevan dalam menghadapi isu-isu tersebut.

Jika bisnis Anda mengalami kendala-kendala berikut, maka saatnya memanfaatkan jasa konsultan pemasaran digital.

1. Kesulitan dalam Membaca Situasi dan Tren Bisnis

Kemampuan untuk membaca situasi dan tren bisnis menjadi penting bagi pelaku bisnis. Namun, tidak semua perusahaan mampu melakukannya dengan tepat.

Padahal, kemampuan ini memiliki dampak besar, tidak hanya pada penjualan bulanan, tetapi juga pada perkembangan bisnis secara keseluruhan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membaca tren industri, langkah terbaik adalah menghubungi konsultan digital marketing yang akan membantu Anda memahami situasi terkini dan tren yang sedang berkembang.

Mereka dapat menganalisis situasi pasar dan memberikan data yang mendukung untuk merumuskan strategi pemasaran melalui platform digital.

2. Kesulitan dalam Menentukan Tujuan Pemasaran

Menentukan tujuan pemasaran bukanlah hal yang mudah. Terkadang, perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan tujuan pemasaran mereka.

Padahal, tujuan ini menjadi landasan awal untuk menyusun langkah-langkah selanjutnya. Jika perusahaan Anda merasa tidak memiliki arah yang jelas dalam kegiatan pemasaran, maka saatnya menggunakan jasa konsultan pemasaran digital.

Konsultan tersebut akan meminta informasi terkait berbagai aspek bisnis Anda dan perkembangannya dalam beberapa waktu terakhir. Dengan data ini, mereka dapat merumuskan tujuan pemasaran yang tepat dan terukur.

3. Tidak Memiliki Strategi Pemasaran Digital

Menyusun strategi pemasaran online memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Namun, tidak semua perusahaan mampu menyusun strategi secara efektif.

Hal ini dapat menyebabkan kurangnya peningkatan penjualan, kurangnya interaksi dengan audiens, dan rendahnya konversi menjadi transaksi. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki strategi pemasaran digital yang efektif dan efisien.

Namun, penyusunan strategi membutuhkan waktu, tenaga, dan ide-ide brilian yang cukup menguras energi. Jadi, menggandeng konsultan pemasaran digital adalah pilihan yang tepat.

4. Kendala dalam Mengatur Biaya Pemasaran

Kesalahan dalam strategi pemasaran juga dapat berdampak pada kondisi keuangan perusahaan. Kegiatan promosi membutuhkan biaya yang signifikan.

Jika tidak menghasilkan keuntungan yang sebanding, hal ini dapat menyebabkan masalah keuangan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kinerja kampanye promosi di berbagai platform sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Konsultan pemasaran digital dapat membantu Anda dalam mengatur biaya pemasaran, mengevaluasi anggaran yang diperlukan untuk melaksanakan strategi pemasaran,

menentukan apakah anggaran yang dikeluarkan sudah sesuai dengan hasil kampanye, dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah terkait pemasaran digital.

Menggunakan jasa konsultan pemasaran digital merupakan investasi yang menguntungkan karena dapat memberikan keuntungan bisnis yang lebih besar.

Dalam kerjasama dengan konsultan, Anda dapat merencanakan strategi pemasaran yang meliputi pemilihan jenis konten promosi, pengelolaan konten media sosial dan situs web, pemasangan iklan berbayar, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Business Consultant, Sepenting Apakah untuk Bisnis Anda?

Tips Efektif Memilih Konsultan Pemasaran Digital

tips memilih konsultan pemasaran digital atau marketing consultant

Memilih konsultan yang tepat untuk menangani berbagai masalah bisnis Anda memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat menjadi panduan untuk memilih konsultan yang sesuai.

1. Prioritaskan Riset sebagai Dasar Kerja

Pastikan Anda memilih konsultan yang memberikan prioritas pada riset dalam menjalankan tugasnya.

Riset merupakan data real yang dapat menjadi dasar yang valid dalam menyusun perencanaan dan strategi yang efektif.

2. Perhatikan Layanan yang Disediakan

Setiap konsultan biasanya menawarkan berbagai jenis layanan. Teliti dengan seksama layanan yang mereka tawarkan sebelum Anda melakukan kontrak. Pastikan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Beberapa layanan fundamental dari konsultan pemasaran digital meliputi manajemen pemasaran di media sosial, pembuatan dan pengelolaan situs web bisnis, manajemen konten pemasaran, email marketing, video marketing, dan lainnya.

3. Tinjau Portofolio dan Rekam Jejaknya

Kompetensi suatu perusahaan dapat dilihat dari portofolio yang dimilikinya. Tanyakan kepada konsultan mengenai merek-merek yang pernah mereka kerjakan, dan pelajari apakah hasilnya sesuai dengan harapan Anda.

Selain itu, reputasi perusahaan juga dapat dilihat dari rekam jejak atau track record-nya. Meskipun tidak menjadi jaminan, namun track record dapat menjadi ukuran yang penting dalam memilih konsultan.

Baca juga: Sasana Digital, Konsultan & Jasa Digital Marketing Bandung

Sasana Digital: Rekomendasi Konsultan Pemasaran Digital

Sasana Digital adalah jasa marketing consultant terkemuka yang berlokasi di Bandung dan telah berkolaborasi dengan para klien dari berbagai kota di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara. 

Kami hadir untuk Anda yang membutuhkan solusi inovatif, efektif, dan strategis dalam bidang digital marketing. Layanan kami adalah seputar Training (Private dan Corporate) lalu Consulting (Konsultasi dan Audit). Berikut lebih jelasnya:

1. Consulting Digital Marketing

layanan jasa marketing consultant - consulting digital marketing

Konsultasi dilaksanakan untuk memberikan pendampingan bisnis dan diskusi mengenai problem-problem dalam bisnis hingga goals yang diinginkan.

Salah satu klien Sasana Digital di bidang Fashion Wanita, berhasil meningkatkan pendapatan hingga 150% dalam 2 bulan kolaborasi bersama kami. Semua dilakukan menggunakan strategi paling pas dengan case bisnis.

2. Audit Digital Marketing

layanan jasa marketing consultant - audit digital marketing

Audit yang kami lakukan adalah mengidentifikasi seluruh saluran digital marketing yang digunakan oleh klien, sehingga dapat diketahui problem yang sebenarnya dan dapat ditemukan solusinya.

Salah satu klien kami di bidang Toko Mainan telah berhasil meningkatkan penjualan di marketplace hingga 50% dalam 1,5 bulan. Semua dilalui dengan proses pelatihan dan bimbingan yang intens.

3. Private Training Digital Marketing

layanan jasa marketing consultant - private training

Melalui program private training Anda bisa tingkatkan kapasitas usaha atau marketing bisnis yang fleksibel di bidang digital. Dari training ini, klien kami di bidang Klinik Ibu dan Anak, sukses meningkat followers media sosial secara organik dalam waktu 1 bulan saja.

4. Corporate Training Digital Marketing

layanan jasa marketing consultant - corporate training

Ini adalah program pelatihan terukur untuk tingkatkan kinerja karyawan perusahaan. Di sini, salah satu klien Sasana Digital di Bisnis Travel Umroh berhasil meningkatkan penjualan hingga 2,4 M. Goals tercapai setelah menerapkan strategi ABC (Audience – Benefit – Content).

Pertanyaan Seputar Marketing Consultant

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan Marketing Consultant. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait Marketing Consultant.

1. Apa Itu Marketing Consultant dan Digital Marketing Consultant?

Marketing Consultant adalah seorang penasihat yang bekerja dengan sebuah perusahaan untuk membuat dan menerapkan strategi pemasaran. Sedangkan Digital Marketing Consultant adalah seseorang yang memiliki profesi (bekerja) untuk menciptakan dan menerapkan strategi digital marketing untuk berbagai sektor bisnis. 

2. Apa Tugas Marketing Consultant?

Marketing consultant adalah seorang yang bertugas memberi nasihat dengan sebuah perusahaan dalam merancang strategi pemasaran. Seorang konsultan marketing memiliki keahlian untuk membantu perusahaan mencapai target pemasaran yang diinginkan.

3. Mengapa Konsultan Digital Marketing Dibutuhkan?

Dengan konsultan digital marketing tentu akan memberikan ide-ide baru yang lebih segar dan cocok untuk diterapkan ke dalam bisnis perusahaan Anda. Hal ini bertujuan agar perusahaan Anda dapat lebih berkembang dan maju tanpa harus ketinggalan dari para pesaingnya.

4. Kemampuan (Skill) Apa Saja yang Harus Dimiliki oleh Seorang Konsultan Marketing?

Keahliaan utama yang wajib dimiliki oleh konsultan marketing adalah pengetahuan yang luas tentang dunia pemasaran.

Sesuai namanya konsultan pemasaran, tentunya profesi ini harus ahli dalam bidang pemasaran. Konsultan pemasaran harus mampu terus mengembangkan diri pada bidang yang dikuasai.

Penutup

Dalam era digital ini, memilih konsultan marketing yang tepat merupakan langkah penting untuk memajukan bisnis Anda.

Dengan mempertimbangkan kriteria seperti riset yang mendalam, layanan yang disediakan, dan rekam jejak perusahaan, Anda dapat menemukan konsultan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam pengembangan bisnis dan membutuhkan konsultasi terkait digital marketing, kini Sasana Digital hadir sebagai mitra konsultasi.

Anda dapat mengkonsultasikan berbagai hal yang erat kaitannya dengan digital marketing dan berfokus kepada beberapa cakupan topik di bawah ini:

Topik Training dan Konsultasi di Marketing Consultant

Silahkan klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya agar Anda segera menemukan solusi pemasaran yang lebih efektif serta efisien dalam menghadapi berbagai tantangan di bisnis Anda.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?