Blog ›

Marketing Campaign: Kunci Keberhasilan Bisnis Anda, Benarkah?

I

Setiap pebisnis pasti menginginkan brand bisnisnya dikenal oleh khalayak ramai hingga terekam di setiap benak orang. Marketing campaign adalah salah satu cara untuk mendukung strategi marketing dalam hal brand awareness.

Kampanye pada dasarnya adalah strategi pendukung dalam rencana pemasaran. Pemasaran pun dapat dilakukan dengan berbagai media.

Lalu, bagaimana kampanye pemasaran itu dapat menjadikan bisnis Anda sukses dan berhasil? Yuk, simak penjelasan lengkap tentang apa itu marketing campaign berikut ini.

Apa Itu Marketing Campaign?

Apa Itu Marketing Campaign

Promosi atau segala hal yang berkaitan dengan strategi marketing, biasanya dipahami sebagai kampanye pemasaran. Tujuannya beragam, bisa untuk meningkatkan brand awareness (edukasi) hingga promosi (soft selling & hard selling).

Secara definisi, marketing campaign adalah sebuah aktivitas yang dilakukan secara terencana dan dengan sengaja oleh sebuah brand untuk berbagai tujuan tertentu.

Misalnya, untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan keberadaan sebuah brand. Juga bisa dilakukan untuk mempromosikan dan mengenalkan sebuah produk serta layanan.

Aktivitas kampanye pemasaran biasanya dapat dilakukan di berbagai media, baik media konvensional seperti televisi, radio, media cetak, dan billboard. Ataupun media digital seperti media sosial, e-mail, blog dan website.

Kampanye pemasaran juga biasanya dilakukan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan campaign brand yang unik dan kreatif.

Dalam merencanakan aktivitas kampanye, Anda harus menyusun strategi agar marketing campaign yang dilakukan dapat memberikan hasil yang optimal.

Meski aktivitas ini bukan hal yang utama dalam sebuah strategi marketing, namun jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, hasilnya dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi sebuah brand.

Sebaiknya, sebuah kampanye pemasaran dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Baiknya pula menggunakan satu tema dalam semua media agar mudah diingat oleh mereka yang terjangkau di setiap media.

Mereka yang terjangkau oleh kampanye yang dilakukan oleh sebuah brand di berbagai media, akan menyadari bahwa sebuah brand ada di sekitar mereka.

Baca Juga: Community Marketing: Dari Pengertian hingga Manfaatnya untuk Bisnis!

Tujuan Marketing Campaign

Marketing campaign yang dapat dilakukan di berbagai media ini menjadi kunci keberhasilan dalam mempromosikan sebuah brand. Semakin banyak media yang digunakan, semakin banyak yang dapat dijangkau.

Meski banyak media yang dapat Anda manfaatkan dalam pemasaran ini, Anda juga perlu menentukan media mana yang paling efektif untuk melakukan kampanye ini.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya Anda dapat menyusun tujuan kampanye sesuai dengan kebutuhan bisnis. Beberapa hal yang biasanya digunakan sebagai tujuan dalam melakukan kampanye pemasaran adalah:

  • Membangun brand image
  • Melakukan promosi produk dan layanan 
  • Memperkenalkan produk yang baru diluncurkan
  • Meningkatkan brand awareness 
  • Menjangkau konsumen baru

Dan masih banyak tujuan yang dapat Anda capai melalui aktivitas kampanye pemasaran ini.

Mengapa Marketing Campaign dianggap Sebagai Kunci Keberhasilan Bisnis?

Beragamnya jenis media yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye, menjadikan jangkauan yang didapat sangat luas. Luasnya jangkauan konsumen jika tidak dikelola bukanlah sesuatu yang menunjukkan kesuksesan bagi sebuah kampanye pemasaran.

Marketing campaign akan menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda dalam mempromosikan brand, saat Anda mengelola hasil dari jangkauan dari kampanye ini.

Misalnya, jika Anda melakukan kampanye di media website lalu Anda meminta mereka untuk melakukan registrasi menggunakan e-mail, maka Anda perlu memberikan pesan sambutan melalui e-mail yang didaftarkan.

Jika setelah melakukan kampanye lalu leads bisnis Anda meningkat, maka Anda harus memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Dengan begitu, kampanye pemasaran yang Anda lakukan dapat memberikan dampak yang lebih baik untuk bisnis Anda. 

Akan tetapi, hasil jangkauan yang dikelola tersebut dapat Anda optimalkan dan mengubahnya menjadi penjualan sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca Juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

Tips Marketing Campaign yang Efektif

Seperti yang telah dikatakan di atas, meski kampanye adalah pendukung strategi marketing secara keseluruhan, Anda tetap harus merencanakannya dengan baik.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya aktivitas kampanye yang Anda lakukan lebih efektif dan dapat memberikan hasil yang optimal.

1. Tentukan Tujuan, Target dan Budget

Penting untuk menentukan tujuan dalam setiap aktivitas termasuk kampanye marketing ini. Dengan tujuan yang jelas dan spesifik, Anda dapat lebih fokus pada tujuan dan mudah mengukur keberhasilannya.

Meskipun kampanye pemasaran dapat mencapai berbagai tujuan dalam bisnis, Anda bisa memilih beberapa tujuan yang ingin Anda fokuskan untuk dicapai sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda juga harus menentukan target pasar yang ingin dijangkau, dengan menentukan tujuan tadi Anda akan lebih mudah menyesuaikan sasaran yang ingin Anda bidik dari aktivitas sebuah kampanye yang Anda buat.

Setelah tujuan dan target ditentukan, menyusun anggaran yang dibutuhkan juga diperlukan. Tujuannya agar nanti menghabiskan budget yang sesuai dengan tujuan dan target, sehingga tidak over budget.

2. Pilih Media yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan

Perlunya Anda memilih dan menentukan media yang digunakan untuk melakukan kampanye agar lebih efektif. Setiap media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Media digital juga memiliki segmen dan algoritma yang berbeda.

Menentukan media yang tepat dengan mengenali kelebihan dan kekurangannya masing-masing, akan mendukung jangkauan pemasaran menjadi lebih optimal.

Anda dapat menyelaraskan media yang digunakan dengan target yang ingin Anda sasar. Misalnya seperti media sosial Instagram tepat digunakan jika target Anda adalah anak muda berusia 14-30 an tahun.

3. Kenali dan Pelajari Kompetitor Bisnis Anda

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor, termasuk bisnis Anda. Kompetitor bisnis perlu Anda kenali dan pelajari agar dapat menentukan strategi dan brand Anda dapat bersaing di pasar.

Kehadiran kompetitor bukanlah sebuah ancaman, melainkan sebuah tantangan agar bisnis Anda dapat terus bersaing di pasar dan mendorong Anda untuk terus belajar. Anda dapat mempelajari segmen mana yang belum dijangkau oleh kompetitor dan menjadikannya peluang untuk dijangkau.

4. Membuat Konten Campaign yang Unik dan Menarik

Kesuksesan sebuah kampanye dapat diukur dari tercapainya tujuan atau tidak. Saat target sasaran sudah terjangkau, Anda perlu mengelolanya agar mendorong mereka melakukan pembelian dan menjadi konsumen Anda.

Konten yang unik dan menarik dapat menjadi pemantik jangkauan lebih luas dan mendalam. Viewers akan mengikuti konten Anda hingga selesai dan Anda dapat menyisipkan call to action untuk mengarahkan atau mengajak konsumen tersebut.

Dengan call to action, Anda tidak akan kehilangan momen untuk mendorong mereka melakukan pembelian produk Anda.

Marketing Campaign vs Brand Campaign

Marketing Campaign vs Brand Campaign

Jika pemasaran kampanye adalah sebuah aktivitas yang dilakukan secara terencana dan dengan sengaja oleh sebuah brand dengan berbagai tujuan tertentu. Maka kampanye brand adalah sebuah kampanye yang dilakukan dengan tujuan lebih fokus pada peningkatan ekuitas brand. 

Meski tujuan tersebut juga dapat dicapai melalui kampanye, hasilnya akan kurang maksimal karena fokus yang berbeda.

Brand campaign dilakukan dengan aktivitas berupa memperkenalkan brand, mengenai nama, simbol dan sejarah sebuah brand. Hal tersebut akan memudahkan konsumen mengenali sebuah brand. Sedangkan Marketing Campaign, dilakukan dengan fokus tujuan yang bisa saja, beragam dan tidak berfokus saja pada brandnya.

Melainkan bagaimana agar saat audiens melihat atau mendengar kampanye yang dibuat, yang ada pada ingatan mereka adalah brand yang dimaksud.

Pada dasarnya, kedua kampanye ini memiliki keterkaitan dan saling mendukung. Di mana, keduanya dapat fokus pada tujuan masing-masing campaign, maka akan menghasilkan pencapaian yang optimal.

Baca Juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

Pertanyaan Seputar Marketing Campaign

Berikut ini jawaban dari beberapa pertanyaan yang paling sering orang tanyakan mengenai kampanye marketing, yang bisa Anda ketahui pula.

1. Kenapa Marketing Campaign Penting bagi Bisnis?

Marketing Campaign dilakukan dengan berbagai tujuan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Bisa dilakukan untuk mencapai target promosi suatu produk, juga dapat dilakukan karena untuk membangun brand image

Sehingga penting bagi setiap bisnis untuk melakukan kampanye pemasaran sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan keberhasilan sebuah bisnis.

Jika Anda menginginkan bisnis Anda sukses dan brand Anda dikenal luas oleh banyak orang, maka sudah menjadi sebuah keharusan bagi Anda melakukan pemasaran dengan metode kampanye ini.

2. Apa yang Membuat Marketing Campaign Berjalan dengan Baik?

Melakukan kampanye tentu menjadi sebuah tantangan dalam pelaksanaannya. Budget yang sudah dikeluarkan, harapannya dapat kembali berkali lipat dengan meningkatnya penjualan, misalnya.

Namun, apa yang menjadikan kampanye ini dapat berjalan dengan baik di antaranya adalah dengan menentukan tujuan melakukan kampanye pemasaran.

Dengan menentukan tujuan di awal, Anda akan lebih fokus menyusun konsep kampanye seperti apa yang tepat dan sesuai dengan tujuan Anda. Selain itu, pemilihan media yang tepat juga berpengaruh pada berjalannya sebuah kampanye ini. 

Anda harus menentukan sasaran mana yang menjadi target Anda, kemudian Anda dapat memilih media yang sesuai dengan target tersebut.

Setelah tujuan dan media Anda pilih, Anda perlu mengenal siapa kompetitor bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda menganalisis bagaimana mereka juga melakukan promosi, dan sebagainya.

Jika kompetitor bisnis Anda dilihat lebih unggul, Anda dapat mengamati dan memodifikasi cara mereka kemudian Anda kemas menjadi sesuatu yang unik dan lebih menarik.

3. Apa Saja Tahapan Marketing Campaign?

Beberapa tahapan dalam kampanye pemasaran yaitu:

  • Menentukan tujuan, budget dan target pasar
  • Pelajari kompetitor bisnis Anda. 
  • Memilih media atau platform yang sesuai dengan target dan tujuan bisnis. 
  • Menyusun konsep promosi yang menarik.
  • Mengoptimalkan manfaat dari pemasaran digital.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.

4. Apa Saja Contoh Marketing Campaign?

Beberapa contoh kampanye yang dapat menginspirasi Anda, yaitu:

  • Apple

Brand ini membawa sebuah tagar yaitu #ShotOnIphone sebagai salah satu bentuk kampanye yang mengajak para pengguna produknya menyederhanakan tagar saat memposting foto di media sosial.

  • Gojek 

Sama seperti Apple, Gojek juga memiliki strategi kampanye yang sederhana, yaitu “Selalu Ada Jalan” sebagai salah satu bentuk promosi layanan transportasi online. Dengan menonjolkan keunggulannya sebagai solusi di tengah kemacetan kota.

  • Nike 

Nike memiliki slogan yang juga singkat dalam kampanye yang dilakukan, yaitu “Just Do It.” Semenjak menggunakan slogan ini, Nike mengalami peningkatan penjualan dan brandnya semakin diingat oleh khalayak.

Jika diamati, terlihat sangat sederhana bukan? Setiap brand di atas menggunakan slogan sebagai strategi dalam pelaksanaan sebuah kampanye.

Kalimat yang singkat, memiliki arti, easy listening, unik dan mudah diingat oleh orang, adalah kuncinya. Sehingga, ketika terucap suatu kalimat atau slogan maka orang akan secara otomatis teringat dengan brand terkait.

Baca Juga: Praktis! 7 Kiat Belajar Bisnis Online dari Nol Tahun 2023

Penutup

Penting bagi setiap bisnis melakukan marketing campaign untuk menjadikan brand lebih dikenal, dan diingat oleh banyak orang saat mencari sebuah produk.

Setelah memahami lebih jauh tentang marketing campaign, kini Anda dapat mulai untuk menyusun tujuan dan konsepnya agar sukses dalam meningkatkan penjualan bisnis. Masih bingung? Anda bisa menikmati layanan konsultasi dari Sasana Digital dengan klik banner di bawah!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?