Blog ›

Business Consultant, Sepenting Apakah untuk Bisnis Anda?

I

Keberjalanan sebuah bisnis tidak lepas dari pihak internal maupun eksternal perusahaan. Salah satu pihak eksternal yang berperan di dalamnya adalah Business Consultant.

Business consultant akan membantu klien dalam menganalisa masalah, bahkan dapat melihat kelemahan dan peluang agar sebuah bisnis dapat berkembang dengan baik.

Lalu seperti apa tugas seorang konsultan bisnis, skill apa yang harus dimiliki, dan seberapa penting kedudukannya dalam sebuah bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda!

Apa Itu Business Consultant?

Mungkin sebelumnya Anda telah cukup mengetahui tentang istilah konsultan bisnis. Anda dapat menggambarkan business consultant sebagai sebuah profesi, yang bergelut dalam menyediakan jasa konsultasi sektor bisnis.

Spesifiknya, Business Consultant adalah profesi yang berkaitan dengan melayani pebisnis untuk mendapatkan saran, bimbingan dan masukan bagi kondisi bisnisnya.

Tidak hanya itu, seorang profesional yang biasa memberikan jasa konsultasi bisnis artinya juga harus mampu memberikan solusi dari sebuah permasalahan yang sedang terjadi di dalam perusahaan klien.

Dalam pekerjaannya, seorang konsultan bisnis melakukan sesi bersama pebisnis yang ingin berkonsultasi mengenai bisnisnya, baik itu perencanaan, permasalahan juga pengembangan perusahaan.

Konsultasi yang dilakukan tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari pebisnis sebagai klien untuk mendapatkan solusi dari apa yang dikonsultasikan. Berbagai permasalahan dalam bisnis dapat dikonsultasikan untuk mendapatkan solusi.

Seorang pebisnis dapat mengkonsultasikan terkait permasalahan produktivitas perusahaan, perekrutan, manajemen bisnis, manajemen SDM, serta efisiensi dan efektivitas sebuah bisnis.

Seorang business consultant tidak hanya sekadar memberikan solusi namun juga bagaimana solusi tersebut dapat direalisasikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi para pebisnis memiliki seorang konsultan untuk berkonsultasi mengenai kondisi bisnisnya.

Baca Juga: Hal yang akan Anda Dapatkan ketika Menggunakan Jasa Konsultan Bisnis Online

Tugas Seorang Business Consultant

Tugas Seorang Business Consultant

Seseorang yang ahli dalam memberikan business consulting memiliki tugas khusus ketika menjalankan pekerjaannya dalam memberikan pelayanan konsultasi. Beberapa tugas tersebut diantaranya, yaitu:

1. Melakukan Perencanaan dan Pengelolaan Proyek Bisnis

Tugas merencanakan dan mengelola proyek sesuai permintaan atau kebutuhan client adalah tugas yang seringkali dilakukan.

Tugas perencanaan dan pengelolaan ini berkaitan dengan kebutuhan yang mendesak maupun kebutuhan pengembangan bisnis jangka panjang.

2. Mengumpulkan Informasi Terkait Bisnis Klien

Sebagai seseorang yang menjadi tempat bertanya dan meminta solusi para pelaku bisnis, business consultant memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk mencari informasi terkait bisnis client.

Informasi yang dikumpulkan dapat berupa hasil riset melalui internet atau informasi yang diperoleh dari pelaku bisnis itu sendiri.

Semakin banyak referensi yang diketahui, maka akan memudahkan dalam melakukan analisa sebuah bisnis. Hal tersebut menjadi dasar dalam pengambilan keputusan serta merumuskan solusi yang terbaik bagi bisnis.

3. Melakukan Analisa Kebutuhan Bisnis Klien

Melakukan analisa kebutuhan bisnis klien adalah termasuk tugas yang mungkin akan sering dilakukan oleh seorang konsultan bisnis.

Analisa kebutuhan bisnis merupakan proses profesi tersebut dalam mendefinisikan sebuah masalah, yang kemudian akan dipahami apa kebutuhan bisnisnya. Setelah itu akan mudah menemukan solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami oleh sebuah bisnis.

4. Memberikan Solusi Terbaik Disertai Strategi Pengembangan Bisnis

Seorang Konsultan sebuah bisnis memiliki tugas dan kewajiban terhadap klien untuk memberikan solusi terbaik yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis.

Solusi ini tidak hanya sekadar jalan keluar terbaik yang harus disusun strateginya oleh pelaku bisnis seorang diri, melainkan atas rekomendasi konsultan dari bisnis Anda untuk perbaikan dan pengembangan bisnis klien.

5. Membuat Proyek yang Berkaitan dengan Sistem Penting Lainnya

Selain tugas-tugas umum seperti analisa kebutuhan, konsultan juga bertanggung jawab atas sistem perekrutan, penggajian, strategi pemasaran, produktivitas perusahaan dan kebutuhan spesifik lainnya saat diminta oleh klien bisnisnya.

6. Melakukan Pertemuan dengan Klien Saat Diperlukan

Komunikasi antara konsultan dengan klien dapat dilakukan melalui media online dan dilakukan secara jarak jauh. Namun, beberapa waktu juga dibutuhkan pertemuan secara langsung.

Pertemuan ini juga penting untuk menjaga hubungan profesional, agar lebih terbangun dan mendapat laporan progress terbaru secara langsung. Selain itu agar dapat berkomunikasi lebih mendalam saat ada yang perlu dikonsultasikan langsung.

Baca Juga: Peran Konsultan Bisnis Online bagi Bisnis & Perusahaan Baru

7. Melakukan Analisa Keuangan dan Menyusun Laporan

Tugas untuk melakukan analisa kondisi keuangan perusahaan sebagai salah satu alat penggerak perusahaan merupakan tugas yang penting.

Hasil analisa kondisi keuangan perusahaan selanjutnya digunakan untuk mengevaluasi, memperbaiki dan menyusun sistem keuangan dan akuntansi yang lebih baik.

8. Melakukan Identifikasi Kelemahan dan Peluang

Salah satu tugas utama seorang konsultan bisnis adalah menganalisa, mengidentifikasi masalah dan mendefinisikan masalah bisnis.

Tugas tersebut digunakan untuk mengetahui kebutuhan bisnis, kelemahan dan peluangnya sehingga dapat dikembangkan lagi.

9. Monitoring Penerapan Solusi dan Strategi

Setelah proyek yang diberikan oleh klien selesai, solusi dan strategi permasalahan sudah diberikan dan mulai diimplementasikan oleh perusahaan. 

Lalu konsultan bisnis memiliki tugas untuk melakukan monitoring. Kegiatan monitoring ini dapat dilakukan secara berkala sesuai kesepakatan bersama klien.

Monitoring berfungsi untuk menjaga proses implementasi, agar dapat sesuai dengan apa yang sudah disusun. Kemudian dapat secepatnya dilakukan perbaikan saat terjadi kondisi yang tidak sesuai.

10. Melakukan Evaluasi Berkala Sesuai Kebutuhan Klien

Konsultan bisnis dapat memberikan evaluasi terhadap solusi dan strategi yang sudah diimplementasikan oleh perusahaan. Kemudian menganalisa kembali bagian-bagian yang menjadikan sebuah strategi belum optimal saat dijalankan.

Skill Wajib Seorang Business Consultant

Skill Wajib Seorang Business Consultant

Tugas dan tanggung jawab yang cukup banyak dan beragam serta berkaitan dengan perkembangan sebuah bisnis menjadikan seorang konsultan dalam bisnis harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

1. Good Communication Skill

Sebagian besar pekerjaan ini haruslah didukung oleh skill komunikasi yang memadai. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan sangat membantu sebuah proyek bisnis dapat dipahami dengan baik oleh klien.

Selain itu, kemampuan komunikasi juga sangat penting untuk mendukung koordinasi dengan klien dapat berjalan dengan baik. Oleh karenanya, kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu skill yang cukup krusial untuk dimiliki.

2. Analytical Thinking for Business

Yang dihadapi oleh perusahaan tentu tidak hanya satu atau dua hal saja, ada banyak sekali permasalahan dan kondisi yang perlu diamati dan dianalisis peluang serta kelemahannya.

Kemampuan berpikir analisis dalam bisnis ini adalah kemampuan dalam menganalisa kondisi sebuah perusahaan untuk dapat memperoleh solusi terbaik bagi perusahaan.

Situasi yang dianalisis tidak terbatas pada permasalahan, akan tetapi juga peluang perusahaan untuk berkembang, kondisi keuangan perusahaan, ancaman dan tantangan yang mungkin dihadapi kedepannya.

Perlunya kemampuan berpikir analisis dimaksudkan untuk dapat menganalisa sebuah kondisi kompleks yang dialami oleh sebuah perusahaan.

Sehingga dari adanya analisa yang dilakukan, akan menghasilkan solusi sesuai dengan kondisi yang ada dalam perusahaan. Yaitu solusi yang tepat guna dan dapat direalisasikan oleh perusahaan.

3. Strategic Thinking

Sederhananya, Strategic Thinking bisa Anda pahami sebagai kemampuan mengantisipasi dengan hati-hati sebuah ancaman yang harus diwaspadai. Di sisi lain, Anda pun dituntut dapat melihat dengan jeli sebuah peluang yang dapat dikembangkan.

Seperti penjelasan yang dilansir dari laman Center for Management Organization Effectiveness, Strategic Thinking adalah sesederhana proses pemikiran yang disengaja dan rasional yang berfokus pada analisis faktor dan variabel kritis yang akan mempengaruhi kesuksesan jangka panjang suatu bisnis, tim, atau individu.

Kemampuan ini merupakan serangkaian dari tujuan, rencana, dan ide-ide baru yang dihasilkan dari proses berpikir analisis untuk bertahan dan berkembang di kondisi yang terus berubah dan meningkatnya jumlah kompetitor bisnis.

Tentu hal tersebut tidak terlepas dari mempertimbangkan realitas ekonomi, kekuatan dan kondisi pasar serta sumber daya yang tersedia.

4. Leadership Skill

Sebagai seorang konsultan bisnis, kemampuan leadership adalah kemampuan yang wajib dimiliki. Kemampuan ini dapat mencakup juga pada bagaimana cara berkomunikasi, pola pikir dan memecahkan sebuah masalah. Pada dasarnya setiap kemampuan yang dibutuhkan ini memiliki keterkaitan satu sama lain, dan pusatnya ada pada leadership skill.

Leadership skill, yaitu kemampuan mempengaruhi dan menginspirasi orang lain agar mau melakukan atau menjalankan ide, rencana, serta nilai untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Kemampuan leadership yang baik akan dapat mempengaruhi kinerja dan hasil dari projek yang harus dijalankan oleh sebuah perusahaan.

Baca Juga: Bahas Media Promosi Mulai dari Pengertian Hingga Fungsinya!

Pentingnya Business Consultant Bagi Perusahaan

Setiap pelaku bisnis pasti menginginkan keuntungan yang besar dengan adanya peningkatan pendapatan perusahaan yang terus berkelanjutan. Namun, hal ini bisa jadi tidak dapat tercapai ketika sebuah bisnis tidak mampu berkembang. Maka, pelaku bisnis harus memiliki rencana dan strategi agar sebuah bisnis tidak hanya sekadar bertahan, melainkan juga berkembang.

Dan karenanya, penting bagi pelaku bisnis untuk melakukan konsultasi bisnis karena tidak setiap hal yang menjadi ancaman atau peluang bagi perusahaan dapat diamati oleh dirinya sendiri.

Konsultan akan membantu pelaku bisnis dalam melakukan analisa, penelitian secara menyeluruh mengenai bisnisnya, serta perencanaan keuangan bahkan sumber daya manusianya.

Penjelasan mengapa penting bagi pelaku bisnis melakukan konsultasi bisnis dapat Anda pelajari dari beberapa hal yang akan diperoleh saat melakukan konsultasi bisnis, berikut ini.

1. Keuangan yang Lebih Terencana

Kondisi keuangan adalah salah satu hal penting yang menjadi faktor keberjalanan sebuah perusahaan.

Saat perusahaan memiliki rencana keuangan yang baik dan terarah, alur keuangan juga dapat diidentifikasi dan dikelola dengan baik sesuai tujuan perusahaan.

Untuk mengetahui analisa kondisi keuangan, sebuah perusahaan dapat melakukan konsultasi bisnis terkait penyelesaian masalah keuangan dan bagaimana sistem akuntansi yang baik bagi sebuah perusahaan dapat dijalankan.

2. Monitoring bagi Pelaku Bisnis

Pentingnya melakukan konsultasi bisnis bagi para pelaku bisnis adalah adanya monitoring, yang akan diberikan oleh konsultan mengenai keberlangsungan bisnis klien.

Hal ini akan menjadi pendorong bagi pelaku bisnis untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap bisnisnya.

Kemauan yang tinggi dari pelaku bisnis untuk terus berkembang akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Sehingga dorongan yang positif dibutuhkan untuk perkembangan sebuah perusahaan.

3. Pandangan yang Lebih Objektif

Melalui konsultasi bisnis, perusahaan akan mendapatkan pandangan terhadap sebuah bisnis dengan lebih objektif.

Cara pandang dari pihak ketiga menjadi lebih objektif dengan berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan, baik data hasil pengamatan maupun data yang memang diperoleh dari perusahaan.

Pandangan yang lebih objektif ini akan membantu pelaku bisnis untuk melihat bagian mana dari bisnisnya yang perlu diperbaiki seperti masalah apa yang menghambat produktivitas dan kinerja perusahaan.

4. Memperoleh Feedback dalam Hubungan Profesional

Konsultasi bisnis adalah salah satu hubungan profesional antara Konsultan dengan Pelaku Bisnis.

Adanya sesi konsultasi dalam hubungan profesional ini memberikan banyak informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk melihat kondisi bisnis secara keseluruhan.

Yang mana hal ini dapat dilihat oleh seorang Konsultan dan menjadi bahan untuk memberikan umpan balik atau feedback secara profesional saat sesi konsultasi bisnis berlangsung.

5. Riset dan Analisa yang Menyeluruh

Hal yang akan Anda dapatkan saat melakukan konsultasi bisnis, yaitu kemampuan dalam melakukan riset secara menyeluruh mengenai kondisi bisnis Anda. Intinya, Anda akan dapat menganalisa dari kebutuhan bisnis, peluang dan ancaman yang mungkin terjadi bagi bisnis Anda.

Hasil riset ini akan menjadi dasar dalam penyusunan strategi, pemilihan solusi yang terbaik bagi setiap kondisi, serta mencegah agar ancaman tidak terjadi.

Baca Juga: Marketing Bisnis: Dari Pengertian Hingga Cara Kerjanya

Pertanyaan Seputar Business Consultant (Konsultan Bisnis)

Berikut ini beberapa pertanyaan mainstream yang sering orang tanyakan mengenai profesi sang penyedia layanan konsultasi bisnis.

Apa Saja Tugas dan Pekerjaan Business Consultant?

Seorang konsultan dalam bisnis memiliki beberapa tugas yaitu:

  • Melakukan perencanaan dan pengelolaan proyek bisnis sesuai dengan kebutuhan klien
  • Mengumpulkan informasi terkait bisnis klien
  • Melakukan analisa kebutuhan bisnis client
  • Memberikan rekomendasi solusi yang terbaik disertai strategi perbaikan dan pengembangan bisnis
  • Membuat proyek yang berkaitan dengan sistem perekrutan, penggajian, strategi pemasaran, produktivitas perusahaan dan lain-lain
  • Melakukan pertemuan dengan client saat diperlukan
  • Melakukan analisa kondisi keuangan perusahaan dan menyusun laporan sebagai bahan evaluasi
  • Melakukan identifikasi kebutuhan bisnis, kelemahan serta peluang yang dapat dikembangkan
  • Melakukan monitoring dari solusi dan strategi yang dalam proses implementasi
  • Melakukan evaluasi secara berkala sesuai kebutuhan client

Apa yang Harus Dimiliki Seorang Konsultan Bisnis?

Sesuai jenis profesi, agar mampu menangani berbagai permasalahan bisnis klien, maka perlu memiliki beberapa skill seperti berikut:

  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan analisa bisnis
  • Kemampuan berpikir strategis
  • Kemampuan kepemimpinan

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Konsultan Bisnis?

Sebuah perusahaan yang menginginkan peningkatan pada bisnisnya, menjadi wajib untuk selalu melakukan perbaikan setiap waktunya.

Pertumbuhan bisnis dipengaruhi dari bagaimana pelaku bisnis dapat melihat peluang untuk meningkatkan pendapatan dan citra sebuah bisnis serta bagaimana caranya dalam mencegah sebuah ancaman.

Hal tersebut kadang kala dapat dilakukan oleh perusahaan secara mandiri, namun seringkali tidak dapat dilakukan secara menyeluruhan karena tidak dilakukan dalam waktu khusus dan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit.

Melalui bantuan seorang konsultan, perusahaan dapat melakukannya bersama tanpa membuang banyak waktu. Sebuah perusahaan akan mendapat analisa secara keseluruhan dari konsultan yang dipilihnya.

Konsultan sebagai pihak eksternal perusahaan dapat memberikan pandangan yang lebih objektif terhadap kondisi sebuah perusahaan dibandingkan dengan orang-orang yang berada di dalam perusahaan.

Penutup

Melakukan konsultasi bisnis menjadi hal yang perlu dilakukan oleh seorang pelaku bisnis, tentu dengan tujuan agar bisnisnya lebih berkembang dan bertahan di era evolusi digital ini.

Business consultant memberikan banyak manfaat kepada pelaku bisnis dalam melakukan pengembangan bisnisnya. Apakah Anda ingin memiliki skill atau SDM konsultasi bisnis yang lebih brilian? Gunakan layanan training Sasana Digital melalui banner berikut!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?