fbpx
S.M.A.C Sasana Digital

Apakah yang dimaksud dengan GO DIGITAL?

“Bisnis kita akan GO DIGITAL tahun ini”

Kami yakin anda pernah mendengar kalimat seperti diatas. Untuk GO DIGITAL tidak hanya dengan mengikuti trend terbaru, tetapi dibutuhkan perubahan sesungguhnya dalam menjalani bisnis. Tapi, dari semua ulasan dan diskusi tentang bisnis Digital ini, apakah yang di maksud dengan bisnis digital sebenarnya?

Jika anda menanyakan hal tersebut pada 10 orang di perusahaan yang sama, kemungkinan mereka akan memberikan 10 jawaban berbeda. Makna dari GO DIGITAL dapat berubah tergantung pada siapa dan department apa anda bekerja. Tetapi, jika mereka hanya melihat bagaimana alat pemasaran digital dapat menguntungkan satu bagian dari bisnis, mereka melihat gambaran kecil. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda memanfaatkan teknologi digital untuk mendapatkan hasil bisnis terbaik?

Jadi, apa itu digital? Ada satu perusahaan, yaitu Cognizant, menggambarkan digital dalam empat bidang: sosial, seluler, analitik, dan cloud alias SMAC. Keempat aspek inilah yang mungkin digambarkan oleh beberapa orang sebagai inti dari bisnis digital yang sesungguhnya.

S.M.A.C Sasana Digital

Sosial

Jika Anda masih berpikir sosial hanya tentang mengobrol dengan teman-teman lama dari masa SMA Anda, maka anda harus membuka mata Anda sedikit lebih lebar. Dari perspektif bisnis, alat sosial adalah cara sempurna untuk terhubung dengan konsumen Anda. Ini bisa dalam bentuk menjawab pertanyaan dari pelanggan atau meluncurkan produk baru. Jika Anda tidak membuat koneksi yang berarti, Anda membuang-buang kesempatan.

Jangan lupa untuk mengulang kembali pada departemen lain ketika Anda meluncurkan strategi sosial baru. Jika Anda meluncurkan produk baru atau memberi pengguna kesempatan untuk terlibat, seluruh tim Anda termasuk dari customer service pun Anda harus memiliki pemahaman yang sama. Anggap saja sebagai bagian dari menciptakan User experience yang mengesankan dan lancar bagi konsumen Anda. Bukankah pengalaman yang seperti itu yang anda inginkan dalam setiap bisnis yang anda jalankan?

Mobile

Di era sekarang, semua orang terhubung pada Smart Phone. Jika Anda adalah orang yang menggunakan handphone untuk memeriksa web bisnis atau mengirim email kepada seseorang saat bepergian, maka Anda tahu mengapa handphone itu penting. Anda menggunakan handphone Anda untuk mengintegrasikan aspek bisnis Anda ke dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus terburu-buru ke kantor atau menggunakan komputer. Mirip dengan Sosial, memahami mengapa seseorang menggunakan alat media sosial dan mengapa seseorang menggunakan handphone agar dapat memberi Anda wawasan yang mendalam tentang apa arti digital bagi bisnis Anda. Orang ingin berinteraksi di mana pun mereka berada, di situlah digital masuk.

 

Analisis

Analytics adalah tentang menganalisis data besar. Lebih khusus lagi, tentang mengambil data yang Anda peroleh dan menganalisisnya untuk pola perilaku. Dengan memahami data, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda, bisa untuk mengetahui kapan konsumen Anda lebih cenderung memutuskan untuk membeli, atau membatasi posting pengetahuan produk pada hari tertentu karena tidak ada ketertarikan pada hari tersebut berdasarkan data.

Cloud

Terakhir, tapi tidak kalah menarik, Cloud. Baik perusahaan besar atau start-up, layanan berbasis cloud siap hadir. Dengan meningkatnya kecurangan dan serangan di dunia maya dan juga peningkatan kesadaran akan cybersecurity, cloud memainkan peran utama dalam keamanan bisnis. Ini termasuk perlindungan data dan membuat back-up file-file penting di luar situs agar mudah untuk di akses. Tidak hanya di situ, Bisa jadi Anda membutuhkan lebih banyak daya komputasi yang dapat Anda outsource melalui cloud. Banyak bisnis juga menggunakan aplikasi atau solusi IT baru untuk mengakses informasi dari mana saja di dunia. Solusi dari Logitout adalah contoh yang sempurna untuk mengambil data manajemen pelacakan aset dan memindahkannya ke ruang digital. Dengan memindai aset Anda dengan barcode, Anda memiliki akses jarak jauh ke informasi itu langsung dari tampilan dashboard yang mudah digunakan.

Jadi, jika anda dapat menerapkan ke-empat area ini ke dalam bisnis anda, maka di situlah dapat dikatakan bahwa bisnis anda telah GO DIGITAL.

Menuju GO DIGITAL bukan hanya tentang Digital atau Pemasaran melalui Internet, tapi kekuatan dari Digital lebih dari itu. Teknologi Digital membuat anda dapat merubah cara untuk berinteraksi kepada  pelanggan, pekerja, pemasok dan mitra anda. Juga membawa bisnis anda kepada tingkat keefektifan, efisiensi dan fleksibelitas yang lebih tinggi dan membuat hal tersebut menjadi nilai lebih kepada pelanggan anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *