fbpx

Apa yang Dimaksud dengan Transformasi Digital ??

Transformasi digital adalah integrasi teknologi digital ke dalam semua area bisnis yang menghasilkan perubahan mendasar dalam cara bisnis beroperasi dan memberikan nilai pada pelanggan.

Pertanyaan yang sering muncul adalah jika bisnis sudah beralih dari pencatatan kertas dan pensil menjadi format digital, apakah dapat dikatakan bahwa sebuah bisnis telah bertransformasi ke digital? Perhatikan penjelasan di bawah ini!

Perbedaan Digitization, Digitalization & Digital Transformation

Perbedaan Digitization, Digitalization & Digital Transformation

Digitization

The process of making information available and accessible in a digital format

Digitalization

The process of considering how best to apply digitized information to simplify specific operations

Digital Transformation

The process of devising new business applications that integrate all the digitized data and digitalized applications

Setelah melihat gambar mengenai Digitization, Digitalization, dan Digital Transformation di atas, coba lihat kembali hal-hal yang telah dilakukan bisnis Anda. Sudahkah bisnis Anda benar-benar bertransformasi ke arah digital? Lalu mengapa sebuah bisnis perlu bertransformasi?
Saat ini Perilaku dan interaksi pelanggan telah berubah secara signifikan, hal ini dipicu oleh perkembangan teknologi digital yang luar biasa pesat. Perkembangan ini juga menyebabkan adanya revolusi industri yang dikenal dengan sebutan Industri 4.0. Datangnya revolusi ini menghasilkan terobosan dalam produktivitas, kualitas, dan daya saing pada sebuah bisnis. Itulah mengapa sebuah bisnis dari berbagai sektor harus mulai menciptakan cara yang cerdas, efektif, dengan memanfaatkan teknologi dengan konsep Industri 4.0.
Revolusi Industri

Industri 4.0 sendiri menerapkan konsep otomatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Hal ini termasuk sistem cyber-fisik, internet, komputasi awan dan komputasi kognitif.

Hal tersebut tentunya dapat menambah nilai efisiensi pada praktik industri, di mana manajemen waktu dianggap sebagai sesuatu yang vital dan sangat dibutuhkan, dan secara eksponensial akan berdampak pada kualitas tenaga kerja dan biaya produksi.

Industry 4.0 The Future is Now

Dahulu transformasi digital hanya dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar (raksasa) dengan kesiapan anggaran biaya yang luar biasa besar. Namun kini, seiring dengan perkembangan teknologi dan bermunculannya teknologi berbasis cloud-computing, menjadikan perusahaan skala menengah pun dapat melakukan transformasi digital. Dengan implementasi sederhana dan biaya yang lebih rendah, kini siapapun dapat memiliki peluang menjadi unggul dalam pemanfaatan teknologi digital.

Mengapa Transformasi Digital Menjadi Sangat Penting ?

Transformasi digital memainkan peran penting dalam aspek-aspek berikut:

Digitalisasi Produk

Penggunaan teknologi dalam meningkatkan produk atau layanan seperti perangkat yang terhubung dengan dengan mesin pintar, dapat menciptakan infrastruktur gesit yang sangat diperlukan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan.

Pengalaman Pelanggan

Konsumen saat ini memiliki lebih banyak pilihan. Artinya, bisnis perlu memberikan produk atau layanan yang inovatif serta interaksi dan pengalaman berarti yang menyenangkan pelanggan.

Pengalaman Karyawan

Transformasi digital, memungkinkan kayawan memiliki akses instan (real-time) ke semua yang mereka butuhkan kapanpun dan dimanapun, hal ini akan menjadikan tenaga kerja lebih terlibat dan produktif dalam bekerja.

Optimalisasi Proses

Memberikan pengalaman hebat kepada karyawan dan pelanggan sangat bergantung pada kemampuan bisnis beroperasi di area back-end. Alur kerja yang disederhanakan, pemrosesan secara digital, perlu dilakukan organisasi untuk menciptakan efisiensi.

Benefit yang Akan Didapatkan dengan Transformasi Digital:

Singkatnya, transformasi digital akan memberikan keuntungan bagi organisasi dalam hal:

  • Meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik (Improve Customer Experience)
  • Peningkatan kecepatan dan efisiensi proses operasional dan produksi (Increase Agility & Efficiency)
  • Menurunkan biaya (Reduce Costs)
  • Memberikan peluang pendapatan baru (Creature Revenue)
Digital Value Pyramid

Apakah Bisnis Anda Siap untuk Bertransformasi Digital?

Dengan menemukan solusi dan investasi yang tepat, maka perusahaan Anda dapat bersaing dan berkembang lebih baik. Jika Anda memerlukan bantuan untuk menentukan solusi digital yang tepat bagi bisnis Anda, silahkan berdiskusi dengan kami. Anda bisa memilih jadwal meeting yang Anda inginkan atau mengisi form konsultasi, Tim kami akan senang hati dalam membantu Anda.