Blog ›

10 Poin Kelebihan dan Kekurangan Marketplace, Apa Saja?

I

Sebagai pelaku bisnis, istilah marketplace pasti sudah tidak asing lagi. 

Marketplace adalah platform online yang dikelola oleh suatu perusahaan sebagai pihak ketiga yang memfasilitasi tempat bertemu banyak penjual dan pembeli. Kini, banyak pelaku bisnis yang memakai marketplace untuk berjualan berbagai produk secara online.

Dalam artikel ini, Sasana Digital akan membahas mengenai kelebihan, kekurangan, hingga manfaat marketplace bagi perkembangan bisnis. Simak sampai habis ya!

Kelebihan Marketplace sebagai Saluran Penjualan

kelebihan marketplace

Terdapat berbagai kelebihan marketplace yang bisa Anda dapatkan sebagai saluran penjualan. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Telah Terbentuknya Sistem dan Ekosistem Pasar

Adanya marketplace membuat Anda tidak perlu repot merancang sistem bisnis online. Marketplace telah menyiapkan semuanya dengan baik, mulai dari website, desain, alur pembelian, dan lain sebagainya.

Marketplace adalah sebuah pasar online, di mana pembeli akan datang langsung ketika mereka membutuhkan suatu produk. Nama besar marketplace juga menentukan keberhasilan bisnis Anda. Ini terlihat dari segi kemudahan akses atau keamanan transaksi yang dikelolanya.

2. Sebagai Media Promosi yang Cukup Efektif

Marketplace adalah salah satu platform jual beli yang bisa Anda manfaatkan untuk media promosi yang efektif.

Keuntungan pasar online ini adalah memiliki segudang strategi pemasaran yang bisa menarik pembeli. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan pemasaran sendiri. Anda hanya perlu fokus pada kualitas dan ketersediaan produk saat berjualan di marketplace.

Baca juga: Bahas Media Promosi Mulai dari Pengertian Hingga Fungsinya!

3. Menjangkau Lebih Banyak Calon Pembeli

Kelebihan lain dari penggunaan marketplace sebagai saluran penjualan adalah bisa menjangkau banyak calon pembeli.

Tidak heran, kini banyak brand kecil hingga besar telah terjun dalam marketplace. Ini disebabkan jangkauan pasar yang meluas dan nilai transaksi yang terus tumbuh. 

Dengan berjualan di marketplace, tentunya Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli sehingga bisnis Anda bisa tumbuh optimal.

4. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Pelanggan

Ramainya penggunaan marketplace dikarenakan tingginya tingkat kepercayaan pembeli. Mereka menilai berbelanja kebutuhan di marketplace lebih praktis dan aman.

Sebelum memutuskan membeli sebuah produk secara online, banyak pertimbangan yang dilakukan.

Hal ini seperti review dan testimoni mengenai produk, harga, hingga sistem transaksi. Semakin banyak review baik yang diberikan, maka semakin besar juga kepercayaan pelanggan pada toko Anda.

5. Pengelolaan Toko Online yang Lebih Terstruktur

Memanfaatkan beragam fitur dalam marketplace dengan optimal, akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.

Umumnya marketplace menyediakan beragam fitur, mulai dari kategori produk hingga live support, yang dapat membantu penjual menawarkan produknya secara efektif.

Dengan memanfaatkan fitur yang ada, Anda dapat menjangkau pembeli dengan lebih baik sehingga performa bisnis juga meningkat.

6. Manajemen Produk Bisnis Jadi Lebih Mudah

Dengan marketplace, Anda bisa memiliki manajemen produk bisnis yang lebih mudah. 

Anda tidak harus memiliki stok produk untuk berjualan. Namun, Anda dapat bekerja sama dengan vendor untuk proses pemesanan produk. Nantinya, vendor yang akan menyiapkan dan mengirim produk kepada pelanggan.

Baca Juga: Platform Marketplace B2B: Keuntungan dan Segudang Peluangnya

7. Mendukung Strategi Omnichannel & Multichannel

Kini sudah banyak marketplace yang terintegrasi dengan berbagai platform. Karena para konsumen kini telah bergantung pada berbagai sumber informasi sebelum mereka melakukan pembelian.

Dengan didukungnya strategi omnichannel dan multichannel pada marketplace, demikian, Anda bisa berjualan tidak hanya di marketplace saja, tetapi juga media sosial ataupun website.

8. Dukungan Layanan Pelanggan Lebih Lengkap

Platform marketplace juga menawarkan layanan pelanggan yang lebih lengkap dibandingkan platform jual beli lainnya.

Marketplace telah menyediakan customer support, seperti chatbot yang bisa melayani permasalahan pelanggan selama 24 jam. Selain itu, ada juga fitur resi & tracking otomatis yang membantu pelanggan memantau produk pesanan mereka.

9. Secara Langsung Memantau Tingkat Penjualan

Tidak hanya Instagram, yang memiliki fitur insight. Namun, marketplace juga memiliki fitur insight untuk memantau tingkat penjualan bisnis. Para pebisnis akan mudah mengetahui produk yang disukai konsumen dan bisa menentukan langkah kedepannya.

Selain itu, memiliki data-data penjualan tentu bisa membantu Anda lebih memahami konsumen. Sehingga Anda bisa menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih efektif dan personal.

10. Dapat Dimulai dengan Modal Terbatas

Untuk membuka toko online melalui marketplace, Anda tidak perlu memikirkan biaya yang dibutuhkan. Bagi pebisnis dengan modal kecil, marketplace akan sangat membantu Anda. 

Dengan memiliki halaman toko online sendiri, Anda dapat melakukan promosi dan pemasaran produk Anda secara online. Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia gratis untuk mempromosikan produk, seperti live, broadcast chat, iklan, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Efektif! 11 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

Nah, itu tadi beberapa kelebihan marketplace sebagai saluran penjualan. Berikutnya, kita akan membahas mengenai kekurangan marketplace sebagai saluran penjualan.

Kekurangan Marketplace sebagai Saluran Penjualan

kekurangan marketplace

Ada yang beberapa hal yang perlu diingat terkait sering terjadinya miskonsepsi keuntungan menjual produk di marketplace. Berikut ini yang bukan keuntungan menjual produk di marketplace adalah:

1. Adanya Persaingan Produk yang Cukup Ketat

Meskipun marketplace bisa membantu Anda menjangkau banyak pelanggan, namun persaingan bisnis di dalamnya cukup ketat.

Banyak kompetitor yang juga menjual produk yang sama dengan milik Anda. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika pelanggan, beralih ke produk kompetitor. 

Mudah bagi mereka untuk membuat keputusan pembelian. Terutama jika terdapat kompetitor yang menawarkan produk dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih baik.

2. Sulitnya Melakukan Branding Produk

Pembeli yang melakukan transaksi di marketplace bisa jadi tidak mengenali brand Anda. Mereka mengira transaksi dilakukan antara pembeli dengan marketplace, bukan dengan Anda.

Apalagi pengunjung hanya bisa melihat profil toko Anda ketika mengklik profil secara langsung. Pada marketplace Anda hanya bisa melakukan branding melalui profil toko, seperti banner, deskripsi, dan feeds.

Bahkan, orang yang membeli produk Anda belum tentu mengenali brand Anda. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis produk serupa yang juga dijual oleh kompetitor.

3. Adanya Platform Fee sehingga Margin Laba Berkurang

Beberapa platform marketplace mulai memungut biaya tambahan untuk jasa penggunaan aplikasi dan layanan pengguna. Potongan biaya ini dengan istilah biaya admin. 

Ketika menggunakan Marketplace seperti Shopee atau Tokopedia, Anda akan menanggung sekian persen biaya admin. Bagi penjual, biaya ini dipotong langsung dari nilai pemasukan yang tentunya mengurangi laba yang diterima pembeli.

4. Ada Beberapa Kebijakan Tertentu yang Cukup Ketat

Setiap platform marketplace memiliki sistem dan kebijakannya masing-masing. Contohnya, ketentuan produk yang dijual, promosi produk yang dilakukan, biaya admin, dan lain sebagainya. 

Hal ini akan berbeda jika Anda memiliki toko online sendiri karena Anda bisa mengelola secara bebas tanpa terikat oleh peraturan pihak lain.

5. Terbatasnya Hubungan Brand dengan Pelanggan

Kekurangan marketplace selanjutnya adalah terbatasnya hubungan brand dengan pelanggan.

Anda cukup sulit menarik pembeli untuk melakukan pembelian berulang. Sebab, Anda hanya bisa menawarkan pesan secara personal melalui fitur chat yang ada dalam marketplace.

Sedangkan dengan platform online sendiri, Anda bisa menawarkan produk kepada pembeli dengan berbagai cara, seperti email, media sosial, website, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laku Setiap Hari

Manfaat Marketplace Bagi Perkembangan Bisnis

Dikutip dari Forbes, marketplace adalah situs web atau aplikasi yang memfasilitasi para penjual dan pembeli.

Platform ini memiliki sistem khusus yang mengatur ribuan hingga ratusan produk yang akan dijual. Oleh sebab itu, marketplace menjadi solusi alternatif bagi Anda yang ingin membuka bisnis online dengan lebih mudah.

Memiliki bisnis online di marketplace bisa membantu Anda menjangkau banyak pembeli. Apalagi marketplace memiliki fitur-fitur yang memudahkan pebisnis menggunakan platform ini. Inilah yang menyebabkan pertumbuhan marketplace berkembang cukup signifikan.

Marketplace juga memiliki mesin pencarian internal sendiri yang membantu pembeli menemukan produk yang mereka cari dengan keyword tertentu.

Selain itu, ada layanan marketplace yang memudahkan pembeli, seperti transaksi pembayaran. Proses transaksi dinilai lebih mudah dan aman dibandingkan platform digital lain.

Setelah mengetahui apa saja manfaat marketplace bagi perkembangan bisnis Anda, selanjutnya kita akan mengulik lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan 3 marketplace terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Cek Fakta! Pentingkah Algoritma Shopee untuk Penjualan Anda?

Mengulik Kelebihan dan Kekurangan 3 Marketplace Terbesar di Indonesia

Tentunya, setiap marketplace memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini dijelaskan kelebihan dan kekurangan 3 marketplace terbesar di Indonesia.

1. Kelebihan dan Kekurangan Shopee

kelebihan dan kekurangan marketplace shopee

Shopee adalah platform belanja online yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya, sehingga tidak heran banyak orang yang memilih berbelanja di Shopee. 

Namun, tetap ada beberapa kelebihan dan kekurangan Shopee yang juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa kelebihan Shopee:

  • Mempunyai Aplikasi yang Mudah Digunakan
    Aplikasi Shopee sudah tersedia pada Play Store dan Apps Store yang bisa didownload secara gratis. 

    Aplikasi satu ini sangat mudah digunakan. Baik pembeli maupun penjual tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi Shopee, meskipun baru pertama kali menggunakannya.
  • Tersedia Banyak Voucher Gratis Ongkir
    Saat berbelanja online, tentunya biaya pengiriman barang menjadi pertimbangan bagi pembeli. Seringkali, pembeli membatalkan pesanannya ketika melihat nominal pengiriman yang cukup besar.

    Di Shopee, pembeli tidak perlu khawatir lagi karena aplikasi satu ini menyediakan banyak voucher gratis ongkir. Jadi, di mana pun dan apa pun produk yang akan dibeli, mereka tetap bisa mendapatkan promo gratis ongkir.
  • Metode Pembayaran yang Beragam
    Selain banyak voucher gratis ongkir, berbelanja di Shopee semakin mudah dan praktis karena tersedia berbagai metode pembayaran.

    Tersedia banyak metode pembayaran, mulai dari ShopeePay, m-Banking, transfer bank, COD (Cash on Delivery), dan masih banyak lagi. Selain itu, ada petunjuk otomatis ketika Anda memilih metode pembayaran yang tentunya sangat membantu bagi para pengguna Shopee.

Selain kelebihan, Shopee juga memiliki kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum menggunakan platform ini. Berikut ini beberapa kekurangan Shopee:

  • Adanya Ketentuan Mendapatkan Promo Gratis Ongkir
    Kekurangan pada Shopee yang pertama adalah adanya ketentuan dalam menggunakan promo gratis ongkir. 

    Biasanya pembeli secara mudah mengklaim voucher yang ada. Namun untuk penggunaan voucher promo gratis ongkir, ada ketentuan yang harus dipenuhi. Misalnya, minimal pembelian produk.
  • Penanganan Customer Service yang Kurang
    Sebagai pembeli, ketika mengalami suatu permasalahan tentu Anda ingin jalan keluar yang cepat dan mudah. Untuk layanan pelanggan yang satu ini, Shopee dirasa masih kurang.

    Ini disebabkan, balasan yang diberikan masih belum bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Masalah customer service ini perlu ditingkatkan lagi untuk memberikan kenyamanan pada pengguna Shopee.
  • Adanya Fake Seller
    Banyak pembeli yang terkecoh dengan dengan toko online yang memiliki order produk hingga ribuan. Terkadang melihat angka pesanan menjadi cara pembeli menilai kredibilitas suatu toko.

    Oleh karena itu, pembeli perlu teliti dalam memilih produk dan toko online sebelum melakukan transaksi untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

2. Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

kelebihan dan kekurangan marketplace tokopedia

Tokopedia adalah marketplace yang namanya tidak asing didengar lagi. Tokopedia dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia. 

Meskipun sudah memiliki nilai lebih di benak masyarakat, masih ada beberapa kelebihan dan kekurangan Tokopedia yang juga harus diperhatikan. Berikut ini beberapa kelebihan Tokopedia:

  • Layanan Akses Gratis
    Kelebihan pasar online satu ini memberikan layanan akses secara gratis bagi para pelaku bisnis. Apalagi tidak ada biaya deposit atau admin di awal pendaftaran sehingga seluruh hasil akan menjadi milik Anda.

    Hal ini tentunya menarik pelaku bisnis untuk mulai menggunakan Tokopedia sebagai tempat transaksi jual beli secara online.
  • Platform Terpercaya
    Bagi pebisnis pemula, Tokopedia menyediakan rekening bersama sehingga Anda tidak perlu khawatir dicurigai oleh customer meskipun Anda baru memulai bisnis online.

    Selain itu, mendapatkan kepercayaan melalui Tokopedia lebih mudah karena platform hijau ini memiliki popularitas tinggi dibandingkan beberapa platform online lainnya.
  • Pemasaran yang Gratis
    Untuk para pelaku bisnis pemula, kini Anda tidak perlu repot memikirkan biaya promosi untuk mendatangkan banyak pengunjung pada toko Anda. 

    Tokopedia secara teratur melakukan berbagai kegiatan promosi baik secara online maupun offline. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan toko dan produk dengan baik agar pengunjung memilih toko Anda sebagai tempat berbelanja.

Ada kelebihan, tentunya ada juga kekurangan pada marketplace Tokopedia. Berikut ini beberapa kekurangan Tokopedia:

  • Kualitas Gambar yang Menurun
    Gambar produk menjadi hal penting bagi penjual untuk menarik pembeli. 

    Kualitas gambar yang menurun, baik di website maupun aplikasi, pasti mengurangi minat pembeli terhadap produk Anda. Hal ini tentunya akan merugikan penjual online di Tokopedia.
  • Adanya Produk Spam
    Tokopedia adalah pasar online yang memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk membuka toko online.

    Namun, hal tersebut justru menjadi bumerang bagi marketplace hijau ini. Sebab, banyak penjual yang menawarkan produk dengan menaikkan dan menurunkan harganya.
  • Aplikasi yang Sering Error
    Kekurangan pasar online ini yang sering disorot adalah aplikasi yang sering error. Hal inilah penyebab aplikasi sering tidak bisa diakses dan banyak transaksi yang akhirnya tertunda.

    Akibat sering terjadinya error, aplikasi Tokopedia juga sering mengalami maintenance yang sehingga aplikasi tersebut tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Baca Juga: Cara Menggunakan SEO Shopee untuk Meningkatkan Penjualan

3. Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak

kelebihan dan kekurangan marketplace bukalapak

Bukalapak adalah situs belanja online terpercaya di Indonesia yang menjual beragam produk. Selain dikenal menjual produk dengan harga murah, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Bukalapak yang bisa dipertimbangkan penggunanya. Berikut ini beberapa kelebihan Bukalapak:

  • Mendapat Notifikasi SMS Setiap Ada Pesanan
    Pelapak akan mendapatkan notifikasi SMS ketika ada pesanan dari pembeli. Dengan demikian, pelapak bisa fokus pada penjualan produk tanpa membuang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
  • Manajemen Stok Produk yang Akurat
    Kelebihan Bukalapak selanjutnya adalah manajemen stok yang lebih akurat. Ketika produk menunggu pembayaran, maka jumlah stok pada toko akan otomatis berkurang.

    Sedangkan saat transaksi produk dibatalkan, maka jumlah stok pada toko akan kembali bertambah. Hal tersebut bisa mencegah pembeli membayar stok produk yang tengah kosong.
  • Jasa Pengiriman Cepat
    Bukalapak menyediakan pilihan jasa pengiriman yang cukup cepat. Selain itu, Bukalapak juga menyediakan fitur gratis ongkir di setiap jenis jasa pengiriman. 

    Berbagai jasa pengiriman tersedia pada marketplace satu ini, mulai dari J&T Express, JNE, SiCepat, dan lain sebagainya.

Selain mempunyai kelebihan, Bukalapak juga memiliki beberapa kekurangan dalam pelayanannya. Berikut beberapa kekurangan Bukalapak:

  • Pilihan Jenis Barang yang Terbatas
    Bukalapak merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

    Namun dari segi banyaknya pilihan barang yang dijual, marketplace ini masih kurang dibandingkan marketplace lainnya. Terbatasnya pilihan produk, membuat customer beralih beralih ke marketplace lainnya.
  • Pencairan Dana yang Cukup Lama
    Kekurangan Bukalapak adalah pencairan dana dari Bukadompet yang cukup lama. Meskipun dana cepat masuk ke dalam Bukadompet, tetapi untuk pencairan dana membutuhkan waktu lebih dari satu hari.
  • Website dan Aplikasi yang Berat
    Bukalapak memiliki website dan aplikasi yang cukup berat. Beranda website Bukalapak tampak kurang mengesankan dan memuat produk secara otomatis. Sedangkan, untuk aplikasinya sendiri cukup banyak memakan memori RAM.

Itulah yang menyebabkan website dan aplikasi membutuhkan waktu lama untuk terbuka. Bahkan sering terjadi lag pada platform online marketplace ini.

Baca juga: 25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2023]

Pertanyaan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

1. Apa Saja Keuntungan Jika Melakukan Promosi dan Menjual Produk di Marketplace?

Marketplace bisa menjadi platform jual beli online yang memiliki banyak keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungan jualan di marketplace:

  • Jumlah Pengguna Marketplace yang Terus Meningkat 
  • Tidak Membutuhkan Modal yang Besar
  • Visibilitas Produk Meningkat
  • Transaksi Mudan dan Aman
  • Mudah Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Itulah beberapa keuntungan bagi Anda jika menggunakan marketplace sebagai media promosi dan jualan produk secara online.

2. Apa Perbedaan Marketplace dan E-commerce?

Secara pengertian, marketplace adalah situs website pihak ketiga yang menyediakan berbagai kategori produk dari penjual yang berbeda. Sedangkan e-commerce adalah situs online yang berdiri sendiri untuk menjual barang dan jasa.

3. Apa Perbedaan Mendasar dari Toko Online dan Marketplace?

Marketplace adalah perantara yang menghubungkan penjual dengan pembeli. Sedangkan untuk toko online tidak memerlukan perantara karena penjual dapat menjual produknya secara langsung kepada pembeli.

4. Siapa Marketplace Terbesar di Indonesia?

Kini, marketplace menjadi platform belanja online yang banyak digemari dan dikunjungi oleh para pelanggan untuk berbelanja berbagai kebutuhannya. Berikut ini daftar 5 marketplace terbesar di Indonesia.

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Lazada 
  • Bukalapak
  • BliBli

Itulah daftar 5 marketplace terbesar di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh para pelanggan.

Penutup

Dari penjelasan di atas, Anda semakin memahami kelebihan dan kekurangan marketplace sebagai saluran penjualan online.

Jika Anda masih kesulitan menentukan atau menjalankan bisnis online melalui marketplace, Layanan Training Sasana Digital bisa jadi solusinya. Coba konsultasi gratis dengan klik banner di bawah ini dan kembangkan bisnis Anda bersama kami.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?