Blog ›

Digital Marketing Indonesia: Agensi, Sejarah, dan Contohnya!

I

Tulisan ini mengulas topik digital marketing terutama untuk Anda yang ingin tahu bagaimana sejarah, contoh, dan agensi digital marketing di Indonesia.

Tertarik? Tentu! Tak ada salahnya mengetahui hal tersebut. Sebab mengetahui digital marketing bisa memberi banyak manfaat untuk Anda.

Digital Marketing Indonesia Ada Sejarahnya

Tahu gak sih, bahwa perkembangan digital marketing di Indonesia bergerak begitu signifikan? Semua dimulai dengan sejarahnya terdahulu. Untuk itu, berikut ini  sejarah digital marketing di Indonesia dari tahun 90-an hingga saat ini:

Tahun 90-an

Digital marketing di Indonesia sudah ada sejak tahun 1990-an, ketika internet mulai booming di dunia.

Pada awalnya, digital marketing di Indonesia hanya digunakan pada aktivitas online seperti email marketing dan promosi website.

Di sisi lain, hanya sekian persen orang yang dapat menikmati fasilitas ini. Biasanya dari orang-orang kaya yang baru muncul di indonesia.

Tahun 2000-an

Pada tahun 2000-an, digital marketing di Indonesia semakin berkembang dengan munculnya berbagai macam platform digital seperti media sosial, aplikasi smartphone, dan lain-lain.

Pada era ini, digital marketing di Indonesia mulai digunakan pada beberapa macam aktivitas pemasaran seperti community brand, lead generation, dan lain-lain.

digital marketing Indonesia didorong dari facebook

Ditambah dengan kemunculan Facebook yang sangat kuat membuat dampak tersendiri pada Indonesia. Dari sini kelak digital marketing semakin berevolusi.

Tahun 2010-an

Pada tahun 2010-an, digital marketing di Indonesia semakin berkembang dengan munculnya berbagai macam inovasi baru seperti social media marketing, content marketing, dan lain-lain.

Pada era ini, digital marketing di Indonesia sudah mulai digunakan untuk berbagai macam aktivitas pemasaran seperti e-commerce, influencer marketing, dan lain-lain.

Baca Juga: Mengapa Konten Marketing Menjadi Hal Penting Bagi Bisnis?

Tahun 2020-an

Singkat cerita 10 tahun kemudian digital marketing semakin berkembang. Mulai dari orang tua hingga anak-anak menerima manfaat dari digital marketing.

Kini perusahaan yang berskala kecil sekalipun ikut aktivitas digital marketing. Mereka berlomba-lomba untuk mendapat konsumen dari usia anak-anak hingga orang dewasa.

Baca Juga: 9 Langkah Bisnis Modal Kecil Bertumbuh via Media Sosial

Bahkan ada bisnis yang mengarah pada konsumen lansia. Melalui Instagram dan YouTube mereka menawarkan produk dan jasa pada keluarga yang memiliki orang tua lansia.

Di tahun 2020-an bagi sebagian orang bahkan digital marketing menjadi gaya hidup tersendiri. Sebab demi memenuhi kebutuhan hidup ternyata digital marketing bisa sangat membantu.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing 101 dari Jenis, Strategi + Tipsnya

Digital Agency Indonesia Paling Tua/Legend

Setelah tadi melihat sejarah singkat bisnis digital atau digital marketing di Indonesia, kini banyak sekali perusahaan B2B sebagai agensi yang fokus pada digital marketing. Namun jangan salah sangka ternyata B2B pada bidang digital marketing sudah dilakukan oleh orang Indonesia.

Agensi Digital Marketing di Indonesia

Berikut agensi yang “cukup tua” dan berfokus pada digital marketing:

Havas Group Indonesia (1988)

Havas Group menjadi agensi digital marketing yang terbilang senior dalam bidang pemasaran alias marketing. Sebab dibentuk pada tahun 1988.

Kemudian seiring waktu berjalan mulai menjalani marketing online hingga marketing konvensional, banyak pemasaran digarap oleh Havas Group.

Salah satu layanan yang ada di Havas Group adalah Socialyse. Yaitu pemasaran media sosial yang diciptakan untuk mengoptimalkan bisnis lewat media sosial.

Klien yang sudah ditangani bermacam-macam. Mulai dari Hyundai, XL, hingga Curcuma Plus telah merasakan digital marketing bersama Havas Group.

Baca Juga: 5 Fungsi Media Sosial dan Prediksinya Pada Bisnis 2023

PT. Indocyber Global Teknologi (2001)

Perusahaan senior lainnya yang bergerak pada digital marketing di Indonesia adalah PT. Indocyber Global Teknologi. Didirikan pada tahun 2001 untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis lainnya.

B2B yang dilayani cukup luas oleh perusahaan ini. Sebab Indocyber Global Teknologi bergerak pada bidang IT services, IT infrastructure, dan digital marketing.

InboundID (2009)

Ada agensi digital marketing yang menjadi pionir B2B inbound marketing sejak 2009. Yaitu InboundID, telah lama fokus membangun digital marketing di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu perusahaan-perusahaan mulai menyadari bahwa konten marketing alias inbound marketing menjadi peranan penting. Sehingga akhirnya banyak bisnis terlibat dengan InboundID.

Klien yang ditangani oleh InboundID terdiri dari berbagai perusahaan tersohor. Mulai dari Unilever, Tokopedia, Lemonilo, hingga Tirto.

16 Digital Marketing Agensi Terbaik

Semua orang termasuk Anda pasti tahu betapa pentingnya aktivitas digital marketing. Kini sangat mudah melakukannya hanya dengan mengandalkan digital marketing.

1. Sasana Digital

Di urutan pertama Anda akan mengenal agensi sekaligus digital marketing consultant yang bisa membuat sofware. Termasuk memberi kemudahan IT untuk bisnis. Sehingga bisnis Anda bisa lebih bersaing di tengah persaingan digital.

Yaitu ada Sasana Digital yang bisa menyediakan software sesuai kebutuhan dan solusi IT untuk pabrik Anda. Selain itu digital marketing consultant ini juga bermitra dengan kemnaker untuk memberi pelatihan pada pengusaha yang hendak GO DIGITAL.

2. Dentsu Indonesia

Dentsu Indonesia menjadi agensi asal Jakarta yang punya reputasi besar. Kini agensi tersebut sudah membantu berbagai brand pada digital marketing.

3. TopRank Indonesia

Agensi yang satu ini tidak hanya menyediakan layanan agensi saja, tetapi juga layanan yang membantu brand menyusun strategi digital marketing.

4. Leo Burnett Indonesia

Agensi yang satu ini menyatakan bahwa kreativitas punya kekuatan tersendiri. Salah satu digital marketing agency terbaik ini memiliki reputasi yang gemilang, sehingga dipercaya oleh perusahaan besar untuk bekerja sama dengannya.

5. Ogilvy Indonesia

Agensi yang satu ini adalah bagian dari Ogilvy Worldwide, salah satu jaringan marketing terbesar di dunia. Ogilvy sudah menangani beragam brand di Indonesia dan multinasional. Pengalaman dalam mengelola klien besar di Indonesia telah membawa Ogilvy Indonesia mendapat penghargaan bergengsi di dunia.

6. Definite

Agensi dari PT Definite Maji Arsana sudah masuk sebagai salah satu agensi digital marketing terbaik di Jakarta. Sebab telah berkembang sebagai web agency dan menjadi digital marketing agency yang fleksibel.

7. SAB Digital Marketing Agency

Agensi ini menawarkan berbagai layanan untuk digital marketing sebuah brand. Mulai dari SEO, iklan berbayar, sampai mengatur media sosial agar tampil lebih menarik.

8. Imogen PR Agency

Setelah 16 tahun bekerja dan memiliki pengalaman Imogen PR Agency menjadi bagian dari salah satu yang terbaik di Indonesia. Bahkan sekelas Unilever dan Intel mengandalkan agensi ini pada salah satu pemasarannya.

9. Blackstone Digital Agency

Blackstone ini merupakan agensi yang berbasis di Jakarta. Memiliki beberapa klien ternama seperti Sinarmas, BMW, Starbucks, hingga Fahsion TV.

10. Havas Indonesia

Nomor 10 ada Havas Indonesia di antara agensi terbaik di Indonesia. Salah satu agensi tua di Indonesia dan memiliki banyak klien dari brand besar di Indonesia.

11. Future Creative Network

Salah satu agensi terbaik yang reputasinya juga bersinar adalah di industri periklanan Indonesia adalah Furute Creative Network. Menurut informasi yang beredar, mereka juga mengandalkan tiga pilar untuk aktifitasnya.

12. Growinc Group Indonesia

Group yang ini memiliki beberapa agensi yang menyediakan layanan berbeda. Seperti NATA Software House yang mengembangkan platform dan teknologi, Nesvara untuk branding, dan Growmint untuk digital marketing.

13. The Fortuna

The Fortuna diklaim dapat memberi layanan digital marketing yang lengkap. Terlepas dari itu agensi ini salah satu agensi terbaik di Indonesai yang berlokasi di Jakarta. Salah satu klien besar yang pernah ditangani adalah TikTok dan Pertamina.

14. TwoMC

Pernah ada berbagai brand besar yang menggunakan jasa TwoMC untuk menjalankan strategi digital markerting. Seperti McDonald, Manulife, dan TedX juga.

15. Wave Digital

Anda tahu Sari Roti, BNI, dan Sido Muncul? Perusahaan yang disebut tadi pernah menggunakan jasa Wave Digital dalam meluncurkan strategi mereka dalam pemasaran produknya.

16. Whello Indonesia

Agensi asal Bali ini menjadi salah satu agensi terbaik di Indonesia yang bisa melayani digital marketing. Muladi dari SEO hingga layanan media sosial yang mereka tawarkan.

Setelah mengenal 16 digital marketing terbaik di Indonesia, kini saatnya mengenal asosiasi yang mewaliki digital marketing di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2018. Simak selengkapnya di bawah.

Baca Juga: Rekomendasi Kursus & Training Digital Marketing di Bandung

Asosiasi Digital Marketing Indonesia

Saat membahas digital marketing di Indonesia rasanya tidak afdol bila tak membahas asosiasi yang satu ini. Sebab tak banyak orang mengetahui asosiasi ini. Terutama bagi para praktisi digital marketing baru.

Asosiasi ini didirikan pada akhir tahun 2018 dengan tujuan membantu digitalisasi di Indonesia. Terutama pada ranah digital marketing.

Ada 5 fokus utama terkait digital marketing yang diarahkan oleh Asosiasi Digital Marketing Indonesia. Yaitu:

  1. Pendidikan
  2. Job Matching
  3. Research
  4. Digital Market Enabler
  5. Investment Insight

Selain itu jajaran pengurusnya ini diisi oleh orang-orang kompeten dari latar belakang yang berkompeten juga.

Baca Juga: Tertarik Gabung 10+ Komunitas Bisnis Digital Berikut?

Ini Contoh Digital Marketing di Indonesia

Bila berbicara contoh digital marketing ada banyak sekali contohnya di Indonesia. Mengingat bahwa digital marketing sangat luas, kita bagi dalam 3 bagian saja.

1. Media Sosial

Banyak perusahaan melakukan digital marketing di Indonesia. Bahkan sekelas UKM pun juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan marketing.

Digital marketing Indonesia menggunakan media sosial oleh Prepp Studio

Mulai dari Prepp Studio yang aktif melakukan kampanye hingga Scarlett yang terus menjaga engagement dengan konsumen. Semua usaha dilakukan via media sosial, termasuk Instagram.

Digital marketing Indonesia melalui media sosial oleh Scarlett

Selanjutnya ada website marketing yang tak kalah unggulnya dipakai para perusahaan dan pebisnis dalam menjalakan bisnis. Seperti apa? Mari baca terus tulisan ini ya.

2. Website Marketing

Bisnis hari ini menjadi semakin kuat keberadaannya ketika memiliki website. Terutama bila website tidak hanya sebagai pajangan, tetapi juga dipakai untuk memasarkan bisnis.

Beberapa perusahaan di Indonesia berhasil menarik konsumen melalui website. Rata-rata perusahaan ini mengkombinasikan dengan ilmu SEO agar website marketing semakin baik.

Contohnya adalah Glints yang banyak muncul di halaman pertama Google. Sehingga para pencari kerja mengingat Glints sebagai tempat mencari kerja.

digital marketing  Indonesia dengan website marketing oleh Glints

Bayangkan bila itu terjadi tidak hanya pada Glints, tetapi juga pada bisnis yang sedang Anda rintis. Sangat menyenangkan bukan?

3. Email Marketing

Email marketing hadir sebagai alternatif mendekati konsumen dengan cara mengirim surat. Alih-alih mengirim surat lewat kantor pos, ternyata mengirim email lebih efektif.

Tinggal buka hp maka konsumen melihat email dari sebuah brand. Entah itu sebuah promo, event, atau sekedar konten awareness yang disebar melalui email.

Contoh nyata dari email marketing adalah tiket[dot]com dan niagahoster yang sering menggunakan email untuk menjaga kedekatan dengan konsumen.

Rekomendasi Perusahaan Digital Marketing Indonesia

Jika Anda mencari perusahaan atau agensi digital marketing terbaik di Indonesia, Sasana Digital maju sebagai salah satunya. Layanan kami menyediakan berbagai solusi yang Anda butuhkan. Berikut ini pilihan layanan serta perjalanan kami selama berkontribusi dalam digital marketing upgrading beberapa klien kami.

1. Audit Digital Marketing

layanan audit - digital marketing Indonesia

Melalui program konsultasi, bisnis Anda berhak mendapatkan layanan audit, yaitu proses pendampingan yang dimulai dengan memeriksa atau meninjau seluruh saluran pemasaran digital yang dimiliki oleh bisnis. Misalnya website audit, social media audit, marketplace audit, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, salah satu klien kami yang memiliki bisnis Toko Mainan, mendapatkan pendampingan melalui layanan konsultasi dan audit. Mereka mengalami peningkatan penjualan sebanyak 50% melalui saluran penjualan di salah satu marketplace Indonesia dalam waktu 1,5 bulan.

2. Consulting Digital Marketing

layanan consulting - digital marketing Indonesia

Selama proses konsultasi, klien kami yang bergerak di bisnis Fashion Wanita  mendapatkan pendampingan dan arahan dalam memperbaiki beberapa hal penting pada saluran digital yang digunakan bisnis Anda. Program konsultasi ini dilaksanakan secara tatap muka sebanyak dua kali. Dilengkapi dengan konsultasi melalui WhatsApp selama 3 minggu.

Lebih lanjut, di tahap audit kami menemukan beberapa kendala. Sehingga Sasana Digital membantu dalam menyusun strategi, agar konversi penjualan bisnis klien meningkat tajam. Terbukti! dalam waktu 2 bulan saja bisnis tersebut mengalami peningkatan pendapatan hingga 150%.

3. Private Training

private training - digital marketing Indonesia

Untuk layanan private training di Sasana Digital, Anda bisa menyertakan hingga 4 orang tim bisnis Anda. Fakta menariknya, kami pernah berkontribusi menangani kebutuhan digital marketing di sebuah Klinik Ibu dan Anak.

Dengan perancangan strategi dan konten yang tepat sasaran ke audiens, media sosial klinik tersebut mampu menjangkau hingga 20 ribu-an follower yang berfokus pada konsumen spesifik dan secara organik.

4. Corporate Training

Corporate Training - Digital Marketing Indonesia

Lalu ada corporate training yang Sasana Digital sediakan untuk perusahaan yang ingin menyertakanlebih banyak tim di pelatihan, yaitu antara 6-8 orang. Sebagai portofolio, Sasana Digital pernah melakukan Audit Konten dan Meta Ads Setting untuk mengetahui kelemahan strategi di sebuah Bisnis Travel Umroh.

Akhirnya prinsip ABC (Audience Benefit Content) menjadi salah satu strategi dan konsep yang dipakai untuk kebutuhan perusahaan ini. Hasilnya, travel umroh tersebut mengalami peningkatan omset hingga 2,4 miliar dengan ROAS lebih dari 20x dalam 2 minggu.

Cakupan Topik Training dan Konsultasi

Sasana Digital dapat menjadi solusi digitalisasi bisnis Anda, baik untuk mengembangkan kapabilitas tim maupun performa bisnis melalui strategi pemasaran digital. Lihat cakupan topik training & konsultasi berikut agar Anda dapat menemukan apa yang dibutuhkan!

Banner Topik Digital Marketing Training dan Konsultasi (6)

Baca Juga: Sasana Digital, Konsultan & Jasa Digital Marketing Bandung

Penutup

Pada akhirnya digital marketing jadi bagian yang tak terpisahkan dari kebutuhan bisnis, bahkan menjadi faktor agar bisnis bisa terus berjalan lebih optimal.

Tentu dalam perjalanannya bisnis perlu bertumbuh agar memiliki banyak manfaat. Baik itu untuk pemilik bisnis maupun untuk konsumen itu sendiri.

Maka, mari bersama-sama untuk terus bertumbuh dan mengasah tim bisnis Anda agar semakin efektif, kreatif, dan terukur dalam digital marketing melalui layanan terbaik Sasana Digital.

Terdapat beragam topik training maupun konsultasi yang dapat Anda pilih dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Yuk, cari tahu info selengkapnya untuk memulai akselerasi bisnis Anda dengan cara klik banner di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?