Blog ›

5 Fungsi Media Sosial dan Prediksinya Pada Bisnis 2023

I

Anda yang sudah paham betapa luasnya fungsi media sosial jangan segera menutup tulisan ini. Sebab ada sekian informasi penting yang takutnya akan Anda lewatkan.

Sasana Digital ingin mengajak sebentar ke masa lalu. Mari ingat soal betapa pesatnya pertumbuhan media sosial. Apalagi sejak 2018 ramai-ramai orang bermigrasi ke media sosial.

Ditambah saat Covid terjadi semakin banyak dan semakin rajin orang-orang memakai media sosial. Hal ini membuat apa yang kita rasakan hari ini terjadi. Yaitu percepatan digital.

Ada banyak informasi yang harusnya Anda tahu, tetapi Sasana Digital sudah merangkumnya dengan ringkas. Berikut ini 5 fungsi media sosial serta prediksinya untuk 2023.

1. Marketing

Fungsi media sosial yang pertama adalah marketing. Sebab banyak literatur yang bersumber dari internet, majalah, dan video menyebut bahwa marketing kini dilakukan secara online.

Ketika awalnya teknologi digital muncul dan belum bisa online, para perusahaan menggunakan teknologi itu untuk marketing. Seperti pada baliho, televisi, dan semua teknologi yang bisa memasang layar.

Kini online telah menjadi budaya masyarakat dan para perusahaan melihat hal ini sebagai peluang. Maka muncul penyedia iklan yang bisa menyediakan secara online. Terutama pada media sosial.

Apakah Anda pernah mendengar Facebook Ads? Itu salah satu penyedia iklan yang bisa Anda manfaatkan pada bisnis yang Anda kelola.

Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, 29 Tipe, dan Trennya di 2023

2. Tempat Belajar

Pada awal kemunculan media sosial, tak ada yang bisa dipelajari dalam media sosial. Semuanya tentang hiburan dan orang-orang menikmati hal itu.

Sampai akhirnya perlahan-lahan muncul akun-akun dan pihak-pihak yang menginginkan bahwa media sosial tidak hanya sekedar tempat bersenang-senang.

Kini fungsi media sosial salah satunya sebagai tempat belajar. Sebab banyak pengetahuan yang bisa didapat dari media sosial. Khususnya pada konten berjenis edukasi, tutorial, dan tips.

Media Sosial untuk belajar

Kini Anda bisa melihat sekeliling Anda, ada orang-orang yang sibuk membuat konten tutorial. Mulai dari tutorial memasak hingga tutorial bisnis agar meningkatkan cuan.

Tetapi kamu harus hati-hati pada ilmu yang kamu dapat dari media sosial. Sebab segala yang ada di media sosial kurang difilter terlebih dahulu. Jangan termakan dengan berita HOAX!

3. Tempat Usaha

Seiring berlajannya waktu, fungsi media sosial bisa semakin beragam. Yang jelas saat ini bisa berfungsi sebagai tempat usaha segala bisnis.

Kini semua orang bisa memulai membuka usaha tanpa membutuhkan toko. Sebab dengan adanya media sosial hal itu bisa sangat terbantu.

Salah satu yang sangat membantu yaitu ketika sudah membuat promosi media sosial. Kemungkinan memikat konsumen menjadi begitu tinggi. Sebab promosi di media sosial tidak melulu soal diskon.

Selain itu ingat juga kini toko Anda bisa terpajang 24 jam di media sosial tanpa Anda harus menyewa bangunan dan penjaga untuk toko Anda. Bukankah itu sebuah kemajuan peradaban yang luar biasa?

Fungsi Media Sosial Bisa Jadi tempat usaha

Bahkan pada tingkat yang lebih professional, sebuah bisnis bisa beroperasi 24 jam tanpa toko karena ada pegawai yang selalu siaga dengan ponsel mereka untuk menerima pesanan.

4. Branding

Terkait dengan normor 3 tadi, fungsi media sosial yang paling terasa tapi kadang tidak disadari adalah branding. Kini branding menjadi salah satu fungsi dari media sosial.

Branding ini tidak hanya untuk perusahaan saja ya, termasuk pada individu yang ingin melakukan personal branding. Kini citra dapat dibuat dengan mudah di media sosial.

Bila bisnis Anda ingin dianggap pintar, sering-seringlah mengunggah foto yang ada hubungannya dengan orang pintar. Seperti buku, kacamata, dan benda-benda di laboratorium.

Begitu juga bila seseorang melakukan personal branding, bila ingin terlihat pintar tinggal mengatur akun media sosialnya agar banyak buku dan alat-alat laboratorium.

Kembali lagi pada bisnis, media sosial bisa membantu sebuah brand untuk menyampaikan identitas brand yang ada. Sehingga bisnis tersebut bisa sesuai dengan orang-orang yang memang sesuai dengan produknya.

Baca Juga: Cara Bisnis Kecil Meningkatkan Branding di Media Sosial

Contoh branding pada bisnis adalah brand sepatu olahraga. Mereka harus menampilkan banyak foto dan video aktivitas olahraga di media sosial.

Maka bisa dipastikan orang-orang yang suka olahraga melakukan following pada brand sepatu olahraga tadi. Sekarang bisnis sepatu tersebut tidak perlu repot mencari orang-orang yang akan membeli sepatu olahraga.

5. Komunikasi

Untuk yang satu ini, sudah pasti sangat dipahami oleh orang-orang, bahwa fungsi paling utama dari media sosial adalah komunikasi. Ekosistem informasi semakin baik ketika media sosial muncul.

Semua orang bisa memberi informasi pada waktu apapun dan dimanapun. Media sosial berhasil menciptakan komunikasi tanpa batas geografi dan waktu yang terikat.

Beberapa orang dan perusahaan berhasil menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi yang baik. Ada yang menikah karena media sosial, ada juga yang membeli barang karena media sosial.

Prediksi Media Sosial Tahun 2023

Lanskap media sosial selalu berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan itu terkadang lambat dan terkadang cepat sekali sampai tidak bisa diprediksi.

Kali ini Sasana Digital spesial merangkum beberapa prediksi media sosial di tahun 2023 setelah melihat data dan perkataan dari para ahli digital marketing.

Gen-Z Antusias Pada UGC

Sekilas tentang UGC sebelum kita masuk pada pembahasan. Bahwa UGC itu artinya user generated content yang dipahami sebagai sebuah konten buatan orang biasa.

Orang biasa di sini adalah seseorang yang membuat konten tentang pengalaman menggunakan sebuah produk atau layanan jasa. Meski bukan influencer, kadang konten UGC bisa menjadi faktor mempercayai sebuah brand.

Sebab kita pasti berpikir bahwa seorang influencer telah dibayar untuk membuat bagus sebuah produk dengan kontennya di media sosial. Sehingga video yang apa adanya dan berasal dari bukan orang terkenal lebih kita percaya.

Baca Juga: Konten: Pengertian, Jenis, serta Etika dalam Pembuatannya

Mungkin Anda pernah menemukan konten semacam ini, terutama pada TikTok yang digandrungi oleh para Gen-Z. Mereka mempercayai sebuah brand kosmetik bukan karena influencer, tetapi pada konten kreator yang belum terkenal dan apa adanya.

Pada 2023 nanti, Gen-Z selalu menantikan konten seperti ini agar mereka punya pilihan untuk memilih sebuah brand. Baik itu saat membeli produk atau menggunakan jasa.

Ilmu SEO akan Dipakai, Selamat Tinggal Hashtag

Sebagian dari Anda mungkin merasa kaget, tetapi hal ini masuk akal. Bahwa sekarang media sosial dijadikan search engine bagi para Gen-Z.

Sebagian millennial juga memakai media sosial kadang sebagai search engine. Hal ini adalah dampak dari kebiasaan manusia saat memakai Google yang akhirnya terbawa pada media sosial.

Bahkan ahli digital marketing dari sebuah perusahaan internasional yaitu Hootsuite menyetujui hal ini.

“Proses mencari tidak akan pernah mati ketika media sosial bersaing dengan Google. Namun kebiasaan orang berubah. Mereka menggunakan media sosial untuk mencari produk baru. Padahal sebelumnya, saya pikir orang hanya datang ke media sosial untuk ulasan atau mengenal brand, sekarang mereka pergi ke media sosial untuk benar-benar membeli… Hal utama yang diubah bagi saya adalah perspektif saya. Saya menjadikan halaman media sosial kami seperti halaman arahan mini dan situs web. Saya mencoba membayangkan menggunakan saluran medsos kami sebagai titik utama pembelian.”

– Brayden Cohen, Social Media Marketing Lead Hootsuite.

Mulai dari sekarang coba pelan-pelan mengetik keyword yang relevan dengan bisnis Anda. Mulai dari bio profil, caption, dan yang lainnya.

Baca Juga: Memahami Perbedaan SEO dan SEM Demi Bantu Bisnis Makin Cuan

Perubahan Media Sosial karena Miliarder

Tahun 2022 ini dipenuhi dengan berita yang sangat panjang soal pembelian media sosial. Baik itu yang dibeli karena punya nilai tinggi, sampai yang hanya membeli karena sebuah ambisi peribadi.

Kita tentu ingat Elon Musk, Peter Thiel, dan bahkan Kanye West yang telah bergabung dengan Donald Trump (Truth Social) dan Jeff Bezos (yang membeli Twitch pada tahun 2014) untuk mendanai, memiliki, atau mencoba memiliki, platform media sosial mereka sendiri.

Tak heran bila pada 2023 akan diwarnai dengan miliarder yang hendak mengakuisisi media sosial dan akhirnya membuat perubahan pada sistem media sosial.

Apalagi nanti 2023 akan semakin terasa bagaimana media sosial menjadi aspirasi bagi sebuah masyarakat dalam menyampaikan ide juga gagasan dan perasaan mereka menjalani hidup.

Penutup

Pada akhirnya fungsi media sosial harus bisa dirasakan oleh semua orang. Baik itu sebagai konsumen juga sebagai pebisnis. Setuju?

Lalu pernahkah Anda mencoba menjalankan fungsi media sosial untuk suatu hal yang produktif? Seperti membuat tim bisnis misalnya, tetapi ada masalah yang muncul karena digital marketing diterapkan kurang efektif.

Hal itu menjadi ancaman bisnis milik Anda saat dalam proses bertumbuh. Maka sebaiknya pilih Sasana Digital layaknya para pebisnis lain yang telah menumbuhkan timnya melalui pelatihan digital marketing bersama Sasana Digital.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital