fbpx

Cara Bisnis Kecil Meningkatkan Branding di Media Sosial

Semua bisnis kecil di seluruh dunia tahu bahwa media sosial itu penting. Walau demikian, bukan berarti mereka bisa memanfaatkan dengan tepat. Apabila bisnis Anda belum mengoptimalkan kehadiran media sosial, masih ada waktu, dan manfaatnya akan sepadan dengan usaha.

Ada banyak keuntungan untuk mengembangkan brand di media sosial, termasuk membantu bisnis meningkatkan layanan pelanggan, berkomunikasi lebih dekat dengan pelanggan dan mendapatkan prospek baru. Strategi media sosial yang solid dapat mendorong pertumbuhan bisnis dengan membina hubungan yang langgeng dan loyal dengan pelanggan dan prospek.

 

Pilih Media Sosial yang Tepat

Dari begitu banyak pilihan media sosial, manakah opsi paling tepat untuk meningkatkan branding bisnis Anda? Sebagian besar pakar setuju pada lima platform yang paling populer, yaitu:

  • Facebook. Platform terbesar dengan dua miliar lebih pengguna aktif setiap bulan. Situs ini ideal untuk bisnis yang ingin menghasilkan prospek dan membangun hubungan.
  • LinkedIn. Platform untuk jaringan bisnis dapat digunakan oleh bisnis B2B dan B2C dalam menciptakan kepercayaan, membangun otoritas, dan melibatkan audiens.
  • Twitter. Platform ini sangat cocok untuk bisnis yang audiens utamanya berusia di bawah 50 tahun dan audiens yang perlu update informasi terkini seperti berita, pengumuman, dan trending topik.
  • Pinterest. Situs berbagi foto, adalah platform fantastis untuk bisnis dengan daya tarik visual. Selain itu, situs ini bagus untuk mendorong penjualan karena begitu banyak pengguna mengunjungi Pinterest untuk merencanakan pembelian.
  • Instagram. Platform konten berbasis foto yang menjadi salah satu situs jejaring sosial dengan tumbuh paling cepat. Bisnis Anda dapat memanfaatkannya dengan menawarkan promosi, menyediakan konten yang dipersonalisasi, memberikan akses eksklusif, serta membangun hubungan dengan influencer untuk mendorong brand recognition dan loyalitas merek.

Tentukan Tujuan

Aktif di media sosial memberikan sejumlah manfaat bagi sebuah bisnis, dan ada banyak hal yang dapat dicapai, seperti melakukan layanan pelanggan, menarik pelanggan, menghasilkan arahan, memperluas audiens, mengarahkan penjualan, meningkatkan lalu lintas web, memperoleh wawasan dan umpan balik yang berharga, dan banyak lagi.

 

Hanya saja, untuk mencapai hal tersebut, Anda harus memiliki tujuan yang dapat diupayakan dan membuat strategi untuk mencapainya. Teknik untuk mengarahkan penjualan, misalnya, akan berbeda dari pendekatan untuk meningkatkan penawaran layanan pelanggan, oleh karena itu penting untuk mengetahui apa yang ingin Anda capai.

 

Susun Strategi

Memiliki tujuan untuk meningkatkan kehadiran media sosial sangat bagus, tetapi ini baru permulaan. Setelah tahu apa yang ingin dicapai, Anda harus membuat rencana untuk membantu Anda sampai di tujuan.

 

Mulailah dengan menunjuk orang atau orang-orang yang akan menjadi bagian dari tim media sosial, dan jelaskan peran serta tanggung masing-masing. Dengan demikian, semua orang tahu apa yang diharapkan dan kapan.

 

Anda juga harus menentukan frekuensi postingan dan membuat jadwal konten yang agar tidak ketinggalan update. Jadwal konten adalah bagian besar dari strategi karena harus ditentukan:

  • Siapa audiensnya
  • Topik dan subjek apa yang diminati audiens
  • Konten yang dapat digunakan yang sudah tersedia
  • Konten seperti apa yang masih perlu dibuat atau dikurasi
  • Kapan dan pada platform apa konten akan dipublikasikan

 

Buat Rencana Konten

Mengetahui audiens bisnis Anda sangat penting dalam hal menemukan keberhasilan dengan keterlibatan media sosial. Ini karena minat dan kebutuhan audiens akan menentukan jenis konten yang harus dibagikan dan cara melibatkan follower. Beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang audiens antara lain usia, lokasi tempat tinggal, jenis kelamin, tujuan, kesukaan, kebutuhan, perilaku, dan tantangan.

 

Di luar itu, konten yang Anda bagikan harus selalu berkualitas tinggi dan relevan. Karenanya prioritaskan video, gambar, serta jenis konten visual lainnya sebanyak mungkin sebab inilah yang paling populer di antara semua demografi dan semua audiens.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *