Blog ›

Perbedaan SEO dan SEM Ini Jadi Solusi Terbaik bagi Bisnis

I

Dalam tulisan ini, kami akan mengungkap rahasia di balik perbedaan SEO dan SEM. Bisa jadi solusi terbaik untuk tingkatkan visibiltas website Anda!

Sebab tulisan ini akan bicara tentang singkatan, definisi, hingga perbedaan SEO dan SEM. Sesuai literatur terkini dan pengalaman empiris praktik digital marketing.

Begini Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah usaha sebuah bisnis dalam mengoptimasi website agar mudah ditemukan Google. Sehingga nantinya audiens bisa mudah menemukan produk yang berkaitan dengan sebuah brand.

Infografik tentang SEO

 

Selanjutnya agar lebih komprehensif mari kita lihat definisi SEO dari para praktisi.

Definisi SEO menurut Microsoft

Dikutip dari website resmi Microsoft, SEO artinya Search Engine Optimization. Yaitu membantu Google untuk lebih mudah mengenali konten pada website bisnis Anda.

Search engine di Google bisa membuat konten bisnis Anda muncul di halaman pertama Google dengan menerapkan SEO yang baik.

Definisi SEO menurut MOZ

SEO menurut MOZ adalah sebuah praktik yang direncanakan untuk meningkatkan posisi tampilan pada halaman mesin pencarian Google.

Nantinya website bisnis bisa mendapat traffic organik tanpa harus membayar mahal iklan pada pihak penyedia iklan. Sebab sebuah brand lebih mudah berkembang bila website ikut diandalkan.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

Apa itu SEM? (Search Engine Marketing)

Istilah SEM mungkin kurang terkenal bila dibanding dengan SEO. Padahal faktanya SEM ini bisa menjadi pelengkap yang luar biasa untuk SEO. Mengapa bisa begitu? Baca terus tulisan ini agar semakin paham.

Definisi SEM menurut SEMRush

Dilansir dari SERMrush (perusahaan kelas internasional di bidang digital marketing) beginilah definisi SEM…

SEM singkatan dari Search Engine Marketing yang merupakan bagian dari strategi digital marketing. Hal itu digunakan untuk meningkatkan visibilitas website pada SERP alias search engine results page.

Hal ini biasanya terlihat pada kolom di atas konten organik pada Google Search Engine. Kalau Anda sadar, ada label sponsored atau ads pada website yang memakai SEM.

Definisi SEM menurut Cyberclick

Dikutip dari Cyberclick, SEM sering diartikan sebagai kegiatan untuk membayar Google seperti Google Ads yang membuat website bisa lebih stand out pada pencarian di Google.

Bagi sebagian yang lain, SEM berarti sebuah kegiatan membayar ataupun tidak membayar agar website berada di mesin pencari paling atas.

Baik itu yang berbayar, tidak berbayar, dan dari Google atau pun search engine selain Google.

Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM sering disandingkan oleh orang-orang. Maka pada bagian ini mari kita bahas perbedaan SEO dan SEM sehingga Anda lebih paham.

Pertama, mari ingat bahwa SEO itu untuk konten website yang muncul di halaman pertama Google. Sedangkan SEM juga sama.

Hasil pencarian SEO dan SEM

Hal yang membuat perbedaan pada SEO dan SEM adalah sama-sama di halaman pertama tetapi dengan posisi yang berbeda. SEM lebih diprioritaskan untuk tampil di atas konten organik.

Kedua, mari kita lihat dari segi tujuan. Bahwa SEO itu bertujuan untuk mencari pelanggan secara organik. Menghindari bayar pada pihak penyedia jasa iklan.

Sedangkan SEM bertujuan mencari pelanggan melalui iklan. Posisinya tetap berdampingan pada halaman organik di halaman pertama Google.

Ketiga, SEO murni mengandalkan kebiasaan orang alias behaviour audiens dalam mencari suatu hal. Seperti orang yang biasa mencari suatu resep makanan. Maka brand kuliner harus bisa memanfaatkan itu dengan cara yang organik.

Sedangkan SEM tidak murni mengandalkan behaviour secara organik. Namun dipadukan dengan demografi seperti lokasi dan minat audiens.

Penjelasan-SEM-dengan-infografik

Setelah melihat penjelasan tentang SEO dan SEM, Anda dianjurkan agar membaca lagi. Kami telah menyediakan tabel singkat agar Anda terbantu dalam meningkatkan traffic website pada brand Anda.

Tabel Ringkasan Perbedaan SEO dan SEM

SEM dan SEO dalam digital marketing biasanya lebih mudah dimengerti bila dibuat tabel yang sangat informatif. Maka di bawah ini ada tabel spesial dari Sasana Digital untuk membuat Anda lebih mudah memahami SEO dan SEM.

Tabel SEO dan SEM

SINGKATAN SEO DAN SEM

SEO: Search Engine Optimization
SEM: Search Engine Marketing

 

TARGET SEO DAN SEM

SEO: Kebiasaan mencari kata kunci
SEM: Kebiasaan mencari kata kunci dan topik yang diminati

 

PLATFORM SEO DAN SEM

SEO: Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex, Baidu, dan DuckDuckGo
SEM: Google Ads, Bing Ads, Yahoo Gemini

 

GOAL SEO DAN SEM

SEO: Cenderung untuk awareness
SEM: Cenderung untuk konversi konsumen

 

KECEPATAN SEO DAN SEM

SEO: Seringkali lama, paling cepat hitungan bulan
SEM: Cepat dan bisa dilihat langsung

 

PERIODE SEO DAN SEM

SEO: Lama alias awet
SEM: Singkat karena instan

 

KONVERSI SEO DAN SEM

SEO: Tingkat konversi cenderung lemah
SEM: Tingkat konversi cenderung tinggi

 

Semoga tabel di atas dapat membuat Anda meningkatkan traffic website sesuai harapan. Mulai dari tingkat konversi, kecepatan, hingga target SEO dalam digital marketing.

Baca Juga: Digital Marketing Channel: Perbedaan, Tips, Artinya, Organic

Begini Mekanisme Penggunaan SEM

Mekanisme dalam menggunakan SEM perlu Anda ketahui demi pertumbuhan bisnis kedepannya. SEM yang cenderung stagnan dan tidak jauh berubah membuatnya bisa dipahami lebih mudah dibanding SEO yang mengalami banyak perubahan.

Format ads yang ada juga tidak berganti dari sejak pertama kali SEM muncul, begitu pula dengan indikator iklan yang ‘efektif’ yang tidak jauh berbeda dengan dulu.

Ini membuat mekanisme SEM mudah diimplementasi. Kurang lebih seperti ini mekanisme penggunaan SEM:

Riset keyword yang berkaitan dengan produk » Registrasi pada Google Ads atau penyedia SEM lain » Pilih detail iklan yang cocok sesuai riset sebelumnya, mulai dari keyword hingga lokasi » Mesin pencari akan melakukan bidding dengan para pengiklan lainnya yang memiliki keyword sama » Iklan Anda tampil di mesin pencari » Melihat laporan kinerja iklan dan siap membayarnya.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Perbedaannya Bikin Untung?

Begini Mekanisme Penggunaan SEO

Mekanisme dalam menggunakan SEO perlu Anda ketahui demi pertumbuhan bisnis kedepannya. Dibanding SEM, SEO mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun.

Namun tenang saja, Anda tak perlu repot karena Sasana Digital telah merangkum bagaimana mekanisme SEO secara keseluruhan. Kurang lebih seperti ini mekanisme penggunaan SEO:

Riset keyword yang berkaitan dengan produk » Riset konten website yang berkaitan dengan keyword yang dipilih » Mulai buat konten website  » Unggah konten yang sudah dibuat pada website dengan WordPress » Konten Anda tampil di mesin pencari » Melihat laporan kinerja SEO dan siap mengembangkannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Belajar SEO Untuk Pemula? Temukan Di Sini!

Dalam penggunaan SEO ada sedikit perbedaan dengan SEM yaitu pada SEO perlu diperhatikan On-Page dan Off-Page. Bagaimana itu? Simak ringkasannya di bawah ini.

Tips SEO On-Page untuk Anda

Singkatnya On-Page itu adalah bagian SEO yang mengatur hal-hal di dalam halaman. Seperti link halaman atau biasa Anda sebut URL.

Ada juga pemasangan target keyword pada judul, heading tag, dan meta deskripsi. Selain itu menautkan media sosial pada halaman juga termasuk On-Page.

Tipsnya apa? Perhatikan selalu kebutuhan audiens dalam konten yang Anda sajikan pada halaman website. Niscaya On-Page akan menuntun jalan pada audiens yang tepat.

Tips SEO Off-Page untuk Anda

Singkatnya Off-Page itu adalah bagian SEO yang mengatur hal-hal di luar halaman. Seperti link website lain yang bertautan dengan halaman website Anda.

Termasuk SEO lokal yang telah diterapkan maka itu termasuk Off-Page juga.

Apa Perlu SEO dan SEM Specialist?

Seseorang yang mahir pada SEO dan memiliki profesi terkait SEO biasa disebut SEO Specialist. Ada juga disebut SEO Content Writer bila banyak menangani tulisan, dan SEO Strategist bila banyak menangani bagian strategi.

Untuk orang yang mahir SEM biasanya disebut apa? Dari segi profesi biasanya disebut Ads Specialist, bila fokus pada search engine disebut SEM Specialist, bila fokus pada seluruh layanan iklan Google disebut Google Ads Strategist, dan ada juga Ads Optimizer.

Kapan SEO dan SEM Digunakan pada Waktu yang Tepat?

SEM adalah strategi dengan hasil instan, dimana para digital marketer tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan hasil. Ini yang kemudian menjadi salah satu pembanding utama dengan SEO.

Baca Juga: Digital Marketer: Tugas dan 3 Peran Utamanya dalam Bisnis

Waktu memang menjadi momok tersendiri bagi sebuah bisnis. Maka dengan senang hati Sasana Digital akan merangkum bagaimana waktu yang tepat untuk kedua hal ini.

Waktu yang Tepat untuk SEM

SEM sebaiknya dilakukan saat jasa atau produk yang Anda jual telah banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di Google. Seperti produk payung, sarung tangan, jasa cuci mobil terdekat, restoran terdekat, dan hal lain yang jadi kebutuhan masyarakat.

SEO Membantu Mencari restoran terdekat di Google

Perhatikan juga kondisi bisnis milik Anda. Apakah keuangan bisnis cukup untuk menopang beban biaya pada SEM? Bila sudah memiliki budget maka jangan ragu untuk memakai strategi SEM.

Waktu yang Tepat untuk SEO

Sedangkan SEO sebaiknya dilakukan pada waktu kapan pun termasuk pada bisnis Anda. Sebab segala jenis bisnis bisa memakai strategi digital marketing ini. Namun, perlu diperhatikan apakah produk Anda sudah familiar dicari orang-orang?

Perhatikan juga kondisi bisnis Anda apakah sedang butuh hasil cepat atau hasil jangka panjang? Jangan pernah pakai SEO untuk jangka pendek karena hasilnya kurang mantap bagi bisnis.

Kalau Anda masih ragu, Anda bisa konsultasi serta menggunakan jasa SEO yang berpengalaman.

Pertanyaan Seputar Perbedaan SEO dan SEM

Berbagai pertanyaan muncul pada kata kunci perbedaan SEO dan SEM. Di sini kami akan menjawab semua pertanyaan yang ada. Berikut pertanyaan dari orang-orang tentang perbedaan SEO dan SEM:

a. Persamaan SEO dan SEM itu Apa?

SEO dan SEM sama-sama menjadi teknologi yang dapat membantu pada proses meningkatkan traffic website.

b. Apa yang Dimaksud SEM?

Yang dimaksud dengan SEM adalah Search Engine Marketing.

c. Apa Saja Platform SEM?

Sebetulnya ada banyak platform yang bisa digunakan. Bila Anda scroll ke atas maka ada tabel yang menjelaskan bahwa Google Ads dan Bing Ads menjadi platform untuk menerapkan SEM.

Penutup

Pada akhirnya Anda tahu bagaimana perbedaan dari SEO dan SEM. Sasana Digital juga sudah memberi insight tentang keunggulan keduanya.

Kesimpulannya memang SEO dan SEM tidak bisa dipisahkan begitu saja. Banyak perdebatan di luar, tapi faktanya memang lebih baik kedua strategi ini digunakan secara simultan.

Sasana Digital sangat membuka pintu bagi Anda yang ingin memantapkan tim bisnis melalui digital marketing. Apalagi digital marketing seharusnya tidak hanya dipahami oleh business owner bukan?

Seperti bisnis ternama lainnya yang telah tumbuh bersama Sasana Digital, mari scale up kemampuan digital marketing tim bisnis Anda melalui klik banner di bawah.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?