Blog ›

8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

I

Orang-orang harusnya tahu cara membuat website agar bisnis lebih cuan dan berkembang. Proses pembuatan website itu mudah dan tidak perlu ditakuti.

Anda bisa membaca tulisan ini agar lebih paham caranya membuat website sekaligus bagaimana proses pembuatannya. Penasaran? Yuk, simak bacaan ini hingga tuntas.

Cara bikin situs web yang baik membuat Anda jadi lebih bertahan dalam persaingan bisnis. Selain itu website memiliki beberapa langkah dalam pembuatannya.

Berikut adalah 8 cara membuat website untuk bisnis yang baik:

1. Membuat Desain Website untuk Bisnis

Langkah pertama adalah membuat desain (yang nantinya membantu juga dalam membuat template). Desain yang dipilih bisa dari orang lain atau Anda juga ikut serta dalam menentukannya.

Cara membuat website tahap awal

Setelah itu pastikan desain website yang dipilih sesuai dengan gaya brand bisnis Anda. Sehingga orang-orang yang datang tidak merasa asing nantinya.

2. Membuat Template Situs Web untuk Bisnis

Langkah kedua adalah membuat template dari desain yang sudah dipilih. Sehingga ketika nanti ada perubahan pada situs website tidak perlu mengulang dari awal.

Cara bikin website bisnis

Sebab perubahan website pasti ada seiring berjalannya waktu dan seiring berkembangnya bisnis Anda. Maka pastikan desain web yang dibuat dapat diubah dengan mudah tanpa perlu mengulang dari awal!

3. Membuat Fitur Website untuk Bisnis

Fitur website perlu diperhatikan bila Anda membuat website untuk bisnis. Fitur yang dipilih harus dapat membantu kebutuhan pembeli.

Misalnya menambahkan fitur keranjang pada website, sehingga pembeli bisa membeli langsung di website tanpa perlu repot ke sana kemari.

Ada juga fitur hubungi WhatsApp yang biasanya bermanfaat untuk pembeli menghubungi brand. Sehingga pembeli dapat berbicara langsung dengan pihak brand bisnis.

Baca Juga: 8 Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa serta Kelebihannya

4. Membuat Nama Domain untuk Web

Cara membuat website yang keempat adalah menentukan domain. Domain pada website itu ibarat sebuah nyawa. Sebab domain dianggap sebagai alamat website sekaligus brand Anda.

Anda tidak maukan nama domain website Anda terkesan norak seperti jaketkerendanunik[dot]com? Domain seperti itu sempat merajalela namun meredup seiring berjalannya waktu.

Sekilas tips dalam memilih nama domain:

  • Pilih nama yang mudah diingat
  • Cek hak cipta nama brand
  • Pilih kata sesuai niche bisnis

5. Membuat Daftar Hosting untuk Website

Buat daftar nama dari penyedia jasa web hosting di Indonesia. Carilah hosting yang tepat untuk website bisnis Anda.

Sebab web hosting adalah tempat Anda menyimpan data-data bisnis secara online. Sehingga perlu diperhatikan betul web hosting itu.

Mulai dari harga yang ditawarkan, fasilitas, kelebihan, dan kekurangannya. Semua harus dipertimbangkan saat memilih web hosting.

Hosting pada website dapat dibagi beberapa jenis:

Shared Hosting

Jenis web hosting paling dikenal oleh orang-orang. Web hosting ini mudah digunakan dan memiliki harga yang murah.

Layanan jenis web hosting ini memberi kemudahan dalam pengelolaan. Sebab dikelola oleh pihak ketiga.

VPS Hosting

VPS adalah kepanjangan dari Virtual Private Server yang menawarkan performa jauh lebih baik sehingga cocok untuk traffic audiens yang sangar besar.

VPS bersifat private sehingga pihak penyedia jasa tidak bisa mengakses tanpa izin dari penyewa. Selain itu penyewa bisa memanggil penyedia hosting untuk meminta layanan teknis bila dibutuhkan.

Cloud Hosting

Hosting yang satu ini merupakan perpaduan antara shared hosting dan virtual private server. Maka nantinya Anda mendapat kemudahan berupa mengelola shared hosting dan kapasitas penyimpanan secara besar seperti VPS.

6. Membuat Katalog Produk atau Jasa

Katalog produk pada website dapat diibaratkan seperti etalase pada sebuah toko. Anda bisa menjajakan produk yang Anda jual. Entah itu produk secara fisik ataupun jasa sebuah layanan.

Cara membuat website untuk bisnis

Pembeli sangat merasa terbantu bila bisa melihat produk Anda dalam wujud katalog. Sebab mereka merasa seperti belanja di toko langsung.

Salah satu tips jitu dilansir dari Creative Live tentang katalog adalah diharuskannya menulis deskripsi secara menyeluruh. Mulai dari bahan yang dipakai hingga ukuran pada produk yang dijual. Hal ini membuat website jadi membantu para pembeli.

7. Membuat Informasi Kontak Bisnis

Ketika Anda mecari tahu cara bikin website, pasti salah satu langkahnya adalah membuat informasi kontak. Informasi kontak dalam website bisnis sangat berguna dalam keberlangsungan nafas perusahaan pada sebuah usaha.

Dari informasi kontak bisnis akan terbentuk rasa percaya pada pembeli. Sebab informasi kontak menampilkan siapa Anda, dimana Anda, dan seberapa nyata Anda di luar dunia online.

Pastikan nomor hubung yang dituliskan jelas. Alamat yang bisa didatangi jelas. Juga ditampilkan dengan tampilan yang menarik di website.

8. Membuat Link Sambungan

Cara membuat website yang terakhir adalah link sambungan. Website yang Anda miliki menciptakan banyak peluang pada bisnis. Tidak hanya sebatas mendatangkan pembeli. Namun juga menghubungkan toko lain.

Misalnya Anda memiliki toko online di Tokopedia dan Shopee, maka Anda bisa menghubungkannya pada website Anda. Begitulah indahnya internet marketing yang saling bisa menghubungkan toko online.

Begitu juga bila Anda memiliki akun media sosial untuk bisnis, kini saatnya menghubungkan situs web Anda dengan media sosial bisnis. Sehingga orang-orang di internet selalu mengingat bisnis Anda.

Baca Juga: Internet Marketing: Pengertian & Pelatihannya, Bantu Cuan!

Proses Pembuatan Website

Setelah melihat cara dan langkah-langkahnya dalam membuat website. Maka Anda perlu mengetahui proses pembuatan website secara garis besar.

Di bawah ini adalah proses dalam pembuatan website:

Planning Sebagai Proses Awal

Planning yang artinya perencanaan merupakan proses pembuatan website paling awal. Sebab website yang baik adalah hasil dari planning yang matang.

Di tahap ini Anda mulai membuat draft dan arsitektur website. Selain itu mendata hal apa saja yang diperlukan untuk mengisi website nantinya.

Tiga hal yang diperhatikan dalam planning website:

  1. Kesan yang ditampilkan
  2. Tujuan website
  3. Kegunaan website
  4. Jadwal waktu pengerjaan

Designing Jadi Proses Kedua

Desain yang baik berisikan informasi yang jelas juga mengesankan pengunjung website. Tidak perlu terlalu heboh atau terlalu ramai, yang paling penting adalah sesuai dengan audiens.

Sehingga website memiliki kesan yang baik karena relate dengan audiens atau pengunjung website. Keinginan untuk membeli produk dan jasa pun semakin meningkat.

Fase desain website ini memang mengatur tampilan seperti apa yang mengesankan. Termasuk tata letak yang dipilih harus membuat nyaman pengunjung website.

Tata letak yang baik didukung oleh kategori data yang dipisah secara tepat. Jangan sampai data informasi produk malah bercampur dengan visi misi perusahaan.

Pastikan pada proses pembuatan website ini desain yang diciptakan membuat betah pengunjung untuk berlama-lama. Namun di sisi lain harus memudahkan navigasi pengunjung website juga.

Scripting Jadi Proses Ketiga

Scripting artinya adalah pemrograman pada sebuah platform. Dalam konteks tulisan ini adalah pemrograman website.

Cara bikin website bisnis tahap scripting

Pada proses pembuatan website ini, pemrograman berfungsi untuk merealisasikan ide-ide yang ada pada tahap sebelumnya ketika menjalani proses pembuatan website, yaitu desain.

Desain yang direalisasikan akan di-scripting melalui bahasa web sehingga bisa meluncurkan web bisnis yang sesuai.

Testing Jangan Dilupakan

Proses pembuatan website ini adalah testing alias uji coba. Ketika semua halaman sudah saling terhubung dengan benar dan link eksternal terjaga, maka uji coba website bisa dijalankan.

Jangan sampai nanti formulir pembayaran online yang sudah disiapkan malah mengalami error karena website belum diuji coba ketika akan diluncurkan.

Proses ini membuat kita tahu apakah website Anda sudah layak aktif 24 jam dan menerima kunjungan dari para calon pembeli. Sehingga digital marketing yang Anda harapkan bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Mengapa Digital Marketing Lebih Efektif Jika Memiliki Website?

Launching Akhirnya Tiba

Proses pembuatan website ini jadi yang paling ditunggu-tunggu oleh pemilik bisnis. Akhirnya Anda sebagai pemilik bisnis memiliki website untuk bisnis rintisan Anda.

Jangan lupa untuk menyambungkan website Anda pada search engine seperti google. Sehingga calon pembeli dari produk Anda dapat lebih mudah menemukan Anda.

Promoting Juga Perlu

Setelah situs web meluncur di dunia online, maka jangan lupa untuk menyematkan alamat website Anda di tempat yang semestinya. Seperti pada surat, brosur, kartu nama, dan lainnya.

Sehingga semakin masif jumlah orang yang mengetahui website bisnis Anda. Maka kemungkinan produk yang dibeli menjadi lebih banyak.

Maintaining Jangan Disepelekan

Maintaining menjadi tahap akhir dalam proses pembuatan website. Maintaining adalah pemeliharaan pada website yang dimana sangat penting sekali dan tidak boleh disepelekan.

Website harus selalu dalam keadaan segar sehingga membuat bisnis Anda lebih banyak dilirik orang-orang. Juga menjadi lebih bersahabat dengan google search engine.

Selalu perbarui website di setiap bulan dengan konten yang segar dan tidak membosankan. Sehingga mendatangkan audiens yang banyak dan website disenangi oleh Google.

Baca Juga: Konten: Pengertian, Jenis, serta Etika dalam Pembuatannya

Selain itu, server website juga menjadi perhatian dalam proses ini. Jangan sampai ada hacker yang berhasil meretas website Anda.

Maka pemeliharaan website ini jangan sampai diremehkan. Selanjutnya bisnis Anda siap berkembang setelah website berjalan.

Contoh Website Bisnis di Indonesia

Ada beberapa bisnis yang bisa kita jadikan contoh dalam referensi cara bikin website bisnis. Sehingga apa yang sudah Anda siapkan bersama tim menjadi lebih terukur.

Kedua website bisnis di atas berasal dari brand sepatu lokal dan brand pasta gigi yang berhasil menerapkan digital marketing serta didukung dengan website untuk para pembelinya.

Website sebelah kiri membuat orang-orang menjadi lebih mudah dalam membeli sepatu melaui website. Sedangkan pada website sebelah kanan memudahkan orang-orang belanja untuk merawat gigi. Bahkan ada layanan merawat gigi via website.

Pertanyaan Seputar Cara Bikin Situs Web

Ada sekian pertanyaan menarik yang berkaitan dengan topik cara membuat website. Mungkin di bawah ini ada juga beberapa pertanyaan yang mungkin Anda ingin tahu. Simak di bawah ya.

a. Buat Website Pakai Apa?

Ketika hendak membuat website, Anda bisa memakai platform seperti WordPress, Magento, Blogger, Joomla, Shopify, Drupal, Wix, Bitrix, dan Squarespace. Sisanya bisa Anda temukan dengan mencari di Google dan media sosial.

b. Siapakah yang Bikin Web?

Bila Anda bertanya-tanya soal siapa yang bikin website untuk pertamakali, jawabannya adalah Tim Berners-Lee. Tepatnya pada Maret 1989 ilmuwan tersebut membuat wadah untuk saling bertukar informasi antar ilmuwan di Inggris.

c. Berapa Biaya Pembuatan Web?

Kini di tahun 2023 biaya paling murah untuk mulai memiliki website adalah Rp300.000 setiap bulan. Harga ini yang paling murah tetapi belum difasilitasi kebutuhan website lainnya.

Penutup

Pada akhirnya bisnis Anda bisa saja kalah saing saat tidak memiliki website seperti kompetitor. Maka selalu peduli pada website itu perlu, agar Anda bisa menunjang kondisi digital marketing pada bisnis.

Anda disarankan menghubungi Sasana Digital sebagai lembaga bermitra dengan KEMNAKER dan Prakerja yang terbukti membantu para pebisnis di Indonesia. Termasuk dalam kebutuhan website yang bisa Anda dapat dengan klik banner di bawah.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital