Blog ›

Apa itu Website Marketing? Mengapa Bisa Bantu Cuan Bisnis?

I

Website Marketing menjadi penting diketahui dalam bisnis. Sebab website marketing lah yang akan membantu cuan Anda. Mengapa? Simak selengkapnya di sini.

Website dan bisnis adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Mengingat saat ini eranya serba digital. Bahkan banyak perusahaan kecil yang bisa tumbuh pesat karena digital marketing mereka mengandalkan website marketing.

Apa Itu Website Marketing?

Pada bagian ini kita akan merujuk beberapa expert dalam digital marketing untuk memahami website marketing. Hal ini penting agar Anda mampu meresapi website marketing secara fundamental.

Website Marketing Menurut Brafton

Brafton adalah konsultan digital marketing ternama yang berasal dan beroperasi di London dan Chicago. Banyak sektor industri yang Brafton bantu saat menggunakan website untuk digital marketing.

Dilansir dari situs resmi Brafton seperti ini pengertian website marketing:

Website marketing adalah strategi promosi pada website untuk mengarahkan arus pembeli/pelanggan/konsumen pada situs bisnis.

– Brafton

Website Marketing Menurut Venngage

Vengage adalah praktisi digital marketing yang melayani data visualization untuk kebutuhan pelanggan dari berbagai negara. Venngage mengandalkan digital marketing untuk meraih pelanggan mancanegara.

Dilansir dari situs resmi Venngage seperti ini pengertian website marketing:

Website marketing berarti mempromosikan website bisnis untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung. Pengunjung tersebut haruslah orang yang akan menyukai jasa hingga rela membayarnya.

– Venngage

Website Marketing Menurut Lyfe

Lyfe adalah badan usaha yang sudah lama menjadi konsultan digital marketing untuk banyak industri. Mulai dari industri kesehatan hingga industri pakaian yang berasal dari berbagai negara.

Dilansir dari situs resmi Lyfe seperti ini pengertian website marketing:

Web marketing adalah proses dalam memakai internet untuk memasarkan bisnis. Termasuk dengan menggunakan media sosial, search engine, blogging, video, dan email.

– Lyfe

Pentingnya Memiliki Website

Memiliki website bisa membantu Anda cuan pada bisnis. Selama Anda paham website marketing dan selalu mau belajar maka website marketing menjadi faktor yang menumbuhkan bisnis Anda.

Agar lebih bersemangat dan jelas kedepannya Anda harus memahami dulu apa pentingnya memiliki website. Berikut beberapa kepentingan memiliki website:

1. Website Membantu Menekan Biaya

Biaya seringkali menjadi alasan pebisnis merasa ragu untuk melangkah. Padahal saat itu kompetitor sudah melangkah semakin jauh.

Bila Anda memiliki website maka biaya tidak perlu ditakutkan. Sebab faktanya harga Google Ads dan Facebook Ads 3 kali lipat lebih murah dibanding TV, radio, dan baliho.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Perbedaannya Bikin Untung?

Penekanan biaya tidak hanya murah saat memasang iklan. Bisa juga pada biaya branding yang lebih murah ketimbang mengandalkan branding secara offline.

2. Website Membuat Lebih Fokus

Website yang Anda miliki bisa menyasar pada orang yang tepat. Lebih fokus menyasar pada audiens dibanding televisi, brosur, dan baliho di jalan.

Website marketing akan membantu bisnis Anda menyasar sesuai umur, lokasi, dan gaya hidup orang-orang yang sesuai dengan bisnis Anda.

Website Marketing Fokus pada Audiens

Sehingga orang-orang yang mengunjungi brand Anda melalui website memiliki potensi yang tinggi untuk jatuh cinta pada produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.

Bagaimana caranya? Bisa melalui SEO yang dikondisikan, juga bisa melalui Ads yang dikondisikan sesuai target.

3. Website Marketing Membantu Memulai Sebuah Hubungan

Banyak divisi pemasaran yang berakhir tidak baik karena terkesan berisik pada pelanggan. Meski tujuannya baik untuk menawarkan produk atau jasa.

Website bisa menjadi alternatif ketika sebuah teknik marketing dirasa terlalu berisik sehingga membuat calon pembeli enggan melirik. Sehingga setelah memiliki website bisa menggunakan teknik website marketing.

Website marketing bisa menjadi sarana terbaik dalam membina hubungan dengan pembeli atau calon pembeli. Sebab website marketing bertujuan membuat website yang nyaman dan meyakinkan para pengunjung.

Website juga bisa menjelaskan betapa sebuah brand sangat memahami para pembeli di luar sana. Sehingga para customer akan loyal pada brand Anda.

4. Website itu Mudah Disesuaikan

Ketika Anda memiliki website, ada kemudahan tersendiri dalam edit atau menyesuaikan apa yang bisnis Anda tampilkan.

Mulai dari tulisan blog, iklan digital, dan banner dalam website bisa mudah untuk direvisi. Beda cerita dengan marketing yang tidak memakai website.

Seandainya Anda melihat sebuah peluang tetapi terlanjur sudah meluncurkan banner sebelumnya pada website, maka Anda tinggal merevisinya sesuai peluang yang ada.

5. Kinerja Website Bisa Diukur

Saat Anda melakukan pemasaran tanpa website, apa saja yang dihitung? Cukup banyak dan terkadang tidak valid. Beda cerita bila Anda memakai website, rasanya mudah mengukur kinerja website untuk website marketing yang Anda lakukan.

Contoh kasus ketika sebuah bisnis mendapat pengunjung sekian puluh ribu dalam sebulan. Hal itu bisa diukur dengan mudah.

Begitu juga saat memasang iklan pada Google Ads dan Facebook Ads. Ada angka yang tersedia untuk mengukur kesuksesan iklan Anda (tanpa harus biaya mahal).

Baca Juga: 8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

Kisah Sukses Bisnis dengan Website

Banyak perusahaan kelas dunia yang sukses karena website. Bahkan website juga membuat sukses perusahaan di Indonesia dengan signifikan.

Contoh jelas yang bisa kita lihat ada di bidang traveling dan elektronik:

JakartaNotebook

Perusahaan yang sukses menjual barang melalui website terutama barang-barang elektronik. Seperti laptop, notebook, tablet, dan lain sebagainya.

JakartaNotebook berdiri pada tahun 1999 pada saat ekonomi Indonesia baru bertumbuh. Banyak tantangan yang dihadapi saat merintis bisnis.

Lalu pada tahun 2003 tepatnya pada tanggal 8 Januari perjuangan menjual lewat internet dimulai. Hingga sampai sekarang merasakan hasil yang sangat manis.

Baca Juga: Internet Marketing: Pengertian & Pelatihannya, Bantu Cuan!

Dilansir dari Databoks bahwa di antara 10 Web E-commerce elektronik Indonesia, JakartaNotebook mendapat peringkat pertama dalam jumlah kunjungan web terbanyak tahun 2021 lalu.

Nusatrip

Brand traveling yang satu ini memang tidak seterkenal Traveloka. Namun siapa sangka ternyata Nusatrip punya segmentasi tersendiri dan meraup banyak omset dari bisnisnya.

Sebab Nusatrip memiliki website dan meraih peringkat empat pengunjung terbanyak se-Indonesia pada tahun 2022. Data tersebut dilansir dari databoks dengan peringkat pertama Traveloka dan peringkat keempat Nusatrip.

Tanpa memakai jasa branding yang mahal seperti Traveloka, brand travleling Nusatrip bisa mendapat kunjungan website yang banyak dari customer saat mencari jasa traveling.

Baca Juga: 5 Contoh Transformasi Digital oleh Perusahaan di Indonesia

Apa Fungsi Website Marketing?

Tadi telah kita bahas pentingnya website dan keajaibannya untuk bisnis. Selanjutnya Anda perlu tahu fungsi website marketing bila Anda memaksimalkannya dalam bisnis.

Berikut manfaat website marketing yang bisa membantu Anda cuan dalam bisnis:

1. Memperdalam Hubungan Customer

Website marketing membuat website Anda menjadi wadah untuk menaruh kepercayaan pada bisnis. Sangat bisa menjadi momen untuk memulai hubungan yang lebih dalam dengan customer.

Website Marketing Memperdalam Hubungan dengan Customer

Saat customer merasa nyaman dengan website Anda, maka mereka tidak akan segan memberi kepercayaan pada bisnis Anda. Sehingga hubungan dengan customer berpotensi untuk lebih lama.

2. Meraih Jumlah Pembeli yang Besar

Ilmu pemasaran yang sudah ketinggalan zaman sulit mencapai jumlah pembeli yang  besar. Seperti pada spanduk yang hanya bisa dilihat oleh segelintir orang.

Bahkan koran yang dulu menjadi tempat primadona untuk memasarkan bisnis kini sudah mulai kurang efektif.

Website marketing membuat Anda bisa meraih banyak lokasi dalam waktu yang singkat dengan budget yang lebih hemat.

Website Marketing Meningkatkan Jumlah Pembeli

Sehingga Anda tidak perlu repot bepergian ke banyak tempat untuk mempromosikan bisnis. Seiring berjalannya waktu website bisnis akan mengundang para pembeli untuk mendatangi produk dan jasa yang Anda jual.

3. Melengkapi Strategi Marketing

Web marketing membuat strategi yang Anda jalankan menjadi lengkap. Sebab website marketing membuat strategi bisnis lebih sempurna.

Anda bisa memakai website marketing dipadukan dengan social media marketing. Bisa juga dipadukan dengan offline marketing. Hal itu memudahkan untuk memaksimalkan dan mengukur kinerja pemasaran.

Jenis Konten Website Marketing

Website marketing bisa dimaksimalkan dengan membuat konten-konten pada website. Baik itu konten pada blog maupun pada pages di luar bagian blog.

Untuk memahaminya simak jenis-jenis konten website berikut ini:

Konten Product Knowledge

Website marketing perlu membuat pengunjung web memahami produk apa yang ditawarkan oleh brand. Baik itu dalam bentuk barang maupun jasa.

Artikel product knowledge bisa diandalkan bila jasa atau barang Anda sering dicari orang-orang pada Google.

Video product knowledge juga bisa diandalkan saat Anda menautkan video YouTube Anda pada website bisnis yang ada.

Konten Tutorial

Website marketing dapat memikat pelanggan bila disertai dengan konten tutorial. Sebab orang-orang senang bila menemukan konten yang mengajarkan sebuah cara.

Contohnya bila produk Anda adalah celana jeans. Maka brand Anda bisa membawakan konten tutorial soal memakai celana jeans sesuai trend fashion yang ada.

Baik itu melalui bentuk artikel atau video yang memang sedang banyak dicari oleh orang-orang. Jenis konten ini harus Anda coba nanti.

Konten Tips

Konten tips menjadi salah satu primadona dalam website marketing. Sebab memuat informasi menarik yang membuat pengunjung website betah.

Misalnya Anda memiliki produk tas. Maka brand Anda bisa mengeluarkan konten berjudul “Tips Merawat Tas di Musim Hujan.”

Yang membuat beda dari konten tutorial adalah tujuan kontennya. Bila tutorial adalah untuk praktik, sedangkan konten tips masih sebatas teori yang bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Konten Hard Selling

Bila strategi website marketing Anda sudah berjalan dengan matang. Tak ada salahnya membuat konten hard selling.

Biasanya sebuah website meluncurkan konten hard selling saat brand dan produknya mulai dikenal banyak orang.

Sebaiknya konten hard selling tidak banyak dibuat. Sebab konten ini berisi jualan, jualan, dan jualan.

Konten Storytelling

Beberapa brand mengeluar konten storytelling pada website agar para pembeli memahami darimana bisnis mereka berasal.

Ada juga yang menggunakan konten ini agar fungsi website marketing tercapai. Yaitu membuat pelanggan merasa dekat dan memulai hubungan yang erat dengan brand.

Strategi Jitu Website Marketing!

Ada sekian strategi agar website bisnis Anda efektif dipakai dalam rangka website marketing. Sehingga seluruh strategi digital marketing pada brand bisa ikut terbantu.

Saat Anda tahu bagaimana strategi menjalankan website marketing maka saat itulah Anda siap mengembangkan bisnis secara signifikan.

Berikut ini beberapa strategi website marketing yang jitu:

1. Buatlah Sebuah Website

Membuat website adalah dasar dari website marketing. Sebab bila tidak ada website maka mau menjalankan website marketing dimana?

Website-itu-penting

Perlu diketahui bahwa membuat website tidak perlu mampu bahasa pemrograman. Zaman sekarang banyak jasa yang menyediakan layanan pemrograman untuk website.

Alternatif lain yang mudah adalah membuat website menggunakan dasar WordPress. Apalagi saat ini di Indonesia sudah banyak perusahaan yang memakai WordPress sebagai dasar membuat website.

2. Blog Juga Bisa Diandalkan

Website marketing yang baik biasanya dihasilkan dari blog perusahaan yang bagus. Mengapa seperti itu? Sebab dengan blog website bisnismu bisa muncul di mesin pencarian Google.

Jangan lupa untuk membuat blog yang SEO friendly. Sehingga blog yang sudah dibuat mudah ditemukan oleh audiens bisnis Anda.

3. Meningkatkan Traffic dengan SEO

Ketika website sudah dibuat pasti bisnis mendapatkan pengunjung website. Kumpulan pengunjung website ini bisa kita sebut sebagai traffic alias arus pengunjung.

Traffic perlu ditingkatkan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kompetitor. Agar nanti bisnis Anda bisa bertahan pada posisi market yang baik.

SEO adalah jawaban bila Anda ingin meningkatkan traffic. SEO merupakan ilmu tersendiri dalam digital marketing yang dipadukan dengan website marketing.

4. Manfaatkan Email Marketing

Setelah punya website dan traffic mulai meningkat, cobalah membuat orang menuliskan email mereka di sebuah formulir dalam website.

Semakin banyak traffic yang masuk semakin banyak kemungkinan orang yang menulis di formulir bertambah.

Ketika Anda sudah memiliki banyak data email orang-orang maka saatnya Anda menjalankan email marketing dengan sopan, halus, dan antusias!

5. Duet Social Media Marketing

Website marketing bila dipadukan dengan social media marketing akan menciptakan sebuah awareness brand yang baik. Sebab hari ini orang-orang banyak menggunakan dua platform ini untuk mencari informasi.

Duet antara website dan akun media sosial bisa meluncurkan konten yang saling berkesinambungan. Bila sebuah perusahaan membahas sikat gigi di media sosial, maka di website juga sebaiknya membahas tentang sikat gigi.

Website marketing dengan Social Media

Apalagi saat media sosial mampu mengarahkan link pada wesbite bisnis. Begitu pula sebaliknya saat situs milik sebuah perusahaan mampu menyediakan link yang menuju akun media sosial milik perusahaan.

6. Google Bisnisku

Website marketing mampu menciptakan penetrasi pada wilayah lokal dengan sangat kuat. Sebab Google sudah terintegrasi dengan peta wilayah lokal.

Saat bisnis memiliki akun Google Bisnisku, maka orang-orang bisa mendatangi website ketika melihat peta lokal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Contohnya ketika bisnis yang Anda jalankan adalah tempat cukur rambut. Maka saat orang mencari tempat mencukur rambut, kemungkinan besar akan mengarah pada website Anda.

Strategi Pamungkas Website Dari Neil Patel

Setelah memahami seputar website marketing dan keunggulannya bila memiliki website, kini saatnya melihat tips yang pamungkas dalam mengandalkan website.

Berikut beberapa tips yang sudah Sasana Digital rangkum dilansir dari Neil Patel:

Melalui Quora

Anda bisa melihat forum Quora dari pertanyaan yang ada, lalu mencari pertanyaan yang kira-kira bisa Anda jawab. Setelah menjawab pada pertanyaan di Quora maka saatnya meletakkan link yang mengarah pada website brand Anda.

Melalui Media Sosial

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, ternyata Neil Patel juga menyarankan hal yang senada. Yaitu memadukan media sosial dengan website.

Contohnya ketika ada post baru di website maka umumkan juga di akun media sosial bisnis yang bersangkutan.

Melalui Komunitas Sosial

Neil Patel juga mengimbau bahwa kita harus aktif di komunitas dan menjawab segala kebingungan yang ada pada komunitas. Setelah itu Anda bisa menyertakan link website bisnis Anda selama jawaban di forum relevan dengan website bisnis Anda.

Pertanyaan Seputar Website Marketing

Terkadang ada saja pertanyaan yang terlintas tentang website marketing oleh orang-orang. Maka Sasana Digital akan menyediakan jawaban yang mungkin selama ini banyak ditanyakan orang-orang.

a. Apakah Website Termasuk Digital Marketing?

Tentu saja website termasuk bagian dari digital marketing. Sebab sebelum adanya online marketing, web sudah lebih dulu menjadi sebuah media pertukaran informasi secara lokal.

b. Apa itu Landing Page

Lading page adalah sebuah halaman pada website yang membuat pengunjung web menjadi lebih dekat dengan sebuah tujuan. Entah itu penjualan, pencerdasan, hiburan, hingga penawaran dari sebuah brand.

c. Apakah Google Termasuk Website?

Google juga termasuk website bila yang Anda maskud adalah mesin pencari Google. Sebab google.com merupakan sebuah website yang berfungsi untuk mencari website lainnya.

Penutup

Pada akhirnya website yang baik bagi bisnis adalah website yang membantu cuan sehingga bisnis terus berjalan dan berkembang.

Semoga bisnis Anda jaya selalu dan selalu ingat bahwa tidak ada perjuangan bisnis yang instan pada awal waktu!

Anda sangat dianjurkan untuk menghubungi Sasana Digital agar bisa membantu proses bisnis sekecil apapun dan sebesar apapun. Gunakan fitur konsultasi gratis di sini sebelum brand lain mematikan brand Anda.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital