Blog ›

Melihat 12+ Kelebihan WhatsApp Business serta Kekurangannya

I
Reading Time: 5 minutes

Beragam fitur dan kelebihan WA Bisnis (WhatsApp Business) menjadikan aplikasi ini begitu banyak digunakan oleh para pebisnis di seluruh dunia.

Tidak hanya digunakan oleh bisnis skala kecil, namun juga digunakan oleh bisnis skala menengah hingga skala korporasi besar.

Dalam artikel ini kita akan membedah apa-apa saja yang menjadi kelebihan WhatsApp Business, kekurangan, serta keuntungannya bagi bisnis. Namun sebelum itu, kita pahami terlebih dahulu apa aplikasi WhatsApp Business ini.

Apa Itu WhatsApp Business (WA Bisnis)?

Memahami pengertian apa itu WA bisnis

Kebanyakan pelaku bisnis mulai mempromosikan produknya melalui teknologi agar informasi dapat sampai ke telinga pelanggan. Salah satunya adalah melalui media sosial yang setiap harinya dikunjungi oleh berbagai kalangan dan juga kelompok usia.

Media sosial yang tengah populer dalam beberapa waktu belakangan tidak hanya Instagram, Facebook, dan juga TikTok. Ada media sosial lain yang bernama WhatsApp Business.

WhatsApp Business atau disebut juga sebagai WA Bisnis adalah versi lain dari aplikasi perpesanan WhatsApp Messenger yang ditujukan untuk keperluan berbisnis.

Namun, berbeda dengan WhatsApp Messenger yang berupa aplikasi bertukar pesan untuk kepentingan pribadi, WhatsApp Business dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelaku bisnis berkomunikasi dan terhubung dengan pelanggannya.

Baca Juga: Catat 9 Poin Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa!

Lalu, apa aja sih kelebihan-kelebihan yang dibawakan oleh WhatsApp Business yang satu ini? Berikut pembahasannya!

1. Mengelola Profil Akun Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, profil akun WA bisnis berbeda dengan akun WA biasa.

Pada profil akun WA bisnis akan menampilkan informasi lengkap mengenai bisnis Anda, mulai dari nama, deskripsi, kategori usaha, alamat, jam kerja, hingga email atau tautan singkat.

profil akun wa bisnis yang jelas

2. Verifikasi Akun Bisnis WA

Untuk mengamankan akun Anda dari seseorang yang tidak dikenal login ke akun Anda, verifikasi ini akan melindungi akun Anda dari hal tersebut. Fitur ini akan mengamankan WhatsApp Anda dengan cara pendaftaran 6 Digit Nomor PIN.

Ketika mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Informasi tersebut akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda email berisi tautan untuk menyetel ulang ketika Anda lupa PIN dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.

3. Nomor Telepon (Rumah/Kantor)

Pada WhatsApp Messenger, pengguna hanya dapat menggunakan serta menampilkan satu nomor ponsel. Namun pada WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan nomor ponsel sekaligus menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk kepentingan personal. Sehingga, percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan bisnis.

4. Menambahkan Katalog Produk

Dengan fitur katalog, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan. Katalog tersebut akan di tampilkan pada profil bisnis. 

Menjadikan proses pemesanan lebih mudah dan memungkinkan pelanggan menggunakan fitur keranjang untuk menambahkan semua item yang diinginkan dalam satu pesanan.

5. Fitur Pesan Pembuka (Greeting Message)

Greeting Message, yang memungkinkan Anda menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan Anda untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh pelanggan.

6. Fitur Pesan Tidak di Tempat (Away Message)

Away Message, fitur ini memungkinkan Anda membalas pesan dari pelanggan secara otomatis, sehingga meski sibuk, Anda tetap bisa menjawab pelanggan.

7. Fitur Balas Cepat (Quick Replies)

Quick Replies, dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama. 

Mudah saja, Anda cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan pelanggan tentang bisnis Anda. 

Saat ada pesan masuk, Anda cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah Anda buat, sehingga dapat menghemat waktu.

8. Analisis Data Statistik & Interaksi Pelanggan

Fitur Statistik aplikasi WhatsApp Business membantu Anda memahami interaksi dan pengalaman pelanggan. Fitur ini menampilkan berapa banyak pesan yang dikirimkan, tersampaikan, dibaca, dan diterima.

9. Fitur Labels untuk Mengelompokkan Pesan

Kelompok pesan (labels) akan memudahkan Anda untuk mengelompokan berbagai kategori pelanggan. Mulai dari pelanggan baru, pesanan baru menunggu pembayaran, telah membayar atau pesanan selesai. 

10. Dapat Terintegrasi dengan Facebook dan Instagram

Jangkau lebih banyak pelanggan dengan integrasi media sosial. Anda dapat mentautkan akun WhatsApp Business dengan halaman Facebook atau Profil Instagram guna menyediakan cara lain pelanggan untuk berkomunikasi.

11. Tautan Singkat (Short Link)

Gunakan fitur ini untuk membagikan tautan pendek kepada para pelanggan. Tautan pendek tersebut dapat mereka gunakan untuk memulai chat. 

Jika pelanggan membuka tautan pendek tersebut di Whatsapp yang terpasang pada perangkat, aplikasi akan langsung membuka chat antara pelanggan dan Anda.

12. Fitur Kode QR

Meskipun aplikasi WhatsApp Messenger juga memilikinya, namun fitur ini tidak kalah penting jika digunakan pada aplikasi WhatsApp Business.

Pelanggan Anda dapat memindai kode akun WA bisnis Anda secara instan untuk memulai percakapan. Kode QR WhatsApp akan mempermudah orang-orang untuk menemukan dan berkomunikasi dengan bisnis Anda. 

13. Versi Lanjutan dengan Dukungan API

Bagi yang masih bingung apa itu API, singkatnya API (Application Programming Interface) merupakan program antarmuka yang menjembatani agar suatu aplikasi dapat terhubung dengan aplikasi lainnya.

Pihak WhatsApp mengadopsi teknologi tersebut ke dalam aplikasi yang bernama WhatsApp Business API.

Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bermanfaat bagi bisnis, seperti fitur centang hijau (Verified Account), pesan broadcast yang tidak terbatas, data laporan yang lebih lengkap, manajemen riwayat interaksi dengan pelanggan, hingga integrasi dengan aplikasi seperti CRM yang mana tidak ada di dalam WhatsApp Business biasa.

Bisa dibilang, WhatsApp Business API ini merupakan versi lanjutan dari WhatsApp Business biasa.

Akan tetapi, untuk menggunakan aplikasi ini memang tidak gratis. Anda harus membayar sejumlah uang agar bisa mendapatkan semua fiturnya.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp Business Untuk Meningkatkan Pelanggan Bagi Bisnis Anda

Tentu dari sekian banyaknya kelebihan WhatsApp Business yang sediakan, selalu saja ada kekurangan di balik itu. Selanjutnya, mari kita simak 4 kekurangan WhatsApp Business.

Kekurangan WhatsApp Business

a. Nomor Akun WhatsApp Business yang Tetap

Kekurangan WhatsApp Business yang pertama akan terasa bagi Anda yang senang sekali berganti-ganti nomor untuk untuk mengisi profil akun WA bisnis. Sebaiknya, Anda perlu hilangkan kebiasaan tersebut.

Aplikasi WhatsApp Business menyarankan agar Anda tidak mengganti nomor, sehingga Anda harus memastikan nomor yang akan dipakai harus bersifat tetap. Selain itu, agar pelanggan tidak pusing apabila ingin menghubungi WhatsApp bisnis Anda.

b. Menggunakan 2 Jenis WhatsApp Sekaligus untuk 1 Nomor Telepon

Menggunakan WhatsApp Business bukan berati Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Messenger. Anda masih bisa menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger menggunakan nomor yang sama, namun tidak bisa berbarengan.

Anda harus melakukan switch terlebih dahulu entah dari akun WA bisnis ke akun WA biasa, ataupun sebaliknya.

c. Fitur Pesan Siaran (Broadcast) yang Terbatas

Kekurangan WhatsApp Business yang terakhir yaitu pada fitur pesan Broadcast. Pihak WhatsApp membatasi jumlah pengiriman pesan broadcast dalam periode waktu tertentu. Apabila Anda melanggarnya, bisa jadi akun WA bisnis Anda terkena sangsi berupa ban.

Alternatif lainnya untuk memanfaatkan fitur broadcast ini adalah Anda dapat menggunakan jasa pihak ke-3, namun tentu ini tidaklah gratis.

d. Keterbatasan Integrasi dengan Aplikasi Lain

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai WhatsApp Business API, WhatsApp Business biasa masih belum mendapatkan keleluasaan untuk terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain.

Hal ini bukanlah masalah apabila bisnis yang Anda kelola masih memiliki basis pelanggan yang kecil. Namun seiring berjalannya waktu, Anda pasti membutuhkan integrasi dengan aplikasi lain di saat basis pelanggan Anda tumbuh menjadi semakin besar.

Baca juga: 5 Strategi Digital Terbaik Untuk Mendongkrak Performa Bisnis Anda

Mengesampingkan kekurangan WhatsApp Business di atas, aplikasi ini masih tetap dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis. Selanjutnya kita bahas apa saja keuntungan WhatsApp Business bagi para pelaku usaha.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business bagi Pelaku Usaha

Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Apabila seluruh fitur WhatsApp Business bisa digunakan dengan maksimal, maka performa bisnis pun akan berjalan dengan baik. 

Contohnya, dengan menggunakan nama fitur label, Anda akan lebih mudah memberikan nama untuk setiap kategori pelanggan.

Selain itu, melakukan follow up kepada pelanggan dapat dilakukan dengan lebih mudah karena Anda bisa melihat kategori pelanggan yang “belum bayar” ataupun “pre-order”.

Mempermudah Komunikasi dengan Pelanggan

Keuntungan yang didapat ketika menggunakan WhatsApp Business adalah mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. 

Selain itu, fitur di dalamnya dapat memudahkan Anda untuk mengatur pesan di luar jam kerja agar pelanggan mengetahui kapan bisnismu tutup atau membuat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

Profil dan Informasi Bisnis yang Jelas

Ketika memilih untuk menggunakan WhatsApp Business, Anda pasti harus membuat profil bisnis, yaitu identitas bisnis seperti menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan informasi lain. 

Dengan begitu, pelangganmu akan lebih mudah mengenal dan percaya terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

• Menciptakan Pengalaman Berharga bagi Pelanggan

Menciptakan pengalaman berharga bagi pelanggan melalui interaksi di aplikasi WhatsApp memang salah satu hal utama dalam strategi WhatsApp Marketing.

Dengan berbagai fitur yang dibawanya, Anda dapat melayani pelanggan mulai dari awal percakapan hingga nanti pada saat Anda menjalankan strategi retention.

Sehingga pengalaman yang didapatkan mampu membawa pelanggan tersebut datang kepada Anda saat membutuhkan produk/layanan Anda kembali.

Penutup

Itulah kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business apabila ditinjau dari sisi bisnisnya.

Mari identifikasi di manakah pelanggan Anda berada, lalu sesuaikan apakah WhatsApp Business adalah platform yang tepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, atau justru menggunakan aplikasi serupa seperti Telegram dan Facebook Messenger?

Anda yang mendambakan pertumbuhan bisnis lewat komunikasi yang efektif dengan customer tentu harus berusaha. Sebab kompetitor Anda juga pasti sadar betapa pentingnya komunikasi dengan pelanggan.

Di sini, Sasana Digital yang siap menemani dan membantu perjuangan Anda menumbuhkan bisnis menggunakan WhatsApp Marketing. Ayo, klik banner di bawah agar bisnis makin bertumbuh dengan WhatsApp Marketing dan strategi ciamik lainnya.

Bagikan Artikel Ini

Aktivitas Terbaru Sasana Digital

/