Blog ›

Meta Business Suite: Kelola Akun Bisnis Lebih Optimal!

I

Kini Meta Business Suite hadir sebagai platform yang akan membantu pebisnis dalam melakukan manajemen bisnisnya.

Facebook dan Instagram adalah dua jenis media sosial yang bergabung menjadi satu, yaitu Meta. Penggabungan kedua media sosial ini menjadikannya lebih mudah dalam penggunaannya.

Lalu apakah Meta ini dapat dimanfaatkan untuk menjadikan bisnis semakin optimal? Yuk, baca penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Meta Business Suite?

Apa Itu Meta Business Suite?

Meta business bisa disebut sebagai pusatnya berbagai fitur yang membantu pengguna untuk terhubung dengan pelanggan di kolaborasi aplikasi IG dan FB. Hal ini dapat membantu bisnis meraih hasil yang lebih baik.

Dilansir dari laman resmi Facebook, Meta Business Suite adalah tempat terpadu yang dapat mengelola semua aktivitas marketing atau periklanan yang dilakukan di Facebook dan Instagram.

Meta Business juga memberikan kemudahan dengan akses melalui desktop maupun perangkat seluler, sehingga pengguna dapat menggunakannya di mana saja. Meta business memudahkan pengguna dalam melihat notifikasi dan menanggapi pesan dengan lebih cepat. 

Pengguna dapat membuat dan menjadwalkan postingan, cerita dan iklan bisnis yang dapat dikirimkan kepada dua media sosial ini dalam satu waktu yang bersamaan. Hal tersebut menjadi sangat efektif bagi pengguna yang memanfaatkan fitur ini untuk mengoptimalkan promosi bisnisnya.

Meta Business menyediakan fitur insight yang akan memberikan informasi mengenai jangkauan postingan Anda dan menjadi bahan untuk mengoptimalkan kembali upaya yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Akun Profesional Instagram: Apa Keuntungannya untuk Bisnis?

Manfaat Menggunakan Meta Business Suite

Manfaat Menggunakan Meta Business Suite

Dari definisinya saja, Meta Business tergambar memiliki fleksibilitas yang tinggi dan mampu meningkatkan efektivitas waktu. Hal tersebut menjadikan meta business ini memiliki keuntungan lagi bagi para penggunanya yang ingin memaksimalkan bisnisnya.

Apa saja manfaat yang diberikan oleh Meta Business untuk para pelaku usaha? Berikut penjelasannya.

1. Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

Jangkauan media sosial yang luas tidak perlu diragukan lagi. Kegiatan promosi yang dilakukan di media sosial dengan tujuan mengenalkan produk akan dapat dengan mudah dicapai.

Sebagai platform yang membawahi tiga media sosial besar, yaitu Facebook, Instagram dan WhatsApp, Business Suite memiliki kelebihan untuk membangun brand awareness lebih luas melalui fitur yang tersedia.

Mungkin yang bisa Anda bayangkan mengenai satu postingan yang dapat terhubungan ke lebih dari satu media sosial ini, mampu menjangkau secara otomatis sesuai algoritmanya masing-masing.

Selain itu, fitur yang memudahkan orang lain dapat membagikan kembali postingan (repost) yang Anda buat juga dapat meningkatkan insight sebuah konten yang dibagikan pada media sosial ini.

Meta Business Suite juga menawarkan fitur-fitur yang membantu pelaku bisnis untuk melakukan interaksi dengan pengguna Facebook dan Instagram, yaitu melalui fitur pesan. Dan jika ingin menjangkau lebih luas lagi, dapat juga digunakan fitur siaran langsung.

Meta Business juga memberikan tawaran berupa layanan untuk membuat pelaku bisnis lebih mudah mengatur jadwal konten. 

Selain itu, dapat menjangkau pengguna yang belum mengenal bisnis Anda. Akan tetapi manfaat tersebut bisa Anda dapatkan melalui layanan iklan berbayar. 

Dengan begitu, brand awareness terbangun dan meningkat tidak hanya pada pengguna yang sudah mengetahui brand bisnis Anda, melainkan mereka yang mungkin membutuhkan produk bisnis Anda namun belum terjangkau.

2. Menjadikan Promosi Bisnis Lebih Efektif

Meta Business Suite dapat menjadi sarana melakukan promosi yang efektif, dengan memfokuskan jangkauan kepada mereka yang berada dalam jangkauan terdekat Anda.

Misalnya mereka yang sudah mengetahui bisnis Anda dan yang berada di lokasi yang dekat dengan bisnis Anda, serta mereka yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Pengguna yang berada dalam radar lebih dekat ini akan lebih mudah Anda jangkau. Dengan begitu, Anda dapat menjalin hubungan yang lebih mendalam sampai pada akhirnya mereka melakukan pembelian terhadap produk brand Anda.

Anda dapat menggunakan layanan iklan berbayar untuk bisa menjangkau mereka yang lebih dekat cakupannya, dan menjadikan promosi Anda berjalan secara efektif.

Meta Business ini juga menawarkan layanan marketing plan untuk memudahkan pengguna menyusun strategi agar promosi dapat memberikan output atau hasil yang maksimal.

Pelaku bisnis dapat mengeksplor layanan lain yang disediakan oleh Meta Business Suite untuk mengoptimalkan promosi, misalnya layanan untuk mendapat insight postingan, tips konten, marketing plan, dan lain-lain.

3. Peningkatan Penjualan

Penggunaan Meta Business selain untuk membangun brand awareness, juga dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk.

Mudahnya layanan yang disediakan oleh platform ini, menjadikan konsumen dapat dengan mudah menemukan barang yang sedang dibutuhkan dan diinginkan, misalnya melalui fitur Instagram Shop.

Pelaku bisnis dapat menggunakan layanan berbayar untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

4. Bertemu Konsumen yang Sesuai

Melalui konten promosi yang Anda buat, pengguna media sosial yang terjangkau akan mengikuti konten Anda saat mereka merasa konten tersebut sesuai dengan yang mereka cari atau butuhkan.

Meta Business memiliki fitur yang bernama Meta Pixel. Tool ini akan membantu mereka melakukan langkah selanjutnya setelah mengikuti konten Anda, yaitu membeli produk Anda.

Selain itu, fitur yang bisa digunakan ada personalisasi ads yang akan menjangkau konsumen yang sedang masa pencarian produk sehingga iklan produk Anda muncul di akun pengguna.

Selanjutnya mereka menemukan produk yang sedang dicari dan mulai berkunjung ke akun media sosial bisnis Anda. Hal tersebut demi memastikan kesesuaian produk Anda dengan kebutuhan dan keinginannya.

Meta Business menyediakan layanan Meta Measurement bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan iklan berbayar. Fitur ini dapat digunakan untuk memilih tipe iklan dan audiens yang tepat untuk menyesuaikan campaign yang akan diluncurkan.

Baca Juga: Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja? Begini Penjelasannya!

Fitur Unggulan Meta Business Suite

Fitur Unggulan Meta Business Suite

Platform canggih yang akan memudahkan bisnis Anda ini memiliki beberapa fitur unggulan yang berguna untuk mengelola bisnis dengan mudah. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Tampilan Halaman Sederhana

Platform ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan tidak membuat Anda pusing saat melihatnya. 

Menu-menunya pun mudah ditemukan dan dimengerti oleh pengguna. Inilah mengapa ia disebut memiliki tampilan atau sistem user-friendly.

2. Content Plan

Fitur unggulan dari Meta Business adalah adanya layanan penjadwalan postingan yang akan diluncurkan di profil akun pengguna. 

Pada fitur ini, Anda dapat membuat jadwal agenda konten, baik berupa cerita maupun feed dengan lebih mudah dan teratur. 

3. Kalender Konten

Melalui Meta Business, Anda dapat membuat rencana konten dengan lebih rapi dan kualitas konten yang lebih matang.

Dengan kalender konten, pengguna akan lebih mudah merencanakan konten yang akan dibuat dan diposting.

4. Fitur Buat Iklan

Salah satu fitur unggulan dari Meta Business selanjutnya adalah dapat membuat iklan dan menjadikannya memperoleh insight yang tinggi.

Konten yang sudah Anda buat dapat dijadikan sebagai iklan yang akan menjangkau lebih banyak audiens. Fitur iklan sebagai media promosi ini dapat Anda manfaatkan untuk menyebarluaskan informasi mengenai bisnis. 

Anda juga dapat menentukan dan memilih segmentasi audiens sesuai keinginan dan kebutuhan. Misalnya sesuai usia, jenis kelamin, tempat tinggal atau wilayah dari para pengguna.

5. Fitur Insight

Meta Business akan memberikan Anda insight yang lengkap dari konten yang telah dibuat dan dibagikan. Anda juga dapat mengetahui, mengevaluasi performa konten, serta dapat memperbaiki strategi pemasarannya.

Oleh karena itu, Meta Business juga menyediakan fitur data analisis yang lengkap dan bisa didapatkan secara langsung.

6. Fitur Notifikasi yang Terpadu

Layanan kotak masuk yang disediakan oleh Meta Business akan memudahkan Anda untuk mengakses pesan dari Facebook, Instagram, Facebook Messenger dan komentar melalui halaman Business Suite.

Anda cukup mengaksesnya hanya dari satu halaman saja. Hal ini tentu memberikan nilai efisien terhadap pengelolaan promosi bisnis Anda dengan memberikan respon yang cepat pada setiap kotak masuk yang diterima.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah

Tujuan Meta Business Suite

Beberapa tujuan dari Meta Business Suite dilansir dari halaman Facebook adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Halaman Facebook

Adanya halaman Facebook dari bisnis Anda akan memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda sebagai produk atau layanan yang mereka butuhkan.

2. Membangun Brand Awareness

Tujuan ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pengenalan dan menjangkau orang-orang baru yang memiliki potensi menjadi konsumen bahkan pelanggan bisnis Anda.

3. Mempromosikan Bisnis Lokal Anda

Salah satu strategi yang dapat memberikan Anda hasil yang optimal adalah dengan menjangkau orang-orang terdekat dari lokasi bisnis Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan sebagai upaya dalam menyempurnakan kampanye iklan Anda.

4. Meningkatkan Penjualan Online

Melalui promosi yang Anda lakukan, akan menjangkau pemirsa baru dan membangun hubungan yang mendalam dengan fitur yang ada di Meta.

5. Mempromosikan Aplikasi Anda

Jika Anda memiliki aplikasi bisnis, Anda dapat ikut mempromosikannya agar dapat menarik pemirsa iklan Anda untuk mengunduh dan menggunakannya.

6. Menciptakan Prospek

Dengan jangkauan yang Anda peroleh berupa pemirsa baru, Anda dapat membangun prospek agar mereka bisa menjadi konsumen bisnis Anda.

7. Mengukur dan Mengoptimalkan Iklan

Meta Business memberikan insight lengkap dari iklan Anda, sehingga Anda dapat mengukur dampak dan mengevaluasi iklan, sehingga selanjutnya Anda dapat mengoptimalkan strategi yang lebih baik.

8. Menargetkan Ulang Pelanggan yang Ada

Hasil analisis iklan yang Anda dapatkan bisa digunakan sebagai dasar dalam melakukan penargetan ulang atas iklan yang Anda pasang kepada pelanggan bisnis Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Belajar Facebook Ads Melalui 5 Kursus Gratis Ini

Pertanyaan Seputar Meta Business Suite

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang terkait Meta Business Suite, yang mungkin dapat menjawab rasa penasaran Anda juga.

1. Apakah Facebook/Meta Business Suite Itu?

Meta Business merupakan sebuah platform yang memfasilitasi para pelaku bisnis untuk melakukan marketing melalui media sosial. 

Dilansir dari laman resmi Facebook, Meta Business adalah tempat terpadu yang dapat mengelola semua aktivitas marketing dan periklanan yang dilakukan di Facebook dan Instagram.

Meta Business juga merupakan pusat berbagai fitur yang membantu pengguna dapat terhubung dengan pelanggan di semua aplikasi. Hal ini dapat membantu bisnis meraih hasil yang lebih baik.

2. Apa Fungsi Meta Business Suite bagi Bisnis?

Business Suite memberikan banyak manfaat terhadap sebuah bisnis. Platform ini menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memaksimalkan strategi marketing sebuah bisnis.

Seperti pemasangan konten iklan yang dapat dijadwalkan sesuai keinginan, pembuatan konten iklan yang direkomendasikan, fitur respon yang terpusat, serta beberapa fungsi pengelolaan dan marketing lainnya.

Meta Business dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengelola seluruh aktivitas marketing melalui Facebook dan Instagram.

Selain itu, setiap fitur pada Meta Business berfungsi untuk mengoptimalkan jangkauan dari aktivitas promosi yang dilakukan. Sehingga bisnis akan mendapatkan jangkauan yang lebih baik.

3. Apakah Meta Business Suite Gratis atau Berbayar?

Pada dasarnya, Meta Business Suite ini dapat digunakan secara gratis untuk mengelola dan melakukan aktivitas marketing bisnis Anda.

Namun, Meta Business juga mempersembahkan layanan atau fitur berbayar yang dapat memberikan manfaat lebih banyak dan lebih optimal dalam pengelolaan strategi marketing.

Seperti fitur untuk dapat merencanakan dan mengelola jadwal konten iklan serta tips iklan yang menarik.

Penutup

Tidak ada pebisnis yang tidak ingin berkembang dan maju. Justru dengan begitu, kebanyakan pelaku bisnis ingin terus meningkatkan penjualan serta pendapatannya.

Maka untuk mencapai hal tersebut, para pebisnis harus terus mengembangkan strategi bisnisnya. Masih bingung dengan cara kerja dan pengoptimalan Meta Business Suite yang baik untuk bisnis? Kini ada rekomendasi layanan training-nya untuk Anda. Klik banner berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?