Blog ›

Akun Profesional Instagram: Apa Keuntungannya untuk Bisnis?

I

Aplikasi Instagram saat ini sudah mengalami pembaruan program sejak 2022. Tidak hanya sekedar untuk mengirim gambar maupun video ke pengguna lain, kini juga dapat membuat akun bisnis atau profesional. Akun tersebut dikenal dengan sebutan akun profesional Instagram.

Akun bisnis tersebut digunakan untuk keperluan pengembangan bisnis, seperti promosi produk dan komunikasi dengan calon konsumen maupun klien bisnis. Hal ini akan mendukung para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya.

Anda harus memanfaatkan akun Instagram profesional untuk mempermudah dalam menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Untuk mengetahui lebih detail mengenai akun profesional Instagram Anda harus menyimak pembahasan pada artikel ini sampai selesai. 

Apa Itu Akun Profesional Instagram?

Apa Itu Akun Profesional Instagram?

Akun profesional Instagram dimaksudkan sebagai akun yang bisa digunakan untuk pengembangan bisnis, dimana fitur-fitur dalam aplikasi IG bisnis ini mendukung Anda dalam proses pengembangan bisnis.

Bila sebelumnya Anda telah menggunakan akun pribadi, maka bisa memanfaatkan akun IG bisnis ini dengan sebaik mungkin. Anda hanya perlu beralih saja dan tidak perlu membuat akun baru.

Perbedaan Akun Profesional Instagram dengan yang Biasa

Dari segi tampilan maupun fitur, antara akun Instagram biasa dengan akun Instagram profesional memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut? Semuanya akan dibahas lebih detail dalam ulasan di bawah ini.

1. Dasbor Profesional

Dari dashboard IG jenis ini, Anda dapat melacak kinerja, mengakses dan menemukan fitur profesional, serta menjelajahi informasi edukasi yang dikurasi oleh aplikasi. Berikut kegunaan lebih detailnya:

a. Melacak Aktivitas Anda

Fitur ini untuk melihat informasi penting tentang orang yang telah Anda jangkau dalam 30 hari terakhir. Anda juga dapat mengetuk “Lihat Semua Data” untuk mendapatkan lebih banyak metrik tentang kinerja Anda.

b. Membangkan Bisnis Anda

Pelajari cara menggunakan dan menemukan fitur “Kreator dan Bisnis Baru” seperti langganan, konten bermerek, badge, iklan, balasan cepat, pesanan makanan, dan lainnya.

Bagian ini diperluas saat Anda menggunakan lebih banyak fitur, dan Anda dapat mengetuk “Lihat Semua Fitur” untuk melihat semua tool atau menu yang tersedia.

c. Dapatkan Informasi Terbaru

Temukan tips, trik, panduan, dan inspirasi dari tim @creators dan @instagramforbusiness. 

Lihatlah postingan dan iklan berkualitas dari perusahaan serupa untuk mendapatkan ide, tentang konten apa yang akan dibuat dan cara menarik pelanggan baru.

d. Izin yang Ditautkan

Selanjutnya Anda dapat menautkan akun Instagram ke Halaman Facebook, admin, editor, dan peran halaman lain akan mendapatkan izin yang setara di akun IG terkait.

Hal itu akan mempermudah Anda dalam melakukan promosi tidak hanya di IG namun juga di Facebook.

Baca Juga: Ukuran Feed Instagram Semua Jenis Konten (Tabel & Contoh)

2. Profil Akun

Perbedaan yang paling kentara antara akun Instagram biasa dengan akun Instagram bisnis adalah profil akunnya. Di profil akun IG biasa, Anda hanya dapat melihat beberapa informasi tambahan seperti nama, alamat e-mail, dan situs web.

Bersamaan dengan itu, di akun IG bisnis Anda juga bisa menambahkan kategori bisnis seperti fashion, software, retail, organisasi, blog pribadi, dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan alamat bisnis. 

3. Menu Kontak

Menu Kontak

Kontak adalah tempat di mana pengguna Instagram berkomunikasi satu sama lain. Dengan akun Instagram biasa, orang lain hanya bisa mengirim ke akun IG Anda dari menu “Pesan” atau “Pesan Langsung (DM)”.

Namun dengan akun Instagram bisnis, Anda bisa berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui telepon atau email. Anda dapat memasukkan nomor telepon atau alamat e-mail di menu “Kontak”. 

4. Fitur Insight

Fitur Insight

Fitur insight hanya dapat Anda temukan pada akun IG bisnis. Fitur ini dapat membuat promosi bisnis Anda menjadi lebih efektif dan relevan.

Ada 3 menu yang terdapat pada fitur insight, yaitu Account Reach, Account Engaged, dan Total Follower.

  • Account Reach, yaitu menu yang menunjukkan jumlah akun yang melihat konten postingan dari akun Instagram Anda
  • Account Engaged menampilkan jumlah akun yang melakukan interaksi pada postingan Anda, seperti like, comment, share, dan save postingan
  • Dan terakhir menu Total Follower, yaitu menu yang memungkinkan Anda untuk memperoleh data–data mengenai followers (misalnya jenis kelamin, usia, dan lokasi geografi), Anda juga dapat mengetahui waktu dengan traffic tertinggi

5. Fitur Ad Tools

Fitur Ad Tools memungkinkan Anda untuk mempromosikan postingan (Post Ads), baik itu postingan Instastory maupun Post Feed. Dimana tujuannya untuk menjangkau lebih banyak reach dan engaged yang lebih luas. Anda juga bisa menganalisa post Instagram ads yang telah Anda promosikan (Post Insight).

Anda tidak bisa melakukan hal ini pada akun biasa, terlebih jika akun Anda di private, hanya followers dan following Anda yang bisa melihat postingan Anda. Dan untuk mempermudah Anda mempromosikan postingan, Anda juga bisa klik tombol “Boost Post” pada salah satu postingan.

6. Akun Private

Akun private adalah pengaturan akun Instagram yang menerapkan privasi private. Dimana tujuannya untuk menjaga kerahasiaan sehingga tidak semua orang bisa melihat postingan Anda, termasuk memberikan like, comment, atau share.

Pengaturan akun ini hanya bisa digunakan oleh akun Instagram biasa, sehingga akun IG bisnis tidak bisa menggunakannya. Hanya akun yang saling follow yang bisa berinteraksi dengan akun private.

7. Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah fitur IG untuk membuat katalog produk bisnis yang memungkinkan pelanggan Anda membeli produk secara langsung. Tentunya melalui postingan feed, stories, atau catalog di profil Instagram.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan menggunakan fitur ini, diantaranya menjangkau audiens yang lebih luas, mempermudah konsumen untuk berbelanja, lebih mudah terkoneksi dengan konsumen, dan masih banyak yang lain.

Jika Anda menggunakan fitur Instagram shopping, akan ada beberapa perubahan pada akun Instagram, salah satunya tersedia tombol “View Shop”.

Nah, fitur ini hanya bisa Anda temui pada akun Instagram bisnis, karena memang diperuntukkan untuk kebutuhan bisnis, seperti mempromosikan produk yang ditawarkan.

Setelah mengetahui apa saja perbedaan antara akun Instagram profesional dan akun biasa, maka selanjutnya akan ada pembahasan mengenai apa keuntungan penggunaan akun Instagram profesional bagi bisnis Anda. 

Baca Juga: 21 Tips Jam Upload Instagram, Tingkatkan Jangkauan Post!

Keuntungan Akun Profesional Instagram

Keuntungan Akun Profesional Instagram

Berikut beberapa keuntungan menggunakan IG profesional, terutama untuk kebutuhan bisnis.

1. Bisa Menambahkan Tombol Kontak untuk Telepon dan E-mail pada Profil

Dengan adanya tombol kontak pada profil, orang-orang atau pengguna IG lain akan lebih mudah menghubungi kontak bisnismu.

Untuk akun bisnis toko, menyertakan alamat pada tombol kontak di profil akan memberikan keuntungan besar dalam mendatangkan customer ke toko offline atau marketplace Anda.

2. Mendapatkan Analytic Tool: Instagram Insight

Dengan menggunakan Instagram Insight, Anda bisa menganalisa “Postingan mana yang mendapatkan banyak engagement” dan “Apakah postinganmu mencapai target Anda”.

Selain itu, dengan menggunakan insight Anda bisa menganalisa followers secara menyeluruh lebih cepat dibandingkan menganalisanya satu demi satu secara manual. Dengan begitu Anda bisa mendistribusikan jam kerja dengan lebih efisien.

3. Lebih Mudah untuk Memposting Ads

Apabila Anda beralih ke akun profesional, memposting ads di Instagram dapat dilakukan dengan lebih mudah. Anda bisa mengiklankan postingan yang sudah ada di profil Anda, jadi tidak perlu membuat konten ads baru.

Selain itu, Anda juga bisa menargetkan ads berdasarkan demografi audiens yang ingin dituju, seperti tempat tinggal, usia, dan jenis kelamin mereka. 

Dengan begitu, ads Anda dapat berjalan lebih efektif, dan jumlah cost per engagement pun bisa diminimalisir. Dengan kata lain, bereksperimen untuk mendapatkan target audiens yang tepat untuk produk dan jasa Anda. 

4. Dapat Menjadwalkan Postingan Menggunakan Creator Studio for Instagram

Jika Anda menggunakan fitur Creator Studio yang dapat diakses dengan PC, maka Anda dapat menjadwalkan konten untuk dipublikasikan di jam terbaik (golden hour) posting Instagram.

Dengan kelebihan seperti itu, maka kebutuhan akan lebih efisien, menghemat waktu, dan prospek yang dihasilkannya menjanjikan.

5. Fitur DM

Keuntungan lain dari akun profesional adalah bisa menggunakan fitur Automated Responses dan 2 folder DM, yang tidak Anda dapatkan di akun personal.

Fitur Automated Responses bisa Anda gunakan dengan mengatur kata-kata yang ingin dipakai untuk menyapa user, menyampaikan away message, atau memberi opsi pertanyaan maupun pernyataan secara instan.

Dengan Automated Responses, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengetik dalam menanggapi DM yang masuk. 

Selain itu dengan fitur tersebut, Anda akan memberikan respon yang sama pada semua pengguna di DM. Dengan begitu Anda tidak perlu mengkhawatirkan performa respon yang menurun. Dan juga pada akun profesional, DM yang masuk bisa Anda bagi menjadi dua folder, yaitu “Main” dan “General”. 

Misalnya, pada awalnya Anda bisa mengatur semua DM untuk masuk ke folder “Primary”, lalu memilah pesan pribadi untuk dimasukkan ke folder “General” dan yang menjurus ke arah pekerjaan/bisnis tetap di folder “Primary”.

Baca Juga: Cara Membuat Konten yang Menarik di Instagram dan YouTube

Apakah Akun Profesional Instagram Berbayar

Lalu apakah akun Instagram profesional itu membutuhkan biaya dalam penggunaanya?

Harus diingat, akun IG profesional bisa digunakan secara gratis tanpa biaya apapun. Namun untuk keperluan promosi akan ada biaya yang dibebankan terhadap pengguna. 

Untuk itu Anda dapat memanfaatkan akun IG bisnis ini untuk mengembangkan bisnis dengan berbagai fitur yang ada.

Cara Membuat Akun Profesional Instagram

Lalu bagaimana langkah-langkah dalam membuat atau mengubah akun Instagram profesional? Berikut cara mudahnya untuk Anda!

  • Di pengaturan, cari Akun lalu ketuk Beralih ke Akun Profesional
  • Pilih kategori yang paling sesuai menggambarkan bisnis Anda
  • Berikutnya pilih Bisnis
  • Penyiapan sudah selesai
  • Anda kini memiliki akun bisnis Instagram
  • Langkah pamungkasnya, lengkapi profil Anda sebaik dan seinformatif mungkin

Pertanyaan Seputar Akun Profesional Instagram

Setelah pembahasan mengenai akun Instagram profesional, pertanyaan yang mungkin muncul mengenai hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Apa yang Dimaksud Akun Profesional Instagram Itu?

Akun instagram profesional adalah akun yang digunakan untuk mengembangkan bisnis berupa promosi maupun komunikasi dengan calon klien Anda.

2. Apa Bedanya Akun IG Profesional dan yang Biasa?

Perbedaan diantara kedua akun yaitu ada pada tampilan. Akun IG profesional dari segi tampilan dan fitur memuat: Dashboard Profesional, Izin yang Ditautkan, Profil Akun, Menu kontak, fitur Insight, fitur Ads Tool, Akun Private, dan Instagram Shopping.

3. Apa Keuntungan Akun Profesional Instagram?

Keuntungan akun profesional Instagram adalah bisa menambahkan tombol kontak dan e-mail pada profil, mendapatkan Analytic Tools (Instagram Insight), lebih mudah untuk mengunggah ads, dapat menjadwalkan posting menggunakan Creator Studio for Instagram, dan fitur DM.

4. Apakah Menggunakan Akun Profesional Instagram Berbayar?

Penggunaan akun profesional Instagram tidak memerlukan biaya atau dapat diakses secara gratis, namun apabila Anda menginginkan untuk beriklan akan ada biaya yang dibebankan.

Baca Juga: Cara Mudah Menjalankan Iklan di Instagram [Panduan Lengkap]

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai akun Instagram profesional. Pembahasan di atas dapat Anda jadikan referensi tambahan bila Anda ingin membuat akun medsos IG profesional untuk perkembangan bisnis Anda.


Bila Anda membutuhkan pelatihan mengenai akun profesional Instagram, Sasana Digital menyediakan layanan training bagi Anda yang dapat dijadikan alternatif solusi atas kebutuhan Anda. Silahkan klik banner di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?