Blog ›

21 Tips Jam Upload Instagram, Tingkatkan Jangkauan Post!

I

24 jam manusia betah membuka media sosial. Terutama Instagram yang menjadi platform media sosial paling banyak digunakan. Sebenarnya kapankah waktu yang tepat untuk upload post di Instagram?

Kenapa harus posting di Jam yang Ramai?

Bayangkan anda sedang melakukan pengumuman di suatu jalan raya tentang Diskon Kedai Ayam Geprek sebesar 50%. Lalu karena tidak tahu kapan jalan raya ramai anda berdiri di tepi jalan sejak pagi hingga malam dan setiap hari sehingga anda akan capek sendiri karena membuang tenaga dan waktu secara tidak efisien.

Terapkan analogi di tas dengan ketika Posting di Media Sosial. misalnya anda memposting konten diskon setiap jam dengan konten yang berbeda maka akan butuh banyak usaha, tenaga, pikiran, dan waktu untuk membuat banyak konten dan mempostingnya setiap jam. Alih – alih anda dapat followers justru makin banyak orang yang tidak suka karena terlalu sering diskon dan postingan tidak memicu interaksi.

Ingat Media Sosial itu tempat kita berinteraksi sehingga content kita harus menarik dan juga jam upload instagram yang tepat agar sampai ke banyak orang dengan cepat dan tepat.

Bagaimana Mendatangkan Banyak Profil Visit dan Followers?

Penjualan suatu produk atau brand dapat ditingkatkan dengan cara memperbanyak orang yang mengetahui produk tersebut dengan acara iklan secara digital ataupun konvensional atau bahkan melalui komunitas.

Instagram dapat membantu anda untuk menciptakan saluran pemasaran dengan jumlah pasar yang sangat besar hingga 70 juta lebih. dan untuk menarik hati pengguna Social Media adalah dengan mengetahui ketertarikan mereka lalu membuatkan konten yang kreatif dengan cara yang ringan serta berbau humor (sedikit/banyak tergantung jenis target market).

Selain jam upload instagram, Ada 3 teknik Instagram lain untuk meningkatkan jangkauan yaitu:

1. Gunakan Musik yang sedang Trend

Menggunakan musik yang sedang trending akan membantu postingan anda untuk lebih direkomendasikan Instagram, ditambahlagi kalau interaksi dengan followers atau non followers postingan akan dipertahankan Instagram untuk waktu yang lebih lama.

2. Gunakan 5-15 Hastagh (Related dan Spesifik)

Selain jam upload instagram, Hashtag juga yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk muncul di timeline non followers sesekali dan muncul kekita pencarian. Pastikan anda memiliki riset terlebih dahulu menggunakan google trend atau hastag stcack.

3. Gunakan Cover yang Click Bait

Hal kegita ini sangat penting selain jam upload instagram, analoginya adalah ketika anda ingin mempromosikan produk secara ofline dengan poster cetak, kita dapat melihat bahwa, sekalipun target marketnya bener tapi kalu pesan promosinya salah maka tidak akan menarik dan tidak akan orang beli juga.

Maka pastikan anda hadir di waktu yang tepat, dengan pesan promosi yang tepat, dan hastag yang cermat untuk bantu meningkatkan visit profil dan jangkauan perusahaan.

Cara Mudah Mencari Ide Konten

Melanjutkan dari poin sebelumnya tentang pesan promosi yang tepat, maka dibutuhkan juga ide konten yang berhubungan dengan target market yang ingin kita garap. Memiliki konten yang bervariasi akan memudahkan kita sebagai penjual untuk berkomunikasi dengan elegan sekalian SOFT SELLING di dalam konten-konten Instagram tentunya posting di jam upload Instagram yang paling ramai. Beriktu cara mudah mencari ide konten instagram:

1. Gunakan Pencarian Google

Caranya tinggal ketik ide konten yang anda inginkan lalu lihat rekomendasi google misal Tips Fashion Wanita

Pertanyaan google

2. Gunakan Pertanyaan yang sering ditanyakan di Google

Cara ini merupakan lanjutan dari cara 1 yaitu scroll / geser kebawah dan cari pertanyaan yang sering ditanyakan / people also ask

People also ask

3. Gunakan Penelusuran terkait di Google

Cara ini lanjutan dari cara ke 2 dengan cara geser ke bawah atau di atas cari Penelusuran terkait atau Related Search.

Related-Search

Baca Juga: Pengertian, Jenis, serta Etika dalam Pembuatan Konten

Berikut 21 Tips Jam Upload Instagram

  • Tips 1: Senin , Jam 6 Pagi 
  • Tips 2: Senin , Jam 10 Pagi
  • Tips 3: Senin , Jam 10 Malam
  • Tips 4: Selasa , Jam 2 Pagi
  • Tips 5: Selasa , Jam 4 Pagi
  • Tips 6: Selasa , Jam 9 Pagi
  • Tips 7: Rabu , Jam 7 Pagi
  • Tips 8: Rabu , Jam 8 pagi
  • Tips 9: Rabu , Jam 11 Malam
  • Tips 10: Kamis , Jam 9 Pagi
  • Tips 11: Kamis , Jam 12 Siang
  • Tips 12: Kamis , Jam 7 Malam
  • Tips 13: Jumat , Jam 1 Siang
  • Tips 14: Jumat , Jam 3 Siang
  • Tips 15: Sabtu, Jam 11 Pagi
  • Tips 16: Sabtu, Jam 7 Malem
  • Tips 17: Sabtu, Jam 8 Malem
  • Tips 18: Minggu, Jam 7 Pagi
  • Tips 19: Minggu, Jam 8 Pagi
  • Tips 20:Minggu, Jam 4 Sore

Tips jam upload Instagram di atas merupakan jam secara general yang didata oleh Later.com untuk memberikan gambaran secara umum di jam berapakah Instagram sedang ramai pengunjung. Hal ini juga dapat memberikan gambaran informasi tentang bagaimana kita akan memanfaatkan data tersebut? Juga bagaimana kita menyesuaikan data yang ada dengan audience atau followers kita.

Setiap bisnis memiliki audience Instagram yang berbeda bahkan setiap sektor industri bisa saja memiliki perilaku digital tersendiri dari target market di Instagram. Maka dari itu, harus dicoba trial dan eror terlebih dahulu untuk menemukan kombinasi yang pas bagi instagram kita sendiri.

Cara Menentukan Jam Postingan Paling Baik untuk Instagram Bisnis Pribadi

1. Posting Minimal 4 Kali 1 Minggu

Dalam rencana awal menemukan jam upload Instagram yang paling tepat harus dilakukan Trial Eror dahulu dalam kurang waktu 1 bulan guna melihat bagaimana respon dari market instagram itu sendiri. Dengan melakukan posting 4 kali 1 minggu akan mampu memberikan data yang lebih banyak untuk dianalisa karena kalau dibawah 3 pengalaman Sasana Digilab hasil datanya tidak cukup akurat untuk planning ke depannya.

2. Pilih Jam Upload Instagram dari Data General

Silahkan anda memilih dahulu jam jam yang ingin di uji untuk langkah 1, hal ini berguna untuk mempersempit ruang eror dan memperbesar kemungkinan berhasil. Sekalipun hasilnya tidak memuaskan, kita tetap mendapatkan informasi tentang jam upload instagram yang wajib dihindari sehingga tidak terjebak di kesalahan yang sama.

Baca juga: Gimana sih Algoritma Instagram Bekerja? Begini Penjelasannya

3. Lakukan Secara Konsisten di Hari dan Jam Upload Instagram Selama 1 Bulan

Fase ini paling penting untuk menjaga konsistensi pada hari dan jam upload instagram guna menjaga kualitas data. Banyak bisnis yang kurang konsiten dalam hal ini menyebabkan data yang dianalisa menjadi kurang relevan dan terjadi banyak bias. Akan sangat beresiko jika data yang bias ini dianalisa karena kesimpulannya akan membawa kemungkinan gagal yang tinggi. Jadi harus KONSISTEN.

4. Lakukan Analisa Terhadap Mana yang Berhasil dan Tidak Berhasil

Setelah memiliki data yang berkualitas dengan tetap menjaga konsitensi posting. Langkah selanjutnya adalah lakukan analisa terhadap jam postingan mana yang berhasil mendatangkan pengunjung dan followers. Silakan ganti jam postingan yang kurang memberikan peforma lalu ganti dengan jam postingan lain sesuai data general di atas.

Baca juga: Mengapa Banyak Brand yang Gagal dalam Strategi Content Marketing?

5. Tetapkan Rencana untuk 1 Bulan Berikutnya dan Ulangi dari Langkah 1

Susun kembali rencana yang telah dibuat berdasarkan pembelajaran jam upload Instagram pada 1 bulan sebelumnya untuk dijalankan sebagai testing bulan kedua. Biasanya testing ini akan memakan waktu 1-5 bulan sebelum menemukan WINNING FORMULA juga biasanya dalam 6 bulan sekali harus diadakan trial kembali.

Baca juga: Bagaimana Membuat Konten yang Baik di Social Media untuk Bisnis

Penutup

Seperti itulah 21 tips yang dapat membantu anda dalam memilih jam upload yang lebih tepat di Instagram. Anda harus memastikan bahwa waktu bisa menjadi senjata andalan yang bisa memaksimalkan akun Instagram.

Setelah ini bagi anda yang ingin mengoptimasi Instagram, kami membantu anda dalam menyediakan sumber yang lebih komprehensif untuk dipelajari secara mudah.

Kursus yang disajikan dalam bentuk video pembelajaran, dan dapat anda akses secara online kapanpun & dimanapun. Yuk, lihat kursusnya di sini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?