Blog ›

8 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah

I

Tulisan ini akan membahas Facebook Ads. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat Facebook Ads, tunggu apa lagi segera baca selengkapnya di sini.

Mengetahui hal seputar facebook ads menjadi penting bagi pengelola bisnis. Sebab pemilik bisnis yang baik biasanya mengembangkan bisnis lewat fb ads juga.

Di bawah ini sudah dirangkum langkah-langkah saat ingin membuat facebook ads dengan jelas. Selamat membaca dan memahami.

1. Membuat Halaman Facebook

Membuat halaman di Facebook menjadi langkah awal dalam membuat Facebook Ads. Sebab nantinya halaman ini akan menjadi tanda kepemilikan dari sebuah iklan. Dengan bagitu Anda dianggap sudah daftar facebook ads.

Pilih membuat halaman facebook
Membuat halaman untuk facebook ads

Meski begitu, itu hanya sebuah formalitas. Sebab dengan halaman yang Anda miliki itu masih bisa membuat iklan untuk brand dengan nama yang berbeda.

Jadi memang Facebook Ads ini tak kalah menarik dengan Google Ads sebagai tempat pemasangan iklan dari bisnis-bisnis yang ada.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Perbedaannya Bikin Untung?

2. Login ke Facebook Ads Manager

Setelah memiliki halaman kini saatnya login ke Facebook Ads. Nantinya iklan bisa dikelola dengan Facebook Ads Manager secara mendalam melalui klik Meta Business Suite dan login.

Masuk ke Facebook Ads Manager via Meta Business Suite
Masuk ke Ads Manager via Meta Business Suite

Jangan lupa untuk belajar kiat-kiat cara membuat facebook ads yang menarik nantinya ya! Sehingga audience yang melihat iklan Anda ingin segera mendatangi produknya.

3. Tentukan Objektif Iklan Facebook Ads

Saat telah memulai untuk membuat iklan Facebook Ads, hal pertama yang harus dipilih adalah objektif iklan. Objektif iklan ini merupakan sasaran yang ingin dicapai oleh iklan.

Tentukan Tujuan Kampanye iklan facebook ads

Objektif iklan pada Facebook Ads Manager sendiri ada 6, masing-masingnya memiliki manfaat dan spesifik tersendiri. Sasana Digital akan mengulasnya spesial untuk Anda.

Awareness

Opsi objektif ini disediakan oleh FB Ads untuk bisnis atau perusahaan yang ingin dikenal lebih banyak orang dari sebelumnya.

Awareness sendiri merupakan funnel digital marketing yang menjadi tahap awal dalam mengumpulkan calon pembeli yang potensial dari sebuah brand.

Awareness menjadi objektif pada Facebook ads

Objektif ini juga bagus pada brand yang ingin tetap diingat oleh masyarakat umum. Sehingga menjaga awareness agar tidak tersaingi dengan brand lain.

Intinya objektif ini membuat dan menjaga ingatan konsumen atau audience para brand Anda. Lebih bagus lagi mereka ingat langsung pada produk dan lokasi toko Anda.

Traffic

Opsi objektif yang satu ini dibuat Facebook Ads untuk bisnis atau perusahaan yang ingin menunjukan pada konsumen suatu lokasi atau halaman sebuah produk atau halaman online sebuah brand.

Traffic menjadi objektif di facebook ads

Pada objektif ini iklan yang Anda siapkan adalah klik link yang membuat audiens berpindah tempat atau mengunjungi sebuah halaman (landing page).

Selain halaman alias landing page, bisa juga digunakan untuk menggiring agar mengunjungi sebuah website dan aplikasi dari sebuah brand atau perusahaan tertentu.

Baca Juga: Bahas Lengkap Apa Itu Landing Page hingga Jenis & Contohnya!

Engagement

Objektif ini menjadi sebuah opsi bagi bisnis atau perusahaan yang ingin meningkatkan interaksi pada sebuah konten online. FB ads mencoba menghadirkan engagement agar iklan Anda menghasilkan sebuah interaksi.

Interaksi tersebut bisa berupa jumlah views pada video di sebuah konten. Bisa juga jumlah likes dan komentar yang bertambah pada sebuah konten.

Engagement menjadi objektif di facebook ads

Objektif engagement bagus untuk brand yang telah memiliki konten potensial. Sehingga orang-orang akan spontan berkomentar dan memberi likes setelah Anda memasang iklan.

Leads

Dari namanya saja sudah jelas ya… Facebook Ads Manager memberi opsi pada bisnis yang membutuhkan leads. Sehingga nantinya setelah memasang iklan ada leads yang berdatangan. Biasanya melalui formulir online yang disematkan.

Leads jadi objektif di facebook ads

Beberapa bisnis juga mengarahkan calon pembeli pada WhatsApp dan nomor telepon untuk merasakan produk/jasa yang ditawarkan. Jadi iklan di FB ads ini tidak hanya untuk facebook.

Baca Juga: Catat 9 Poin Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa!

App Promotion

Yang satu ini juga sudah jelas ya dari namanya… Facebook Ads Manager menyediakan objektif ini bagi pebisnis yang ingin mempromosikan aplikasi.

Sehingga nantinya iklan yang Anda pasang di Facebook Ads membantu mendorong orang-orang agar melakukan install aplikasi Anda pada gadget mereka.

Untuk tahapan yang lebih advance, objektif ini membuat orang-orang tetap ingat pada aplikasi Anda dan selalu memakainya.

App Promotion menjadi objektif dalam facebook ads

Salah satu trik yang bisa Anda gunakan dalam objektif ini adalah berkaitan dengan event baru di sebuah aplikasi. Sehingga konsumen Anda kembali membuka aplikasinya.

? Sales

Objektif ini secara terang-terangan mencari pembeli yang akan membayar langsung produk dan jasa yang ditawarkan.

Tinggal bagaimana seberapa pintar membuat informasi pada produk yang dijual. Beberapa orang yang membeli produk dari iklan karena tidak memiliki waktu untuk mencari barang.

Ada juga beberapa orang yang tidak mencari produk karena mengira produk itu tidak dijual di Indonesia melalui internet.

Sales menjadi objektif di facebook ads

Salah satu trik yang bisa Anda pakai saat mengincar objektif ini adalah menyajikan katalog yang informatif.

4. Pilih Anggaran dan Jadwal di Facebook Ads

Setelah tadi mengetahui objektif yang ada pada FB ads, kini Anda siap mengetahui langkah selanjutnya. Namun bila Anda langsung loncat ke bagian ini, nantinya bisa kebingungan mempraktikkan cara membuat facebook ads untuk iklan.

Memilih anggaran di Facebook memang menjadi tahap yang penting. Sebab untuk menjalankan sebuah iklan Anda harus membayar sekian rupiah agar iklan tersebut selalu tayang.

Anggaran Facebook Ads dan jadwalnya perlu diatur

Harga dari iklan di Facebook Ads bagi sebagian orang terlihat mahal. Tetapi bila dibandingkan dengan iklan konvensional seperti baliho dan halaman koran, harganya jauh lebih mudah pada iklan di Facebook Ads.

Opsi yang paling aman Anda bisa memilih pembayaran melalui harian, sehingga bisa selalu memantau perkembangan iklan yang Anda pasang.

Brand Anda bisa memasang hari apa untuk memulai iklan. Nantinya menjadi gambaran kira-kira seberapa lama iklan terus ditayangkan dan menemukan pembeli yang potensial.

5. Facebook Ads Bantu Pilih Audience

Audience atau bahasa Indonesianya adalah pemirsa, bisa Anda pilih dalam beriklan di Facebook Ads. Bukankah itu suatu inovasi dalam dunia iklan?

Sebab dulu kita tidak bisa memastikan dengan sangat akurat siapa saja orang yang melihat iklan kita di koran atau baliho atau majalah.

Facebook Ads bantu pilih audience

Maka pada tahap ini tentukan audience iklan sesuai dengan identitas orang yang cocok dengan produk Anda. Sehingga nantinya iklan Anda lebih mudah konversi calon konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Conversion Rate Optimization dan 5 Kunci Suksesnya?

Sebagai contoh, bila Anda menjual sandal anti rematik, berarti jangan targetkan pemirsa iklan Anda pada umur anak muda.

Begitupun bila Anda menjual produk terkait hobi, pastikan mereka yang melihat iklan bisnis Anda memiliki behaviour dan interest pada hobi terkait.

Selain itu pastikan lokasi yang Anda pilih dapat menambah potensi orang-orang atau audience untuk membeli produk yang Anda jual.

6. Facebook Ads Harus Ditunjang Format Iklan

Setelah audience brand sudah Anda tentukan, kini saatnya menentukan format Ads. Sebab iklan dalam Facebook Ads memiliki format yang bervariatif.

Format iklan facebook ads perlu disiapkan

Format yang bisa Anda pilih mulai dari carousel (2 gambar/video yang bisa digeser), single image or video (gambar atau video satuan), collection (kelompok item yang dibuka menjadi layar penuh pada ponsel).

7. Media untuk Beriklan di Facebook Ads

Saat menggunakan Facebook Ads, Anda akan difasilitasi dengan media-media yang dapat Anda pilih.

Media beriklan dalam facebook ads

Nantinya media yang dipilih ini membantu bisnis Anda memasang iklan pada berbagai macam tipe media. Mulai dari feeds, overlay pada reels, instagram stories, hingga search result.

8. Terakhir adalah Pembayaran Iklan

Klik billing untuk pasang iklan di facebook ads

Langkah terakhir dalam membuat iklan Facebook Ads adalah proses pembayaran. Di sini kamu bisa klik billing pada bagian layar berlogo koin di menu Meta Business Suite.

Terdapat beberapa opsi pembayaran yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan proses beriklan di Facebook Ads Manager alias Meta Business Suite.

Pembayaran memasang iklan di Ads Manager Meta for Business

Anda bisa membayar dengan Debit, GoPay, Ovo, Bank Transfer Mandiri, Bank Transfer Danamon, Bank Transfer CIMB, Bank Transfer BNI, Doku Wallet, hingga Bank Transfer dengan aplikasi Flip.

Ini Contoh Facebook Ads

Tak lengkap rasanya bila sudah mengetahui langkah-langkah membuat facebook ads tetapi tidak mengetahui contohnya. Maka di sini kami akan memberi contoh ads/iklan yang sudah terdaftar di facebook ads.

Ini bisa menjadi inspirasi saat hendak membuat atau bikin iklan di Facebook Ads nantinya.

a. Contoh Facebook Ads dari Pocari Sweat

Gambar di atas adalah contoh iklan yang dibuat oleh Pocari Sweat dalam Facebook Ads. Iklan tersebut bisa ditayangkan pada Facebook juga pada Instagram.

b. Contoh Facebook Ads dari Nike

Berikutnya ada contoh Facebook Ads dari brand ternama yaitu Nike. Sepatu menjadi produk yang dijual oleh Nike dalam iklan pada Facebook Ads. Dilengkapi pula dengan tombol shop now yang bisa diklik oleh calon pembeli.

Semoga contoh-contoh di atas bisa membantu Anda dalam belajar Facebook Ads dan juga menambah ide ketika akan pasang iklan di Facebook dan Instagram.

Pertanyaan Seputar Cara Membuat Facebook Ads

Setelah tadi dijelaskan pon-poin penting cara membuat facebook ads, kini Sasana Digital akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan pada topik caranya membuat fb ads.

a. Apakah Facebook Ads berbayar

Facebook Ads itu berbayar dan membantu Anda memasang iklan di internet.

b. Berapa Budget Minimal untuk Melakukan Facebook Ads?

Pada tahun 2022 biaya paling sedikit yang harus dikeluarkan per hari adalah Rp16.000 untuk hasil yang optimal. Namun tetap saja harga bisa lebih mahal atau murah tergantung pada campaign yang dijalankan pada Facebook Ads.

c. Apa Perbedaan Antara Facebook Ads dan Google Ads?

Banyak perbedaan unik yang ada pada Facebook Ads dan Google Ads. Salah satunya pada cara menarget orang-orang. Bila Anda terarik boleh baca artikel lain tentang perbedaan Facebook Ads dan Google Ads.

d. Kekurangan Facebook itu Apa?

Dari sekian kelebihan yang ada pada Facebook Ads ternyata ada juga kekurangan pada FB Ads. Yaitu iklan yang telah dipasang kadang tidak berjalan secara otomatis.

Hal ini disebabkan oleh targeting iklan yang sangat spesifik sehingga hanya menyasar pada orang tertentu. Bila selama tiga hari iklan tidak berjalan, maka bisa dipastikan orang yang Anda sasar tidak ada yang cocok selama tiga hari itu.

Penutup

Pada akhirnya iklan yang berguna adalah yang bisa membawa dampak baik pada perkembangan bisnis. Jangan sampai proses beriklan malah membuang waktu.

Terlebih Facebook Ads menjadi bagian strategi digital marketing yang sangat jitu. Bila Anda tak bisa memakainya maka pesaing Anda yang akan menggunakannya.

Namun tak perlu khawatir. Sebab sudah ada Sasana Digital yang siap menjadi partner terbaik. Sehingga bisnis Anda bisa bertumbuh dengan digital marketing melalui pendampingan dan klik banner di bawah!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital