Blog ›

5 Tips Foto Katalog Produk yang Menarik dan Auto Dilirik!

I

Dalam dunia bisnis, entah itu bisnis konvensional maupun bisnis digital, strategi promosi adalah hal yang paling penting agar sebuah bisnis dapat dikenal sehingga menghasilkan penjualan dan mendapat keuntungan.

Tetapi, agar audiens dapat mengenal bisnis Anda, dibutuhkan foto katalog terhadap produk yang Anda jual. Ini sama halnya dengan bisnis ritel, memajang produk pada sebuah etalase di dalam toko. 

Namun, pada bisnis digital, Anda hanya menyiapkan sebuah foto produk yang dibuat semenarik mungkin dan ditampilkan pada platform media sosial yang digunakan. 

Lantas, mengapa foto katalog begitu penting bagi bisnis? Dan bagaimana tips dalam membuat foto katalog? Untuk lebih lengkapnya, simak artikel dibawah ini. 

Mengenal Apa Itu Foto Katalog

kegunaan foto katalog dalam bisnis

Foto Katalog Produk adalah bentuk media promosi yang dilakukan oleh bisnis atau perusahaan guna mempromosikan sebuah produk kepada calon konsumennya. Melalui foto katalog, konsumen akan mengetahui seperti apa produk yang nantinya akan ia dapatkan. 

Foto katalog layaknya sebuah media informasi dari suatu perusahaan yang berupa koleksi atau daftar produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Informasi itu dapat berupa harga, size chart, hingga pilihan warna. 

Media yang digunakan berupa media cetak maupun media digital. Berikut ini contoh dari penerapan foto katalog produk yang digunakan melalui media cetak dan media digital. 

Pada gambar tersebut, perusahaan ritel seperti indomaret membuat foto katalog produk dengan menggunakan media cetak, biasanya indomaret akan membuat foto katalog produk dalam bentuk sebuah brosur yang nantinya dibagikan kepada audiens.

Beda halnya dengan menggunakan media digital. Perusahaan akan menampilkan foto katalog produk hanya melalui media sosialnya yang digunakan. Dapat dilihat seperti pada gambar diatas yang dilakukan oleh brand 13thshoes.

Dengan hanya menggunakan media sosial, perusahaan tidak perlu repot-repot lagi membagikan brosur kepada audiens. Biasanya, platform media sosial yang dapat digunakan seperti Instagram, WhatsApp, Pinterest, dan Facebook. 

Mengapa Foto Katalog Produk Penting bagi Bisnis

Apakah Anda pernah melihat sebuah perusahaan/bisnis yang tidak memajang foto katalog produknya? Jika pernah, pastinya bisnis tersebut belum mengetahui seberapa pentingnya foto katalog produk untuk keberlangsungan bisnis. 

Foto katalog produk memiliki peranan penting demi keberlangsungan bisnis, audiens akan mengetahui berbagai macam produk melalui visualisasi yang menarik. Disamping itu, mereka juga akan tergugah dan teryakini untuk bertransaksi. 

Bagaimana caranya? Anda bisa memberikan pelayanan prima sehingga bisa memenuhi dan memuaskan para konsumen. Konsep pelayanan prima dapat berupa sikap, perhatian, serta tindakan yang diberikan ketika melayani seorang konsumen. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam konsep ini seperti menyapa, bertanya apa saja dan memahami yang diinginkan dan konsumen, melakukan pelayanan yang ramah, tepat dan cepat serta menempatkan konsumen menjadi yang paling utama.

Tips Membuat Foto Katalog Produk yang Menarik

Pembuatan foto katalog merupakan cara yang efektif bagi pebisnis untuk mengenalkan produk ke konsumen/pelanggan. Dengan katalog, Anda berkesempatan untuk membuat mereka tertarik untuk membeli. 

Karena nantinya katalog akan dibaca oleh target, maka desain katalog harus dirancang semenarik mungkin. Aspek yang paling mendukung dalam katalog produk adalah foto produk. 

Karena itu, pemilihan foto yang bagus menjadi sangat penting untuk ditampilkan di dalam katalog. Berikut ini beberapa tips membuat foto katalog produk:

1. Selalu Tampilkan Sisi Terbaik Produk

Hal yang akan pertama kali dilihat oleh audiens adalah sebuah produk dengan melalui visualisasi yang menarik. Oleh karena itu, selalu tampilkan sisi terbaik dari produk Anda. 

Semua audiens pasti ingin mendapatkan produk terbaik atas apa yang telah ia pilih. Berbagai pertimbangan telah ia lakukan untuk akhirnya dapat membeli produk Anda.

2. Pilih Angle & Pencahayaan Tepat untuk Mendukung Visual

Sebelum audiens membeli suatu produk, pastinya ia mempertimbangkan apakah produk tersebut akan sesuai dengan ekspektasinya atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu memilih angle dan pencahayaan yang tepat untuk mendukung visual. 

Disarankan untuk sesuai dengan tampilan asli produk, tidak perlu menggunakan terlalu banyak editing sehingga mengubah tampilan warna dari produk tersebut. 

Hal ini akan membuat audiens Anda kecewa karena telah membeli produk yang tidak sesuai dengan tampilan sebuah foto. 

3. Kreasikan Latar Foto Sesuai dengan Pesan

Latar atau background menjadi hal yang sangat penting dan sebaiknya selalu ada dalam sebuah foto yang kita buat. Background mempunyai peranan yang sangat sentral dalam hal ini. 

Dengan background, semua subyek foto apapun bisa menjadi terlihat lebih menarik. Sebaliknya subyek foto sebagus apapun jika tidak memiliki background yang bagus akan terasa membosankan hambar atau datar jika dilihat.

4. Lengkapi Produk dengan Atribut Pendukung

Lengkapi produk yang difoto dengan atribut pendukung seperti kamera, tripod, dan lighting agar memiliki kualitas foto yang baik dan bagus. Hal tersebut dapat menarik perhatian audiens karena foto produk terlihat jelas, jernih, dan pecahayaan yang tepat. 

Selain atribut tersebut, ada pula atribut pendukung lainnya yaitu properti dengan menambahkan cermin, kain, karpet bulu, atau tumbuhan kering untuk memperindah dan mempercantik sebuah foto.

5. Pilih dan Periksa Kembali Foto-foto Terbaik di dalam Katalog Produk

Sebelum Anda mengunggahnya, pilih dan periksa kembali foto-foto terbaik untuk ditampilkan dalam katalog produk. Ini terdengar sederhana, tetapi hal ini sering kali dilewatkan oleh para pebisnis. 

Bagaimana Cara Memilih Jasa Foto Katalog Produk yang Tepat?

Membuat foto produk yang profesional jelas bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal teknis yang perlu diperhatikan demi bisa menunjukkan sisi terbaik dari produk yang hendak dijual. Namun bagi mereka yang belum berpengalaman, mendapatkan hasil jepretan seperti ini jelas akan sangat sulit.

Kini ada jasa fotografi produk yang mampu membantu mewujudkan hal tersebut. Dibekali dengan peralatan lengkap, kemampuan dan pengalaman yang cukup sehingga mendapatkan hasil jepretan yang terbaik.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:  

a. Lihat Portofolionya

Hal pertama yang harus Anda lihat adalah portofolio jasa tersebut, Anda bisa melihat portofolio freelance atau agensi yang menyediakan jasa foto produk dan membandingkan konsep yang Anda punya dengan hasil kerja mereka. 

b. Jenis Layanan Foto

Jika Anda memilih jasa studio, perlu untuk memperhatikan jenis layanan yang diberikan, pilihlah jasa untuk pemilik bisnis seperti layanan foto produk yang memiliki fasilitas lengkap sehingga menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.  

c. Harga vs Kualitas Foto

Harga layanan untuk jasa foto produk bisa dijadikan salah satu tolak ukur penilaian jasa edit foto profesional. Semakin mahal harga jasa edit foto atau paket fotografi semakin berkualitas pula layanannya. 

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan jasa edit foto dengan kualitas bagus dan harga terjangkau. Tergantung pandai-pandainya Anda dalam memilih.

d. Perhatikan Reputasinya

Terakhir adalah perhatikan reputasi yang mereka dapat, ini merupakan bagus atau tidaknya review dari klien yang telah bekerja sama dengan mereka.

Sehingga Anda dapat mengetahui dan memutuskan apakah jasa tersebut cocok atau tidak dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Penutup

Foto Katalog Produk adalah bentuk media promosi yang dilakukan oleh perusahaan guna mempromosikan sebuah produk kepada calon konsumennya. 

Sehingga Foto katalog bisa diartikan sebagai sebuah media informasi dari suatu perusahaan yang berupa koleksi atau daftar produk yang dimiliki perusahaan tersebut. 


Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu layanan Free Consulting kami di sini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?