Blog ›

Galeri Iklan Facebook: 3+ Cara Mudah Gunakan Ad Library

I

Tahukah Anda Facebook memiliki fitur iklan yang menarik bernama Facebook Ads Library atau Galeri Iklan Facebook?

Fitur ini bisa membantu Anda apabila tengah stuck dalam mencari ide-ide iklan bisnis. Ads Library bisa menjadi solusi untuk mencari berbagai inspirasi iklan. Bahkan dengan fitur ini, Anda juga bisa memantau iklan milik kompetitor Anda. 

Lalu, apa itu Galeri Iklan Facebook dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel ini akan membahas secara lengkap dari pengertian, fungsi, cara menggunakan, hingga strategi Facebook Ad Library untuk mendapatkan banyak pelanggan. Simak sampai habis ya!

Apa Itu Facebook Ads Library (Galeri Iklan Facebook)?

Facebook Ads Library adalah sebuah fitur gratis milik Meta yang menampilkan semua iklan yang ditayangkan di Facebook, Instagram, Messenger, hingga Audience Network. 

Dengan Ad Library, Anda bisa mencari tahu informasi detail tentang sebuah iklan. Mulai dari perusahaan pembuat iklan, kapan iklan ditayangkan pertama kali, di platform mana iklan muncul, hingga isi iklan, seperti teks, gambar, dan video. 

Ada dua jenis iklan di Galeri Iklan Facebook, yaitu iklan umum dan iklan politik. 

Untuk iklan umum, Anda hanya bisa melihat selama status iklan tersebut masih aktif, seperti pemasaran produk atau layanan. 

Sedangkan untuk iklan politik, Anda tetap bisa mengakses meskipun statusnya tidak aktif lagi. Di sini akan ditampilkan informasi tambahan mengenai iklan, seperti, siapa yang mendanai iklan, kisaran biaya yang dihabiskan, dan jangkauan iklan di beberapa demografi. 

Tidak hanya itu, manfaat Facebook Ads Library adalah Anda juga bisa mengakses iklan tersebut tanpa memiliki akun Facebook. Sistem transparansi tersebut akan memberi akses kepada user lain untuk melihat detail iklan kompetitor.

Hal ini tentu akan berdampak positif karena mempermudah Anda untuk mencari tahu lebih dalam mengenai iklan kompetitor sehingga dapat meningkatkan strategi milik Anda. 

Namun Anda diharuskan untuk mempunyai akun Facebook, jika Anda ingin melaporkan suatu iklan yang kurang pantas untuk ditampilkan. 

Setelah memahami pengertian Galeri Ads Library, selanjutnya kita akan membahas apa saja fungsi dari penggunaan fitur dari Meta tersebut.

Facebook Library untuk Analisis Bisnis Anda

Pada fitur Ad Library, terdapat juga fitur tambahan untuk menganalisis strategi iklan di Facebook Ad Library atau Instagram Ad Library. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini fitur yang bisa Anda coba.

1. Laporan Galeri Iklan

Pada fitur ini, Anda bisa melihat dan mengunduh data terkait masalah sosial, pemilu, atau politik. Fitur ini bisa diakses secara bebas oleh publik yang merupakan bagian dari upaya Meta untuk meningkatkan transparansi dalam periklanan.

Pada Laporan Galeri Iklan, Anda bisa melihat total galeri beserta jumlahnya, melacak pengeluaran pengiklan, serta data pengiklan berdasarkan rentang tanggal untuk iklan tentang isu sosial, pemilu, atau politik di seluruh teknologi Meta.

2. API Galeri Iklan

Application Programming Interface (API) merupakan Galeri Iklan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian kata kunci khusus dari iklan yang disimpan di Galeri Iklan. 

Di sini Anda bisa mencari data untuk semua iklan aktif dan tidak aktif tentang isu sosial, pemilu, atau politik.

Baca juga: Meta Business Suite: Kelola Akun Bisnis Lebih Optimal!

Fungsi Facebook Ads Library

fungsi facebook ads library (galeri iklan facebook)

Setelah mengganti nama menjadi Meta untuk tujuan rebranding dengan nama yang sejalan dengan visi masa depan, Facebook Ads Library juga mengubah nama menjadi Ad Library.

Dengan berbagai fitur yang tersedia di Library Ads, Anda tidak hanya dapat melihat contoh iklan untuk inspirasi, namun juga untuk melihat Insight iklan Anda. Berikut ini beberapa fungsi lain galeri iklan yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai Referensi Iklan

Dengan galeri iklan Facebook, Anda bisa menemukan berbagai referensi iklan sesuai kebutuhan. Dari hal yang berkaitan dengan gaya bahasa, platform, jenis iklan, dan lainnya bisa Anda temukan lewat Facebook Library.

2. Melihat Iklan yang Sedang Berjalan

Bagaimana cara mengetahui iklan instagram sudah tayang? Dengan fitur ini, Anda bisa melihat berbagai iklan milik kompetitor.

Anda bisa juga melihat insight kinerja iklan di Pengelola Iklan Meta untuk setiap iklan yang dijalankan di Facebook, Instagram Ad Library, atau teknologi Meta lainnya

Cara kerjanya cukup mudah. Jika Anda ingin mencari referensi iklan skincare, maka FB Library akan menampilkan berbagai kumpulan iklan mengenai produk skincare yang bisa dijadikan referensi untuk produk Anda.

3. Melihat Trend Iklan

Untuk terjun di dunia digital marketing, Anda perlu peka dan up-to-date dengan perkembangan tren yang ada. Oleh sebab itu, Anda perlu melihat dan memantau tren yang tengah berkembang.

Adanya Facebook Library, tentunya akan mempermudah Anda dalam melakukan hal tersebut. Fitur Meta ini dapat membantu Anda melihat topik tren yang sedang ramai. Dengan begitu, Anda juga dapat berlomba dengan brand lain untuk menarik perhatian audiens.

Baca juga: 8 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah

4. Menemukan Klien Baru

Tidak hanya melihat iklan kompetitor saja, facebook galeri juga dapat membantu Anda dalam menemukan klien baru dengan keyword tertentu. 

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis agensi digital marketing dan sedang mencari jasa pembuatan konten marketing. Pada fitur Ad Library Facebook, Anda bisa mengetikkan keyword “jasa pembuatan konten marketing” dan menggaet mereka sebagai klien Anda.

5. Memantau Aktivitas Iklan Kompetitor

Kompetitor sering kali dianggap sebagai suatu tantangan atau resiko bagi suatu bisnis. Sebab itu, melakukan riset kompetitor untuk melihat aktivitas kampanye iklan juga perlu dilakukan dalam menyusun strategi iklan yang tepat bagi bisnis.

Salah satu fungsi utama dari galeri iklan Facebook adalah memantau iklan kompetitor untuk menganalisis strategi yang mereka terapkan. 

Hal ini tentu akan membantu Anda dalam menyusun strategi iklan Anda sendiri, dengan menilai kelebihan dan kekurangan strategi yang digunakan kompetitor.

Lalu, bagaimana cara melihat iklan Facebook dan Instagram serta apa yang perlu diperhatikan saat melakukan riset iklan kompetitor? Simak penjelasan lebih lanjutnya.

5 yang Perlu Diperhatikan saat Riset Iklan Kompetitor

Dalam melakukan riset iklan kompetitor, tidak bisa dilakukan begitu saja. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan riset iklan kompetitor.

1. Tanggal Tayang Iklan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tanggal penayangan iklan. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan tren pasar yang berlangsung.

Selain itu, mengetahui tanggal tayang iklan kompetitor juga bisa menghindarkan Anda dari kerugian akibat persaingan bisnis. Anda bisa menyesuaikan tanggal campaign iklan Anda agar tidak terjadi bentrok dengan campaign milik kompetitor.

2. Jenis Iklan

Kini, rata-rata orang terpapar hampir 4.000 iklan per harinya. Hal ini menunjukkan bahwa iklan masih menjadi strategi efektif untuk mengenalkan produk ke publik. 

Jenis iklan menjadi hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya. Jenis iklan tersebut dapat berupa format iklan, seperti gambar, video, carousel, dan lain sebagainya. 

Dengan mengetahui jenis-jenis iklan yang digunakan kompetitor, tentunya Anda bisa mendapatkan ide untuk membuat iklan milik Anda.

Baca juga: Apa Itu Campaign? Berikut Cara Membuat serta 5 Manfaatnya!

3. Platform Iklan

Selain jenis iklan, platform iklan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam melakukan riset. Sebab, beberapa jenis iklan akan lebih cocok untuk ditayangkan di platform tertentu.

Contohnya adalah Instagram Feeds yang lebih cocok untuk jenis iklan carousel, Instagram Story atau Facebook Story yang cocok untuk video iklan vertikal, dan Facebook Feeds yang tepat untuk membagikan jenis iklan memes.

4. Visualisasi Iklan

Umumnya visual iklan akan menggambarkan image atau citra dari sebuah brand. 

Dengan mengetahui visual iklan yang digunakan kompetitor, Anda turut dapat mengetahui iklan seperti apa yang lebih disukai audiens. Seperti audiens yang lebih menyukai visual konten memes, before-after, hingga infografis. 

Dengan memahami visualisasi kompetitor, Anda akan lebih mudah dalam menyiapkan materi iklan serta metode iklan agar tepat dengan target audiens yang dituju.

Baca juga: Ketahui Apa Itu Visual Marketing Beserta 7+ Jenisnya

5. Copywriting Iklan

Hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah terkait copywriting iklan. Sangat penting untuk memperhatikan copywriting yang dibuat pada iklan pesaing. 

Hal ini disebabkan suatu iklan di FB Library terdiri atas teks utama, headline, dan deskripsi. 

Sama seperti visualisasi iklan, memperhatikan copywriting iklan juga akan membantu Anda dalam menyusun strategi promosi iklan yang efektif.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Untuk Anda yang mulai tertarik menggunakan langsung galeri iklan untuk bisnis, berikut ini beberapa cara menggunakan Facebook Galeri yang bisa Anda coba dengan mudah.

1. Akses Laman Facebook Ads Library

akses galeri iklan facebook

Langkah pertama menggunakan Ads Library adalah mengakses laman Facebook Ads Library

Setelah Anda masuk ke laman tersebut, Anda juga bisa login akun Facebook terlebih dahulu untuk bisa mengakses fitur Report Ads. Namun, jika Anda ingin langsung memakai tools ini tanpa login juga tetap bisa.

2. Atur Lokasi, Kategori Ads, dan  Kolom Pencarian

pilih kategori galeri iklan facebook

Setelah masuk ke laman Ad Library Facebook, Anda bisa mulai mengatur lokasi dan kategori iklan sebelum Anda memanfaatkan fitur pencarian.

Untuk fitur lokasi, Anda bisa memilih negara tertentu untuk melihat iklan yang tampil di negara tersebut. Sedangkan untuk Ad category, Anda bisa memilih kategori iklan yang Anda inginkan, seperti All Ads ataupun Issues, elections, or politics.

3. Atur Filter Iklan berdasarkan Iklan yang Dicari

atur filter iklan di galeri iklan facebook

Untuk mencari iklan yang lebih spesifik, Anda bisa memanfaatkan fitur filter yang terletak pada pojok kanan layar Anda. Ketika Anda mengklik fitur filter, maka akan muncul berbagai opsi. 

Filter Berdasarkan Bahasa

Pada opsi filter ini, Anda bisa menyesuaikan bahasa apa yang ingin digunakan dalam pencarian iklan. Bahasa yang disediakan dalam filter ini terdiri dari, Semua Bahasa, English, Indonesia, Tagalog, dan bahasa lainnya.

Filter Berdasarkan Pengiklanan

Tidak kalah menarik,dengan library ads Anda juga bisa menentukan filter berdasarkan pengiklanan untuk melihat iklan-iklan milik kompetitor Anda. 

Dengan filter ini, Anda dapat dengan mudah menentukan iklan kompetitor mana yang ingin Anda amati atau analisis. Sebab, filter pengiklanan telah menyediakan kompetitor Anda secara otomatis.

Filter Berdasarkan Platform

Setelah Anda menentukan pengiklanan, Anda juga bisa mencari iklan yang tayang berdasarkan platform tertentu dengan filter satu ini.

Filter ini menyediakan beberapa pilihan platform yang berada di bawah naungan Perusahaan Meta. Platform tersebut adalah Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger. 

Di sini Anda bisa secara bebas memilih salah satu atau semua platform dalam mencari iklan yang Anda inginkan.

Filter Berdasarkan Jenis Media

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan Ad Library Anda bisa menentukan iklan berdasarkan jenis media yang digunakan pada filter iklan ini. 

Pada filter jenis media, terdapat berbagai opsi yang bisa Anda pilih, seperti Gambar, Meme, Gambar dan Meme, Video, hingga Tanpa Gambar atau Video. 

Untuk menentukan jenis media iklan, Anda tidak perlu merasa bingung karena setiap jenis media tersebut terdapat keterangan yang dapat memudahkan Anda.

Filter Berdasarkan Status Aktif

Berikutnya, Anda juga bisa memfilter iklan Anda berdasarkan status iklan. Filter berdasarkan status aktif ini, dapat membantu Anda dalam melihat iklan yang masih aktif atau iklan yang sudah tidak aktif lagi. 

Filter Impresi berdasarkan Tanggal

Bagian terakhir dari filter iklan adalah impresi berdasarkan tanggal. Pada bagian ini Anda bisa menentukan rentang tanggal iklan yang akan Anda tayangkan.

Memanfaatkan filter ini dapat membantu Anda dalam memilih tanggal tayang iklan, agar tidak berhadapan dengan iklan kompetitor lainnya. 

Jika sudah menentukan seluruh opsi pada fitur filter, selanjutnya Anda bisa mengklik Apply Filter. Dengan begitu, akan ditampilkan hasil iklan yang tayang berdasarkan semua pilihan filter sebelumnya.

4. Bandingkan dengan Iklan Kompetitor Anda

Setelah melihat hasil tampilan iklan Anda, mungkin Anda akan menemukan beberapa iklan dengan dengan keterangan This ad has multiple versions.

Hal ini berarti, iklan tersebut menggunakan beberapa variasi gambar dan teks yang berbeda dalam satu iklan yang sama. 

Dengan menggunakan berbagai fitur filter yang tersedia, maka jangkauan riset Anda bisa lebih spesifik dan tertarget pada hal-hal yang ingin dilihat saja.

Saat membandingkan suatu iklan secara langsung memang terkadang akan sedikit bernada negatif.

Namun, hal yang satu ini juga memiliki dampak positif karena bisa lebih menarik perhatian dari audiens.

Untuk itu, jangan lupa tunjukkan keunikan yang dimiliki oleh brand Anda. Itulah mengapa perlu dipersiapkan USP atau Unique Selling Proposition dari brand terlebih dahulu.

Baca juga: Google Ads vs Facebook Ads, Perbedaannya Bikin Untung?

5 Strategi Facebook Ads Library untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan

strategi facebook ads library (galeri iklan facebook)

1. Cari Kata Kunci yang Berkaitan dengan Bisnis

Memilih beberapa kata kunci (keyword) yang relevan dengan bisnis Anda dapat membantu dalam mencari ide atau referensi iklan. Bahkan, Anda juga dapat mengetahui trend yang berkembang terkait dengan bisnis Anda.

2. Perhatikan Iklan yang Telah Sukses

Apabila salah satu kompetitor Anda, mengalami peningkatan penjualan yang signifikan pada periode tertentu. Maka tugas Anda adalah menganalisis bagaimana iklan yang mereka jalankan pada periode tersebut. 

Dalam hal ini gunakanlah strategi ATM (Amati – Tiru – Modifikasi).

Anda bisa menganalisis jenis media, platform, hingga cara menjangkau target audiens dengan iklan tersebut. Kemudian, Anda bisa memodifikasi iklan tersebut agar tampak berbeda dan lebih mengesankan dibandingkan iklan milik kompetitor.

3. Kumpulkan Berbagai Inspirasi Iklan

Inspirasi adalah hal terpenting dalam proses pembuatan suatu iklan. Jika Anda tengah berada di fase kesulitan dalam merancang ide pembuatan iklan, Facebook Ad Library bisa jadi kunci penyelesaiannya. 

Dengan fitur dari Meta ini, Anda bisa menemukan berbagai inspirasi iklan dari jenis media yang digunakan hingga status aktif iklan tersebut. 

Ad Library dapat membantu Anda dalam mencari berbagai iklan dengan berbagai details, seperti gambar, tulisan, hingga target audiens.

4. Perhatikan Pesan di Iklan yang Disampaikan oleh Brand Lain

Terdapat beberapa tips untuk mempelajari iklan kompetitor. Di sini Anda dapat menganalisis seberapa kreatif iklan kompetitor dibuat. Perhatikan beberapa elemen yang menarik, seperti animasi, warna, ataupun teks yang digunakan.

Anda juga bisa memperhatikan ad copy dan caption secara tepat digunakan dalam menyampaikan pesan iklan baik itu di tahap awareness, consideration, atau conversion.

5. Perhatikan Bagaimana Kompetitor Melakukan Testing

Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan dalam dunia pemasaran adalah A/B Testing. 

Dikutip dari Harvard Business Review, A/B testing adalah cara untuk membandingkan dua versi dari suatu hal demi mengetahui mana yang bekerja lebih baik.

A/B testing memungkinkan Anda untuk dapat memahami pesan dan visual yang paling relevan dengan target audiens. Beberapa faktor yang bisa Anda uji adalah visual, copywriting, ataupun format iklan yang digunakan. 

Anda dapat melakukannya dengan mencari satu brand kompetitor lalu perhatikan apakah ada iklan yang memiliki konten visual yang sama, tapi copywriting berbeda. Bisa juga iklan yang memiliki copywriting sama konten visual atau format iklan berbeda.

Pertanyaan Seputar Galeri Iklan Facebook (Facebook Ads Library)

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan Galeri Iklan Facebook. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait Ad Library.

1. Apa Itu Facebook Ads Library atau Meta Ad Library?

Pengertian Facebook Ads Library adalah sebuah fitur gratis Meta yang menampilkan semua iklan yang tayang di seluruh jaringan iklan Facebook seperti Instagram, Messenger, dan Audience Network.

2. Apa yang Dapat Dilihat dari Facebook Ads Library?

Dengan Galeri Iklan Facebook, Anda bisa mengamati dan meriset iklan kompetitor mulai dari segi visual, copywriting, hingga platform yang digunakan. 

Dari referensi itu bisa Anda gunakan untuk inspirasi membuat iklan yang lebih baik lagi, unik, dan menarik bagi calon customer.

3. Apakah Facebook Ads Library Berbayar?

Fitur Ad Library ini adalah sebuah fitur milik Facebook atau Meta yang dapat digunakan untuk melihat semua iklan yang dipasang di platform milik Meta.

Penutup

Facebook Ad Library adalah tools yang sangat berguna untuk mencari inspirasi mengenai iklan di Facebook. Dengan fitur ini Anda bisa melihat apa saja yang kompetitor lakukan dan mempelajarinya untuk meningkatkan performa iklan Anda. 

Apabila Anda tertarik meningkatkan performa iklan Anda dengan Ad Library, namun masih bingung melakukannya, Sasana Digital telah hadir untuk membantu Anda. Klik banner di bawah ini dan dapatkan Layanan Training bersama trainer profesional kami untuk tingkatkan performa iklan Anda!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital