Blog ›

Contoh Website Company Profile Keren: Identifikasi & Layanan Terbaik

I

Mengetahui contoh website company profile menjadi salah satu eksplorasi penting dalam usaha upgrade bisnis. Terutama, bagi bisnis yang merasa kuantitas lead yang datang stagnan, atau merasa kualitas lead gitu-gitu aja.

Dengan company profile web design yang proper, customer bisa mengetahui identitas, gambaran umum, reputasi, hingga profesionalisme suatu perusahaan. Gambaran tersebut akan sangat membantu customer untuk menilai apakah perusahaan baik atau tidak di mata pelanggan.

Melalui artikel ini, Sasana Digital ingin membantu optimalisasi bisnis Anda dengan menyajikan fakta mengenai hubungan antara profil perusahaan dapat berimbas pada reputasi dan nilai dari pelanggan. Dan yang utama, kami sajikan contoh company profile beberapa perusahaan besar dan identifikasinya. Jangan lewatkan!

Sekilas Tentang Website Company Profile

Dilansir dari HubSpot, Company Profile memperkenalkan detail tentang bisnis, mulai dari visi, misi, tujuan, hingga sejarah perusahaan. Dalam banyak kasus, tertera juga sesi ‘About Us’ dalam web yang mendeskripsikan bagaimana proses berdirinya perusahaan, hingga kolom pengenalan tim atau member.

Intinya, dengan website company profile, seseorang dapat melihat identitas dan background suatu perusahaan. Mulai dari profil bisnis (visi, misi, tujuan), informasi dasar (lokasi, kontak, tim, hingga struktur organisasi), bahkan pencapaian atau prestasi perusahaan.

Sering lewatkan pengoptimalan company profile di website? Hati-hati, mungkin ini yang menyebabkan calon pelanggan Anda ragu. Mereka percaya bahwa semakin baik reputasi perusahaan, maka semakin baik pula kualitas layanan yang diberikan.

Bahkan kata SurveySparrow, 81% pelanggan bersedia membayar lebih untuk layanan pelanggan yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Website Bisnis dan Proses Pembuatannya

pengaruh adanya contoh website company profile

Jika digambarkan, company profile berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Lalu reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap nilai pelanggan, yang pada akhirnya ini menjadi salah satu faktor penentu pengambilan keputusan apakah pelanggan akan menggunakan layanan produk jasa Anda atau tidak.

Hal di atas didukung oleh salah satu riset ilmiah yang mengatakan bahwa 37% nilai pelanggan dihasilkan oleh reputasi atau informasi mengenai perusahaan yang mereka ingin gali. Sedangkan sisanya, 63% dipengaruhi oleh faktor lain

– (W. Barito & H. Soegoto, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UNIKOM vol.1 no.1, 2015)

Baca Juga: Apa itu Website Marketing? Mengapa Bisa Bantu Cuan Bisnis?

Manfaat Company Profile

Siapapun bisa acuh tak acuh saat melihat contoh website company profile jika ia belum merasa memiliki kebutuhan akan penggunaannya.

Lalu, mengapa company profile penting dalam sebuah website perusahaan, apa tujuannya? Jika Anda melihat ke Company Profile Sasana Digital, halaman tentang atau ‘About Us’ lebih dari sekedar page biasa. Kelengkapan informasi tersebut penting, karena:

1. Sebagai Gambaran Umum Perusahaan

Company Profile berfungsi sebagai gambaran umum yang merinci informasi dasar perusahaan, misalnya visi, misi, sejarah, nilai-nilai, struktur organisasi, dan daftar produk atau layanan yang ditawarkan. 

Ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang esensi dan tujuan perusahaan kepada stakeholder, termasuk calon investor, karyawan, dan mitra bisnis.

2. Menonjolkan Perbedaan dan Keunggulan Bisnis Dibanding Kompetitor

Website Company Profile memberikan kesempatan untuk menyoroti perbedaan dan keunggulan bisnis dibandingkan dengan pesaing. 

Ini bisa mencakup faktor-faktor unik seperti teknologi terkini, keunggulan kualitas produk atau layanan, pendekatan inovatif, atau dukungan pelanggan yang superior. Informasi ini membantu menarik perhatian calon klien atau mitra bisnis.

3. Membangun Reputasi Bisnis & Meyakinkan Customer 

Pentingnya mempelajari contoh website company profile dapat semakin dirasakan jika Anda sadar betul bahwa hal tersebut berpengaruh terhadap reputasi perusahaan.

Melalui profil, perusahaan dapat membangun citra dan reputasi yang kuat di mata pelanggan. 

Dengan menyajikan sejarah/perjalanan, pencapaian, testimonial pelanggan, sertifikasi atau penghargaan yang diterima, dan nilai-nilai yang diterapkan, perusahaan dapat memberikan keyakinan kepada pelanggan bahwa mereka memilih mitra yang dapat diandalkan dan berkualitas.

4. Menetapkan Harga dan Skala Bisnis yang Tepat

Informasi mengenai skala bisnis, kapabilitas produksi, dan pengalaman di industri tertentu dapat membantu perusahaan menetapkan harga yang bersaing dan mengidentifikasi peluang pengembangan bisnis. 

Company Profile dapat mencerminkan kredibilitas perusahaan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi persepsi nilai dan membantu menetapkan harga produk atau layanan yang sesuai dengan tingkat kualitas dan keunggulan yang ditawarkan.

Dengan merinci aspek-aspek tersebut dalam profil perusahaan di website, perusahaan dapat meningkatkan peluang untuk menarik minat pelanggan, menarik investor, dan membangun hubungan yang kuat dengan mitra bisnis. 

Selain itu, dokumentasi ini juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi internal untuk memastikan bahwa semua anggota tim memahami visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan.

Baca Juga: Brand Image: Strategi Meningkatkan Citra dan Reputasi Bisnis

Komponen Penting Dalam Company Profile

Dalam pembuatan company profile, jangan lupakan beberapa komponen penting dan utama, agar informasi yang dimuat lebih maksimal. 

Dengan merinci masing-masing poin dalam Company Profile, perusahaan dapat menyajikan gambaran menyeluruh dan mendalam tentang identitas, kredibilitas, dan sejarahnya kepada pihak eksternal serta internal. 

Secara umum, ada 3 komponen utama mulai dari Profil Bisnis, Informasi Dasar Perusahaan, hingga Prestasi/Pencapaian.

1. Profil Bisnis – Detail Perusahaan:

Komponen utama adalah profil bisnis yang memuat detail perusahaan seperti

a. Jenis Bisnis:

Rincian tentang jenis bisnis mencakup informasi tentang sektor industri perusahaan, jenis produk atau layanan yang ditawarkan, dan spesifikasi khusus yang membedakan perusahaan dari pesaing.

b. Visi dan Misi Perusahaan:

Menjelaskan visi jangka panjang perusahaan (tujuan jangka panjang) dan misi (tujuan jangka pendek atau tugas inti). Ini membantu merinci arah strategis dan tujuan perusahaan.

c. Sejarah Perusahaan:

Menyajikan kronologi perkembangan perusahaan dari awal pendiriannya hingga saat ini. Ini dapat mencakup peristiwa kunci, perubahan signifikan, dan pencapaian bersejarah.

d. Nilai-Nilai Perusahaan:

Menyusun daftar nilai-nilai inti yang mendasari budaya perusahaan dan pandangan dunia. Nilai-nilai ini mencerminkan prinsip-prinsip yang dipegang teguh oleh perusahaan dan membentuk pandangan mereka tentang etika dan tanggung jawab sosial.

e. Pendirian Perusahaan:

Merinci informasi tentang pendirian perusahaan, latar belakang pendiri, dan motivasi di balik pendirian perusahaan. Ini memberikan wawasan tentang akar budaya dan filosofi perusahaan.

2. Informasi Dasar Perusahaan:

Komponen penting lainnya adalah: 

a. Struktur Organisasi:

Menyajikan diagram atau deskripsi yang merinci struktur organisasi perusahaan, termasuk posisi kunci dan tanggung jawab masing-masing.

b. Kontak:

Informasi kontak yang jelas, seperti alamat kantor, nomor telepon, alamat email, dan situs web perusahaan. Ini memudahkan pihak eksternal untuk berhubungan dan mengakses informasi lebih lanjut.

c. Lokasi:

Jika perusahaan memiliki cabang atau kantor di lokasi yang berbeda, informasi tentang lokasi tersebut perlu disertakan untuk memberikan pemahaman tentang cakupan geografis perusahaan.

3. Pencapaian Perusahaan:

Terakhir, untuk membuat customer lebih terkesan dengan perusahaan dan layanan, Anda bisa menyertakan informasi terkait pencapaian perusahaan.

a. Prestasi:

Menyoroti prestasi utama perusahaan, seperti penghargaan industri, sertifikasi, atau pengakuan lainnya yang menunjukkan keunggulan atau kontribusi perusahaan terhadap industri atau masyarakat.

b. Milestone:

Mencantumkan milestone penting dalam sejarah perusahaan, seperti peluncuran produk, ekspansi pasar, atau kerjasama strategis yang mencerminkan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Brand Communication? Strategi Ampuh Buat Bisnis Maju

Contoh Website Company Profile & Identifikasinya

Sebagai inspirasi, berikut ini kami rangkum beberapa perusahaan terkemuka yang memiliki company profile menarik beserta analisis singkatnya.

1. Bayer – Farmasi

Contoh Website Company Profile Bayer
Contoh Web Profil Perusahaan Bayer

Analisis:

Siapa yang tidak tahu dengan Bayer, perusahaan multinasional asal Jerman yang bergerak di industri kimia dan kefarmasian ini sudah berdiri sejak 1863.

Contoh website company profile dari Bayer ini diorganisir dengan rapi dan lengkap. Secara umum, mereka menyematkan halaman identitas, visi dan misi, kontribusi, nilai lebih, dan lainnya.

Namun ada yang menarik di sini, Bayer berupaya menonjolkan nilai “trustworthiness” atau “terpercaya” kepada para pelanggannya, dengan menyorot history atau perjalanan mereka dari masa ke masa. 

2. Gojek – Transportasi Berbasis Teknologi

Contoh Website Company Profile Gojek - a
Contoh Web Profil Perusahaan Gojek (a)

Analisis:

Amat menarik memang, jika mengidentifikasi contoh website company profile dari top company Indonesia, salah satunya perusahaan transportasi berbasis digital ini.

Untuk sekelas Gojek yang notabene perusahaan startup berstatus Unicorn (Memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar), semestinya ia menjadi sorotan dalam industri, baik oleh kalangan customer, kompetitor, hingga business analyst.

Contoh company profile keren ini menunjukkan karakteristik khas dalam pembuatannya. Mereka menyediakan page khusus untuk profil bisnis bernama “About”.

Contoh Website Company Profile Gojek - b
Contoh Web Profil Perusahaan Gojek (b)

Yang menarik adalah, salah satu informasi yang ditonjolkan dalam fitur “About” tersebut yaitu milestone. Gojek menampilkan pencapaian dan penghargaan yang pernah didapatkan sepanjang berdirinya mereka. Ini menjadi salah satu strategi untuk menunjukkan dan meningkatkan reputasi di industri.

Baca Juga: Jasa IT Support Profesional: Layanan Unggul Efisiensi Bisnis Anda

3. Eiger – Penyedia Perlengkapan Outdoor

Contoh Website Company Eiger
Contoh Web Profil Perusahaan Eiger

Analisis:

Sebagai penyedia perlengkapan outdoor terkemuka, Eiger begitu konsisten membangun branding atau citra perusahaannya.

Tak hanya dari produk yang dipasarkan, profil perusahaan yang ditampilkan di website pun dikemas sesuai dengan konsep mereka. Anda bisa melihat kesan mature dan berkelas yang ditonjolkan. Ini menjadi bukti bahwa mereka dapat menggambarkan konsep bisnis melalui pengorganisiran visual, desain, dan tata letak.

Tak lupa, Eiger menonjolkan nilai lebih (value) dan prinsip bisnis yang mereka bangun untuk pelanggan.

4. Mayora – Manufaktur F&B

Contoh Website Company Profile Mayora
Contoh Web Profil Perusahaan Mayora

Analisis:

Mayora adalah salah satu produsen makanan dan minuman paling legendaris di Indonesia. 

Ia berdiri sejak 1977 hingga saat ini telah banyak melakukan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman. Anda bisa lihat contoh website company profile di atas sebagai referensi.

Mayora menggunakan tata letak dan desain sederhana dalam pembuatan profil website. Yang ditonjolkan adalah value internal perusahaan, di mana mereka memberikan transparansi kepada seluruh user atau customer dengan adanya struktur organisasi dan struktur kepemilikan perusahaan.

Baca Juga: Marketing Consultant untuk Atasi Tantangan Bisnis Anda!

Jasa Pembuatan Website Company Profile

4 contoh perusahaan di atas terlihat begitu proper saat menyiapkan dan membangun profil perusahaan di website. Artinya, pembuatannya tidak dilakukan sembarang. 

Setidaknya ada pertimbangan antara konsep bisnis, komponen utama informasi yang ingin ditonjolkan, hingga visualisasi yang diperlukan.

ui/web design - contoh website company profile
Portfolio Pembuatan UI/Web Design

Untuk menjawab kebutuhan bisnis yang semakin kompleks, Sasana Digital siap berkomitmen memberikan layanan terbaik sesuai keinginan dan arahan Anda. Khususnya dalam layanan development company profile web design.

Development Desain Web - Contoh Website Company Profile
Project Development Web di Sasana Digital

Baca Juga: Konsultan & Vendor IT Indonesia: Bangun Sistem IT Terbaik untuk Perusahaan

Pertanyaan Seputar Contoh Website Company Profile

Apa Saja Contoh Isi Website Company Profile?

Dari semua contoh website company profile di atas, dapat dilihat komponen utama informasi yang sering ditonjolkan adalah:

  • Profil bisnis (Jenis bisnis, visi misi, sejarah, dan value)
  • Informasi dasar (Struktur organisasi, kontak, dan lokasi perusahaan)
  • Pencapaian (Prestasi, penghargaan, dan milestone)

Mengapa Perusahaan Ingin Membuat Website Company Profile?

Untuk mendapatkan tampilan website yang profesional di mata customer, sehingga mendukung peningkatan kredibilitas, citra, atau branding perusahaan.

Berapa Harga Pembuatan Website Company Profile?

Harga yang ditawarkan untuk pembuatan website company profile dapat berbeda-beda, tergantung vendor yang digunakan maupun kompleksitas development yang dijalankan. 

Namun Anda tak perlu khawatir, sudah banyak perusahaan seperti Sasana Digital yang menawarkan harga kompetitif. Hal tersebut sebanding dengan kualitas layanan yang diberikan, kustomisasi, hingga pengembangan yang diinginkan.

Penutup

Dengan mengidentifikasi beberapa contoh website company perusahaan, Anda dapat berupaya meningkatkan dan memaksimalkan strategi dalam berbisnis.

Hal ini merupakan teknik membuat bisnis semakin terlihat menarik dan menggiurkan di mata pasar. Bahkan Bill Gates setuju bahwa jika bisnis dianggap tidak menarik, maka bisnis tersebut bisa flop atau keluar dari industrinya.

“If your business is not on the interest, then your business will be out of business”

– Bill Gates.

Ingin membuat profil perusahaan? Atau sempat memiliki namun tak sesuai ekspektasi? Yuk cek selengkapnya atau diskusikan kebutuhan Anda bersama Sasana Digital!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital