Blog ›

Tertarik Gabung 10+ Komunitas Bisnis Digital Berikut?

I

Apakah Anda pernah mendengar tentang komunitas bisnis? Komunitas bisnis adalah sebuah kumpulan para pebisnis yang memiliki visi, misi, serta tujuan bisnis yang sama. 

Saat ini, bisnis sudah tidak lagi bisa dijalankan seorang diri tanpa keterlibatan orang lain, khususnya para partner. Memiliki relasi yang luas menjadi poin yang penting karena bisa membantu Anda mencapai tujuan bisnis lebih cepat dan mudah.

Tidak hanya untuk memperkenalkan bisnis, tetapi komunitas juga wadah untuk pengembangan diri yang ideal untuk bertukar ilmu, pelatihan, serta konsultasi bisnis. 

Apalagi beberapa tahun belakangan, pertumbuhan bisnis digital berkembang semakin pesat. Pesatnya perkembangan bisnis digital ini, turut mendorong munculnya berbagai komunitas bisnis digital.

Lalu, apa saja komunitas bisnis digital yang bisa Anda ikuti? Pada artikel ini, Sasana Digital memberikan daftar komunitas bisnis digital terbesar di Indonesia yang bisa Anda ikuti. 

Simak sampai habis ya!

1. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

komunitas bisnis hipmi

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI termasuk komunitas bisnis tertua di Indonesia. 

Komunitas ini didirikan pada 10 Juni 1972 dengan berlandaskan semangat untuk menumbuhkan wirausaha di kalangan pemuda. 

HIPMI merupakan organisasi non-partisipan pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang ekonomi. HIPMI terus berkembang dalam memajukan bisnis dan UMKM. 

Komunitas terbesar di Indonesia ini telah memiliki 274 pengurus cabang yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia. HIPMI terbagi menjadi beberapa skala, mulai dari kota, kabupaten, provinsi, hingga perguruan tinggi.

2. Tangan Di Atas (TDA)

komunitas bisnsi TDA Community

Tangan Di Atas atau TDA adalah satu-satunya komunitas pengusaha yang saling memberdayakan dan terus menerus menerus mengeksplorasi sumber daya bisnis berbasis teknologi. 

TDA didirikan pada Januari 2016, yang dicetuskan oleh para wirausaha serta pelaku UMKM. Komunitas ini didirikan dengan mengedepankan spiritual dan pengembangan karakter pebisnis. 

TDA aktif membantu anggotanya untuk terus berkembang melalui workshop ataupun bootcamp. Bahkan, mereka telah memiliki 29.000 member yang tersebar di seluruh Indonesia hingga beberapa negara di luar negeri.

3. YukBisnis

komunitas bisnis YukBisnis

Komunitas YukBisnis cocok untuk para pemula yang ingin belajar lebih banyak mengenai bisnis. 

Platform online ini memiliki beberapa aktivitas utama, seperti mentoring dan sharing.  Melalui aktivitas tersebut, Anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk menambah pengetahuan di dunia bisnis. 

Pada dasarnya, YukBisnis merupakan platform marketplace berbasis komunitas yang memasarkan produk-produk anggotanya. Anggota komunitas ini berasal dari para pebisnis pemula, wirausahawan muda, dan pelaku UMKM.

YukBisnis memiliki beberapa unit yang bergerak di bidang jasa, contohnya adalah Yubi.id, Yubipro, Yubistore, dan lain sebagainya.

4. HerAction

komunitas bisnis HerAction

Seorang wanita dikenal dengan sosok yang memiliki banyak mimpi dan memiliki cara sendiri untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

HerAction adalah salah satu komunitas online yang hadir untuk membantu para pengusaha wanita. Terdapat berbagai kegiatan, mulai dari pengembangan karakter hingga pengembangan bisnis. 

Komunitas ini dapat mempertemukan Anda dengan berbagai sosok businesswomen sukses yang akan semakin menginspirasi Anda dalam berbisnis. 

Hadirnya komunitas ini diharapkan semakin membuka jalan cemerlang bagi para pebisnis wanita.

5. KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia)

komunitas bisnis KPMI

KPMI merupakan komunitas yang dibentuk pada tahun 2010 di Bogor. Komunitas yang terdiri dari para pengusaha muslim ini telah memiliki anggota kurang lebih sebanyak 32 ribu orang.

Seperti HIPMI, KIPMI membagi komunitas dalam beberapa tingkatan, seperti kota, provinsi, hingga nasional.

6. Komunitas SB1M

komunitas bisnis SB1M

Sekolah Bisnis 1 Milyar atau disingkat SB1M adalah komunitas bisnis online yang didirikan sejak tahun 2013 yang lalu. 

Hadirnya komunitas ini dapat menjadi tempat Anda belajar bagaimana cara memulai bisnis online. Komunitas ini juga sangat cocok bagi yang ingin fokus pada digital marketing. 

Kegiatan yang dilakukan SB1M juga beragam, seperti teknik penjualan online dengan aplikasi, pemasaran melalui media sosial, hingga pembuatan website bisnis. 

Jika bergabung dengan Komunitas SB1M, Anda akan diberikan bimbingan dan arahan oleh para pebisnis senior yang telah sukses dengan bisnisnya. 

Baca juga: Apa Itu Bisnis Online? Definisi hingga Cara Memulainya

7. JDA Community

komunitas bisnis JDA Community

Jika Anda ingin memulai dan menekuni bisnis secara step by step, JDA (Just Do Action) Community adalah jawabannya. 

Komunitas ini tengah banyak diperbincangkan karena menerapkan prinsip “action-oriented”. Pada dasarnya sebagus apapun ide bisnis yang Anda punya, tidak akan terwujud jika Anda berani untuk memulainya. 

JDA Community mengutamakan aksi dan tindakan dalam aktivitasnya. 

Para mentor akan dengan senang hati mendampingi Anda untuk proses pengembangan bisnis. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada kesempatan bisnis Anda akan didanai.

8. Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI)

komunitas bisnis GEPI

Untuk Anda yang ingin terjun pada bisnis startup, Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) menjadi wadah yang memberikan fasilitas tepat. 

GEPI didirikan pada Januari 2011 oleh 13 pemimpin bisnis terkemuka di Indonesia. GEPI adalah bagian dari inisiatif global yang dibentuk oleh Barack Obama.

Komunitas ini digagas untuk membantu para pebisnis di sektor teknologi dalam mengembangkan diri dan menggali wawasan sebanyak mungkin. 

Anda juga akan mendapatkan berbagai program pelatihan serta inkubasi. Selain itu, GEPI juga memberi kesempatan untuk mendapatkan suntikan dana dari para angel investor untuk startup Anda.

9. Boeatan

komunitas bisnis Boeatan

Boeatan adalah wadah bagi para pengrajin lokal untuk saling bertukar ide, tips, ataupun trik, dalam mengembangkan usaha mereka. 

Komunitas yang didanai oleh KoinWorks ini, memiliki kegiatan utama berupa pelatihan atau workshop

Anda akan mendapat kesempatan belajar dari para pengrajin lokal yang sukses membesarkan brandnya. Kegiatan tersebut juga bertujuan agar pengusaha dapat mengikuti tren yang ada.

10. JCI Indonesia

komunitas bisnis JCI Indonesia

JCI atau Junior Chambers International Chapter Indonesia adalah salah satu komunitas bisnis yang menjadi bagian organisasi kepemudaan nasional melalui afiliasi dengan PBB.

Tergabung dalam komunitas ini akan mendapat banyak manfaat, seperti ilmu berbisnis di berbagai bidang sesuai minat. 

Jika Anda tertarik, tidak ada salahnya mencoba bergabung karena JCI Indonesia aktif melakukan perekrutan anggotanya.

11. AVANA Indonesia

komunitas bisnis AVANA Indonesia

Avana adalah platform yang menyediakan jasa pembuatan toko online berbasis website. Tidak hanya itu, Avana juga mendirikan sebuah komunitas bisnis online bernama Avana Indonesia

Fokus utama komunitas satu ini adalah memberi training atau pelatihan.

Anggota Avana Indonesia juga berkesempatan untuk mempromosikan bisnis dan memperluas pasar melalui komunitas ini.

12. Online Seller Meetup

Komunitas Online Seller Meetup adalah komunitas bisnis di bawah naungan perusahaan KoinWorks. Visi komunitas ini adalah pengembangan usaha di bidang teknologi digital.

Anggota komunitas ini akan mendapatkan pelatihan mengenai bisnis dan networking

Selain itu, Online Seller Meetup juga aktif mengadakan webinar mengenai pengembangan usaha yang tentunya akan menambah wawasan baru bagi pebisnis.

Setelah mengetahui contoh-contoh komunitas bisnis digital di Indonesia, berikutnya kita akan membahas alasan penting komunitas bisnis bagi pengusaha.

Alasan Pentingnya Komunitas Bisnis bagi Pengusaha

Komunitas bisnis adalah wadah bagi para pebisnis ketika mereka ingin mengembangkan bisnisnya. 

Selain sebagai wadah menambah relasi, melalui komunitas bisnis Anda akan mendapatkan berbagai insight seputar strategi bisnis.

Dikutip dari Forbes, komunitas adalah pelengkap yang baik untuk program loyalitas bisnis Anda. Komunitas yang benar-benar terhubung dapat memberikan nilai tambah yang membuat anggotanya semakin dekat.

Komunitas adalah tentang menciptakan hubungan bermakna yang dipelihara dengan adanya feedback, pemikiran, dan keterlibatan antar anggota. 

Berikutnya, akan dibahas apa saja manfaat bergabung dengan komunitas bisnis digital di Indonesia.

Manfaat Gabung Komunitas Bisnis Digital di Indonesia

manfaat gabung komunitas bisnis digital

Seorang manusia tidak akan mencapai apa yang ia inginkan tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya. 

Hal ini berlaku juga pada dunia bisnis digital, di mana sebuah relasi penting bagi perkembangan bisnis di masa mendatang. Di bawah ini akan dijelaskan manfaat jika Anda bergabung dengan komunitas bisnis digital.

a. Meningkatkan Keterampilan Berbisnis

Bergabung dengan komunitas, tidak hanya sekedar untuk berbagai cerita atau pengalaman dalam berbisnis. 

Bisnis komunitas juga menjadi tempat untuk bertemu dengan orang-orang yang sama seperti Anda. Dengan berbagai macam keterampilan, komunitas akan membantu Anda untuk lebih meningkatkan kemampuan bisnis Anda.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti sesi pelatihan, workshop, webinar atau berbagi pengalaman dengan pebisnis lain.

Baca juga: Praktis! 7 Kiat Belajar Bisnis Online dari Nol Tahun 2023

b. Meningkatkan Brand Awareness

Bagi bisnis yang baru saja berjalan, bergabung dalam komunitas bisnis digital dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness

Komunitas ini akan menjadi media pemasaran yang memiliki engagement tinggi, terutama jika produk atau layanan bisnis Anda memiliki manfaat bagi suatu komunitas.

Melalui komunitas, Anda dapat memanfaatkannya sebagai ajang memperkenalkan bisnis serta saluran untuk memasarkan produk atau layanan bisnis Anda.

c. Mendapatkan Lebih Banyak Informasi

Komunitas pengusaha dapat membantu Anda memiliki kedekatan dengan pebisnis lain. Ini dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk saling berbincang serta bertukar pikiran terkait bisnis. 

Dari informasi yang diperoleh, Anda akan mendapatkan banyak insight dari anggota lain, seperti strategi bisnis baru yang telah berhasil mereka terapkan pada bisnis mereka. 

Tidak hanya itu, Anda nantinya juga akan mendapat masukan atau saran dari pihak yang lebih berpengalaman. Tentunya akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan bisnis.

d. Memperoleh Feedback

Komunitas bisnis adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin memperoleh feedback atau umpan balik mengenai bisnis Anda. 

Melalui relasi yang Anda miliki, dapat memberikan perspektif baru untuk mengkreasikan produk, branding, promosi, hingga media bisnis Anda. 

Dengan begitu, Anda dapat menawarkan inovasi baru kepada konsumen yang tentunya berdampak pada loyalitas brand.

e. Memperluas Jaringan Pasar

Bagi bisnis atau startup, mencari atau menentukan pasar adalah sebuah kewajiban. 

Komunitas bisnis adalah salah satu cara yang bisa Anda terapkan. Dengan memperkenalkan produk atau layanan kepada anggota, memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan pasar. 

Bahkan, dalam komunitas tersebut kita bisa berkembang bersama dengan pebisnis lainnya. Dengan informasi tersebut, Anda akan dapat mempersiapkan strategi yang lebih matang.

Baca juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

f. Saling Menguatkan Antara Pebisnis

Hadirnya komunitas bisnis adalah untuk saling menguatkan dan mendukung setiap anggota di dalamnya. Proses mendukung tersebut dapat dilakukan dengan bertukar informasi, pengalaman, dan motivasi. 

Memiliki relasi dengan sesama pebisnis, akan sangat membantu saat Anda membutuhkan tempat bercerita. 

Mereka yang terjun ke dunia bisnis tentu pernah mengalami kegagalan, maka pengalaman merekalah yang menjadi pembelajaran bagi kita.

g. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Kemampuan Berkomunikasi

Komunitas bisnis memberi Anda akses untuk terhubung dengan para pelaku bisnis yang memiliki kisahnya masing-masing. 

Dari kisah tersebut, tentunya akan lebih memotivasi Anda untuk lebih bekerja keras dalam mengelola bisnis. 

Tidak hanya itu, di setiap pertemuan pasti akan ada topik perbincangan yang menuntut Anda untuk berdiskusi bersama. Kesempatan itu bisa Anda manfaatkan untuk melatih kemampuan public speaking agar lebih terampil.

Pertanyaan Seputar Komunitas Bisnis Digital

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan komunitas bisnis. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin dapat menjawab rasa ingin tahu Anda seputar komunitas bisnis digital.

a. Apa Itu Komunitas dalam Berbisnis?

Komunitas dalam berbisnis bisa diartikan sebagai kumpulan dari sekelompok orang dengan nilai-nilai yang sama. Para anggotanya membentuk komunitas untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan tujuan tertentu.

b. Apa Pentingnya Sebuah Komunitas?

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan satu sama lain untuk menjalani kehidupan. Maka, dengan adanya komunitas tentunya dapat mempermudah hubungan sosial antar individu. 

Komunitas bisnis memungkinkan Anda memiliki kedekatan dengan anggota lain. Hal ini merupakan kesempatan Anda untuk saling berbincang atau bertukar pikiran mengenai bisnis.

c. Apa Fungsi Komunitas dalam Pengembangan Bisnis?

Komunitas dapat berfungsi sebagai tempat untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis hingga nilai-nilai perusahaan Anda. 

Ketika bisnis Anda memiliki komunitas yang kuat, nantinya Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dalam komunitas tersebut.

d. Komunitas Bisnis yang Baik Itu Seperti Apa?

Komunitas bisnis yang baik adalah komunitas yang dapat menjadi tempat anggotanya untuk bertumbuh dari segi aspek pengetahuan dan keterampilannya. 

Selain itu, penting juga untuk menyesuaikan komunitas dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa memilih komunitas bisnis

Penutup

Nah itulah beberapa daftar komunitas bisnis digital terbesar di Indonesia yang bisa Anda ikuti. 

Meskipun Anda masih pemula atau telah lama terjun di dunia bisnis, jangan ragu untuk bergabung dalam komunitas. Komunitas bisnis adalah tempat yang tepat untuk Anda memperoleh dukungan, kontribusi serta informasi yang berguna.

Jika Anda masih kesulitan untuk memilih bisnis komunitas yang tepat, Sasana Digital punya solusinya.

Sasana Digital menjadi pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Tersedia berbagai layanan dan konsultasi untuk membantu bisnis ataupun tim Anda agar lebih terasah dalam bisnis digital. 

Tertarik? Klik banner di bawah ini dan Sasana Digital siap menjadi partner terbaik Anda!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital