Blog ›

Apa Itu Bisnis Online? Definisi hingga Cara Memulainya

I

Apa itu bisnis online?

Bisnis online adalah bisnis yang kini banyak diminati oleh banyak kalangan. Tidak hanya menawarkan profit besar saja, bisnis yang memanfaatkan digitalisasi ini cukup mudah dijalankan.

Anda tertarik untuk memulai bisnis online? Pada artikel ini Sasana Digital akan membahas mengenai bisnis online secara lengkap. Simak sampai habis, ya!

Pengertian Bisnis Online?

Bisnis online sudah tidak asing lagi bagi kita. Apakah Anda tahu definisi bisnis online?

Bisnis online adalah aktivitas jual-beli yang dijalankan melalui media internet. Artinya, seluruh aktivitas bisnis, seperti jual-beli, layanan konsumen, marketing, dan sebagainya dilakukan secara online. 

Tujuan bisnis online adalah untuk mempermudah Anda yang ingin memulai usaha dari awal. Dengan bisnis ini Anda cukup membuat website, media sosial, atau marketplace saja. Tanpa perlu membuka toko secara offline.

Selain itu, bisnis online juga mempermudah pembeli untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan. Terutama dalam bertransaksi, yang mana kini mereka bisa menggunakan metode transaksi online. 

Anda bisa mengelola bisnis online dari mana saja, sehingga modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Menariknya, Anda juga bisa mengkreasikan ide bisnis mulai dari barang, jasa, hingga layanan digital yang dibutuhkan oleh konsumen.

Bisnis melalui jaringan internet ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki usaha sampingan. Sebab, banyak kemudahan, efektivitas, dan efisiensi yang akan Anda rasakan.

Setelah mengetahui apa itu bisnis online, selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara kerja bisnis online.

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Online?

apa itu bisnis online dan bagaimana cara kerjanya

Cara kerja bisnis online berbeda dengan bisnis konvensional. Perbedaan ini pun juga perlu diketahui secara baik oleh para pebisnis. 

Dengan memahami cara kerja bisnis online, Anda juga akan memahami segala proses terkait berjalannya bisnis. Nah, simak penjelasannya di bawah ini.

a. Sediakan Produk yang Dibutuhkan

Ketika akan memulai bisnis online, hal pertama yang Anda pikirkan adalah produk apa yang dibutuhkan pasar.

Anda dapat memberikan informasi sebanyak mungkin yang berhubungan dengan masalah konsumen. Selain itu, perlu juga meyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda menyediakan solusi terbaik.

Dengan menciptakan produk sesuai yang dibutuhkan dan diinginkan pasar, maka konsumen tidak akan ragu melakukan pemesanan produk bisnis Anda.

b. Pemesanan Produk pada Bisnis Anda

Setelah konsumen memilih produk, maka tahapan berikutnya adalah melakukan pemesanan produk. Hal ini biasa dilakukan saat proses transaksi jual beli. 

Agar memberikan kepuasan konsumen, Anda juga harus menyediakan sistem pemesanan yang baik dan jelas. Setelah konsumen melakukan pemesanan, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pembayaran produk.

c. Pembayaran Produk

Transaksi pembayaran online semakin marak di era digital. Selain mudah dan praktis, transaksi online relatif aman sehingga banyak bisnis online yang juga menggunakan sistem ini.

Apalagi, kini cukup banyak metode transaksi online yang bisa dipilih. Mulai dari transfer bank, m-banking, e-wallet, dan lain sebagainya.

Selain dengan pembayaran digital, pebisnis juga bisa menyediakan sistem pembayaran COD. Bagi penjual, sistem ini tentu bisa meningkatkan potensi penjualan. Sebab, banyak konsumen yang senang dengan sistem pembayaran tersebut.

d. Proses Pengiriman ke Konsumen

Selanjutnya, cara kerja yang perlu dipertimbangkan dalam bisnis yang mengandalkan teknologi ini adalah tentang pengiriman. Jasa pengiriman menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan bisnis ini.

Selain itu, kecepatan dan keamanan pengiriman juga perlu diprioritaskan. Anda dapat memilih jasa pengiriman yang tepat sesuai dengan kebutuhan produk bisnis.

Dengan pengiriman yang baik, tentunya pelanggan akan merasa puas dan berdampak pada perkembangan bisnis Anda.

Jenis-jenis Bisnis Online

Untuk praktiknya, bisnis online memiliki beberapa jenis platform yang bisa digunakan, seperti website, media sosial, dan marketplace. Berikut ini 3 jenis bisnis online yang bisa Anda coba.

a. Bisnis Online via Website

Pertama adalah bisnis yang dilakukan melalui website. Selayaknya toko, jenis bisnis ini memanfaatkan website sebagai tempat berjualan. 

Melalui website, konsumen dapat melihat informasi produk, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan sebagainya.

Bisnis online di website sangat populer di kalangan pebisnis. Hal ini dikarenakan website memiliki kelebihan, seperti media promosi yang murah, efektif dan juga efisien.

b. Bisnis Online via Media Sosial

Awalnya, media sosial digunakan sebagai sarana bersosialisasi saja. Namun, kini media sosial juga dimanfaatkan untuk berbisnis.

Bisnis online di media sosial sudah menjadi primadona bagi para pebisnis. Jenis bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis. 

Pada media sosial juga sudah tersedia berbagai fitur bisnis dan iklan. Adanya fitur tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas bisnis.

c. Bisnis Online via Marketplace

Terakhir, jenis bisnis yang dilakukan dengan marketplace. Marketplace adalah platform yang menjadi perantara antara penjual dengan pembeli di internet.

Di Indonesia, sudah terdapat beberapa marketplace besar, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, dan lain sebagainya.

Kini memulai bisnis online melalui marketplace sudah ramai dilakukan oleh para pebisnis. Dengan menggunakan platform ini, akan banyak kemudahan yang Anda dapatkan. 

Baca Juga: 15+ Contoh Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan Tahun 2023

Setelah mengetahui berbagai jenis bisnis online, selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat memulai bisnis online.

Manfaat Bisnis Online Beserta Tantangannya

Peluang menjalankan bisnis online memang menjanjikan. Namun, ada hal yang perlu dipertimbangan ketika akan memulai bisnis ini. 

Berikut beberapa manfaat bisnis online yang Anda rasakan ketika menjalankannya.

a. Lebih Hemat Biaya

Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan budget kecil, maka ini adalah ide yang tepat. 

Bisnis yang dilakukan secara online, tidak mengharuskan Anda menyewa toko. Bahkan, ada yang tidak memerlukan tempat sama sekali, seperti dropshipper.

b. Mudah Dijalankan

Manfaat kedua dari bisnis online adalah lebih mudah dijalankan. Adanya jaringan internet, mempermudah akses para pebisnis. Anda bisa menjalankan bisnis tersebut di mana saja dan kapan saja. 

Bahkan, jam operasional pada bisnis ini juga fleksibel. Anda bisa mengatur jam operasional bisnis dengan bebas.

c. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Terakhir, dengan bisnis online Anda bisa menjangkau pasar lebih luas. Adanya teknologi internet, membuat Anda bisa melakukan promosi ke berbagai wilayah.

Bahkan, Anda juga bisa menjangkau target audiens dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dengan demikian, bisnis Anda akan mendapatkan perhatian lebih. 

Selain merasakan manfaat, Anda juga akan dihadapkan dengan beberapa tantangan ketika Anda menjalankan bisnis online. Simak penjelasannya di bawah ini.

a. Membutuhkan Pemahaman Mengenai Teknologi

Kita semua pasti setuju bahwa dampak adanya teknologi pada dunia bisnis cukup besar. Saat ini dampak teknologi dalam bisnis membuat semua aktivitas semakin mudah, cepat, dan aman. 

Nah, untuk bisa merasakan dampak tersebut, maka Anda dituntut untuk memahami penerapan teknologi dengan baik.

b. Kompetisi Bisnis Online yang Ketat

Menjalankan bisnis online memang bisa dikatakan mudah. Namun, perlu diketahui juga bahwa kompetisi di bidang ini cukup ketat.

Untuk memenangkan kompetisi pasar, bisnis Anda harus memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitor lainnya. Misalnya dari segi harga, varian, kemasan, dan lain sebagainya.

c. Isu Keamanan

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan ketika membangun bisnis online adalah aspek keamanan. Jika bisnis Anda tidak aman, bukan hanya Anda yang dirugikan, tapi juga para pelanggan.

Bisnis yang dilakukan secara daring memang sangat rentan terhadap kejahatan online. Misalnya, kebocoran data, penipuan yang dilakukan oleh pembeli, adanya kesalahan teknis, hingga adanya hacker.

Oleh karena itu, Anda perlu memaksimalkan keamanan bisnis online dengan memanfaatkan fitur-fitur keamanan, seperti menginstall plugin keamanan atau menggunakan password yang rumit.

Keunggulan Bisnis Online

apa itu bisnis online dan keunggulannya

Seiring berjalannya waktu, bisnis online tidak hanya dijadikan pekerjaan sampingan, tetapi juga sebagai pekerjaan utama. Hasilnya, kini semakin banyak kalangan yang terjun ke dunia bisnis digital.

Terdapat beberapa keunggulan bisnis online yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda yang masih pemula, simak penjelasannya berikut ini.

a. Modal yang Dibutuhkan Kecil

Modal kerap menjadi hambatan bagi seseorang yang ingin memulai bisnis. Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi.

Dengan bisnis online, Anda tidak memerlukan modal besar untuk membangun sebuah bisnis. Karena bisnis ini, berbeda dengan bisnis offline yang memerlukan biaya besar untuk keperluan, seperti sewa tempat, peralatan, hingga promosi. 

Baca juga: 8 Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laku Setiap Hari

b. Jangkauan Pemasaran Luas

Bisnis ini berpeluang menjangkau pasar yang luas. Dengan bisnis ini, Anda kini tidak hanya bisa menjangkau pasar lokal saja, tetapi hingga pasar mancanegara.

Adanya internet membuat usaha Anda lebih dikenal masyarakat luas, tanpa batasan wilayah dan waktu. Bisnis online dapat diakses melalui internet selama 24 jam di mana saja dan kapan saja.

Nantinya, pelanggan hanya akan dibatasi oleh jangkauan internet mereka saja.

c. Bisnis Mudah Dijalankan

Hadirnya teknologi internet membuat segala aktivitas bisnis mudah dilakukan, termasuk memulai bisnis online. Selain itu, kemudahan yang dirasakan adalah bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja.

Anda juga tidak perlu memiliki surat legalitas ataupun kualifikasi tertentu. Tidak heran jika banyak anak muda yang tertarik mencoba bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital ini.

d. Media Promosi yang Menarik

Promosi yang menarik akan meningkatkan minat konsumen terhadap suatu produk. Penting bagi sebuah bisnis untuk berinovasi untuk menjalankan promosi.

Promosi yang unik dan beda dari kompetitor, tentu menjadi nilai lebih. Konsep yang unik akan lebih menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.

e. Produk Mudah Ditemukan

Ketika calon konsumen ingin membeli suatu produk secara online, hal pertama yang mereka lakukan adalah mengetik nama produk. Maka, perhatikan dengan teliti penulisan nama brand agar lebih mudah ditemukan.

Selain itu, buatlah produk Anda menarik dan menonjol dari toko lainnya.

Caranya adalah dengan membuat branding yang tepat. Untuk itu, buatlah logo atau tagline yang bisa menjadi identitas toko Anda.

Selanjutnya, Anda bisa membuat deskripsi dan foto produk. Manfaatkan bagian ini untuk menawarkan produk dengan cara yang menarik tetapi tetap informatif.

Banyaknya orang yang tertarik dengan bisnis online, tidak membuat bisnis offline hilang begitu saja. Anda bisa mengoptimalkan kedua bisnis tersebut agar kepercayaan konsumen terhadap brand Anda semakin kuat.

Apakah Anda semakin tertarik memulai bisnis online? Selanjutnya, kita akan membahas mengenai cara memulai bisnis online bagi pemula.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula?

1. Pintar Melihat Peluang

Bagi pebisnis, melihat peluang adalah hal yang wajib dilakukan. Tidak semua orang mampu melihat adanya peluang di sekitar kita. 

Untuk melihat peluang pasar, Anda bisa melihat dari beberapa aspek seperti kebiasaan, kesenangan, ataupun pola konsumsi. Oleh karena itu, Anda harus terbuka dengan semua kemungkinan yang bisa terjadi.

2. Ketahui Tren dan Kebutuhan Pasar

Dikutip dari Forbes, jika Anda belum yakin dengan produk yang akan dijual, maka saatnya melakukan riset. Riset diperlukan untuk mengetahui apa saja yang sedang dibutuhkan oleh pasar.

Karena beragamnya kebutuhan dan keinginan masyarakat, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari tren. 

Dengan mengetahui apa saja tren dan kebutuhan pasar, Anda bisa menyiapkan konsep ataupun produk bisnis online yang tepat.

3. Kenali Kompetitor Sebagai Acuan

Ketika menjalankan bisnis online, nantinya kita akan bertemu banyak kompetitor. Terutama kompetitor pada bisnis sejenis dengan produk yang mirip dengan bisnis Anda. 

Penting melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, hingga strategi yang mereka gunakan untuk mendekati konsumen. Dengan informasi itu, Anda dapat membuat produk yang mampu bersaing.

4. Tentukan Segmen Pasar dan Target Konsumen

Saat menjalankan bisnis online tentu Anda ingin meraih kesuksesan, bukan?

Sebelum itu, Anda memerlukan beberapa upaya untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda, salah satunya adalah menentukan target pasar.

Untuk mengenali target pasar lebih dalam, Anda dapat melakukan segmentasi pasar. Dengan segmentasi pasar, perusahaan akan mengetahui target konsumen mana yang tepat.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menentukan produk, layanan, hingga strategi pemasaran yang akan digunakan.

5. Buat Model Bisnis yang Relevan

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan model bisnis yang relevan. Dengan menentukan model bisnis, Anda akan lebih mudah untuk memulai bisnis online. 

Model bisnis akan menentukan bagaimana bisnis Anda bekerja. Dengan komponen ini, bisnis Anda akan dapat berjalan lebih terarah dan tertuju.

6. Tentukan Supplier Bisnis

Supplier memiliki peranan penting dalam bisnis, salah satunya sebagai penyedia barang. 

Jenis barang yang disediakan pun beragam bisa berupa barang mentah atau barang jadi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Mencari supplier memang butuh ketelitian agar bisnis Anda tidak mengalami kerugian. Oleh karena itu, pebisnis juga harus selektif dalam memilih supplier sesuai kebutuhan mereka.

7. Susun Strategi Pemasaran Digital

Mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis online, tentunya akan berdampak pada perkembangan bisnis.

Anda dapat mengembangkan konten pemasaran melalui berbagai platform digital yang tersedia, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Anda juga memanfaatkan online advertising. Saat ini, tersedia banyak platform untuk beriklan di dunia digital, seperti Facebook ads, Youtube ads, Instagram ads, dan lain sebagainya. 

Keuntungan dari penggunaan iklan online adalah Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Bahkan, bisa dikatakan iklan online lebih murah dibandingkan dengan iklan offline.

Baca juga: Praktis! 7 Kiat Belajar Bisnis Online dari Nol Tahun 2023

Pertanyaan Seputar Bisnis Online

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan bisnis online. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin dapat menjawab rasa ingin tahu Anda seputar bisnis online.

a. Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis Online?

Bisnis online adalah suatu aktivitas usaha menjual produk atau layanan yang ditawarkan melalui internet, seperti jual-beli, layanan konsumen, pemasaran dan sebagainya.

b. Bagaimana Cara Kerja Bisnis Online?

Bagi Anda yang masih awam mengenai cara kerja bisnis online, simak beberapa cara kerjanya berikut ini.

  • Sediakan Produk yang Dibutuhkan
  • Konsumen Melakukan Pemesanan
  • Pembayaran Produk
  • Proses Pengiriman Produk
  • Jaga Hubungan dengan Pelanggan

Itulah beberapa gambaran mengenai cara kerja bisnis online.

c. Apa Kelebihan Dan Kekurangan Dari Bisnis Online?

Jika Anda berencana memulai bisnis online, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan Anda. Berikut ini untuk kelebihan bisnis online.

  • Membutuhkan Modal Minim
  • Proses Transaksi Cepat
  • Menjangkau Lebih Banyak Orang
  • Media Promosi Lebih Menarik
  • Bisa Dikerjakan Siapa Saja

Selanjutnya adalah mengenai kekurangan bisnis online yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

  • Membutuhkan Pengetahuan dan Skill
  • Persaingan Cukup Ketat
  • Sulit Membangun Kepercayaan
  • Adanya Kejahatan Penipuan

d. Bisnis Online Apa yang Paling Laris?

Punya bisnis online yang selalu ramai adalah keinginan para pebisnis. Berikut ini beberapa rekomendasi ide bisnis online yang laris.

  • Menjual Sembako atau Kebutuhan Pokok
  • Menjual Produk Perawatan dan Kecantikan
  • Menjual Furniture Rumah
  • Menjual Makanan atau Minuman
  • Menjual Pakaian

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi ide bisnis online yang laris saat ini. 

Tentunya tren bisnis akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Ada saat di mana sebuah produk menjadi tren dan banyak dicari pelanggan, serta saat tren produk itu mulai menurun. 

Oleh karena itu, kuncinya adalah melakukan riset pasar dengan sebaik-baiknya dan menyelaraskannya dengan bisnis Anda.

e. Apa Saja Contoh Bisnis Online Tanpa Modal?

Jika Anda mencari ide bisnis online tanpa modal, simak ide di bawah ini.

  • Menjadi Dropshipper
  • Menjadi Affiliate Marketing
  • Menjadi Admin Media Sosial
  • Membuka Jasa Desain
  • Menjadi Influencer

Itulah beberapa contoh ide bisnis online yang bisa Anda coba.

Penutup

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu bisnis online, cara kerjanya, hingga berbagai keunggulannya. 

Sederhananya, bisnis online adalah jenis bisnis yang mengoptimalkan penggunaan internet. Selain itu, bisnis online bisa mempermudah Anda yang ingin memulai usaha dari awal.

Jika masih ragu untuk memulai bisnis online, Sasana Digital punya solusi untuk permasalahan Anda. 

Berbagai layanan dan konsultasi tersedia untuk membantu bisnis ataupun tim Anda agar lebih terasah dalam digital marketing. Tertarik? Klik banner di bawah ini dan Sasana Digital siap menjadi partner terbaik Anda!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?