Blog ›

Mengapa Konten Marketing Menjadi Hal Penting Bagi Bisnis?

I

Baca tulisan ini demi memahami betapa pentingnya sebuah konten marketing bagi bisnis. Konten marketing menjadi penyebab bisnis kecil bertumbuh pesat dan itu terbukti!

Sebenarnya content marketing berlaku bagi bisnis di semua level. Baik itu bisnis yang levelnya UKM maupun yang levelnya di tahap perusahaan besar.

Simak terus tulisan ini agar semakin paham pentingnya konten marketing.

Content Marketing Menurut Ahli

Saking pentingnya content marketing, para ahli bahkan sampai membahasnya dengan komprehensif. Di bawah ini ada 3 ahli yang menjabarkan berapa pentingnya content marketing.

Content Marketing itu Proses

Bila merujuk Gunelius (2011), content marketing adalah proses secara tidak langsung dan langsung mempromosikan bisnis atau merek melalui konten teks, video, atau audio yang bernilai tambah baik secara online maupun offline.

Hal itu bisa terjadi dalam bentuk long-form (seperti blog, artikel, e-book, dan sebagainya), short-form (seperti update Twitter, update Facebook, gambar, dan sebagainya), atau bentuk percakapan (misalnya, sharing konten melalui Twitter atau berpartisipasi dalam diskusi aktif via komentar blog atau melalui forum online).

Konten itu Soal Relevan

Bila merujuk Pulizzi (2009), content marketing adalah teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target audience yang jelas dan dipahami dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Konten Marketing itu Menceritakan Kisah

Bila merujuk pada Handleyl (2010) konten marketing adalah hal yang diciptakan atau dibagikan oleh individu maupun organisasi untuk menceritakan kisah mereka seperti sebuah percakapan.

Konten marketing tidak menjual secara terus menerus dan bukan merupakan suatu taktik yang dapat langsung menghasilkan, namun harus menjadi pola pikir yang dipeluk dan didorong.

Baca Juga: Konten: Pengertian, Jenis, serta Etika dalam Pembuatannya

Ini Fakta Pentingnya Konten Marketing

Untuk mengetahui betapa pentingnya konten marketing Sasana Digital telah mengumpulkan banyak data sebagai pendukung agar membuat Anda sadar bahwa konten marketing sangat penting untuk perusahaan.

Berikut fakta tentang konten marketing yang harus Anda tahu:

Prediksi Konten Marketing 2023

Konten marketing menjadi hal yang penting karena sudah diprediksi memegang posisi krusial pada sektor bisnis, Apapun bidang bisnisnya.

Dilansir dari Think with Google bahwa tiga konten ini mendorong konsumen untuk membeli produk. Yaitu ada video unboxing, tulisan resep makanan, dan blog yang mengulas rumah. Ketiga konten itu diprediksi menjadi konten unggulan.

Kamu bisa sesuaikan dengan kondisi bisnismu. Bila menjual baju, maka berlatihlah dari sekarang untuk membuat video unboxing yang menarik.

Bila bisnismu tentang menjaga lingkungan, maka berlatihlah membuat konten menjaga lingkungan sambil unboxing barang.

Konten Marketing Rajanya Asia Pasifik

Tahukah Anda hal menarik pada benua Asia Pasifik? Yaitu kebiasaan yang unik pada para konsumen dalam bisnis. Khususnya pada Indonesia dan negara di sekitarnya.

7 dari 10 konsumen di Asia Pasifik sepakat bahwa konten dan iklan di YouTube membuat mereka lebih suka berbelanja daripada biasanya.

Hal ini bisa menjadi rujukan bahwa konten marketing memegang peran penting pada bisnis. Terutama pada video YouTube yang bisa diatur agar lebih relevan dengan konsumen.

Brand besar tingkat dunia juga cepat-cepat mengandalkan konten marketing begitu mereka sadar betapa besar manfaat pemasaran melalui konten.

Ini membantu konsumen kami memvisualisasi diri mereka sendiri saat memakai brand kami setiap hari. Kami ingin membuat kreativitas yang relevan dengan perspektif konsumen dan membuat mereka merasa dari bagian kami.

– Anthony McLoughlin, Vice President E-Commerce and Growth Marketing Rothy’s

Content Marketing di Indonesia dan Singapura

Survei dari Google mengatakan bahwa 75% pembeli di Indonesia dan Singapura tetap memilih Google sebagai bahan pencarian sebuah produk.

Google juga menjadi bahan evaluasi sebuah brand bagi para konsumen. Sehingga mereka bisa yakin dalam memilih sebuah brand.

Dari sini saja bisa kita pastikan bahwa brand harus memperhatikan konten digital marketing yang mereka buat. Alih-alih sembarangan lebih baik dipikirkan dulu.

Bagaimana cara yang baik supaya tidak sembarangan dalam melakukan content marketing? Simak terus tulisan ini.

Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, 29 Tipe, dan Trennya di 2023

Konten Digital Marketing itu Ada Strateginya

Konten digital marketing jadi bagian dari upaya content marketing alias pemasaran via konten. Tentunya ada strategi yang harus Anda jalankan agar hasilnya lebih pasti.

Strategi berikut ini yang akan membuat matang content marketing Anda dalam bisnis.

1. Ulasan Konsumen itu Penting

Seperti yang ditulis dalam Jurnal Ilmu Budaya Volume 4 oleh Essy Syam bahwa pembeli adalah raja. Hal itu sudah menjadi slogan utama dalam dunia bisnis.

Ketika konsumen memberi review atau ulasan pada sebuah brand, dijamin nantinya ada dampak yang akan dirasakan oleh bisnis.

Maka dari itu Anda bisa mencoba mendorong konsumen untuk memberi ulasan. Bagaimana cara yang baik  mendorong konsumen? Simak terus tulisan ini ya!

2. Pakai Foto yang Kuat

Sebuah foto dapat mendukung konten di bisnis Anda. Foto yang indah akan mewakili sebagus apa produk atau layanan yang Anda punya.

Sedangkan foto yang bermakna membuat konsumen paham brand seperti apa Anda. Bila pesannya tepat, mereka akan langsung menyukai produk yang Anda jual.

 Apakah mereka akan membeli atau tidak? Menurut Weebly, sebanyak 75% pembeli belanja online merasa foto itu penting dalam membuat keputusan di akhir.

Baca Juga: 5 Tips Foto Katalog Produk yang Menarik dan Auto Dilirik!

3. Kebingungan pada Konten

Tidak semua konten harus langsung menjawab keingintahuan audiens. Manjakanlah konsumen dengan kebingungan dulu sebelum langsung ke inti permasalahan.

Seperti yang dikatakan oleh founder dari Smart Passive Income, melibatkan konsumen dalam pertanyaan mereka adalah hal yang sangat membantu bisnis.

Sebab nantinya ada peningkatan engagement di antara konsumen dengan brand yang terlibat. Sehingga tercipta hubungan yang baik di antara konsumen dan brand.

Setiap pembayaran dimulai dengan momen penasaran.

– Google

Anda bisa mengandalkan Google Ads yang menyediakan fasilitas iklan agar menggiring konsumen pada kebingungan mereka dan menawarkan solusi terbaik yang bisa mereka miliki.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Perbedaannya Bikin Untung?

4. Sampaikan Pesan Melalui Video

Video membantu bisnis dalam memberi pemahaman pada konsumen. Anda bisa membuat bisnis sangat personal bagi para konsumen.

Serperti pada Coca Cola yang dulu gemar sekali membuat video perayaan Idul Adha dengan ditemani sebotol Coca Cola yang besar. Sehingga banyak orang di Indonesia merasa produk itu dekat dengan mereka.

Sehingga ada sisi personal pada produk yang diingat oleh para konsumen. Yaitu kumpul keluarga pada saat Idul Adha bersama Coca Cola.

Begitu juga pada produk lain yang Anda rasa personal. Bisa jadi itu hasil kerja keras tim marketing yang berupaya membuat produk tersebut menjadi terasa personal.

Anda bisa mencoba pada platform TikTok untuk membuat campaign yang mengesankan para calon pembeli. Menggunakan pesan-pesan yang disampaikan melalui video.

Baca Juga: 7 Cara Promosi di TikTok untuk Kampanye Media Sosial

5. Digital Marketing Harus Membuat Bisnis Berbeda

Dulu untuk membuat bisnis terlihat berbeda sangat sulit. Sebab banyak kendala yang harus dilewati. Mulai dari pemasaran offline yang rumit hingga biaya pemasaran offline yang mahal.

Sejak adanya digital marketing banyak brand yang mulai menyadari bahwa identitas brand itu penting. Apalagi dengan kemudahan teknologi yang ada mampu membuat brand menjadi lebih stand out.

36% dari pembeli (menurut survei Google), menyukai belanja pada produk yang berbeda dari brand lainnya. Mereka cenderung memilih sesuatu yang berbeda.

Contoh Konten Menarik di Instagram dan YouTube

Beberapa contoh konten yang menarik bisa Anda lihat di bawah ini untuk menambah inspirasi. Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan renungan sekaligus membantu Anda dalam berbisnis.

Tutorial yang Unik

Tutorial yang unik bisa menjadi pilihan saat membuat konten. Pastikan turoail bisa disampaikan dengan cara yang berbeda dari orang-orang kebanyakan.

Seperti misalnya memberi tahu cara mengerjakan matematika dengan kata-kata yang asik dan tidak membosankan. Hal ini mampu meningkatkan jumlah engagement di Instagram dan YouTube.

Fashion yang Original

Di saat Anda memiliki keterampilan membuat baju, celana, dan bahkan hijab maka berbahagialah. Hal itu bisa Anda jadikan konten untuk menarik perhatian orang-orang.

Pada platform Instagram dan YouTube konten tentang fashion terutama pada celana, hijab, dan pakaian menarik banyak perhatian orang-orang. Semakin original fashion yang Anda tunjukkan, semakin suka para audiens pada konten.

Mobil dan Motor

Alat transportasi tak pernah lekang oleh waktu. Salah satunya adalah mobil dan motor. Maka manfaatkan kesempatan ini untuk membuat konten pada Instagram dan YouTube.

Ada baiknya Anda juga menyediakan bisnis dari apa yang Anda tampilkan di dalam konten. Sehingga konten yang sudah Anda buat dengan baik bisa mendatangkan cuan. Asik dong, bisa membuat konten sambil berbisnis.

Penutup

Pada akhirnya konten marketing menjadi sesuatu yang sangat diandalkan untuk bisnis. Apalagi di zaman sekarang banyak brand yang sudah mencoba membuat konten demi menarik para calon pembeli.

Pertanyaannya adalah… bagaimana cara menjadi brand yang stand out di antara lautan konten yang sudah tersebar di internet ini?

Anda dianjurkan menghubungi Sasana Digital yang sudah berpengalaman pada UKM, UMKM, instansi pendidikan, instansi pemerintah, dan perusahaan ternama lainnya di Indonesia.

Mari konsultasikan konten marketing yang tepat sesuai kondisi bisnis Anda dan temukan solusi digital sehingga dapat menumbuhkan bisnis lebih baik. Mari mulai dengan klik banner di bawah.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital