Blog ›

14 Contoh Content Marketing yang Bisa jadi Rujukan Bisnis

I

Mencari contoh Content Marketing bisa menjadi solusi inspirasi bisnis. Kira-kira seperti apa konten yang tepat pada bisnis? Selengkapnya hanya ada di sini.

Tulisan ini akan membahas selengkap mungkin contoh yang Anda cari. Mulai dari contoh di Instagram, TikTok, hingga contoh konten yang bisa dipakai untuk banyak kebutuhan.

Sekilas tentang Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah aktivitas pada bisnis dengan tujuan untuk menjual jasa dan produk menggunakan konten.

Nantinya konten akan membuat semacam efek ajaib sehingga orang-orang merasa harus memakai atau membeli sebuah produk dari brand terkait.

Selain efek ajaib tadi ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan mengandalkan konten. Manfaat apa sajakah itu? Selengkapnya simak di bawah ini.

Baca Juga: Content Marketing: Pengertian, 29 Tipe, dan Trennya di 2023

Manfaat Konten untuk Digital Marketing

Dilansir dari HubSpot ada 10 manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan konten untuk mendorong digital marketing. Berikut penjelasannya:

  1. Menahan pelanggan lebih nyaman dari biasanya.
  2. Meningkatkan daya tarik perusahaan di internet.
  3. Ada kepercayaan yang dilihat oleh para pembeli.
  4. Menjaring lebih banyak pelanggan loyal.
  5. Konten original bisa meningkatkan jual beli.
  6. Brand Anda mudah terlihat dari biasanya.
  7. Konten hebat membuat perusahaan dianggap profesional.
  8. Awareness bisa sangat diusahakan.
  9. Penggemar bisa muncul ketika sudah cinta pada brand.
  10. Bisa hemat budget untuk biaya pemasaran.

Setelah mengetahui manfaat konten pada pelaksanaan digital marketing bagi bisnis, kini saatnya melihat berbagai contoh content marketing yang bisa Anda contoh sebagai inspirasi.

Contoh Content Marketing di Internet

Ketika melakukan content marketing untuk bisnis maka sangat menarik melihat contoh-contoh yang beredar di internet. Banyak hal menarik yang bisa kita temukan di internet.

Yang paling mudah untuk kita pahami adalah content marketing di media sosial. Maka kita bisa melihat contohnya di Instagram, TikTok, dan Youtube. Sebab media sosial adalah channel marketing andalan di banyak perusahaan.

Baca Juga: 6 Digital Marketing Channel pada Bisnis: Organic + Paid

Contoh Content Marketing Instagram

Saat membuka Instagram banyak sekali hal yang bisa dilihat. Apalagi banyak orang senang menyalurkan ekspresi mereka di Instagram. Mulai dari orang-orang yang bersemangat sampai orang yang bersedih.

Berikut ini adalah contoh konten Instagram yang menginspirasi:

1. Carousel yang Menyentuh Hati dan Informatif

Content marketing bisa diandalkan dengan menggunakan carousel. Sebab carousel adalah gabungan post foto yang disatukan menjadi satu post pada feed Instagram.

Contoh content marketing di Instagram

Seperti pada gambar di atas. Akun kitabisa menyajikan konten yang informatif sekaligus menyentuh hati bagi para followersnya. Yaitu Amat seorang bocah yang terbantu karena ditolong banyak orang, sehingga pendidikannya bisa terus berlanjut.

Konten Instagram Kitabisa mendapat komentar

Bahkan beberapa followers mengomentari dengan perasaan bahagia. Sehingga nantinya mereka lebih terdorong untuk mengingat kitabisa.

Komentar untuk konten di KitaBisa

 

2. Reels yang Mendidik

Selain membuat konten informatif dan menyentuh, ternyata ada konten lain yang bisa diandalkan, yaitu reels. Apalagi bila reels yang kita buat bisa mendidik para followers.

Reels tirto contoh konten di Instagram

Seperti pada gambar di atas ini. Ada tirto yang membuat konten reels dengan tujuan berbagi wawasan pada audiens mereka.

Sehingga orang-orang menjadi tertarik dan merasa ada manfaat yang didapat ketika following akun tirto ini.

3. Quote yang Menghibur

Tidak selamanya quote menjadi suatu hal yang serius. Kadang kala quote juga bisa berisi suatu hal yang lucu.

Dari kelucuan tersebut audiens mudah mengingat brand Anda. Sehingga bila ada kesempatan di lain waktu mereka akan mengunjungi brand Anda.

4. Infografik yang Mendidik

Infografik bisa menjadi andalan dalam pemasaran. Dengan catatan isi data yang diperlihatkan memuat informasi yang berkaitan pada produk dan jasa yang ditawarkan.

Contoh Content Marketing TikTok

TikTok kini menjadi tempat yang ramai dan mulai diandalkan dalam content marketing. Apalagi banyak muda-mudi di TikTok yang gemar membeli barang.

Barang yang dibeli tidak hanya untuk kebutuhan personal, tetapi juga untuk kebutuhan lain seperti untuk orang tua dan keponakan.

Bila Anda menjual peralatan unik seperti peralatan ajaib untuk hewan jangan bersedih. Sebab di TikTok juga banyak kok pecinta kucing dan anjing yang gemar membeli barang.

Contoh konten kucing di TikTok

Mereka yang sayang pada peliharaanya merasa terbantu dengan konten yang dibuat. Sehingga mereka tidak bingung lagi dalam menentukan sebuah produk.

Contoh konten produk di TikTok untuk Kucing

Gambar di atas menjadi bukti bahwa barang unik untuk peliharaan hewan pun bisa terjual laris di platform TikTok. Maka ini bisa dijadikan contoh konten bagi bisnis.

Selain itu TikTok juga bisa membahas hobi, bukan soal barang melulu. Bagi Anda yang memiliki jasa berkaitan dengan film bisa membuat konten seperti di bawah ini.

Contoh content marketing di Tiktok membahas film

Baca Juga: 7 Cara Promosi di TikTok untuk Kampanye Media Sosial

Contoh Content Marketing YouTube

YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua, dan dengan lebih dari 1 miliar pengguna. Apalagi ada 300 jam video yang diunggah setiap menitnya, YouTube adalah alat yang efektif untuk pemasaran konten.

Hal terbaiknya Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk beriklan agar sukses. Bahkan, Anda bisa melakukan semuanya secara gratis!

Berikut adalah beberapa contoh konten di YouTube:

1) The Grid Co: Tips Memilih dan Memakai Smartphone Kedua Agar Lebih Optimal!

Contoh content marketing tentang Smartphone di YouTube

2) Dunia Ade Rai: 5 Langkah Mudah Turun Berat Badan

Contoh content marketing dari Ade Rai di YouTube

3) Satu Persen: Stop Jadi Jahat Sama Diri Sendiri!

Contoh content marketing di YouTube dari SatuPersen

Contoh Konten Produk yang Menggoda

Contoh content marketing sebetulnya sudah bertebaran dimana-mana. Anda hanya perlu mencarinya, seperti ketika Anda membaca tulisan ini.

Berikut adalah beberapa contoh content marketing untuk kebutuhan konten produk yang menggoda:

1. Video dengan Ulasan Produk

Dalam konten produk, tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai selain dengan membuat video ulasan produk. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, tetapi harus selalu menghibur sambil tetap memberikan informasi bermanfaat tentang produk.

2. Artikel Informatif

Jika sebuah brand mencari pendekatan yang lebih tradisional, maka artikel informatif mungkin cocok untuk audiens Anda.

Artikel-artikel ini bisa membahas aspek produk/layanan Anda secara mendalam. Sehingga ada informasi berharga yang dapat digunakan calon konsumen dalam kehidupan sehari-hari.

3. Infografis

Infografis adalah cara lain yang sangat baik untuk berbagi informasi yang berguna dengan calon pelanggan. Di saat yang bersamaan bisa menyampaikannya dengan cara menarik yang akan membuat orang tertarik untuk membeli produk.

4. Foto Menggugah

Foto yang menggugah biasanya dipakai oleh brand yang sudah memiliki nama besar. Foto yang berkualitas tinggi terbukti bisa mempertahankan kesetiaan konsumen.

Mulai dari bisnis kuliner yang menampilkan makanan lezat, hingga mobil yang seolah-olah membuat satu keluarga bisa merasakan kedamaian. Foto menggugah itu membuat persepsi calon konsumen menjadi tepat.

Contoh Konten Promosi yang Memikat

Membuat konten promosi yang memikat tentu menjadi keinginan setiap bisnis dalam menjual jasa atau produk. Sehingga konten yang ada dapat membantu agar produk lebih dekat dengan calon pelanggan.

Baca Juga: Apa itu Konten? (Pengertian Menurut Ahli, Contoh, dan Jenis)

Di bawah ini beberapa contoh konten promosi yang bisa memikat audiens:

1. Video Demo Produk

Jika Anda memiliki produk berkualitas tinggi, ini bisa menjadi keuntungan.Sebab Anda bisa membuat video demo produk agar orang-orang bisa melihat cara kerjanya.

Video demo produk sangat bisa dibuat untuk mengedukasi orang-orang sekaligus meningkatkan daya tarik dari sebuah produk itu sendiri.

2. Testimoni Pelanggan

Cara terbaik untuk meyakinkan seseorang untuk membeli suatu produk adalah dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana orang lain menggunakannya. Seperti cara menekan tombol on-off yang benar, mengganti bagian yang rusak, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membuat audiens percaya pada produk Anda. Serta membuat mereka merasa tidak sendirian dalam memakai produk yang mereka beli.

3. Ulasan Seorang Ahli

Seorang ahli dapat meningkatkan rasa percaya konsumen pada suatu produk. Sebab produk yang ditawarkan menjadi lebih jelas dari segi fungsionalitas.

Tak hanya berlaku untuk produk. Sebuah jasa juga bisa ditawarkan dengan menggunakan konten ulasan dari seorang ahli.

Contoh Konten Negatif yang Tak Patut Dicontoh

Tak selamanya konten memiliki dampak baik. Ada juga beberapa konten yang ternyata membuat brand menjadi buruk.

Jangan sampai brand yang Anda ciptakan menjadi jelek karena stigma yang didapat dari konten Anda sendiri. Sadari secepatnya konten negatif yang merugikan Anda.

Berikut ini adalah konten negatif yang tak patut dicontoh:

1. Tidak Representatif

Konten yang tidak representatif di sini maksudnya adalah konten yang tidak mewakili sama sekali. Baik itu mewakili konsumen maupun brand.

Hindari konten yang tidak relevan dengan brand, produk, atau layanan. Konten semacam ini tak memiliki tujuan apapun. Tidak pula memberi nilai tambah bagi pelanggan dan tidak membantu mereka dengan cara apapun.

2. Menjelekkan Brand Lain

Jangan membuat konten tentang brand atau produk pesaing dengan pendekatan negatif (meskipun itu benar). Tujuan Anda seharusnya membangun kepercayaan dengan calon pelanggan, bukan menghancurkannya!

Ketika Anda membuat konten yang terang-terangan mengatakan brand lain buruk, maka hal itu menimbulkan rasa kurang hormat dari konsumen. Fokus saja pada hal baik yang ada pada produk Anda.

3. Mengandalkan Isu Rasis dan Agama

Konten negatif lainnya adalah memanfaatkan isu rasis dan agama sebagai bahan sebuah konten. Sehingga ada banyak engagement yang terbangun tetapi menjadi bumerang tersendiri.

Kalau memang ingin membuat konten yang berbau rasis dan agama, ada baiknya fokus pada konten yang meningkatkan toleransi. Apalagi bila itu bisa membentuk sebuah perdamaian antar umat beragama.

4. Konten yang Dekat dengan Pornografi

Konten dewasa atau konten 21+ bisa menjadi konten andalan bila dipakai hanya sesekali. Hal itu bisa mendatang konsumen dengan profil konsumen yang salah.

Anda tidak maukan menjual sebuah produk tetapi mereka datang bukan karena produk. Melainkan karena unsur pornografi yang brand Anda angkat.

Pertanyaan Seputar Contoh Content Marketing

Banyak orang memiliki pertanyaan seputar contoh content marketing. Berikut ini telah kami rangkum pertanyaan orang-orang yang memiliki minat pada content marketing.

Apa Saja Contoh Content Creator?

Content Creator merupakan orang-orang yang membuat konten. Contohnya adalah YouTuber, TikToker, Selebgram, dan sebutan lainnya yang mewakili pembuat konten.

Sebagai tambahan, content creator berasal dari dua kata bahasa Inggris. Content yang berarti konten, dan Creator yang artinya pencipta.

Skill Apa yang Harus Dimiliki Content Creator?

Secara singkat ada 6 skill yang setidaknya harus dikuasai oleh Content Creator. Keenam skill ini bisa menunjang aspek penting dalam konten yang diciptakan.

Apa saja skill yang dibutuhkan itu? Simak selengkapnya di bawah:

  1. Kemampuan analisa
  2. Menguasai tools
  3. Komunikasi
  4. Memahami profil target audiens
  5. Copywriting
  6. Content Writing

Apa Saja Bentuk Konten?

Bentuk konten memiliki banyak sebutan. Hal ini karena kreativitas konten tak dapat dibatasi sehingga memiliki banyak bentuk. Mulai dari podcast, foto, carousel, meme, artikel, dan masih banyak lagi.

Penutup

Pada akhirnya sebuah content marketing harus berguna bagi kedua belah pihak. Baik itu bagi pembeli maupun terhadap penjual.

Bagi Anda yang ingin membuat content marketing tapi masih bingung bagaimana cara memulainya, maka Sasana Digital hadir untuk Anda!

Dengan beragam topik content marketing baik di media sosial, website, email, dan sebagainya, Anda dapat menentukan sendiri apa bahasan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Cakupan topik digital marketing kami meliputi:

Banner Topik Digital Marketing Training dan Konsultasi (6)

Mari temukan formula yang tepat untuk strategi pemasaran digital di bisnis Anda, agar tidak ketinggalan oleh kompetitor yang semakin agresif. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya, ya!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?