Blog ›

Wajib Tahu! 8+ Manfaat TikTok untuk Marketing

I

Pernahkah terpikirkan bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mengetahui kinerja Tik Tok dalam membantu exposure bisnis Anda. Jawabannya Anda harus tahu manfaat tiktok terlebih dahulu.

TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sekarang ini sedang diminati dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua. Dengan demikian bagi para pebisnis seperti Anda sangat tepat untuk melakukan pemasaran di aplikasi Tik Tok.

Keunggulan Tiktok sangatlah banyak mulai dari hiburan dengan challenge, sumber informasi, bisnis, dll. Maka dari untuk mengetahui informasi detail mengenai  manfaat Tik Tok simak penjelasan dibawah ini.

Memahami Tik Tok untuk Marketing Bisnis

TikTok umumnya adalah platform media sosial untuk membuat, berbagi, dan menemukan video pendek. Aplikasi ini digunakan oleh kaum muda sebagai saluran untuk mengekspresikan diri mereka melalui nyanyian, tarian, komedi.

TikTok memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan global. Dilansir dari Pocket-lin.com, 63 persen di antaranya berusia antara 10 dan 29 tahun. Sebagai hasil dari popularitas TikTok, ByteDance kini dianggap sebagai salah satu startup yang paling bernilai di dunia.

Kehadiran aplikasi TikTok memberikan peluang besar untuk meningkatkan visibilitas merek dan pertumbuhan selanjutnya. Hal ini akan sangat membantu dan mendukung dalam exposure bagi bisnis yang sedang Anda kerjakan.

Untuk mengetahui kelebihan tiktok lebih dalam artikel ini akan menyajikan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan aplikasi ini sebagai media marketing bisnis Anda.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2023 serta 7+ Tips Konten Langsung Viral

8 Manfaat Aplikasi Tik Tok bagi Bisnis Anda 

Setelah mengetahui Tiktok lebih jauh maka Anda harus mengetahui apa saja Kegunaan Tik Tok bagi Bisnis Anda.

1. Mengetahui Berbagai Informasi

Seperti Anda ketahui selain challenge, keunggulan Tik Tok Adalah untuk memberikan informasi terkait berbagai hal. Mulai dari produk makeup, pakaian yang murah, webinar, beasiswa dan gosip di dunia maya.

Semua informasi yang viral bisa kita ketahui juga di Tiktok ini walau video postingan hanya berdurasi pendek. Namun biasanya akan ada part-part selanjutnya yang akan melengkapi video sebelumnya.

Sebagai pebisnis, keuntungan TikTok ini bisa Anda gunakan untuk melihat konten-konten FYP yang kemudian bisa Anda jadikan referensi marketing bisnis Anda. 

Salah satu contohnya adalah dengan meniru konsep konten, namun objek diganti dengan produk Anda. Bisa juga men-stitch postingan fyp dengan bisnis Anda sehingga bisa membantu untuk memperkenalkan bisnis Anda lebih luas ke masyarakat.

Baca juga: Praktis! Cara Jualan di TikTok Shop serta 5 Keuntungannya

2. Menambah Pertemanan

Manfaat Tik Tok kedua, yaitu menambah pertemanan tidak hanya di dunia nyata. Namun, dapat terjadi di dunia maya. Salah satunya adalah di aplikasi TikTok. TikTok memberikan kebebasan untuk berkomentar di akun orang lain.

Dengan demikian Anda dapat menambah pertemanan dengan siapa pun seperti influencer, dengan sesama pebisnis, artis dll yang akan bermanfaat bagi bisnis Anda kedepannya bila Anda bisa bekerja sama dengan mereka.

3. Memiliki Engagement yang Besar

Manfaat tiktok yang selanjutnya adalah memiliki engagement yang besar. Engagement atau keterlibatan pengguna TikTok sangat luar biasa, sehingga bisa membantu brand untuk meningkatkan penjualan.

Dengan demikian, waktu layar para pengguna cukup lama sehingga mereka berpotensi terekspos berbagai macam iklan saat menggunakan TikTok.Tingkat keterlibatan pengguna yang besar itu pun dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan visibilitas produk atau layanan mereka.

4. Meningkatkan Identitas Merek

manfaat tiktok - tingkatkan identitas merek

Manfaat tik tok selanjutnya adalah keunikan tiktok dengan pendekatannya yang ringan, “santai” dan personal dalam berbagi konten. Untuk menggunakan aplikasi secara efektif dan menjangkau audiens yang luas.

Yang terbaik adalah mencocokkan nada platform yang sudah mapan dan memilih untuk mengambil konten Anda yang lucu, atau menawarkan cuplikan di balik layar.

Toko pakaian Zara, misalnya, menggunakan platform untuk berbagi pengalaman di dalam toko yang imersif, sementara BMW memberikan kilasan di balik layar tentang pengambilan gambar konten pemasaran mereka.

Apa pun pendekatan yang Anda ambil, kreativitas dan sudut pandang Anda akan berkontribusi dan dapat  meningkatkan identitas merek Anda.

5. Meningkatkan Kesadaran Merek

TikTok menawarkan peluang untuk meningkatkan kesadaran merek. Metode utama untuk menumbuhkan kesadaran konsumen pada platform adalah penggunaan tagar, yang memungkinkan pembuat konten melompat ke tren populer dan mendapatkan daya tarik.

Mirip dengan Twitter dan platform media sosial lainnya, TikTok memungkinkan pengguna untuk menelusuri video sesuai dengan topik dan tagar yang sedang tren. 

Artinya, dengan menyesuaikan konten Anda dengan tren populer, Anda dapat meningkatkan jumlah penayangan yang diterima video Anda secara signifikan.

6. Bermitra dengan Influencer

Terkait dengan membangun kesadaran merek adalah banyaknya peluang untuk bekerja dengan influencer untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda. 

Kehadiran TikTok membuat siapapun bisa menjadi terkenal, sehingga ada banyak sekali influencer yang dapat Anda  pilih untuk membantu promosi bisnis.

Menjangkau influencer dengan banyak pengikut dapat membantu bisnis Anda menjangkau audiens yang jauh lebih besar. TikTok telah membantu merampingkan proses ini untuk bisnis dengan menciptakan TikTok Creator.

Sehingga Anda tidak perlu pusing memilih influencer dengan banyak pertimbangan karena TikTok sudah memiliki alat untuk memfilter influencer yang terbaik untuk bisnis Anda.

7. Menyediakan Banyak Pilihan Format Iklan

manfaat tiktok - banyak format iklan

Manfaat Tik Tok yang membantu exposure bisnis Anda  ialah memiliki berbagai pilihan format untuk beriklan. Berikut jenis-jenis iklan TikTok yang perlu  Anda ketahui dan pahami:

a. TopView Ads

Fitur Top View Ads merupakan fitur terbaik yang tidak bisa dilewatkan. TopView Ads muncul selama 5 detik setelah pengguna membuka aplikasi.

Dengan fitur ini Anda  dapat menampilkan video dengan durasi mencapai 60 detik dan layar secara penuh dengan suara yang dilengkapi fitur putar otomatis.

Keunggulan lainnya, Anda  bisa memberi tautan dalam iklan sehingga dapat meningkatkan traffic di halaman internal maupun eksternal.

Namun Anda harus mengetahui bahwa TopView Ads adalah bentuk iklan reservasi, artinya Anda akan membayar tarif tetap agar iklan Anda ditayangkan ke sejumlah tayangan.

Dengan cara ini, Anda dijamin mendapatkan eksposur yang Anda rencanakan. Namun, Anda harus berkomitmen pada penetapan harga tetap yang kurang fleksibel dan seringkali lebih tinggi daripada iklan lelang.

b. In-Feed Ads

Fitur ini adalah  jenis iklan TikTok yang mirip dengan iklan feeds Instagram, dimana muncul pada laman “For You”.

Iklan video ini bisa berdurasi 9-15 detik yang bisa kamu tambahkan CTA (Call-to-Action) atau tautan ajakan bertindak untuk pengguna.

Sehingga, Anda  bisa menarik pengguna untuk berbelanja, mengunduh aplikasi, atau mengunjungi website Anda.

Selain itu, In-Feed Ads juga memungkinkan para audiens untuk meninggalkan likes, komentar, atau membagikan video pada pengguna lain.

c. Brand Takeover Ads

Fitur iklan TikTok yang satu ini biasanya langsung muncul ketika pengguna membuka aplikasi. Manfaat tiktok yang satu ini merupakan paling efektif dan cocok untuk meningkatkan branding produk dalam bisnis Anda.

Iklan ini hampir mirip dengan Top View Ads, perbedaanya memiliki tampilan statis atau dinamis dengan layar penuh yang memberikan dampak visual yang lebih kuat.

Brand Takeover Ads tidak bisa dilewatkan oleh pengguna, sehingga mereka harus menonton video hingga selesai. Dalam iklan ini, pengguna tidak bisa memberikan feedback berupa suka ataupun komentar.

Selain itu, pengguna tidak dapat melihat lebih dari satu iklan sehingga Anda dapat memanfaatkan eksklusivitas ini dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

d. Branded Hashtag Challenge

manfaat tiktok - branded hashtag challenge

Sesuai namanya, Branded Hashtag Challenge memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dengan membuat konten seputar tema campaign tertentu.Iklan ini memanfaatkan hashtag untuk promosi brand. 

Ketika pengguna mengklik hashtag yang disponsori brand, mereka segera diarahkan ke halaman arahan yang menampilkan logo sponsor, tautan situs web, deskripsi tantangan, dan video paling populer yang saat ini menggunakan hashtag terkait.

Tantangan tagar bermerek memberi pengguna kemampuan untuk membuat konten yang menarik pada tema kampanye Anda. Ini memberikan manfaat iklan organik dan bersponsor untuk bisnis.

Fitur hashtag membantu dalam fitur belanja yang lancar bagi pengguna.

Baca juga: 7 Cara Promosi di TikTok untuk Kampanye Media Sosial

8. Pemanfaatan  Konten Buatan Pengguna

Keunggulan TikTok lainnya adalah memungkinkan pengguna untuk menggunakan kembali konten yang diterbitkan oleh pembuat lain, menggunakan fitur ‘duet’ dan ‘stitch’.

Ini berarti bahwa bisnis dapat secara efektif meluncurkan kampanye dari belakang pencipta lain dengan biaya yang relatif rendah.

Contohnya ada beberapa kreator yang membuat postingan iklan produk maupun review produk yang tanpa mereka diminta. Namun, mereka membuat sebagai konten dan portofolio ataupun karena mereka suka dengan produk atau jasa Anda  

Manfaat tiktok ini membuat Anda tidak perlu membuat iklan, namun secara tidak langsung konsumen tertarik lewat konten para creator yang sudah membuat postingan tersebut. 

Baca juga: Pengertian TikTok Creative Center serta 3+ Fitur Unggulannya

9. Menjangkau Target Pasar lebih Cepat

Meskipun memiliki kehadiran di platform media sosial populer mana pun dapat menjadi cara yang bagus untuk menarik pelanggan, tren keterlibatan pengguna.

TikTok menunjukkan bahwa ini adalah aplikasi yang menawarkan bisnis paling menguntungkan. Dengan pengguna menghabiskan rata-rata 33 menit sehari. Itu menempatkannya tepat di belakang Facebook dalam hal keterlibatan harian.

Selain itu, fitur-fitur tiktok yang juga membantu dalam penyebaran konten maupun postingan yang Anda buat. Dengan cara menambahkan hashtag FYP akan membuat exposure konten Anda dijangkau oleh banyak konsumen dan bisa dikenal lebih cepat.

Kemudian ada fitur live yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi Dapat disimpulkan bahwa secara efektif Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar lebih cepat dengan menciptakan kehadiran di platform.

Baca juga: Mudah! 10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Pertanyaan Seputar Manfaat TikTok

Setelah mengetahui pembahasan diatas pertanyaan yang sering muncul tentang TikTok adalah sebagai berikut:

1. Apa Fungsi dari Aplikasi TikTok?

Tiktok berfungsi sebagai media entertainment seperti challenge, video pendek, nyanyian, tarian, komedi. Selain itu juga  bisnis  dan sumber informasi bagi penggunanya.

2. Apa Saja Dampak Positif Tik Tok?

Dari manfaat Tik Tok diatas dampak positif Tik Tok adalah dapat meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan exposure bisnis Anda, menambah relasi dengan influencer maupun mitra bisnis dan juga menjangkau konsumen yang luas.

3. Fitur Apa Saja yang Bermanfaat di TikTok?

Manfaat tiktok dari segi fitur nya  adalah fitur stitch dan duet ini berarti bahwa bisnis dapat secara efektif meluncurkan kampanye dari belakang pencipta lain dengan biaya yang relatif rendah.

Selain itu fitur-fitur yang ada pada iklan Tik Tok seperti Top View Ads, In feed Ads, Brand Take Over Ads, dan Branded Hashtag Challenge dapat meningkatkan exposure bisnis Anda.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat Tik Tok beserta fitur yang dapat digunakan untuk membantu dalam pengembangan marketing bisnis Anda.

Bila Anda membutuhkan bantuan profesional mengenai penggunaan Tik Tok sebagai media marketing bisnis Anda. Sasana Digital hadir membantu memberikan alternatif solusi  masalah Anda dengan layanan konsultasi. Klik banner di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?