Blog ›

Pengertian TikTok Creative Center serta 3+ Fitur Unggulannya

I

Pernahkah terlintas dalam benak Anda, bagaimana bisnis bisa menjalankan iklan secara efektif melalui TikTok? Kuncinya adalah dengan memanfaatkan fitur TikTok Creative Center. 

Mengetahui musik hingga konsep konten iklan yang sedang tren atau yang akan menjadi tren di TikTok sangat penting untuk kesuksesan periklanan. Creative Center menjadi tools yang tepat bagi suatu bisnis atau brand untuk memberi informasi tentang variabel tersebut.

Lantas, bagaimana cara menggunakan TikTok Creative Center? Melalui artikel ini Sasana Digital akan menjawab rasa ingin tahu Anda terkait pengertian, manfaat, cara penggunaan, hingga fitur TikTok Creative Center. Simak sampai habis ya!

Apa Itu TikTok Creative Center?

TikTok adalah salah satu platform media sosial terpopuler dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif. Banyak sekali potensi yang bisa dijangkau brand jika Anda mampu membuat video TikTok yang relevan dan menarik. 

Selain itu, ini juga disebabkan TikTok adalah platform visual, sangat cocok untuk menampilkan produk atau layanan dengan cara yang tak kalah menarik.

TikTok Creative Center adalah salah satu fitur gratis dari TikTok untuk mengamati selera audiens di TikTok dan membantu Anda dalam memproduksi materi konten untuk brand atau bisnis Anda agar sesuai dengan selera audiens di TikTok. 

Di platform ini, user yang memiliki Akun Bisnis TikTok dapat mengakses analitik pada iklan berperforma terbaik, lagu, hashtag, keyword, strategi kreatif, tools pemasaran, dan perpustakaan audio.

Dengan Fitur Creative Center, para kreator dapat menemukan berbagai inspirasi konten, insight tren, data terbaru, serta creative tools untuk proses pembuatan video dan iklan TikTok Anda. 

Selain itu, ada juga kumpulan ide kreatif dari kreator lain yang telah membuat konten TikTok dengan lagu atau template tertentu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari mereka sebelum membuat video milik brand Anda.

Baca juga: 7 Cara Promosi di TikTok untuk Kampanye Media Sosial

Setelah memahami pengertian TikTok Creative Center, berikutnya kita akan membahas apa saja manfaat penggunaannya untuk Anda.

Manfaat Penggunaan TikTok Creative Center

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan dan potensi jangkauan 11,8% dari populasi dunia yang berusia di atas 18 tahun, menunjukkan bahwa TikTok kembali mendominasi perhatian audiens.

Dengan Creative Center, semua pekerjaan Anda yang berkaitan dengan pembuatan konten TikTok akan menjadi lebih mudah dengan bantuan fitur ini. 

Salah satu fungsi TikTok Creative Center adalah untuk melihat iklan tersukses di Tiktok secara real time. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menemukan audio atau video yang sedang tren dan mendapatkan inspirasi dari kreator konten lain.

Kemudian, yang perlu Anda lakukan hanyalah merekam video sesuai dengan tren terbaru dan mengunggahnya ke TikTok untuk dilihat oleh semua calon pelanggan Anda. 

Lalu, apa saja manfaat dari penggunaan fitur ini bagi para kreator TikTok? Berikut ini manfaat Penggunaan TikTok Creative Center.

  1. Dengan memanfaatkan data, tren, musik, dan wawasan terkini, Anda dapat membuat video terbaik untuk brand Anda.
  2. Mudah menemukan kreator TikTok untuk diajak berkolaborasi dengan brand Anda.
  3. Mendapat dukungan dari penyedia layanan kreasi iklan profesional untuk membuat iklan video dari awal hingga akhir.
  4. Tersedia berbagai tools yang untuk pembuatan materi iklan secara mudah, efektif, dan efisien di TikTok.

Baca juga: Apa itu Konten? (Pengertian Menurut Ahli, Contoh, dan Jenis)

Itu tadi beberapa manfaat menggunakan fitur Creative Center. Berikutnya, kita akan membahas bagaimana cara penggunaan fitur TikTok satu ini.

Cara Menggunakan TikTok Creative Center

Fitur Creative Center banyak digunakan untuk mencari inspirasi konten video atau iklan TikTok. 

Dengan TikTok Creative Center Indonesia Anda juga dapat menemukan konten dan tren TikTok paling populer di negara, industri, dan keyword Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Fitur Creative Center untuk beberapa hal berikut.

  1. Mendapatkan inspirasi konten.
  2. Mencari lagu dan keyword yang sedang tren.
  3. Jelajahi postingan dan iklan dengan performa terbaik.
  4. Menemukan influencer TikTok populer.
  5. Akses TikTok Music Library.
  6. Akses lebih banyak ke TikTok Creative Tools.
  7. Membuat laporan digital dengan data yang terkumpul untuk memperoleh jangkauan dan engagement.

Untuk mengakses TikTok Creative Center Anda dapat menggunakan browser pada perangkat digital yang Anda miliki. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Fitur Creative Center.

  1. Buka situs TikTok Creative Center.
  2. Klik Login, lalu masuk dengan email atau nomor ponsel Anda yang telah terdaftar. Jika Anda belum memiliki akun TikTok, klik Sign Up Now.
  3. Jika sudah Login, maka Anda bisa mulai menjelajahi dan mencoba berbagai fitur yang tersedia dalam TikTok Creative Center.

Itulah beberapa langkah mudah penggunaan Creative Center. Selanjutnya kita akan mengetahui apa saja fitur-fitur Creative Center yang tersedia untuk para kreator hingga seller TikTok.

Fitur TikTok Creative Center yang Bisa Anda Coba

Sejak tahun 2019, TikTok telah mengizinkan para pebisnis untuk menampilkan iklan mereka sendiri. TikTok juga menjadi platform iklan dengan pertumbuhan pesar yang memiliki gaya iklannya tersendiri. 

Meskipun platform iklan TikTok cukup baru dibandingkan milik Facebook, namun ia mampu dengan cepat menambahkan fitur-fitur baru, seperti TikTok Creative Center atau “TikTok Ads Library” yang merupakan versinya sendiri dari “Facebook Ads Library”.

Terdapat berbagai fitur menarik dalam Creative Center yang bisa Anda manfaatkan secara langsung. Nah, berikut ini beberapa fitur menarik yang bisa Anda coba.

1. Fitur Inspiration

Fitur pertama yang bisa Anda coba adalah Fitur Inspiration. Pada fitur ini tersedia beberapa menu yang bisa Anda pilih, seperti Top Ads Dashboard, Keyword Insight, Creative Insight, Creative Strategies, dan Showcase.

Di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat video TikTok menjadi viral. Anda juga mendapatkan tips yang sangat praktis tentang cara meningkatkan strategi video TikTok organik dan juga kampanye iklan TikTok Anda.

Fitur Inspiration TikTok Creative Center

Sebagai contoh adalah fitur TikTok Top Ads Dashboard. Jika Anda sudah familiar dengan Facebook Ads Library, TikTok Top Ads pada dasarnya adalah versi TikTok dari Facebook Ads Library.

Fitur ini akan membantu Anda menemukan iklan dengan performa terbaik di TikTok. Anda dapat memasukkan keyword iklan yang ingin Anda cari lalu menggunakannya untuk ide kampanye iklan Anda berikutnya.

2. Fitur TikTok Trend Discovery

Fitur yang paling populer digunakan dalam TikTok Creative Center adalah Trend Discovery. Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan beragam inspirasi konten TikTok. 

TikTok Trend Discovery adalah alat yang sangat membantu untuk menemukan tren TikTok lebih awal sehingga Anda juga dapat menggunakan kekuatan tren TikTok untuk menjadi viral.

Fitur TikTok Trend Discovery TikTok Creative Center

Fitur Trend Center akan membantu Anda menemukan hashtag, musik, kreator, dan video TikTok yang sedang tren di Indonesia sehingga konten yang dihasilkan dapat meningkatkan engagement audiens.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2023 serta 7+ Tips Konten Langsung Viral

Untuk cara penggunaan fitur TikTok Trend Discovery, berikut tahapan yang bisa Anda coba.

  • Buka situs TikTok Creative Center.
  • Klik fitur “Trends” di bagian atas.
  • Pilih menu yang ingin Anda gunakan, seperti Hastagh, Musik, Kreator atau Video TikTok.
  • Berikutnya, Anda bisa langsung mencari dan melihat data yang tersedia berdasarkan menu yang Anda pilih.

3. Fitur Creative Tools

Berikutnya adalah Fitur Creative Tools. TikTok juga menyediakan berbagai tools bagi pembuat dan pengiklan TikTok yang membuat proses produksi video TikTok jauh lebih lancar dan tanpa perlu membayar perangkat lunak yang mahal.

Fitur Creative Tools TikTok Creative Center

Fitur ini menyediakan Editor Video, Template Video, dan Ads Coach untuk membantu Anda membuat materi iklan terbaik di TikTok. 

Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah dalam mengedit video karena tersedia tools yang cukup lengkap. Mulai dari musik, teks, effect, hingga template video yang disesuaikan dengan jenis iklan yang ingin Anda buat.

Baca juga: Ketahui Apa Itu Visual Marketing Beserta 7+ Jenisnya

4. Fitur Audio Library

Agar video TikTok Anda berhasil, baik menjalankan iklan TikTok atau tidak, Anda harus menemukan lagu yang sempurna untuk video Tiktok Anda. Di sinilah peran fitur Audio Library berguna.

Creative Center juga memiliki fitur Audio Library yang bisa diakses secara gratis. Fitur ini menyediakan berbagai rekomendasi musik dan playlist terbaik untuk konten organik dan pembuatan iklan brand Anda.

Fitur Audio Library TikTok Creative Center

Jika Anda ingin menggunakan fitur Audio Library, berikut cara mudah yang bisa Anda lakukan.

  • Buka situs TikTok Creative Center.
  • Klik “Audio Library” di bagian atas.
  • Lalu klik “Musik” atau “Playlist” yang disesuaikan dengan tujuan Anda.
  • Anda juga menyesuaikan filter yang tersedia, seperti genre atau tema lagu yang Anda cari.
  • Berikutnya, Anda bisa menyimpan lagu yang sesuai di editor TikTok Anda.

5. Fitur Top Products

Di awal tahun 2023, TikTok secara resmi memperkenalkan fitur terbaru, yaitu Top Products. Fitur Top Products menampilkan produk-produk yang sedang tren yang dapat di filter berdasarkan negara, kategori produk, dan waktu.

Fitur ini menyoroti seberapa populer produk tertentu di aplikasi TikTok, berdasarkan jumlah postingan iklan yang menampilkan item tersebut, bersama dengan tingkat impression, views, comments, dan likes yang diperoleh.

Ada juga menu “Detail’ di ujung kanan, yang mana akan menampilkan informasi tentang produk tertentu mencakup CTR, CPA, impression chart, dan masih banyak lagi.

Dengan data statistik TikTok Creative Center Indonesia terhadap produk teratas di Indonesia, maka Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk memutuskan jenis iklan yang akan dibuat selanjutnya.

Baca juga: 9 Langkah Bisnis Modal Kecil Bertumbuh via Media Sosial

Pertanyaan Seputar TikTok Creative Center

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan TikTok Creative Center. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait Fitur Creative Center.

1. Apa Itu TikTok Creative Center?

TikTok Creative Center adalah sebuah tools gratis untuk mengetahui selera di TikTok dan dapat membantu Anda dalam memproduksi materi iklan untuk brand atau bisnis Anda agar sesuai dengan selera dan minat audiens.

2. TikTok Creative Center Apakah Berbayar?

TikTok Creative Center adalah salah satu fitur TikTok for Business yang tersedia secara gratis untuk para kreator yang ingin membuat konten berdasarkan tipe-tipe konten yang sedang menjadi tren. 

3. Apa Keuntungan Menggunakan TikTok Creative Center?

Fitur Creative Center bisa membantu Anda dalam membuat materi iklan dan video yang menarik sehingga dapat mendorong audiens menonton iklan Anda, bahkan langsung melakukan membeli produk yang ditawarkan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai TikTok Creative Center mulai dari pengertian, manfaat, hingga fitur-fitur menarik yang bisa langsung Anda coba. Untuk memperoleh performa konten TikTok yang baik, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fitur satu ini.

Apabila Anda memiliki kendala terkait pembuatan konten sosial media yang tepat untuk bisnis Anda, Sasana Digital hadir dengan berbagai alternatif solusi untuk Anda. Klik banner di bawah ini dan dapatkan layanan konsultasi terkait permasalahan Anda.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?