Blog ›

Mudah! 10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

I

Kini, cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula terbilang cukup mudah. 

Terutama TikTok menjadi aplikasi yang telah banyak diunduh pada Q1 di tahun 2022, melampaui Instagram untuk posisi teratas kuartal ini. Hal ini mendorong orang-orang untuk mencari peluang mendapatkan penghasilan melalui aplikasi satu ini.

Lalu, bagaimana cara dapat uang dari TikTok? Artikel ini akan membahas 10 cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula 2023 yang bisa Anda coba. Check it out!

Apakah TikTok Menghasilkan Uang?

Pasti pernah terlintas di benak Anda, apakah tiktok bisa menghasilkan uang? Jawabannya adalah bisa.

Setiap pengguna TikTok bisa mendapatkan uang, baik sebagai pemilik akun personal, bisnis, atau bahkan akun pemula. Jadi, meskipun Anda belum memiliki banyak pengikut Anda masih bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok.

Sama seperti para kreator media sosial lainnya, banyak pengguna TikTok yang telah mencapai kesuksesan finansial melalui aplikasi ini. 

Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya orang yang telah mengetahui cara menghasilkan uang di TikTok. Bahkan, beberapa dari mereka menjadikan kegiatan tersebut sebagai full-time job.

Untuk user pemula TikTok dan ingin tahu cara dapat uang dari TikTok, berikutnya kita akan membahas cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula.

Baca juga: Praktis! Cara Jualan di TikTok Shop serta 5 Keuntungannya

Bagaimana Cara TikTok Menghasilkan Uang?

cara tiktok menghasilkan uang
Cara TikTok Menghasilkan Uang

Dilansir dari Business of Apps, TikTok mencapai 1,7 miliar pengguna pada tahun 2023, angka ini meningkat 17% dari tahun sebelumnya. 

Menurut laporan di tahun 2020, TikTok telah menghasilkan pendapatan sekitar $1.9 yang menunjukkan peningkatan sebesar 45% dari $350 juta di tahun 2019. Tentunya jumlah tersebut berasal dari 2 sumber pendapatan utama TikTok, yaitu iklan dan pembelian dalam aplikasi. 

Nah, untuk menambah insight lebih dalam tentang cara tiktok menghasilkan uang berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

1. TikTok Ads

Pada bulan Juni 2020, TikTok meluncurkan “TikTok for Business”, sebuah fitur periklanan baru yang memungkinkan brand untuk mempromosikan produk mereka di platform melalui in-feed video, brand takeovers, hashtag challenges, and branded effects.

2. In-Feed Video Ads

In-Feed Ads atau In-Feed Native Advertising adalah jenis TikTok Ads yang memungkinkan Anda membuat video iklan dengan durasi maksimal 60 detik dan video iklan tersebut akan muncul di TikTok feed milik pengguna lain ketika mereka scroll FYP mereka.

3. Brand Takeover Ads

Pernahkah Anda menemui sebuah iklan ketika membuka aplikasi TikTok?

Nah, iklan tersebut adalah jenis Brand Takeover Ads. Iklan tersebut ditampilkan tepat setelah Anda membuka akun TikTok dan berpotensi menghasilkan banyak uang untuk TikTok. Tampilan iklan semacam itu dapat berharga mulai dari $50.000 hingga $100.000.

4. Top-View Ads

Tidak seperti Brand Takeover Ads yang ditampilkan saat user pertama kali membuka TikTok, Top-View Ads muncul setelah user mulai memakai aplikasi dan bertahan memakainya hingga 60 detik.

5. Branded Hashtag Challenges

Branded Hashtag Challenges adalah salah satu cara TikTok menghasilkan uang yang paling menguntungkan. 

Dalam iklan ini, brand akan membuat hashtag challenges mereka sendiri dan membayar TikTok agar tag mereka muncul di FYP. Sekarang, challenge ini mengarahkan user ke halaman utama challenge tersebut, di mana mereka dapat melihat instruksi terperinci.

TikTok mengenakan biaya yang cukup besar untuk iklan ini, yaitu $150.000 untuk 6 hari pertama hashtag challenges, ditambah biaya tambahan sekitar $100.000 – $200.000 untuk mempromosikan challenges.

6. Branded Effects

Bagi pengguna setia TikTok, tentunya Anda tahu bahwa TikTok memiliki banyak pilihan stiker dan efek yang bisa digunakan agar konten menarik.

TikTok juga menyediakan branded custom stickers, augmented-reality filters, dan lensa untuk digunakan oleh user dalam video konten mereka.

7. In-App Purchases

Sebelum TikTok for Business diperkenalkan, pendapatan utama TikTok adalah In-App Purchase (Pembelian Aplikasi). Dengan begitu, kreator dengan 1.000 followers dapat memperoleh hadiah virtual dari penggemar mereka dengan menyiarkan live streaming.

Setiap pembelian virtual gift, bernilai sejumlah virtual coin yang juga perlu dibeli dengan uang sungguhan melalui aplikasi TikTok. Berdasarkan aplikasi TikTok terbaru tahun 2023, harga 1 koin TikTok berkisar Rp 235-240.

8. Komisi dari Konten Kreator

Ketika konten kreator sudah berhasil mengumpulkan tip dari penggemarnya, tentunya mereka ingin mencairkan tip tersebut dalam bentuk uang.

Namun untuk setiap dolar yang ditarik dari aplikasi, TikTok membebankan komisi 50% dan kemudian mengembalikan sisanya ke akun user. Dengan begitu, TikTok tidak hanya menghasilkan uang ketika user membeli koin TikTok, namun juga ketika kreator TikTok melakukan penarikan dana.

9. Tiktok Market Valuation & Investors

Pada tahun 2018, SoftBank Group Corp. memelopori putaran investasi dana sebesar $3 miliar untuk TikTok yang mencakup KKR & Co. dan General Atlantic. Selama putaran investasi dana tersebut, valuasi ByteDance meningkat menjadi $75 miliar.

Sesuai laporan terbaru pada Maret 2020, Tiger Global Management menjadi perusahaan modal ventura terbaru yang berinvestasi di TikTok. 

Menurut Financial Times, ByteDance sekarang memiliki valuasi tersirat sebesar $90 miliar hingga $100 miliar setelah menempatkan sahamnya untuk dijual di pasar sekunder.

Baca juga: Wajib Tahu! 8+ Manfaat TikTok untuk Marketing

Setelah mengetahui aliran uang tiktok, selanjutnya kita akan mengulas cara menghasilkan uang dari TikTok.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

cara mendapatkan uang dari tiktok untuk pemula
Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

TikTok telah menjadi aplikasi yang sangat populer di kalangan anak muda Indonesia. Hal ini membuka peluang bagi para penggunanya, terutama untuk mendapatkan penghasilan dengan aplikasi TikTok. 

Secara garis besar, Anda bisa mendapatkan gaji atau uang dengan cara yang hampir sama seperti pada media sosial lainnya, seperti Instagram atau Twitter. 

Lalu, Apakah 1k pengikut TikTok bisa dapat uang? Tentu saja bisa. Biasanya, gaji TikTok 1k followers cukup beragam, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp300 ribu.

Dengan kemauan dan kreativitas, tentunya Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan keuntungan besar melalui kepopuleran TikTok. Nah, berikut cara menghasilkan uang dari TikTok 2023 yang bisa Anda coba dan terapkan.

1. Jadi Content Creator

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Jadi Content Creator

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang bisa Anda coba adalah menjadi konten kreator.

Content creator telah banyak kita jumpai di berbagai platform media sosial. TikTok adalah platform dengan berbagai jenis konten. Anda bisa membuat konten mengenai kegemaran atau kegiatan Anda. 

Bangunlah branding melalui konten yang Anda buat. Semakin banyak jumlah views dan follower, semakin besar juga peluang Anda mendapatkan uang dari TikTok.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2023 serta 7+ Tips Konten Langsung Viral

2. Gabung TikTok Affiliate

TikTok Affiliate adalah suatu program yang diluncurkan oleh TikTok sebagai strategi yang menghubungkan para creator dengan seller melalui kreativitas dan komisi.  

Dengan menautkan sebuah link pada konten TikTok, Anda dapat memonetisasi audiens melalui tautan link yang dibagikan. 

Jika seorang creator mempromosikan sebuah produk, biasanya akan muncul ikon keranjang kuning pada konten yang mereka buat. Setiap user yang membeli produk melalui link afiliasi yang kita tautkan, maka akan ada reward yang diperoleh.

3. Lakukan TikTok Live dan Kumpulkan Virtual Gift

Pasti pernah terpikirkan, 1k followers TikTok dapat uang berapa ya? Nah, cara dapat uang dari TikTok yang bisa Anda coba adalah dengan mengumpulkan virtual gift saat Anda melakukan Live TikTok. 

Gift tersebut akan diberikan oleh penonton ketika mereka tertarik dengan topik yang sedang Anda bicarakan. Virtual gift yang telah terkumpul dapat Anda tukarkan dengan uang. 

Sebelumnya, tentukan waktu melakukan live yang tepat dan topik yang akan Anda bawa. Semakin lama durasi akan lebih baik karena interaksi yang terjalin dengan audience juga akan semakin dekat.

4. Manfaatkan Sistem Kode Referral

Kini hanya dengan mengundang teman menggunakan aplikasi TikTok, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. 

TikTok Reward adalah program baru dari TikTok yang memberi reward kepada anggotanya yang berhasil mengundang anggota baru untuk bergabung dengan TikTok melalui link referral. 

Link referral bisa Anda dapatkan dari profil TikTok. Sedangkan untuk reward ini dapat Anda tukarkan dalam bentuk isi ulang ponsel, kupon, dan lainnya.

5. Buka Bisnis di TikTok Shop

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Buka Bisnis di TikTok Shop

TikTok Shop adalah fitur belanja yang inovatif yang memungkinkan seller, brand, dan creator untuk mempromosikan dan menjual produk langsung di TikTok melalui video in-feed, LIVE, dan tab etalase produk.

Dengan cara ini, user TikTok dapat menjelajahi produk tanpa harus meninggalkan aplikasi dan bisa langsung melakukan pembelian produk yang mereka inginkan.

Nah, ada beberapa syarat dapat uang dari TikTok Shop yang perlu Anda ketahui, seperti berikut ini:

  • Pengguna TikTok versi aplikasi non Lite.
  • Akun TikTok memiliki 2.000 followers.
  • Akun TikTok aktif dan memiliki 50 video view selama 28 hari terakhir.
  • User minimal berusia 18 tahun.
  • Memiliki kartu identitas dan rekening bank.
  • Mematuhi ketentuan umum, berupa syarat untuk mengakses dan menggunakan layanan, situs, fitur, dan konten yang berhubungan dengan TikTok Shop.
  • Menyetujui ketentuan kebijakan privasi dan kebijakan komunitas yang diatur oleh pihak TikTok Shop.

Baca juga: Pahami Cara Mengaktifkan TikTok Shop serta 5 Tips Jualannya

6. Kolaborasi dengan Influencer dan Brand

Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer dan brand adalah salah satu cara Anda untuk mendapatkan penghasilan di TikTok. 

Anda bisa menciptakan ide konten TikTok yang unik dan otentik untuk berkesempatan bisa bekerjasama dengan suatu brand untuk mempromosikan produk mereka.

7. Jasa Pengelolaan Akun Profesional

Seiring dengan berkembanganya platform digital, peran admin sosial media sangatlah penting. 

Admin sosial media adalah seseorang yang mengelola suatu platform sosial media milik brand atau perusahaan untuk penyampaian informasi atau promosi kepada pengikut akun tersebut.

Mengingat besarnya popularitas TikTok saat ini, banyak brand besar hingga kecil mencari tenaga profesional untuk mengelola akun TikTok mereka. Oleh karena itu, profesi ini bisa menjadi peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok.

8. Buat Konten Bersponsor

Jika Anda sudah memiliki ribuan followers, membuat konten bersponsor bisa menjadi cara Anda mendapatkan uang di TikTok. Seperti media sosial lainnya, 

Seperti platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan fitur iklan yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis atau memonetisasi akun Anda.

Melalui fitur TikTok Ads, Anda dapat menentukan lebih banyak audiens untuk menonton konten Anda dan tentunya mereka yang melihatnya berpotensi menjadi bagian dari pengikut Anda.

Cara ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski begitu, jika Anda cukup jeli melihat peluang yang ada, bukan tidak mungkin akun TikTok Anda akan semakin ramai dan terkenal.

Baca juga: Apa Itu Paid Promote? Ini 5 Manfaatnya dalam Upaya Pemasaran

9. Menonton Video TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Menonton Video TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya adalah dengan menonton video TikTok dengan durasi waktu tertentu. 

Untuk durasi video sekitar 15-30 menit, dengan 2.000 koin untuk video berdurasi 5 menit, 7.000 koin untuk video berdurasi 15 menit, dan 15.000 koin untuk video berdurasi 15 menit. 

Nantinya, Anda akan mendapat sejumlah koin yang bisa Anda cairkan melalui aplikasi DANA. Konversi koin TikTok ke rupiah akan dilakukan secara otomatis oleh sistem aplikasi TikTok.

10. Mempromosikan Musik di TikTok

Cara mendapatkan penghasilan dari tiktok yang bisa lainnya adalah mempromosikan musik di TikTok dalam video pendek Anda.

Hampir semua konten TikTok menggunakan musik, baik itu untuk challenge, lip-sync, hingga tutorial. Terutama, belakangan ini banyak penyanyi seperti New Jeans, Fifty Fifty, Taylor Swift, dan lainnya yang musiknya melejit pada platform TikTok. 

Tentunya hal ini juga menjadi peluang bagi para musisi untuk mempromosikan musik mereka. Jika Anda memiliki jumlah followers dan engagement yang besar, para musisi juga bisa saja menjalin kerja sama dengan Anda dalam mempromosikan musik dalam platform Anda. 

Baca juga: Pengertian TikTok Creative Center serta 3+ Fitur Unggulannya

11. Jual Akun TikTok

Menjual akun TikTok juga bisa menjadi cara Anda untuk menghasilkan uang dari tiktok. Apalagi Anda berbakat dalam meningkatkan followers dalam waktu cepat.

Cara jual akun TikTok bisa dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan sehingga bisa dipastikan bahwa akan banyak pembeli potensial yang datang. Terutama, sudah marak pebisnis yang menjalankan bisnis jual beli media sosial di marketplace atau e-commerce.

12. Jual Merchandise

Menjual merchandise di TikTok bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Terutama saat ini banyak penggemar K-Pop yang suka berburu barang-barang berkaitan dengan idola mereka.

Desain unik dan estetik akan menjadi nilai jual lebih bagi merchandise Anda. Jika Anda memiliki modal terbatas, terapkan sistem PO (Pre-Order) sehingga produksi barang bisa disesuaikan permintaan pembelian.

Jangan lupa untuk melakukan promosi di TikTok Anda. Buatlah konten semenarik mungkin dengan lagu TikTok yang tengah trending atau hashtag yang relevan dengan konten yang dibuat.

Baca juga: Anti Ribet! Begini 5 Cara Cek Penghasilan TikTok Anda

Pertanyaan Seputar Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait cara menghasilkan uang dari TikTok.

1. Kapan Kita Bisa Dapat Uang dari TikTok? Bagaimana Caranya?

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba adalah dengan menjadi content creator, gabung TikTok Affiliate Program, melakukan TikTok Live dan mengumpulkan gift, hingga menonton video TikTok.

Setelah mengumpulkan koin atau gift TikTok, nantinya Anda bisa menukarkan ke rupiah dan dikirimkan melalui aplikasi DANA atau rekening Anda.

2. Berapa Followers atau Viewers yang Dibutuhkan agar Bisa Dapat Uang dari TikTok?

Untuk pemula, Anda bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan memiliki sekitar 1.000 followers. Dengan jumlah tersebut, Anda bisa melakukan Live Streaming dan mengumpulkan gift yang nantinya bisa Anda tukarkan dengan uang.

3. Jam Berapa Saja FYP TikTok agar Dapat Uang?

Rata-rata jadwal FYP TikTok 2023 dimulai pada jam 06.00-09.00 WIB dan 15.00-19.00 WIB. Untuk selengkapnya, Anda bisa membaca artikel Jadwal FYP TikTok 2023 serta 7+ Tips Konten Langsung Viral.

Penutup

Nah, itu tadi beberapa cara mendapatkan penghasilan dari TikTok yang bisa Anda coba. Di era digital, mendapatkan penghasilan menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan melalui platform media sosial Anda. 

Jika Anda masih memiliki kendala terkait penerapan sosial media secara langsung pada bisnis, Sasana Digital telah hadir dengan berbagai solusi untuk Anda. Klik banner di bawah ini dan konsultasikan permasalahan Anda hanya bersama kami.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?