Blog ›

Apa Itu Paid Promote? Ini 5 Manfaatnya dalam Upaya Pemasaran

I

Melakukan kegiatan promosi penjualan terhadap produk atau jasa menjadi salah satu langkah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Kegiatan promosi yang berhasil akan memberikan dampak yang positif bagi bisnis Anda dalam memenuhi kebutuhan target penjualan.

Kegiatan promosi yang berhasil dengan baik, juga akan membuat interaksi antara pihak penjual dengan pembeli dapat terjalin dengan baik.

Kegiatan promosi untuk suatu bisnis sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yang cukup populer saat ini adalah dengan teknik paid promote. Pada artikel ini, mari kita kenali apa itu paid promote lebih lanjut!

Apa Itu Paid Promote?

Apa Itu Paid Promote dalam Kegiatan Promosi?

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah “Paid Promotion” atau “Paid Promote”?

Sederhananya, arti paid promote adalah promosi berbayar. Paid Promote adalah salah satu bentuk kegiatan promosi bisnis, produk, dan jasa yang dilakukan oleh pihak ke-3 yang memiliki kredibilitas dan juga otoritas lebih, seperti dari jumlah followers, pengaruh, dan sebagainya.

Melalui akun pihak ke-3 tersebut, diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan dapat menarik banyak pelanggan. Selain itu juga diharapkan dapat terjadinya penjualan dari kegiatan promosi yang dilakukan.

Jasa paid promote yang ditawarkan pun biasanya telah menetapkan sejumlah tarif tertentu sesuai dengan kesepakatan antara pemilik jasa dengan pengguna jasa.

Kegiatan paid promote biasanya tersedia di berbagai platform media sosial dengan jumlah followers yang cukup banyak serta memiliki engagement rate yang tinggi. Jasa paid promote ini biasanya disediakan oleh publik figur, blogger, maupun youtuber.

Sebelum menggunakan jasa paid promote, sebaiknya Anda mempertimbangkan akun mana yang hendak dipilih sebagai media untuk keperluan promosi bisnis Anda.

Selain itu, pastikan juga bahwa jenis followers yang dimiliki akun tersebut asli dan akun tersebut terlihat sering melakukan interaksi bersama pengguna akun media sosial lainnya secara nyata.

Dan yang tidak kalah penting adalah materi promosi untuk paid promote tersebut haruslah sesuai dengan target audiens yang dituju sehingga pesan yang ingin disampaikan pun akan mudah dimengerti.

Baca Juga: Apa Itu Endorse? Ketahui Strateginya dalam Memasarkan Produk

5 Manfaat Paid Promote untuk Upaya Pemasaran

Setelah Anda mengetahui pengertian mengenai paid promote, simak manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan apabila tertarik untuk menggunakan jasa paid promote untuk keperluan bisnis Anda.

a. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan jasa paid promote adalah dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda dan jasa paid promote, maka bisnis Anda pun akan lebih banyak dijangkau oleh pengguna sosial media lainnya sesuai dengan target Anda.

Dengan demikian, banyak pengguna sosial media yang akan aware terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui konten paid promote tersebut.

Karenanya, Anda disarankan untuk membuat konten yang sifatnya mudah diingat dan dapat menciptakan kesan yang kuat bagi target audiens Anda.

b. Menyampaikan Pesan Sesuai Target Audiens

Manfaat paid promote selanjutnya yang dapat Anda rasakan adalah dapat memudahkan Anda untuk menyampaikan pesan secara lebih efektif kepada target audiens.

Dengan menentukan target audiens yang tepat, maka Anda pun dapat menciptakan hubungan yang baik dengan target audiens Anda.

Salah satu cara dalam membangun hubungan yang baik dengan target audiens Anda adalah dengan rutin menjawab pertanyaan yang mereka tanyakan.

Dengan demikian, seiring berjalannya waktu pun maka target audiens Anda akan menilai bahwa bisnis Anda terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Baca Juga: Contoh Key Message dan 8 Hal Penting dalam Pesan Bisnis

c. Meningkatkan Engagement

Dengan menggunakan jasa paid promote, maka akun Instagram bisnis milik Anda bisa memiliki engagement yang lebih besar. Hal tersebut dikarenakan adanya bantuan dari key opinion leader yang memiliki pengaruh positif pada interaksi media sosial Anda.

Selain itu, paid promote yang berhasil akan berpengaruh terhadap jumlah followers Anda serta dapat meningkatkan terjadinya penjualan

Pengaruh paid promote yang sukses juga bisa menambah jumlah followers kamu sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.

d. Sebagai Media Promosi yang Efektif

Media sosial merupakan salah satu jenis media promosi suatu bisnis yang dinilai efektif. Karenanya, menggunakan jasa paid promote bisa menjadi salah satu alternatif Anda dalam memasarkan bisnis yang Anda miliki. Terutama, memasuki era digital seperti sekarang ini, membuat media sosial menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu sebagai alat berkomunikasi.

Adapun salah satu jenis media sosial yang banyak digandrungi oleh masyarakat di Indonesia adalah WhatsApp, YouTube, dan Instagram.

e. Menghemat Budget Marketing

Kegiatan promosi di media sosial dinilai relatif terjangkau dibandingkan menggunakan metode promosi beriklan lainnya. Hal ini tentu saja menguntungkan dan menghemat anggaran bisnis Anda.

Apabila bisnis yang tengah Anda jalani sekarang masih tergolong kecil atau pemula, maka menggunakan jasa paid promote di media sosial dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Baca Juga: Dilema Digital Marketing: Bagaimana Cara Menghitung Budget

Tips Paid Promote untuk Keberhasilan Promosi

Berdasarkan keseluruhan manfaat paid promote yang akan Anda dapatkan, mungkin Anda merasa tertarik dan ingin segera menggunakan jasa tersebut. Sebelum itu, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu tips menggunakan paid promote untuk bisnis Anda.

1. Tentukan Platform Media Sosial yang Tepat untuk Promosi

Sebelum melakukan kegiatan paid promote, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu platform media sosial mana yang hendak digunakan. Hal ini penting dilakukan karena dalam memilih platform media sosial yang tepat maka akan mendapatkan target audiens yang sesuai dengan sasaran Anda.

Sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih platform media sosial, Anda harus melakukan riset bagaimana karakteristik yang dibangun pada platform tersebut.

Pastikan platform media sosial tersebut memiliki citra yang positif dan menyebarkan konten yang bersifat informatif serta tak hanya sekadar mengandalkan clickbait saja.

Hal ini akan memberikan dampak positif yaitu adanya rasa percaya dari target audiens Anda dalam melihat konten hasil paid promote tersebut.

2. Kelola Dulu Akun Media Sosial dengan Baik

Sebelum memulai untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda miliki melalui paid promote, maka sudah sewajarnya Anda mengelola akun media sosial bisnis dengan baik.

Sebagai langkah awal dalam mengelola akun media sosial bisnis, Anda dapat memulainya dengan melengkapi beberapa hal sebagai berikut:

  • Informasi yang terdapat pada bagian profil
  • Menyajikan konten-konten yang sesuai dengan karakteristik bisnis
  • Saling membangun interaksi dengan target audiens

Dengan demikian, akun media sosial bisnis Anda akan lebih terpercaya oleh target audiens dan pengguna media sosial lainnya.

3. Tentukan Target Audiens Spesifik

Setelah Anda berhasil menentukan platform media sosial yang akan digunakan dan mengelola dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa yang menjadi target audiens Anda.

Untuk menentukan target audiens, Anda dapat melakukan riset dan analisis terhadap pengguna media sosial yang dapat berpotensi menjadi target audiens Anda.

Agar tidak membuat Anda bingung, Anda dapat membuat kategori target audiens Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, minat dan ketertarikan, dan lain sebagainya.

Dengan menentukan siapa yang menjadi target audiens Anda, hal tersebut akan memudahkan Anda dalam memilih influencer yang tepat untuk kegiatan paid promote bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga sudah memiliki gambaran dalam pembuatan konten yang sesuai dengan siapa yang menjadi target audiens Anda.

Baca Juga: Paid Promote vs Endorsement, Apa Bedanya?

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu paid promote, manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan paid promote sebagai pemilik bisnis.

Serta, terdapat bonus tips untuk menggunakan jasa paid promote sebagai keperluan bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman Anda mengenai paid promote.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu Layanan Free Consulting kami di sini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?