Blog ›

Apa Itu Endorse? Ketahui Strateginya dalam Memasarkan Produk

I

Era di mana maraknya penggunaan media sosial, makna “Orang Terkenal” menjadi semakin meluas, yakni mencakup mereka yang juga dianggap populer di media sosial. Hal tersebut memberikan istilah baru yang disebut dengan Influencer/Selebgram.

Selebgram/influencer adalah orang-orang yang mempunyai kapasitas dikenal oleh banyak orang melalui media sosial yang dimilikinya. Dengan begitu, para selebgram/influencer seringkali memanfaatkan peluang yang ada dengan membuka jasa untuk mempromosikan suatu brand.

Istilah mempromosikan tersebut biasa dikenal dengan kata endorse. Lantas, apa itu endorse? Dan bagaimana strategi dalam menggunakan jasa endorse untuk bisnis? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel dibawah ini. 

Apa Itu Endorse atau Endorsement?

Endorse atau Endorsement adalah suatu cara strategi promosi melalui perantara seseorang yang dapat mempengaruhi pembelian suatu produk terhadap orang lain. 

Kata endorse kadang sering dikaitkan juga dengan dengan istilah influencer, selebgram, dan sebagainya. Apa itu?

Seorang selebgram merupakan seorang influencer yang ada pada Instagram dengan memiliki jumlah pengikut atau followers ribuan hingga jutaan dan memiliki pengaruh besar terhadap audiensnya. 

Sehingga, arti dari endorse influencer/selebgram adalah membayar jasa untuk melakukan kampanye pemasaran dalam mempromosikan brand atau produk di platform media sosialnya. 

Aktivitas mempromosikan produk tersebut bisa dilakukan dengan unggahan foto, video, atau stories yang bertujuan menarik perhatian followers. 

Endorse dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu selebgram dan pebisnis. Pihak influencer akan mendapatkan komisi, dan pihak pebisnis akan mendapatkan awareness produk, peningkatan penjualan serta dapat membangun sebuah kepercayaan konsumen terhadap produk. 

Siapa Saja yang Bisa Di-Endorse?

Perlu Anda ketahui bahwa kunci dari Instagram dapat berkembang adalah konsisten dalam memposting sebuah konten. Usahakan untuk memposting satu konten dalam setiap harinya. 

Jika konten menarik dan dilirik oleh banyak pengguna Instagram yang lain, maka kemungkinan besar mereka akan mengikuti media sosial dan tentu saja potensi akun yang dibuat akan berkembang pesat. Sehingga siapa saja akan berpotensi menjadi seorang influencer. 

Mereka influencer tersebut dapat mempengaruhi audiensnya. Hal tersebut menjadikan seorang influencer membuka jasa endorse untuk mempromosikan suatu brand atau produk. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa endorsement:

1. Jumlah Followers

Endorse biasanya dijalankan oleh Influencer sebagai ujung tombak dari promosi Anda. Kategori I\influencer ini mengacu kepada orang yang populer dan memiliki banyak followers di sosial media, misalnya di Instagram.

Wajar saja jumlah followers perlu Anda perhatikan, karena semakin banyak pengikut influencer yang akan Anda pilih, maka semakin besar juga jangkauan promosi dan peluang audiens melihat produk Anda.

Anda juga harus memperhatikan keaslian followers. Banyak sekali akun palsu yang mungkin bertebaran di media sosial. Akun palsu tidak akan memberikan hasil maksimal karena akunnya bersifat tidak asli dan tidak aktif. 

2. Engagement Rate

Poin ini juga tak kalah penting karena engagement merupakan salah satu tolak ukur dalam memilih influencer terbaik. Dengan engagement rates yang tinggi, influencer tersebut sudah dipastikan mampu berinteraksi sangat baik dengan para pengikutnya.

Oleh karenanya, pilih influencer dengan tingkat engagement yang tinggi agar iklan produk Anda berpeluang diterima oleh follower si influencer.  Saat ini terdapat beberapa tools internet yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk mengecek engagement rates influencer.

Tujuan Melakukan Strategi Endorse

Dengan melakukan endorse pada produk barang atau jasa Anda, maka masyarakat akan semakin sadar mengenai keberadaan dari produk Anda. Kesadaran masyarakat akan semakin bertambah apabila orang yang Anda endorse adalah orang yang sangat kredibel dan sejalan dengan produk yang dijual. 

Anda juga bisa menggunakan strategi endorse apabila Anda telah mengeluarkan produk yang baru. Pemasaran dengan endorse bahkan sangat tepat digunakan bagi produk yang baru saja keluar, karena produk Anda akan dikenal semakin banyak orang dalam waktu yang sangat cepat.

Kelebihan & Kekurangan Endorse

a. Kelebihan Strategi Endorsement

  • Memperluas Jangkauan Pasar

Memperluas jangkauan pasar artinya memperluas bisnis. Kegiatan memperluas bisnis adalah menjual produk tidak hanya di satu daerah melainkan bisa terjual sampai ke berbagai daerah. 

Sehingga dengan menggunakan endorsement akan berpengaruh terhadap penghasilan yang akan didapatkan oleh bisnis Anda. 

  • Meningkatkan Awareness Produk

Brand awareness akan sangat penting karena konsumen cenderung akan membeli suatu produk yang berasal dari merek yang telah dikenalnya. 

  • Membangun Kredibilitas Brand

Kredibilitas merupakan kepercayaan pelanggan terhadap sebuah perusahaan. Hal ini menjadi penting bagi sebuah bisnis agar pelanggan tertarik membeli produk atau layanan yang mereka tawarkan. 

b. Kekurangan Strategi Endorsement

  • Popularitas Influencer Mudah Berubah

Apapun yang dilakukan oleh selebriti dalam kehidupan pribadinya akan memberikan dampak kepada citra brand yang di-endorse. 

Apabila jika endorser melakukan perbuatan yang tidak pantas, citra produk dapat saja ikut melorot. Risiko yang lain, jika karakter selebriti tidak sesuai dengan karakter brand yang di-endorse. Ini akan menjadi masalah untuk program pemasaran selanjutnya dari brand yang bersangkutan. 

Memakai selebriti yang sedang naik daun biasanya mengandung risiko yang lebih besar. Karena produk lain pasti juga memanfaatkan artis yang sedang ngetop tersebut untuk meng-endorse produknya (sehingga sang endorser menjadi overexpose).

  • Iklan Endorse Tidak akan Bertahan Lama

Tingginya penerapan strategi endorsement membuat para selebgram/influencer menerapkan kebijakan untuk durasi iklan endorsement. Ini artinya iklan terkait bisa saja hilang karena masa berlaku endorse yang sudah ditentukan habis.

Adapun endorsement dengan menggunakan story Instagram seorang selebgram/influencer. Seperti yang kita ketahui bahwa story Instagram hanya akan menampilkan stories selama 24 jam. Lewat dari batas maka story tersebut akan hilang. 

Sama halnya ketika Anda menggunakan endorsement sebagai media promosi bisnis. Iklan endorse akan hilang setelah batas waktu yang telah ditentukan. 

  • Rate Harga yang Bervariasi

Setiap selebgram atau influencer pasti memiliki rate  harga yang bervariasi. Harga yang diberikan biasanya tergantung dengan followers atau engagement rate akun yang dimiliki.

Ketika engagement rate tinggi maka harga yang diberikan pun menyesuaikan dengan memberikan harga yang tinggi pula.

Sistem Rate Card untuk Biaya Endorse Selebgram/Influencer

Sebelum melakukan endorsement, ada yang harus dipersiapkan yaitu dokumen endorsement. Dokumen endorsement adalah dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan endorsement. Di dalamnya, biasanya ada yang disebut sebagai endorsement letter.

Endorsement letter adalah surat yang dibuat influencer atau rekan bisnis untuk mendukung bahwa orang yang didukung oleh mereka adalah kandidat yang baik atau orang yang dapat dipercaya untuk mempromosikan produk. 

Setelah punya dokumen endorsement, pastikan juga Anda telah melihat rate card endorsement dari influencer yang Anda inginkan. Rate card endorsement adalah daftar menu yang di dalamnya ada informasi detail mengenai biaya, format konten, platform, jangka waktu dan ketentuan lainnya. 

Contoh Endorsement dalam Bisnis

Produk Scarlett

Product Scarlett - Apa Itu Endorse

Produk MS Glow

Product MS Glow - Apa Itu Endorse

Produk Eiger

Product Eiger - Apa Itu Endorse

3 Pertanyaan dalam Menggunakan Jasa Endorsement untuk Bisnis

1. Apakah Strategi Endorsement Cocok untuk Kondisi Bisnis Saat Ini?

Maraknya penggunaan media sosial saat ini membuat persaingan bisnis semakin ketat. Banyak pebisnis yang berujung gulung tikar karena tidak bisa merancang strategi promosi dengan tepat.

Oleh karena itu, penting sekali untuk para pebisnis mengetahui kondisi dan situasi untuk dapat merancang strategi promosi yang tepat. Banyak sekali strategi promosi yang dapat Anda gunakan salah satunya dengan menggunakan strategi endorsement.

Strategi endorsement adalah strategi yang cocok untuk pertumbuhan bisnis saat ini. Dengan kekuatan seorang influencer, bisnis Anda akan dapat dikenal oleh banyak orang serta dapat membangun suatu kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. 

Tetapi jangan lupa untuk analisis terlebih dahulu produk yang dipromosikan influencer sebelumnya. Citra influencer akan mempengaruhi citra produk. Maka jika Anda salah memilih influencer sebagai media promosi brand/produk Anda. Maka ada pengaruhnya terhadap citra produk Anda sendiri. 

Misalnya saja jika sang artis memiliki latar belakang kriminal atau melakukan tindak asusila yang membuat reputasinya dinilai negatif dalam masyarakat maka mau tidak mau produk Anda juga kena getahnya.

2. Apakah Selebgram/Influencer yang Di-endorse Sesuai dengan Value Bisnis, Produk, atau Layananmu?

Anda perlu mempertimbangkan apakah niche akun influencer tersebut sesuai dengan value bisnis, produk, atau layanan Anda atau tidak. Karena jika tidak memiliki hubungan antara keduanya, maka promosi yang dilakukan akan sia-sia.

Namun tidak hanya niche saja, tapi bagaimana dengan audiensnya sudah mempresentasikan bisnis atau produk layanannya atau belum. 

3. Apakah Telah Diperhitungkan Sebelumnya? (Berhubungan dengan ROI)

Memahami ROI (Return of Investment) merupakan sebuah keharusan bagi setiap pebisnis atau pelaku usaha. Dengan mengetahui ROI, Anda dapat mengetahui seberapa besar tingkat pengembalian investasi secara keseluruhan. 

Penutup

Endorse atau Endorsement adalah suatu cara strategi promosi melalui perantara seseorang yang dapat mempengaruhi pembelian suatu produk terhadap orang lain. 

Sehingga dengan melakukan endorse pada produk barang atau jasa Anda, maka masyarakat akan semakin sadar mengenai keberadaan dari produk Anda. Kesadaran masyarakat akan semakin bertambah apabila orang yang Anda endorse adalah orang yang sangat kredibel dan sejalan dengan produk yang dijual. 


Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendorong performa bisnis yang masih saja stagnan, Anda bisa menggunakan layanan kami, Audit & Consulting Digital Marketing.

Sasana Digital akan mengidentifikasi, mengukur, serta mencari peluang & ancaman yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepannya. Yuk, manfaatkan dulu layanan Free Consulting kami di sini!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?