Blog ›

15 Online Marketplace Terbesar di Indonesia [Update 2022]

I

Dari banyaknya platform belanja online, nyatanya marketplace masih menjadi tempat favorit bagi para pelanggan untuk melakukan aktivitas belanja.

Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis secara online. Saat ini banyak pebisnis yang mulai berjualan melalui e-commerce dan marketplace mulai dari UMKM hingga brand-brand besar yang ada di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan bahas bagaimana perkembangan e-commerce atau online marketplace saat ini dan apa saja marketplace terpopuler di Indonesia

Berikut daftar 15 online marketplace terpopuler dan yang paling banyak dikunjungi pada kuartal I (Q1) tahun 2022 dikutip dari iPrice Insights:

15. Mapclub

Peringkat Marketplace Terpopuler di Indonesia tahun 2022 - Mapclub

Mapclub adalah situs belanja online atau marketplace yang menyediakan barang-barang branded terbaru. Produk yang dijual pun beragam, mulai dari produk fashion, F&B, home & living, layanan finansial, hingga consumer good.

Hal yang berbeda dari Mapclub adalah situs ini mempunyai progam promosi berupa penawaran eksklusif menggunakan poin yang dapat ditebus saat bertransaksi di semua brand dan channel, baik online, offline, atau pun telepon.

  • Situs Web: www.mapclub.com
  • Jumlah Pengunjung: 662.000 per bulan

14. Jakarta Notebook

Peringkat Marketplace Terpopuler di Indonesia tahun 2022 - Jakarta Notebook

Bagi yang suka berbelanja barang-barang elektronik, mungkin Jakarta Notebook tidak asing lagi bagi Anda. Jakarta Notebook atau JakNot adalah salah satu online store terbesar yang menawarkan berbagai kebutuhan elektronik dan juga IT.

Berdiri sejak tahun 2003, situs marketplace ini memiliki segudang produk elektronik seperti laptop, harddisk, smartphone, router, bahkan juga kartu perdana GSM. Saat ini pelanggan juga dapat menginstal aplikasinya di App Store dan juga Play Store.

  • Situs Web: www.jakartanotebook.com
  • Jumlah Pengunjung: 697.200 per bulan

13. Matahari

Peringkat Marketplace Terpopuler di Indonesia tahun 2022 - Matahari

Bagi Anda yang suka berbelanja ke department store, pasti kenal dengan brand Matahari. Marketplace Matahari fokus menawarkan produk-produk fashion seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan juga produk-produk kecantikan dan rumah tangga.

Selain berbelanja secara offline dan online melalui website, sejak tahun 2015, para pelanggan Matahari juga dapat merasakan pengalaman berbelanja melalui aplikasi mobile yang tersedia di App Store dan Play Store.

Aplikasi marketplace milik Matahari menerapkan sistem Online to Offline (O2O) yang memungkinkan pelanggan membeli, mengambil, dan mengembalikan produk mereka di berbagai titik O2O yang tersebar di seluruh Indonesia.

  • Situs Web: www.matahari.com
  • Jumlah Pengunjung: 737.800 per bulan

12. Jakmall

Peringkat Marketplace Terpopuler di Indonesia tahun 2022 - Jakmall

Marketplace Jakmall.com didirikan oleh PT. Jakmall Digital Niaga pada tanggal 1 Agustus 2016. Jakmall adalah salah satu pusat perbelanjaan online atau marketplace di Indonesia yang menjadi pelopor penjualan produk teknologi seperti gadget dan produk inovatif lainnya.

Saat ini, produk yang ditawarkan Jakmall pun tidak sebatas hanya barang-barang elektronik, namun telah merambah ke kategori produk-produk lain yang lebih beragam.

  • Situs Web: www.jakmall.com
  • Jumlah Pengunjung: 825.000 per bulan

11. Sociolla

Peringkat Marketplace Terpopuler di Indonesia tahun 2022 - Sociolla

Sociolla adalah sebuah brand e-commerce di bawah naungan Social Bella yang bergerak sebagai retailer, dan menawarkan berbagai produk kecantikan yang sebagian besar pelanggannya adalah wanita.

Marketplace Sociolla pertama kali bergerak pada tahun 2015, kemudian makin berkembang pada tahun 2019 dengan memunculkan aplikasi mobile yang menerapkan sistem Online to Offline (O2O).

  • Situs Web: www.sociolla.com
  • Jumlah Pengunjung: 1.456.700 per bulan

10. Bhinneka

Bhinneka adalah platform department store khusus yang menyediakan komputer dan gadget, elektronik, peralatan rumah tangga, dan aksesoris serta peralatan listrik. Sebagai pelopor e-commerce di Indonesia, Bhinneka telah mengembangkan platform webnya untuk menjual produk-produk ini secara online.

  • Situs Web: www.bhinneka.com
  • Jumlah Pengunjung: 2.360.000 per bulan.

9. JD.ID

Sebuah department store online yang terdiversifikasi, JD.id menyediakan berbagai kategori produk seperti fashion, elektronik, dan gadget, keluarga dan kesehatan. Diluncurkan pada November 2015, JD.id adalah anak perusahaan dari perusahaan e-commerce Tiongkok JD.com, juga dikenal sebagai Jingdong.

  • Situs Web: www.jd.id
  • Jumlah Pengunjung: 3.823.300 per bulan.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Traffic Pengunjung dan Pembelian di Marketplace Indonesia

8. Zalora

Zalora adalah situs marketplace terbesar di Asia Tenggara yang sebagian besar produknya adalah produk fashion. Zalora kini telah hadir di Singapura, Malaysia dan Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, Hong Kong dan diluncurkan di Taiwan.

  • Situs Web: www.zalora.co.id
  • Jumlah Penggunjung: 2.776.700 per bulan

7. Ralali

Ralali merupakan marketplace B2B yang bisa menghubungkan pemasok produk dan pelaku bisnis melalui situs online maupun aplikasi mobile. Berdiri sejak tahun 2013, ralali juga memiliki fitur Request for Quotation (RFQ), yang bisa membantu para buyer dalam mencari produk-produk yang tidak tersedia di situs/aplikasi Ralali.

  • Situs Web: www.ralali.com
  • Jumlah Pengunjung: 8.883.300 per bulan

6. Blibli

Blibli adalah pusat perbelanjaan online dengan beragam penawaran produk dari komputer dan gadget, mode, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif. Ini juga menyediakan pengunjung dan pelanggan dengan promosi khusus, tiket, dan voucher.

  • Situs Web: www.blibli.com
  • Jumlah Pengunjung: 16.326.700 per bulan

5. Orami

Orami adalah platform e-commerce yang khusus menyediakan produk perawatan bayi, keluarga, dan juga rumah. Ini mengusulkan solusi yang efisien dan murah bagi warga Indonesia untuk berbelanja dari rumah untuk berbagai produk termasuk pakaian bayi, kebersihan, makanan dan nutrisi, mainan dan aksesoris, serta serangkaian layanan terkait.

  • Situs Web: www.orami.co.id
  • Jumlah Pengunjung: 19.953.300 per bulan

4. Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu pasar online terkemuka di Indonesia, menyediakan platform e-commerce untuk berbagai brand dan individu agar mudah membeli dan menjual online. Bukalapak menekankan kemudahan dan keandalan e-commerce, memberikan jaminan finansial ekstra kepada pelanggannya.

  • Situs Web: www.bukalapak.com
  • Jumlah pengunjung: 23.096.700 per bulan

Baca juga: 5 Kursus Digital Marketing Gratis yang Bisa Anda Pelajari Untuk Pemula

3. Lazada

Sebagai Aplikasi e-commerce di Indonesia, Lazada juga hadir di Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia dan Vietnam.  Lazada adalah department store dan pasar online untuk pengecer untuk menjual produk mereka sendiri.

Didirikan pada 2011 oleh Rocket Internet, raksasa e-commerce China, Alibaba mengakuisisi saham pengendali di Lazada dan operasinya di Asia Tenggara pada 2016.

  • Situs Web: www.lazada.co.id
  • Jumlah Pengunjung: 24.686.700 per bulan

2. Shopee

Sebagai salah satu jawara marketplace di kawasan ini, terutama di negara-negara “mobile-first”. Shopee adalah toko online yang bergerak dan terdiversifikasi yang juga menyediakan pengalaman belanja web biasa.  Platform utama di seluruh Asia Tenggara, Shopee juga hadir di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta di Taiwan.

  • Situs Web: www.shopee.co.id
  • Jumlah Pengunjung: 132.776.700 per bulan

1. Tokopedia

Tokopedia adalah pasar online terbesar di Indonesia, memungkinkan individu dan bisnis untuk membuka dan mengelola toko online mereka sendiri dengan mudah. Tokopedia telah menerima dana lebih dari $100 juta dari Softbank Jepang dan perusahaan modal ventura teknologi Amerika yang terkenal, Sequoia Capital.

  • Situs Web: www.tokopedia.com
  • Jumlah Pengunjung: 157.233.300 per bulan

MarketplacePengunjung Bulanan
#1Tokopedia157.233.300
#2Shopee132.776.700
#3Lazada24.686.700
#4Bukalapak23.096.700
#5Orami19.953.300
#6Blibli16.326.700
#7Ralali8.883.300
#8Zalora2.776.700
#9JD.ID3.823.300
#10Bhinneka2.360.000
#11Sociolla1.456.700
#12Jakmall825.000
#13Matahari737.800
#14Jakarta Notebook697.200
#15Mapclub662.000
Tabel Marketplace Terpopuler di Indonesia Q1 2022

Peringkat Aplikasi Marketplace & E-commerce di Google Play Store

PeringkatNama Aplikasi
#1Shopee
#2Lazada – Great Deals Everyday
#3Tokopedia
#4SOCO by Sociolla
#5Blibli Belanja Online Mall
#6JD.ID Belanja Online
#7Bukalapak
#8ZALORA – Fashion Shopping
#9MyHartono
#10Jamtangan.com
#11Sephora – Beauty Shopping
#12Bhinneka
#13Jakmall
#14Sorabel – Coba Dulu Baru Bayar
#15Berrybenka

Peringkat Aplikasi Marketplace & E-commerce di App Store

PeringkatNama Aplikasi
#1Shopee
#2Tokopedia
#3Lazada – Great Deals Everyday
#4ZALORA – Fashion Shopping
#5SOCO by Sociolla
#6Blibli – Belanja Online
#7Bukalapak – Jual Beli Online
#8JD.ID
#9MATAHARI App
#10Sephora – Beauty Shopping
#11iStyle.id
#12MyHartono
#13Berrybenka
#14Jamtangan.com
#15Jakarta Notebook

Walaupun beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok mulai meluncurkan fitur Shop tidak membuat marketplace turun posisi. 

Banyak promo, transaksi yang aman, ragam metode pembayaran, dan gratis ongkir menjadi empat alasan teratas marketplace diminati pelanggan.

Hadirnya banyak pilihan marketplace, membuat pelanggan tidak terpaku hanya pada satu marketplace. 

Oleh karenanya, iprice.co.id mengidentifikasi aplikasi marketplace mana yang banyak diunduh  oleh pelanggan mulai dari pengguna Android  yaitu PlayStore dan AppStore untuk pengguna Iphone.

Bagaimana Perkembangan E-Commerce & Online Marketplace di Indonesia?

Sebelum melihat perkembangan e-commerce dan online marketplace di Indonesia, mari kita pahami dahulu kedua istilah tersebut.

E-commerce adalah istilah yang merujuk kepada perusahaan atau bisnis yang menyediakan sistem layanan jual beli produk atau jasa menggunakan internet.

Sedangkan Marketplace adalah tempat di mana orang-orang (Penjual & Pembeli) melakukan transaksi jual beli produk, jasa, atau layanan. Tempat tersebut bisa seperti Website atau Aplikasi Mobile.

Istilah e-commerce ini kadang diartikan sama dengan kata marketplace. Padahal, apabila dipahami secara saksama keduanya memiliki arti yang sedikit berbeda.

E-commerce sendiri lebih cenderung kepada “Sistem” yang dipakai atau diterapkan suatu perusahaan atau bisnis ke dalam platform jual beli yang dimiliki, sedangkan marketplace lebih kepada “Tempat” bagi para penjual dan pembeli dalam melakukan bertransaksi.

Pesatnya pembangunan infrastruktur menjadikan penduduk Indonesia semakin melekat dengan aktivitas di Internet. Besarnya potensi Internet yang ada di Indonesia akan menjadi peluang bagi perusahaan bisnis.

Berikut ini jumlah pengguna internet di Indonesia berdasarkan data dari Statista dari tahun 2017–2020, dan dengan prediksi hingga tahun 2026.

Hal tersebut tentu dapat mendorong pengembangan perusahaan teknologi, khususnya pasar belanja online. Salah satu platform belanja online yang sering masyarakat Indonesia kunjungi adalah e-commerce.

Data Perkembangan E-commerce atau Online Marketplace di Indonesia

Di Indonesia, pertumbuhan marketplace memang termasuk paling pesat. Databoks mencatat bahwa Indonesia terdapat 2,36 juta yang menggunakan usaha e-commerce.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,77 juta usaha berada di Pulau Jawa. Hal ini terjadi karena Pulau Jawa menjadi pusat perekonomian dan memiliki infrastruktur digital yang lebih memadai.

Jawa Barat merupakan daerah dengan jumlah usaha e-commerce terbanyak di Indonesia. Setidaknya terdapat 473.283 usaha di provinsi tersebut. Disusul Jawa Timur yang memiliki usaha E-commerce sebanyak 467.996 usaha.

Berikutnya, jumlah usaha e-commerce di Jawa Tengah tercatat sebanyak 406.991 usaha. Adapun, usaha e-commerce di DKI Jakarta dan Yogyakarta masing-masing sebanyak 218.582 usaha dan 147.781 usaha.

Sedangkan, provinsi dengan jumlah usaha e-commerce terendah berada di Lampung yakni hanya 47.559 usaha. Provinsi terendah berikutnya adalah Sulawesi Selatan dengan jumlah 42.367 usaha.

Baca juga: Mengulik Alasan Mengapa Marketplace Sangat Digemari Di Indonesia

Penutup

Itulah 15 marketplace teratas dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia! Bila tim bisnis Anda memilih mengoptimalkan bisnis melalui marketplace, mereka akan merasa aman, terukur, dan jelas saat bersama Sasana Digital.

Sudah ada beberapa UKM dan perusahaan yang berhasil mengoptimalkan bisnisnya di Tokopedia dan Shopee bersama Sasana Digital.

Layanan Training Sasana Digital meningkatkan kredibilitas tim Anda dalam mengambil keputusan di marketplace dengan terukur plus efektif. Klik banner di bawah dan kembangkan tim bisnis Anda.

Bagikan Artikel Ini

Aktivitas Terbaru Sasana Digital

/