Blog ›

25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2024]

I

Dari banyaknya platform belanja online, nyatanya website e-commerce dan marketplace masih menjadi tempat favorit bagi para pelanggan untuk melakukan aktivitas berbelanja.

Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis secara online. Saat ini banyak pebisnis yang mulai berjualan melalui e-commerce dan marketplace mulai dari UMKM hingga brand-brand besar yang ada di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan bahas bagaimana perkembangan website e-commerce dan marketplace online saat ini, dan apa saja marketplace terpopuler di Indonesia.

Berikut 25 daftar e-commerce online terpopuler di Indonesia dan yang paling banyak dikunjungi pada bulan September tahun 2023 dikutip dari situs Similarweb:

25. Brodo

Brodo - Peringkat 25 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

Bagi pecinta sneakers ataupun jenis sepatu lainnya, pasti tidak asing lagi dengan merek BRODO, bukan?

Ya, brand yang berbasis retail dan e-commerce untuk kategori fashion asal Bandung ini merupakan perusahaan direct-to-consumer pertama di Indonesia.

Berlandaskan 3 prinsip utamanya: “Lebih baik bagi bumi, lebih baik bagi para mitra, dan pelestarian budaya,” membawa BRODO tetap menawarkan produk berkualitas tinggi sampai sekarang kepada para pelanggannya.

  • Situs Web: www.bro.do
  • Peringkat Website: #31.462
  • Jumlah Pengunjung: 61.185 kunjungan per bulan

24. Ralali

Ralali - Peringkat 24 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

Ralali merupakan marketplace B2B yang bisa menghubungkan pemasok produk dan pelaku bisnis melalui situs online maupun aplikasi mobile. Berdiri sejak tahun 2013, ralali juga memiliki fitur Request for Quotation (RFQ), yang bisa membantu para buyer dalam mencari produk-produk yang tidak tersedia di situs/aplikasi Ralali.

  • Situs Web: www.ralali.com
  • Peringkat Website: #47.805
  • Jumlah Pengunjung: 112.070 kunjungan per bulan

23 Mothercare

Mothercare - Peringkat 23 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

Mothercare merupakan merek retailer global nomor 1 asal Britania Raya yang berfokus kepada penyediaan perlengkapan ibu dan anak sejak tahun 1961.

Saat ini, Mothercare telah mempunyai lebih dari 1.200 toko yang tersebar di 55 negara. Di Indonesia sendiri, Mothercare memiliki 25 gerai di 5 kota besar.

Produk yang ditawarkan pun beragam dan dikhususkan untuk ibu hamil, bayi, dan anak-anak sampai umur 8 tahun.

  • Situs Web: www.mothercare.co.id
  • Peringkat Website: #25.024
  • Jumlah Pengunjung: 147.745 kunjungan per bulan

Baca juga: Platform Marketplace B2B: Keuntungan dan Segudang Peluangnya

22. MyHartono

MyHartono - Peringkat 22 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

Tagline, “Hartono, Your Lifetime Partner” mungkin terdengar familiar bagi Anda yang sering berbelanja produk elektronik entah itu di outlet, situs e-commerce, ataupun di mobile app-nya langsung.

Anda dapat memilih lebih dari 1.000 kategori produk elektronik dan juga peralatan rumah tangga yang berkualitas dengan mudah hanya dengan beberapa kali klik.

Saat ini, Hartono telah memiliki 7 outlet yang tersebar di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, dan Malang. Selain itu, Hartono juga mempunyai online store berupa website dan aplikasi mobile yang bernama MyHartono.

  • Situs Web: www.myhartono.com
  • Peringkat Website: #10.663
  • Jumlah Pengunjung: 193.127 kunjungan per bulan

21. Laku6

Laku6 - Peringkat 21 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

Jika Anda adalah orang yang suka berburu barang-barang second atau pre-loved, maka tidak ada salahnya Anda mencoba Laku6.

Laku6 adalah marketplace Indonesia dengan model bisnis C2B yang menghubungkan para pemilik gadget second sebagai individu dengan para pelaku bisnis yang bersedia membeli gadget mereka.

Saat ini, sudah ada 6 layanan yang ditawarkan Laku6 yaitu Maujual, Laku6 Marketplace, Tukar Tambah, Laku6 Trade Center, Galaxy-O-V-Mi Trade-in, dan Sell to Carousell.

  • Situs Web: www.laku6.com
  • Peringkat Website: #14.850
  • Jumlah Pengunjung: 195.034 kunjungan per bulan

20. Hijup

Hijup- Peringkat 18 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

Hijup merupakan website e-commerce yang banyak menghadirkan merek-merek fashion muslim ternama seperti Dian Pelangi, Ria Miranda, Kami, ALLURA, Jenahara, Radwah, Covering Story, Zahra Signature, BR Shoes, Una Style by Iki Kadin, dan sebagainya.

Kategori produknya pun beraneka ragam, mulai dari busana muslim modern, tas, sepatu, kalung, kacamata, produk kecantikan, aksesoris hijab, hingga jenis-jenis aksesoris lainnya.

Melalui kampanyenya #EmpowerChange, Hijup berupaya membawa warna tersediri bagi para pelanggannya untuk tampil dengan perasaan terbaik dalam melakukan hal-hal positif.

  • Situs Web: www.hijup.com
  • Peringkat Website: #13.547
  • Jumlah Pengunjung: 170.847 kunjungan per bulan

    Baca juga: 10 Poin Kelebihan dan Kekurangan Marketplace, Apa Saja?

    19. Berrybenka

    Berrybenka- Peringkat 19 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

    Berrybenka.com merupakan website pilihan sekaligus tempat berkumpulnya para wanita dan juga pria yang mencari lebih dari 1.000 merek fashion lokal dan mancanegara.

    Dengan menerapkan sistem “In-house label”, Berrybenka menawarkan kombinasi produk fashion yang dapat dipersonalisasikan oleh para pelanggannya.

    Produk-produk yang ditawarkan pun beragam seperti pakaian, aksesori, sepatu, tas, produk olahraga, dan kecantikan. Khusus untuk segmen pria, kategori produknya seperti clothing, shoes, bags, dan accessories.

    • Situs Web: www.berrybenka.com
    • Peringkat Website: #5.089
    • Jumlah Pengunjung: 170.949 kunjungan per bulan

      18. Sephora Indonesia

      Sephora - Peringkat 20 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

      Sephora merupakan toko retail untuk produk-produk kosmetik dan skin care yang didirikan di Perancis tahun 1970 oleh Dominique Mandonnaud.

      Kategori produk yang ditawarkan beragam, seperti skin care, body care, hair care, makeup, dan juga parfum dengan label Sephora.

      Saat ini, Sephora telah beroperasi di 29 negara dengan jumlah toko mencapai 1.900 gerai, yang mana 200 di antaranya berada di kawasan Asia Pasifik seperti Indonesia, Australia, Cina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan India.

      • Situs Web: www.sephora.co.id
      • Peringkat Website: #9.311
      • Jumlah Pengunjung: 221.595 kunjungan per bulan

      17. iStyle

      iStyle - Peringkat 16 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

      Dikutip dari website resminya, iStyle merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang memiliki konsep “Mall in Mall”.

      Konsep ini menawarkan kelebihan di mana, Special Product, Online-to-Offline, Overseas, Guaranteed Quality, dan Transparency menjadi USP (Unique Selling Point) utamanya.

      Dengan motto, “we Do we Create we Deliver Trust”, iStyle ingin para penggunanya merasakan pengalaman berbelanja selayaknya di mall dengan konsep Online ke Offline untuk semua kategori produk.

      • Situs Web: www.istyle.id
      • Peringkat Website: #5.869
      • Jumlah Pengunjung: 334.341 kunjungan per bulan

      16. Otten Coffee

      Otten Coffee - Peringkat 17 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

      Bagi para pecinta kopi, mungkin brand Otten Coffee terasa sudah sangat familiar. Ya, brand ini menyediakan berbagai hal tentang ngopi entah itu dari biji kopi, mesin kopi, hingga peralatan-peralatan kopi lainnya.

      Otten Coffee telah melakukan ekspansi ke pasar digital dengan website e-commerce-nya sejak tahun 2015. Selain itu, merek ini juga memiliki toko offline yang mengusung tema “Experience Store” yang dapat Anda temukan di kota besar seperti Jakarta.

      • Situs Web: www.ottencoffee.co.id
      • Peringkat Website: #6.406
      • Jumlah Pengunjung: 383.079 kunjungan per bulan

        Baca juga: Pentingkah Algoritma Shopee untuk Penjualan Anda?

        15. Jakmall

        Jakmall - Peringkat 14 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

        Marketplace Jakmall.com didirikan oleh PT. Jakmall Digital Niaga pada tanggal 1 Agustus 2016. Jakmall adalah salah satu pusat perbelanjaan online atau marketplace di Indonesia yang menjadi pelopor penjualan produk teknologi seperti gadget dan produk inovatif lainnya.

        Saat ini, produk yang ditawarkan Jakmall pun tidak sebatas hanya barang-barang elektronik, namun telah merambah ke kategori produk-produk lain yang lebih beragam.

        • Situs Web: www.jakmall.com
        • Peringkat Website: #2.651
        • Jumlah Pengunjung: 474.528 kunjungan per bulan

        14. Mapclub/Mapemall

        Mapemall/Mapclub - Peringkat 15 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

        Mapclub adalah situs belanja online atau marketplace yang menyediakan barang-barang branded terbaru. Produk yang dijual pun beragam, mulai dari produk fashion, F&B, home & living, layanan finansial, hingga consumer good.

        Hal yang berbeda dari Mapclub adalah situs ini mempunyai progam promosi berupa penawaran eksklusif menggunakan poin yang dapat ditebus saat bertransaksi di semua brand dan channel, baik online, offline, atau pun telepon.

        • Situs Web: www.mapclub.com
        • Peringkat Website: #2.765
        • Jumlah Pengunjung: 476.536 kunjungan per bulan

          13. Matahari

          Matahari - Peringkat 12 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

          Bagi Anda yang suka berbelanja ke department store, pasti kenal dengan brand Matahari. Marketplace Matahari fokus menawarkan produk-produk fashion seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan juga produk-produk kecantikan dan rumah tangga.

          Selain berbelanja secara offline dan online melalui website, sejak tahun 2015, para pelanggan Matahari juga dapat merasakan pengalaman berbelanja melalui aplikasi mobile yang tersedia di App Store dan Play Store.

          Aplikasi marketplace milik Matahari menerapkan sistem Online to Offline (O2O) yang memungkinkan pelanggan membeli, mengambil, dan mengembalikan produk mereka di berbagai titik O2O yang tersebar di seluruh Indonesia.

          • Situs Web: www.matahari.com
          • Peringkat Website: #2.155
          • Jumlah Pengunjung: 643.003 kunjungan per bulan

          12. Jamtangan

          Jamtangan - Peringkat 13 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

          Toko marketplace Jamtangan.com mungkin tidak asing bagi Anda yang suka dengan berbagai koleksi jam tangan berkualitas terbaik.

          Mengusung tagar #PastiOri dalam menggambarkan produk yang ditawarkan, kini Jamtangan.com selain eksis di dunia digital dengan e-commerce-nya, juga eksis melalui 10 toko offline yang dinamai Machtwatch.

          Anda dapat mengunjungi tokonya untuk melakukan COD (Cash on Delivery) setelah berbelanja di website e-commerce Jamtangan.com.

          • Situs Web: www.jamtangan.com
          • Peringkat Website: #2.345
          • Jumlah Pengunjung: 683.879 kunjungan per bulan

            11. Jakarta Notebook

            Jakarta Notebook - Peringkat 11 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

            Bagi yang suka berbelanja barang-barang elektronik, mungkin Jakarta Notebook tidak asing lagi bagi Anda. Jakarta Notebook atau JakNot adalah salah satu online store terbesar yang menawarkan berbagai kebutuhan elektronik dan juga IT.

            Berdiri sejak tahun 2003, situs marketplace ini memiliki segudang produk elektronik seperti laptop, harddisk, smartphone, router, bahkan juga kartu perdana GSM. Saat ini pelanggan juga dapat menginstal aplikasinya di App Store dan juga Play Store.

            • Situs Web: www.jakartanotebook.com
            • Peringkat Website: #1.306
            • Jumlah Pengunjung: 803.312 kunjungan per bulan

            Baca juga: Cara Menggunakan SEO Shopee untuk Meningkatkan Penjualan

            10. Bhinneka

            Bhinneka - Peringkat 9 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

            Bhinneka adalah platform department store khusus yang menyediakan komputer dan gadget, elektronik, peralatan rumah tangga, dan aksesoris serta peralatan listrik. Sebagai pelopor e-commerce di Indonesia, Bhinneka telah mengembangkan platform webnya untuk menjual produk-produk ini secara online.

            • Situs Web: www.bhinneka.com
            • Peringkat Website: #1.933
            • Jumlah Pengunjung: 1.040.000 kunjungan per bulan

            9. Sociolla

            Sociolla - Peringkat 10 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

            Sociolla adalah sebuah brand e-commerce di bawah naungan Social Bella yang bergerak sebagai retailer, dan menawarkan berbagai produk kecantikan yang sebagian besar pelanggannya adalah wanita.

            Marketplace Sociolla pertama kali bergerak pada tahun 2015, kemudian makin berkembang pada tahun 2019 dengan memunculkan aplikasi mobile yang menerapkan sistem Online to Offline (O2O).

            • Situs Web: www.sociolla.com
            • Peringkat Website: #1.433
            • Jumlah Pengunjung: 1.368.000 kunjungan per bulan

                8. Zalora

                Zalora - Peringkat 7 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Zalora adalah situs marketplace terbesar di Asia Tenggara yang sebagian besar produknya adalah produk fashion. Zalora kini telah hadir di Singapura, Malaysia dan Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, Hong Kong dan diluncurkan di Taiwan.

                • Situs Web: www.zalora.co.id
                • Peringkat Website: #537
                • Jumlah Penggunjung: 2.065.000 kunjungan per bulan

                7. Klik Indomaret

                Klik Indomaret - Peringkat 8 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Siapa yang tidak tahu Indomaret? Ya, online store yang satu ini dikembangkan oleh PT. Klik Indomaret sebagai dedikasinya untuk tetap melayani pelanggan tidak hanya di dunia nyata, namun juga di dunia digital.

                Menurut website resminya, Klik Indomaret merupakan One-stop Online Store yang menyediakan berbagai macam produk dalam satu website, sepertinya halnya saat kita berbelanja di gerai fisiknya.

                • Situs Web: www.klikindomaret.com
                • Peringkat Website: #668
                • Jumlah Pengunjung: 2.662.000 kunjungan per bulan

                6. Orami

                Orami - Peringkat 5 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Orami adalah platform e-commerce yang khusus menyediakan produk perawatan bayi, keluarga, dan juga rumah. Ini mengusulkan solusi yang efisien dan murah bagi warga Indonesia untuk berbelanja dari rumah untuk berbagai produk termasuk pakaian bayi, kebersihan, makanan dan nutrisi, mainan dan aksesoris, serta serangkaian layanan terkait.

                • Situs Web: www.orami.co.id
                • Peringkat Website: #134
                • Jumlah Pengunjung: 18.660.000 kunjungan per bulan

                5. Bukalapak

                Bukalapak - Peringkat 6 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Bukalapak adalah salah satu pasar online terkemuka di Indonesia, menyediakan platform e-commerce untuk berbagai brand dan individu agar mudah membeli dan menjual online. Bukalapak menekankan kemudahan dan keandalan e-commerce, memberikan jaminan finansial ekstra kepada pelanggannya.

                • Situs Web: www.bukalapak.com
                • Peringkat Website: #175
                • Jumlah pengunjung: 11.200.000 kunjungan per bulan

                Baca juga: Efektif! 11 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

                4. Blibli

                Blibli - Peringkat 4 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Blibli adalah pusat perbelanjaan online dengan beragam penawaran produk dari komputer dan gadget, mode, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif. Ini juga menyediakan pengunjung dan pelanggan dengan promosi khusus, tiket, dan voucher.

                • Situs Web: www.blibli.com
                • Peringkat Website: #75
                • Jumlah Pengunjung: 28.890.000 kunjungan per bulan

                Baca Juga: 13+ Contoh Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan Tahun 2023

                3. Lazada

                Lazada - Peringkat 3 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Sebagai Aplikasi e-commerce di Indonesia, Lazada juga hadir di Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia dan Vietnam.  Lazada adalah department store dan pasar online untuk pengecer untuk menjual produk mereka sendiri.

                Didirikan pada 2011 oleh Rocket Internet, raksasa e-commerce China, Alibaba mengakuisisi saham pengendali di Lazada dan operasinya di Asia Tenggara pada 2016.

                • Situs Web: www.lazada.co.id
                • Peringkat Website: #42
                • Jumlah Pengunjung: 47.690.000 kunjungan per bulan

                2. Tokopedia

                Tokopedia - Peringkat 2 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Tokopedia adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, aplikasi ini memungkinkan individu dan bisnis untuk membuka dan mengelola toko online mereka sendiri dengan mudah. Tokopedia telah menerima dana lebih dari $100 juta dari Softbank Jepang dan perusahaan modal ventura teknologi Amerika yang terkenal, Sequoia Capital.

                • Situs Web: www.tokopedia.com
                • Peringkat Website: #14
                • Jumlah Pengunjung: 88.900.000 kunjungan per bulan

                1. Shopee

                Shopee - Peringkat 1 Marketplace Terpopuler di Indonesia 2023

                Sebagai salah satu jawara marketplace di kawasan ini, terutama di negara-negara “mobile-first”. Shopee adalah toko online yang bergerak dan terdiversifikasi yang juga menyediakan pengalaman belanja web biasa.  Platform utama di seluruh Asia Tenggara, Shopee juga hadir di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta di Taiwan.

                • Situs Web: www.shopee.co.id
                • Peringkat Website: #7
                • Jumlah Pengunjung: 237.000.000 kunjungan per bulan

                Menjadi marketplace terbesar dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara, membuat persaingan bisnis di Shopee kian menantang. Tak perlu takut! Anda bisa meningkatkan penjualan, salah satunya dengan memahami cara riset tren produk berikut ini:

                Tabel Peringkat Marketplace Online di Indonesia Berdasarkan Kunjungan

                Peringkat Marketplace Estimasi Kunjungan
                #1 Shopee 237.000.000
                #2 Tokopedia 88.900.000
                #3 Lazada 47.690.000
                #4 Blibli 28.890.000
                #5 Orami 18.660.000
                #6 Bukalapak 11.200.000
                #7 Klik Indomaret 2.662.000
                #8 Zalora 2.065.000
                #9 Sociolla 1.368.000
                #10 Bhinneka 1.040.000
                #11 Jakarta Notebook 803.312
                #12 Jamtangan 683.879
                #13 Matahari 643.003
                #14 Mapclub/Mapemall 476.536
                #15 Jakmall 474.528
                #16 Otten Coffee 383.079
                #17 iStyle 334.341
                #18 Sephora Indonesia 221.595
                #19 Berrybenka 170949
                #20 Hijup 170.847
                #21 Laku6 162.145
                #22 MyHartono 154.540
                #23 Mothercare 105.409
                #24 Ralali 75.179
                #25 Brodo 61.185
                Marketplace Online Terpopuler di Indonesia 2023

                Walaupun beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok mulai meluncurkan fitur Shop tidak membuat marketplace turun posisi. 

                Banyak promo, transaksi yang aman, ragam metode pembayaran, dan gratis ongkir menjadi empat alasan teratas marketplace diminati pelanggan.

                Selain website marketplace dan e-commerce, masyarakat Indonesia juga gemar berbelanja melalui app yang terinstal di perangkat mobile, tak jarang sebelumnya mereka mencari referensi dan saran mengenai aplikasi belanja online terbaik. Selanjutnya, mari kita bahas peringkat aplikasi marketplace & e-commerce terpopuler di Google Play Store dan App Store menurut Similarweb.

                Baca Juga: 8 Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laku Setiap Hari

                Peringkat Aplikasi Marketplace & E-commerce di Google Play Store

                Peringkat Nama Aplikasi
                #1 Shopee 6.6 Mega Elektronik
                #2 Lazada – Great Deals Everyday
                #3 Akulaku – Shop On Installment
                #4 TikTok Shop Seller Center
                #5 Shopee Lite: Shop Online
                #6 Tokopedia
                #7 Alfagift: Alfamart Online Shop
                #8 Indomaret Poinku
                #9 Blibli Belanja Online Mall
                #10 OLX – Jual beli online
                #11 Alibaba.com B2B Trade App
                #12 Bukalapak
                #13 Klik Indomaret
                #14 ShopBack – Shop, Earn & Pay
                #15 Mitra Bukalapa

                Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing? Ayo Bahas Lengkap Seluk-beluknya!

                Peringkat Aplikasi Marketplace & E-commerce di App Store

                Peringkat Nama Aplikasi
                #1 Shopee 6.6 Mega Elektronik
                #2 TikTok Shop Seller Center
                #3 Tokopedia
                #4 Lazada – Great Deals Everyday
                #5 Akulaku – Shop On Installment
                #6 Alfagift: Alfamart Online Shop
                #7 Indomaret Poinku
                #8 OLX – Jual beli online
                #9 UNIQLO ID
                #10 ZALORA – Fashion Shopping
                #11 Blibli – Belanja Online
                #12 Klik Indomaret
                #13 Bukalapak – Jual Beli Online
                #14 Alibaba.com B2B Trade App
                #15 Shell Asia

                Bagaimana Perkembangan E-Commerce & Marketplace Online di Indonesia?

                Sebelum melihat perkembangan e-commerce dan marketplace online di Indonesia, mari kita pahami dahulu kedua istilah tersebut.

                E-commerce adalah istilah yang merujuk kepada perusahaan atau bisnis yang menyediakan sistem layanan jual beli produk atau jasa menggunakan internet.

                Sedangkan Marketplace adalah tempat di mana orang-orang (Penjual & Pembeli) melakukan transaksi jual beli produk, jasa, atau layanan. Tempat tersebut bisa seperti Website atau Aplikasi Mobile.

                Istilah e-commerce ini kadang diartikan sama dengan kata marketplace. Padahal, apabila dipahami secara saksama keduanya memiliki arti yang sedikit berbeda.

                E-commerce sendiri lebih cenderung kepada “Sistem” yang dipakai atau diterapkan suatu perusahaan atau bisnis ke dalam platform jual beli yang dimiliki, sedangkan marketplace lebih kepada “Tempat” bagi para penjual dan pembeli dalam melakukan bertransaksi.

                Pesatnya pembangunan infrastruktur menjadikan penduduk Indonesia semakin melekat dengan aktivitas di Internet. Besarnya potensi Internet yang ada di Indonesia akan menjadi peluang bagi perusahaan bisnis.

                Berikut ini jumlah pengguna internet di Indonesia berdasarkan data dari Statista dari tahun 2017–2020, dan dengan prediksi hingga tahun 2026.

                Hal tersebut tentu dapat mendorong pengembangan perusahaan teknologi, khususnya pasar belanja online. Salah satu platform belanja online yang sering masyarakat Indonesia kunjungi adalah e-commerce.

                Baca Juga: Rekomendasi Kursus & Training Digital Marketing di Bandung

                Data Perkembangan E-commerce atau Marketplace Online di Indonesia

                Di Indonesia, pertumbuhan marketplace memang termasuk paling pesat. Databoks mencatat bahwa Indonesia terdapat 2,36 juta yang menggunakan usaha e-commerce.

                Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,77 juta usaha berada di Pulau Jawa. Hal ini terjadi karena Pulau Jawa menjadi pusat perekonomian dan memiliki infrastruktur digital yang lebih memadai.

                Jawa Barat merupakan daerah dengan jumlah usaha e-commerce terbanyak di Indonesia. Setidaknya terdapat 473.283 usaha di provinsi tersebut. Disusul Jawa Timur yang memiliki usaha E-commerce sebanyak 467.996 usaha.

                Berikutnya, jumlah usaha e-commerce di Jawa Tengah tercatat sebanyak 406.991 usaha. Adapun, usaha e-commerce di DKI Jakarta dan Yogyakarta masing-masing sebanyak 218.582 usaha dan 147.781 usaha.

                Sedangkan, provinsi dengan jumlah usaha e-commerce terendah berada di Lampung yakni hanya 47.559 usaha. Provinsi terendah berikutnya adalah Sulawesi Selatan dengan jumlah 42.367 usaha.

                Baca Juga: Sasana Digital, Konsultan & Jasa Digital Marketing Bandung

                Memahami Marketplace Online Indonesia Bersama Sasana Digital

                Berikut ini perjalanan Sasana Digital sebagai penyedia solusi bisnis digital dan e-commerce:

                1. Private Training Digital Marketing

                layanan private training di penyedia pelatihan marketplace online

                Sebelumnya, Sasana Digital pernah berperan dalam menangani kebutuhan dan kasus dalam bisnis yang ingin berakselerasi dalam dunia digital untuk sebuah Klinik Ibu dan Anak. 

                Melalui layanan private training yang bisa melibatkan hingga 4 anggota tim dalam bisnis, alhasil media sosial klinik tersebut berhasil mencapai lebih dari 20 ribu pengikut secara organik, melalui perencanaan strategis dan pembuatan konten yang ditargetkan pada audiens yang tepat.

                Di samping itu tentu ada banyak contoh dan strategi perencanaan bisnis yang bisa dipakai dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

                2. Corporate Training Digital Marketing

                Layanan Corporate training di penyedia belajar marketplace online

                Selanjutnya, Sasana Digital juga berkesempatan melakukan Audit Konten dan Pengaturan Meta Ads untuk mengidentifikasi kelemahan strategi di sebuah Bisnis Travel Umroh. Fasilitas ini dijalankan melalui program atau layanan corporate training yang bisa diikuti oleh 6 sampai 8 orang.

                3. Audit Digital Marketing

                layanan audit di penyedia belajar marketplace online

                Berkaitan dengan pelatihan marketplace online, pernah ada case dari salah satu klien Sasana Digital yang menjalankan bisnis Toko Mainan. Melalui bimbingan konsultasi dan audit, mereka berhasil meningkatkan penjualan hingga 50% melalui saluran penjualan di salah satu marketplace Indonesia dalam waktu 1,5 bulan saja.

                4. Consulting Digital Marketing

                layanan consulting di penyedia pelatihan marketplace online

                Belum cukup di situ, kami juga berkontribusi dalam proses perkembangan salah satu bisnis Fashion Wanita. 

                Setelah melalui tahap konsultasi dan audit berbagai saluran digital yang digunakan, kami menemukan beberapa faktor yang menjadi kendala dalam bisnis tersebut.

                Sasana Digital memutuskan untuk membantu merumuskan strategi peningkatan konversi penjualan bisnis klien. Terbukti berhasil, dalam waktu 2 bulan, bisnis tersebut mengalami peningkatan pendapatan hingga 150%.

                Cakupan Topik Pelatihan dan Konsultasi  

                Sasana Digital dapat menjadi solusi untuk mendigitalisasi bisnis Anda, salah satunya untuk membuat bisnis unggul di marketplace atau e-commerce. Jelajahi cakupan topik pelatihan & konsultasi berikut untuk menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

                banner topik pelatihan & konsultasi di penyedia belajar marketplace online

                Penutup

                Itulah 25 marketplace teratas dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia! Bila tim bisnis Anda memilih mengoptimalkan bisnis melalui marketplace, mereka akan merasa aman, terukur, dan jelas saat bersama Sasana Digital.

                Sudah ada beberapa UKM dan perusahaan yang berhasil mengoptimalkan bisnisnya di Tokopedia dan Shopee bersama Sasana Digital.

                Layanan Training Sasana Digital dapat meningkatkan kredibilitas tim Anda dalam mengambil keputusan di marketplace dengan terukur plus efektif.

                Yuk, segera diskusikan bersama kami melalui layanan konsultasi gratis, atau klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya, ya!

                Bagikan Artikel Ini

                Layanan Sasana Digital