Blog ›

10+ Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee, Ampuh & Cepat!

I

Kini, sudah lebih dari 10 juta orang telah berjualan online dan mencari cara bagaimana bisnisnya berkembang, salah satunya dengan cara meningkatkan penjualan di Shopee.

Sebagai platform marketplace terbesar di Indonesia, persaingan penjualan di Shopee tumbuh semakin ketat. Para penjual dituntut untuk semakin kreatif dalam melakukan promosi dan menyusun strategi digital marketing. 

Lalu, bagaimana meningkatkan penjualan di Shopee? Artikel ini akan membahas 11 cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula yang efektif. Simak sampai habis ya!

1. Pahami Cara Kerja Shopee

cara meningkatkan penjualan di shopee - 1

Sebagai pemilik platform, Shopee hanya akan menaikkan produk tertentu yang memang ramai dicari serta memiliki peluang penjualan tinggi. 

Shopee memahami bahwa kemudahan menemukan produk di mesin pencarian dapat mempengaruhi performa penjualan. Untuk itu, Shopee menggunakan algoritma dalam memberikan peringkat hasil pencarian berdasarkan apa yang dicari pembeli.

Peringkat tersebut ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah produk dengan tingkat konversi tertinggi yang cenderung lebih dipilih. 

Sedangkan tingkat konversi tertinggi berasal dari 3 elemen utama, seperti informasi produk, data penjualan, dan personalisasi pembeli.

Perlu diingat juga bahwa Shopee menarik biaya untuk setiap produk yang terjual. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa produk yang akan dijual memang dicari oleh banyak orang sehingga Shopee dapat lebih mudah untuk merekomendasikan produk Anda.

Berikut ini beberapa kriteria yang dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan di Shopee dibandingkan dengan milik kompetitor.

  1. Menulis nama produk yang akurat dan terstruktur.
  2. Menamai judul produk dengan kata kunci yang sering dicari oleh pelanggan
  3. Menulis deskripsi produk yang informatif dapat membantu pembeli memahami produk lebih dalam.
  4. Mencantumkan gambar produk yang jelas dan menarik.
  5. Tambah video tentang produk.

Pada tahap pertama ini, sangat penting untuk dipahami sebagai cara meningkatkan penjualan di Shopee yang tepat dan tidak membuang waktu.

Baca juga: Cek Fakta! Pentingkah Algoritma Shopee untuk Penjualan Anda?

2. Lakukan Riset Produk dan Jumlah Permintaan Produk

Bagian terpenting dalam meningkat penjualan Shopee adalah melakukan riset target pasar. 

Dengan riset pasar, Anda dapat mengumpulkan informasi penting dari target pasar. Dari informasi yang Anda peroleh, Anda dapat memahami apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen. 

Bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis, tentu riset pasar tidak bisa dilewatkan begitu saja. Riset pasar juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi peluang perkembangan bisnis.

Bahkan, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan kompetitor. Dengan begitu, Anda akan memperoleh perspektif baru untuk menyusun strategi pemasaran yang mampu bersaing dengan kompetitor Anda di pasar bisnis. 

Ada 3 cara mudah untuk melakukan riset pasar. Berikut tahapan yang bisa Anda coba.

a. Cari Ide Jualan Melalui Observasi Shopee & Social Media

Ketika Anda masuk website Shopee, di halaman pertama akan dijumpai menu “Pencarian Populer” dan “Produk terlaris”. Ini menjadi cara pertama untuk melihat produk apa yang sedang tumbuh dan berpotensi untuk kita masuki.

Untuk cari ide jualan juga bisa Anda lakukan melalui tren social media. Anda bisa coba berkunjung ke TikTok lalu mengetikan kata kunci produk “Racun Shopee”. 

Nah, ini bisa jadi langkah untuk mencari ide jualan karena yang pasti konten yang tren memiliki peminat dan calon pembeli yang cukup tinggi.

b. Menggunakan Google Trend

Cara berikutnya adalah menggunakan tools Google Trend. Tujuan dari penggunaan Google Trend adalah untuk melakukan validasi apakah trend produk tersebut masih bertumbuh atau mulai menurun. 

Sebab akan sangat rugi jika Anda menjual suatu produk yang tren-nya sudah mulai mengalami penurunan. Tentunya, hal tersebut akan berpengaruh dengan persaingan harga yang akan terjadi.

c. Cek Kembali Jumlah Penjualan Produk per Bulan dengan Shopee

Langkah ini merupakan validasi ke-2 sebelum memastikan produk tersebut menjadi produk jualan kita. 

Caranya mudah sekali cukup dengan mengetikan ide produk yang grafiknya meningkat pada google trend diatas, contohnya “Susu UHT 1 Liter”. Lalu silakan klik “Terlaris”. Kemudian, silakan klik “Geser kebawah dan Clik Halaman ke 5–10”.

Jika sudah ke halaman 5 silahkan cari produk yang memiliki penjualan diatas 100 penjualan/bulan dan masih sedikit penjual yang menjual barang tersebut maka sangat potensial produk itu jika kita masuk pada Lini Produk tersebut.

Baca Juga: 25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2023]

3. Manfaatkan SEO Marketplace Shopee

Cara meningkatkan penjualan di Shopee, bertumpu pada produk yang muncul ketika konsumen mencari produk tersebut. Semakin banyak dicari dan dibeli, produk Anda tentu dapat muncul di halaman utama sehingga dapat lebih menarik banyak pembelian. 

Sebagai penjual, Anda dapat memanfaatkan prinsip-prinsip SEO Marketplace Shopee untuk meningkatkan visibilitas toko Anda agar lebih mudah ditemukan dalam halaman pencarian Shopee.

Berikut beberapa cara optimasi Shopee melalui prinsip SEO Marketplace yang bisa Anda coba.

a. Kesesuaian Kata Kunci

Untuk mencari kata kunci, Anda dapat mempertimbangakan kata atau frasa yang mungkin sering digunakan pembeli untuk menemukan produk yang dijual. 

Periksa rekomendasi pencarian yang muncul saat Anda mengetik kata kunci yang relevan di kolom pencarian Shopee. Berikutnya, Anda bisa meninjau produk serupa untuk melihat bagaimana kompetitor Anda memberi nama produk atau menulis deskripsi milik mereka.

Anda juga dapat melakukan riset pada kata kunci yang sering diketik oleh konsumen dengan menggunakan tools Google Keyword Recommendation dan Kata Kunci Iklan ketika melakukan Shopee Ads.

b. Pengulangan Kata Kunci

Setelah Anda menemukan kata kunci atau keyword yang tepat, maka Anda dapat mengoptimalkan informasi toko & produk Anda untuk SEO. Anda dapat menempatkan keyword tersebut pada judul produk, deskripsi produk, dan pada informasi tentang toko di halaman depan.

c. Pemenuhan Karakter pada Judul

Selanjutnya, usahakan jumlah karakter pada judul shopee diantara 70-110 karakter agar SEO lebih efektif. 

SEO Marketplace Shopee ini akan membantu calon konsumen untuk menemukan produk kita lebih mudah. Sebab, produk Anda bisa muncul di halaman awal dari daftar produk Shopee. 

Dengan begitu, toko online Anda tentu akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Hal ini mirip ketika Anda memajang produk di depan pintu masuk toko agar produk lebih mudah terlihat.

Baca juga: Cara Menggunakan SEO Shopee untuk Meningkatkan Penjualan

4. Pastikan Toko Shopee Terdaftar Gratis Ongkir

cara meningkatkan penjualan di shopee - 4

Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia suka berburu promosi dan membeli produk yang murah. 

Shopee menjadi salah satu marketplace yang memfasilitasi penjual dengan berbagai promosi, seperti gratis ongkir, yang dapat diperoleh dengan cukup melakukan verifikasi toko Anda. 

Toko yang menyediakan promosi gratis ongkir, akan memiliki ikon khusus pada katalognya. Tentunya, hal ini akan menjadi daya tarik pembeli untuk mengklik produk Anda. 

Berdasarkan penelitian dari KG Media Fashion Shopping Landscape Research, diketahui 76% konsumen online akan memilih suatu produk dengan promosi Gratis Ongkir daripada yang tidak menyediakannya. Bahkan hal tersebut lebih kuat dari Promo Buy 1 Get 1 yang memiliki persentase 59%. 

Memahami perilaku konsumen juga penting bagi penjual online untuk lebih peka terhadap promosi apa yang sebaiknya dilakukan sehingga efektif mendukung peningkatan penjualan. 

Jangan sampai Anda memberikan promosi yang tidak menarik hati pelanggan, yang berakibat pada ketidakefektifan biaya yang dikeluarkan.

5. Gunakan Minimal 3–5 Foto Produk dengan Layar Putih

Untuk meningkatkan penjualan di Shopee, buatlah konsumen fokus melihat produk Anda, mulai dari fitur produk, warna produk, hingga atribut produk Anda. 

Pada dasarnya, ketika seseorang masuk ke marketplace seperti Shopee, tujuan mereka sudah jelas ingin membeli barang. Hanya bagaimana penjual dapat meyakinkan para calon konsumen tersebut.

  1. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, minimal toko Anda harus memiliki 3-5 foto produk. 
  2. Ambil foto detail produk Anda. Bahkan, jika diperlukan zoom pada tekstur produk Anda. 
  3. Edit secukupnya foto tersebut.

Foto menjadi bagian yang harus diperhatikan karena lebih terlihat oleh konsumen, dibandingkan judul dan harga. Jika kita mampu menampilkan produk dengan baik maka harga bisa dipertimbangkan kembali oleh konsumen.

6. Ikuti Program Shopee Campaign

Seiring perkembangannya, Shopee telah banyak menyediakan fitur untuk mendukung kegiatan pemasaran dan penjualan.

Salah satu fitur campaign Shopee yang bisa Anda coba adalah Campaign Mission. Campaign Mission adalah sebuah misi dengan periode terbatas yang termasuk dalam program misi penjual. 

Campaign Mission hanya tersedia selama periode kampanye tertentu, misalnya 11.11 Big Sale. Salah satu pembeda antara Campaign Mission dengan Misi Penjual adalah pada batas waktu. 

Untuk Campaign Mission, semua misi memiliki waktu terbatas dan harus diselesaikan dalam batas waktu yang telah ditentukan. Sedangkan misi penjual, sebagian besar misinya tidak terbatas waktu. 

Melalui campaign Shopee tersebut, Anda dapat mengembangkan bisnis dan penjualan selama kampanye berlangsung.

Baca Juga: Platform Marketplace B2B: Keuntungan dan Segudang Peluangnya

7. Aktifkan Fitur Flash Sale Shopee

Tips meningkatkan penjualan di Shopee lainnya adalah mengaktifkan fitur flash sale. 

Flash sale adalah salah satu program unggulan yang sering dipakai oleh marketplace ini. Sebab, strategi penjualan satu ini memiliki daya tarik yang cukup besar bagi para pembeli ketika pertama kali membuka aplikasi Shopee. 

Dengan program flash, suatu produk bisa mencapai halaman utama dengan lebih cepat. Bahkan, produk Anda juga akan mencapai rangking teratas pencarian sehingga Anda juga akan meraih lebih banyak pelanggan potensial. 

Namun, tidak semua penjual bisa menggunakan program tersebut. Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi jika ingin menggunakannya. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Tidak memiliki poin penalti.
  2. Tingkat respon kepada konsumen harus baik.
  3. Memiliki peringkat toko yang baik.
  4. Harga diskon yang tertera harus sesuai perjanjian yang ditetapkan.
  5. Memiliki stok produk yang cukup.
  6. Produk termasuk kategori persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk mengaktifkan fitur flash sale, Anda perlu membeli slot untuk toko Anda. Setelah berhasil melakukan pembelian, pilih menu “Flash Sale” yang akan muncul di pusat penjualan Anda. 

Tahap berikutnya, Anda bisa menominasikan maksimal 2 produk. Jika sudah, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak Shopee yang biasanya berlangsung 5-7 hari kerja.

8. Berikan Voucher Toko Anda

cara meningkatkan penjualan di shopee - 8

Berikutnya, cara meningkatkan penjualan di Shopee adalah dengan memberikan voucher kepada pembeli.

Voucher dapat mendorong pembeli lebih banyak produk dari Toko Anda. Bahkan, Anda dapat mengatur sendiri berapa batas minimal pembelanjaan agar voucher dapat digunakan.

Cara membuat voucher di Shopee sangat mudah. 

Pertama, bukalah laman “Pusat Penjualan” lalu pilih menu “Voucher”. Saat ini terdapat dua jenis voucher, yaitu “voucher produk” yang hanya bisa dipakai untuk produk tertentu dan “voucher toko” yang bisa dipakai untuk produk apapun di toko Anda.

Setelah memilih jenis voucher, ikuti instruksi untuk melengkapi detailnya. Jika telah berhasil, voucher tersebut dapat diakses secara langsung di dashboard toko Anda.

9. Berikan Diskon Produk

Memberikan diskon produk adalah cara menaikan penjualan di Shopee berikutnya. 

Mayoritas konsumen di Shopee cenderung tertarik dengan produk yang sedang diskon. Itulah mengapa Anda perlu memberikan diskon untuk menarik konsumen membeli produk yang Anda tawarkan.

Dengan memberikan diskon, Anda juga bisa mengoptimalkan pemasaran produk yang Anda tawarkan. Fitur diskon produk juga bisa dijadikan sebagai alat agar konsumen lebih tertarik membeli produk yang Anda.

Perlu diingat, harga diskon yang Anda tawarkan juga harus tetap kompetitif dengan penjual produk serupa. 

Baca juga: 8 Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laku Setiap Hari

10. Pasang Harga Produk yang Kompetitif

Dilansir dari Investopedia, harga kompetitif adalah sebuah strategi penetapan harga yang mempertimbangkan harga kompetitor di pasar. 

Harga adalah faktor penting dalam permintaan pasar. Seringkali, pebisnis akan menetapkan harga yang lebih tinggi, di sekitar, atau bahkan lebih rendah daripada rata-rata harga kompetitor.

Dengan menetapkan harga yang kompetitif dan menawarkan promosi unik pada produk Anda, Anda dapat menarik lebih banyak Pembeli selama promosi berlangsung.

11. Manfaatkan Media Sosial Anda

cara meningkatkan penjualan di shopee - 11

Penjualan Shopee menurun? Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai tips meningkatkan penjualan di Shopee.

Dengan media sosial, Anda bisa melakukan pemasaran produk sebagai bentuk dari strategi penjualan. Semakin beragam platform media sosial, semakin banyak juga yang memanfaatkan peluang popularitas media sosial di kalangan pengguna internet. 

Kini, telah banyak brand yang memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi toko online mereka. Di mana pada platform tersebut, Anda bisa membagikan informasi atau konten yang menarik seputar produk Anda.

Tidak hanya bertujuan meyakinkan pembeli, namun Anda juga dapat membangun brand awareness melalui media sosial sebagai salah satu cara meningkatkan omset penjualan di Shopee Anda.

Baca juga: 10 Poin Kelebihan dan Kekurangan Marketplace, Apa Saja?

Portofolio Sasana Digital – Training & Konsultan Marketplace/E-Commerce

Berikut ini “Point of View” bagaimana proses Sasana Digital sebagai penyedia layanan kursus marketplace dan e-commerce, memberikan dampak pada setiap klien bisnis.

1. Private Training Digital Marketing

layanan private training - solusi dan cara meningkatkan penjualan di shopee

Sasana Digital berkolaborasi dengan Klinik Ibu dan Anak untuk meningkatkan engagement dan followers di media sosial. Dalam 1 bulan, akhirnya klinik tersebut mampu mencapai ribuan followers dengan strategi konten yang disesuaikan dengan nilai bisnis dan audiens.

2. Corporate Training Digital Marketing

Layanan Corporate training - solusi dan cara meningkatkan penjualan di shopee

Sasana Digital juga berkontribusi melakukan audit dan perbaikan strategi Meta Ads sebuah Bisnis Travel Umroh. Tujuannya adalah untuk meningkatkan omset hingga 2,4 miliar dalam 2 minggu dengan ROAS >20x. Goals tersebut direalisasikan melalui penerapan prinsip ABC (Audience, Benefit, and Content).

3. Audit Digital Marketing

layanan audit - solusi dan cara meningkatkan penjualan di shopee

Kami juga melakukan pendampingan kepada salah satu klien Bisnis Toko Mainan. Mereka ingin meningkatkan konversi penjualan. Dengan strategi sesuai case, akhirnya bisnis tersebut mampu meningkatkan penjualan hingga 50% melalui marketplace Indonesia dalam 1,5 bulan setelah audit digital marketing.

4. Consulting Digital Marketing

layanan consulting - solusi dan cara meningkatkan penjualan di shopee

Salah satu klien bisnis kami yang bergerak di bidang Fashion Wanita, mendapatkan bimbingan untuk memperbaiki beberapa aspek penting pada saluran digital yang digunakan oleh bisnisnya.

Beberapa hambatan terindentifikasi dan akhirnya kami lakukan pembaruan strategi. Alhasil, bisnis Fashion Wanita tersebut mengalami peningkatan pendapatan 150% dalam 2 bulan setelah konsultasi.

Cakupan Topik Training & Konsultasi

Melalui cakupan topik pelatihan dan konsultasi yang Sasana Digital sediakan, Anda dapat memilih training yang paling dibutuhkan, misalnya topik yang berhubungan dengan cara meningkatkan penjualan di Shopee.

topik pelatihan untuk cara meningkatkan penjualan di shopee

Pertanyaan Seputar Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan sales funnel. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait sales funnel.

1. Apa yang Harus Dilakukan Ketika Penjualan Menurun?

Jika penjualan Anda menurun, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa hal, seperti melakukan evaluasi dan analisa tren pasar, menggunakan platform media sosial untuk berpromosi, memperkuat layanan konsumen, hingga membuat promosi produk.

2. Apa yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan serta Kepercayaan Pelanggan?

Beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pelanggan adalah memperhatikan kualitas foto, memberikan informasi jujur terkait produk, dan lakukan promosi secara efektif sesuai target audiens.

3. Bagaimana Cara Menambah Daya Tarik Pembeli akan Produk Kita?

Untuk menambah daya tarik pembeli akan produk Anda, cobalah untuk memanfaatkan media sosial, banyak menawarkan promosi, minta ulasan produk, hingga jual produk dengan harga terjangkau.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula yang bisa Anda coba. Tidak ada salahnya mencoba tips-tips di atas sebagai cara menaikan rating Shopee dan meningkatkan penjualan Shopee Anda. 

Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam pengelolaan akun Shopee atau selama pengelolaan tersebut belum membuahkan hasil, Sasana Digital punya solusinya. Klik banner di bawah ini dan dapatkan Layanan Konsultasi terkait Jasa Optimasi Shopee untuk perkembangan bisnis online Anda!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital