Blog ›

5 Cara Efektif Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

I

Sudah lebih dari 10 juta orang berjualan online dan mencari cara bagaimana bisnisnya berkembang dengan cara meningkatkankan penjualan di Shopee sebagai salah satu channel paling besar untuk jualan online.

Karena semakin ketatnya persaingan, semua dituntut untuk semakin kreatif dalam melakukan promosi, dan lebih lincah lagi dalam memikirkan strategi digital marketing.

Ada banyak cara selain menurunkan harga, karena cara ini akan membuat bisnis menjadi tidak sehat lama kelamaan dan membuat lingkungan persaingan tidak baik karena saling membunuh harga atau predatory price.

Berikut kami rangkum 5 cara meningkatkan penjualan di shopee untuk yang baru jualan online dan semuanya gratis. Simak sampai akhir ya!


Pertama, Pahami Bagaimana Cara Kerja Shopee

Shopee sebagai pemilik paltform hanya akan menaikan produk yang memang dicari karena produk yang sedang dicari memiliki kemungkinan penjualan yang tinggi dan shopee akan mendaptkan lebih banyak uang dari penjualan produk tersebut.

INGAT! Shopee menarik biaya setiap produk terjual sehingga kamu harus pastikan bahwa produk yang jual memang dicari oleh banyak orang sehingga shopee akan dengan mudah merekomendasikan produk kamu.

Langkah – langkah yang benar adalah:

  1. Riset Produk yang banyak dicarai
  2. Menamai judul produk dengan kata kunci yang sering dicari oleh pelanggan
  3. Memiliki foto yang menarik dan cenderung berbeda
  4. Tambah video tentang produk
  5. Buat Sususan Deskripsi produk yang menarik dengan format (Problem Solution & Feature)

Pada fase pertama ini sangat penting untuk dipahami sebagai Cara meningkatkan penjualan di shopee yang tepat dan tidak buang – buang waktu.

Baca Juga: Mengulik Alasan Mengapa Marketplace Sangat Digemari Di Indonesia


Kedua, Lakukan Riset Produk dan Jumlah Permintaannya

Jangan jualan barang yang tidak ada peminatnya kecuali anda ingin membangun sebuah brand dengan visi yang panjang dan dana yang matang. Jualan online sejatinya sangat sederhana cukup sediakan apa yang pasar butuhkan dengan penawaran yang menggiurkan. 

Cara untuk riset pasar dan produk sangat mudah sekali ada 3 langkah:

1. Cari Ide Jualan Melalui Observasi Shopee & Social Media

Saat ini masuk website shopee, dihalaman pertama akan kita jumpai menu atau bagian dengan tulisan “Pencarian Populer” dan “Produk terlaris” sebagai cara pertama untuk melihat produk apa yang indsutrinya sedang tumbuh dan potensi untuk kita masuki.

Cari Ide Jualan juga bisa melalui tren Socilam Media dimana kita bisa berkunjung ke tiktok lalu mengetikan kata kunci produk “Racun Shopee” nah ini bisa jadi langkah untuk mencari ide jualan karena yang pasti konten konten yang tren memiliki peminat dan calon pembeli yang cukup tinggi.

2. Menggunakan Google Trend

Kunjungi situ google trend berikut https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID, Kemudian ketikan ide-ide jualan yang produk yang telah ditemukan pada langkah pertama. Tujuan dari google trend ini adalah melakukan validasi apakah trend produk tersebut masih bertumbuh atau sudah mulai turun, karena akan sangat rugi kalau kita jualan produk yang tren-nya sudah mulai turun karena akan susah dan persaingan harga sudah tidak sehat.

Paling penting yang dilihat adalah grafik pertumbuhan dari produk tersebut… silahkan mencari grafik yang meningkat atau yang stabil karena ini jauh lebih aman dan menguntungkan dari segi banyaknya peminat.

3. Cek Kembali Jumlah Penjualan Produk per Bulan dengan Shopee

Langkah ini merupakan validasi ke-2 sebelum memastikan produk tersebut menjadi produk jualan kita. Caranya mudah sekali cukup dengan mengetikan ide produk yang Grafiknya meningkat pada google trend diatas, contohnya “Susu UHT 1 Liter”.

cara meningkatkan penjualan di shopee

Lalu silakan klik “Terlaris”

cara meningkatkan penjualan di shopee

Lalu silakan klik “Geser kebawah dan Clik Halaman ke 5–10”

cara meningkatkan penjualan di shopee

Jika sudah ke halaman 5 silahkan cari produk yang memiliki penjualan diatas 100 penjualan/bulan dan masih sedikit penjual yang menjual barang tersebut maka sangat potensial produk itu jika kita masuk pada Lini Produk terebut.

Baca Juga: 4 Tips Tingkatkan Trafik dan Pembelian di Toko Marketplace


Ketiga, Manfaatkan SEO Marketplace Shopee

Cara meningkatkan penjualan di shopee bertumpu pada produk kita muncul di konsumen yang sedang mencari produk tersebut dan muncul di halaman awal agar semakin banyak orang yang tahu dan semakin banyak orang akhirnya beli karena sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh konsumen.

Kita sebagai penjual dapat melakukan hal tersebut dengan menggunakan teknik SEO Marketplace Shopee dimana kita akan mencoba menerapkan prinsip – prinsip SEO yaitu ada 3 :

a. Kesesuaian Kata Kunci

Melakukan riset pada kata kunci yang sering diketik oleh konsumen dengan menggunakan tools Google Keyword Recomendation dan Kata Kunci Iklan ketika melakukan Shopee Ads

b. Pengulangan Kata Kunci

Menempatankan Kata Kunci yang sudah diriset pada Judul Produk, Deskripsi produk, dan pada informasi tentang toko dihalaman depan 

c. Pemenuhan Karakter Pada Judul

Usahakan Jumlah karakter pada judul shopee diantara 70 – 110 karakter agar SEO lebih efektif 

SEO Marketplace Shopee ini akan membantu calon konsumen untuk menemukan produk kita lebih mudah karena produk kita bisa muncul di halaman awal – awal dari daftar produk, sehinggga akan memungkin toko online kita mendapatkan pengujung yang lebih banyak mirip ketika kita memajang produk kita di depan pintu masuk toko agar produk mudah terlihat.

Baca Juga: SEO Marketplace: Cara Tingkatkan Traffic Toko Online Anda


Keempat, Pastikan Toko Shopee Terdaftar Gratis Ongkir

Tidak menutup mata bahwa orang indonesia suka dengan promosi dan membeli produk semurah mungkin, dan shopee memfasilitasi kita untuk promo dengan gratis ongkir dengan cukup verifikasi toko menggunakan KTP.

Toko dengan Gratis ongkir memiliki icon khusus pada produk katalognya sehingga lebih menarik mata dari konsumen untuk mengklik produk tersebut. 

Penelitian dari KG Media Fashion Shopping Landscape Research mengungkap bahwa 76% konsumen online akan memilih suatu produk dengan promosi Gratis Ongkir daripada yang tidak menyediakannya bahkan lebih kuat dari Promo buy 1 get 1 yang memiliki presentase 59%. 

Memahami perilaku konsumen juga penting bagi penjual online untuk lebih peka terhadap promo apa yang sebaiknya dilakukan sehingga efektif mendukung peningkatan penjualan.

Jangan sampai memberikan promo yang tidak menarik hati pelanggan, sehingga hanya buang – buang budget tapi tidak ada hasilnya.

Kelima, Gunakan Minimal 3–5 Foto Produk dengan Layar Putih

Buatlah konsumen fokus melihat produk, fitur produk, warna produk, atribut produk, pokoknya semua tentang produk harus terlihat oleh konsumen termasuk keunggulan produk.

Pada dasarnya, ketika seseorang masuk ke Marketpalce seperti shopee, tujuan mereka sudah jelas ingin membeli barang tinggal bagaimana meyakinkan para calon ini.

  • Memiliki Foto produk minimal 3 – 5 foto untuk meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Lakukan Foto detil produk jika diperlukan seperti zoom pada tekstur kain
  • Edit Secukupnya seperti gratis ongkir ataupun barang ori

Foto menjadi bagian yang harus diperhatikan karena porsi paling besar yang terlihat okeh konsumen daripada judul dan daripada harga. Jika kita mampu menampilkan produk dengan baik maka harga bisa dimaklumi

Baca Juga: 10 Marketplace dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia 2022

Penutup

Demikian pembahasan tentang bagaimana Cara Meningkatkan penjualan di Shopee, semoga dengan artikel ini dapat membantu peningkatan penjualan di toko online anda baik yang masih baru ataupun sudah lama.

Berita bagus untuk kamu yang ingin serius jualan online dan mendalami materi lanjutan dari artikel ini.

Kamu dapat mengikuti Kursus online Marketplace Hack 1.0 : Shopee dan Tokopedia yang akan membahas secara lengkap hal-hal yang wajib kamu persiapkan, hingga praktik mendatangkan penjualan berkali-kali lipat. Yuk, segera daftar di sini!

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊