Blog ›

8 Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laku Setiap Hari

I

Membangun bisnis online tentu membutuhkan modal, Tapi apa yang terjadi jika seseorang ingin Jualan online tanpa modal? Apakah bisa? Jawaban sederhananya BISA BANGET.

Di Zaman yang sudah serba teknologi ini kita bisa membangun bisnis online tanpa harus memiliki modal dulu yang penting tahu cara memanfaatkan teknologi dan melihat peluang yang ada.

Teknologi memudahkan kita untuk mencari trend yang sedang terjadi dibidang makanan, olahraga, pakaian, atau bahkan hobi untuk dijadikan sebagai cara mencari Ide Jualan Online yang laku setiap hari. Pertanyaannya apakah kamu sudah tahu cara mencari Ide Jualan online?

Sebelum sasana digilab kasih tahu kamu 8 Ide Jualan Online tanpa modal yang Laku setiap Hari kami akan kasih tahu dulu cara singkat mencari ide jualan online biar kamu makin semangat untuk membangun usahamu sendiri.

Cara Mencari Ide Jualan Online

Sebagai pengguna smartphone kita hanya perlu tersambung internet dan menggunakan Google & Social Media untuk mencari peluang produk yang akan banyak dibeli orang. Berikut langkah – langkahnya:

Pertama, Ketikan Suatu Kata Kunci di Google dan Cek Penelusuran Terkait

Contohnya kamu ingin jualan Hijab tapi belum tahu jenis Hijab apa yang sedang trend aga penjualannya mudah dan pembeli langsung datang tanpa iklan.

Caranya, kamu cukup ketikan kata “Hijab Terbaru” lalu klik Search atau Cari. maka akan langsung terlihat hasil pencarian dan langsung cari “Related Search” atau “Penelusuran Terkait” maka akan muncul berbagai kata kunci seperti contoh pada gambar dibawah ini:

ide jualan online tanpa Modal

Pada daftar pencarian tersebut ada beberapa kata produk yang terulang seperti kata “Jilbab Instan” dan “Jilbab Segi Empat” itu artinya produk-produk ini masih dicari secara terus menerus oleh pasar walaupun sudah berganti trend.

Maka, dengan cara yang sama silahkan kamu mencari kata kunci lain pada kategori makanan, olahraga, ataupun kategori produk lainnya untuk mencari ide jualan produk yang mudah.

Namun pada tahap ini kamu harus melakukan pencarian minimal 10 ide produk jualan dan langkah selanjutnya kita akan melakukan Validasi terkait ide-ide tersebut apakah benar produk tersebut masih potensial jika kita menjualnya?

Kedua, Lakukan Validasi Ide di Media Sosial Instagram/TikTok

Daftar dari 10 Ide jualan online yang sudah kita miliki, harus kita validasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ide tersebut masih layak dan potensial. Yang harus kita cek adalah apakah produk ini masih trending dan masih dicari dan masih dibicarakan oleh orang – orang di dunia digital. Caranya cukup sederhana yaitu :

a. Melalui Instagram

  1. Silahkan masuk ke aplikasi instagram
  2. Lalu cari ide produk berdasarkan nama produk di kolom pencarian
  3. Dan cek postingan terbaru dari produk tersebut
  4. Jika dalam 3 bulan terakhir masih banyak yang membicarakan produk tersebut maka produk itu potensial untuk dijual
ide jualan online tanpa modal

b. Melalui Tiktok

  1. Silahkan masuk ke aplikasi Tiktok
  2. Lalu cari ide produk berdasarkan nama produk di kolom pencarian
  3. Dan cek postingan terbaru dari produk tersebut
  4. Jika dalam 3 bulan terakhir masih banyak yang membicarakan produk tersebut maka produk itu potensial untuk dijual
ide jualan online tanpa modal

Dalam kasus ide jualan online tanpa modal Hijab Pashmina terlihat bahwa dalam 3 bulan terakhir baik Instagram maupun Tiktok memiliki jumlah penonton dan interaksi yang cukup lumayan tinggi sehingga dapat diasumsikan ide produk Hijab Pashmina potensial untuk dijadikan sebagai ide produk jualan online.

Lakukanlah langkah yang sama terhadap semua ide produk agar lebih tersaring produk mana yang harus diambil dalam rangka mencari produk yang potensial.

Setelah tahu produknya sekarang waktunya cara jualan online tanpa modal dengan modal hp dan internet.

Baca Juga: Cara Efektif Meningkatkan Penjualan di Shopee bagi Pemula

Berikut 8 ide jualan online tanpa modal yang laku setiap hari:

1. Afiliasi Tokopedia & Shopee

Afiliasi sendiri adalah salah satu metode pemasaran yang diberikan perusahaan kepada pemasar untuk memasarkan produk mereka. Ketika Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, Kamu akan mendapatkan Komisi 10–20% untuk setiap produk yang  dijual atau setiap produk yang klik melalui link yang kamu sebar. 

Dengan konsep yang sederhana ini , kamu bisa Jualan Online tanpa modal hanya cukup bikin konten di instagram atau tiktok lalu, ambil konten dari toko/penjual lalu mendapatkan komisi.

Lebih enaknya lagi sekarang kamu bisa mengikuti program afiliasi ini  di banyak situs e-commerce populer di tanah air seperti affiliasi tokopedia dan shopee. Contoh akun instagram Affiliasi:

ide jualan online tanpa modal

2. Dropshipper dari Produk Tren

Dropship adalah cara menjual produk yang tidak membutuhkan modal dengan kata lain kita bisa Jualan Online tanpa modal. Dropship merupakan salah satu alternatif menjual barang tanpa membeli barangnya dahulu, kita bisa langsung menjualnya dengan mendirikan toko lagi atas nama brand kita sendiri atau toko kita sendiri.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah mencari pemasok yang kemudian anda Ambil Foto dan Deskripsi Produknya , lalu ambil margin/keuntungan saat anda memasang produk di toko online kamu. 

Kelebihan dari cara ini adalah : Tidak perlu modal awal besar, tidak perlu takut rugi, bisa testing berbagai macam produk, bisa lebih leluasa mencoba berbagai kategori produk jualan di toko online kamu, bisa membangun brand tokomu sendiri.

3. Jualan Artikel untuk Kebutuhan Blog

Saat ini banyak bisnis berlomba – lomba membuat website bahkan data dari tekno sindonews pengguna website meningkat rata – rata 60% setiap tahunya.

Dan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website dibutuhkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang dalam strategi ini dibutuhkan artikel yang berhubungan dengan kata kunci tertentu seperti artikel “10 Trend Hijab terbaru untuk model 2022”.

Dengan semakin banyaknya jumlah pebisnis online yang menggunakan website artinya semakin banyak kebutuhan artikel untuk meningkat pengunjung ke website mereka.

Caranya : kamu riset kata kunci menggunakan google, lalu tulis artikel artikel yang dari kata kunci tersebut dan simpan dalam google drive, artikel tersebut dapat kamu jual Rp35.000 – Rp100.000.

4. Jualan Template Desain Canva untuk Instagram

Jumlah pengguna sosial media instagram telah mencapai 90 juta lebih pengguna dan rata-rata pengusaha juga menggunakan instagram sebagai salah satu channel untuk jualan.

Tidak sedikit brand lokal yang mulai tumbuh di kala pandemi untuk berlomba memenangkan pasar di sosmed besutan facebook ini. Ada beberapa cara agar instagram suatu bisnis online ramai pengunjung yaitu rajin membuat konten dan membuat social media ads/influencer.

Karena semakin banyak bisnis yang berjualan online, maka kebutuhan koten ini akan semakin tinggi dan menjadi peluang bagi kamu yang ingin Jualan Online Tanpa Modal untuk membuat template desain dengan Canva misal 12–24 desain lalu dijual dalam 1 paket pembelian misal paket untuk Bisnis Kuliner, Paket untuk BaberShop, Paket Untuk Fashion, dan Paket Desain untuk kategori bisnis lainnya. 

Baca Juga: 10 Marketplace dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia 2022

5. Jualan Template Desain Undangan Pernikahan

Badan pusat statistik mencatat bahwa ada sekitar 1.7 juta orang meninkah di tahun 2021 dan rata – rata pertahun akan terjadi pernikahan 1 – 2 juta orang yang artinya bakal banyak permintaan terkait barang kelengkapan pernikahan salah satunya adalah Undangan Pernikahan yang dapat dijadikan sebagai Ide Jualan Online tanpa modal. 

Jika rata – rata 1 desain dijual 50.000 dan kamu bisa dapat 100 orang perbulan maka akan mendapat 5.000.000 (5 juta) perbulan. Dan kamu bisa menawarkan paket Cetak undangan dengan meminta DP dahulu sehingga modal yang dibutuhkan lebih sedikit sekaligus dapat uang yang lebih banyak dari margin cetak undangan yang bekerja sam dengan tukang cetak yang terjangkau.

6. Jualan Template Desain Kotak Makanan Take Away

Salah satu sektor industri yang tetap tumbuh disaat sektor lainnya turun adalah sektor industri makanan dan minuman disaat pandemi. Hal ini menunjukan bahwa pasar makanan dan minuman menjadi kategori yang cukup seksi jika anda dapat menggarap dengan benar.

Namun, tidak perlu menjadi penjual ayam geprek untuk masuk industri ini, Kamu dapat melihat potensi bisnis diarea sekitar industri makanan misal packagingnya. 

Kamu bisa membuat toko online di SHopee atau Tokopedia dan membuat jasa desain kotak makanan atau sudah ada designnya kamu bisa jual plus jasa cetaknya.

Sedikit bocoran informasi bahwa di Shopee Food soerang penjual ayam geprek dapat menjual hingga 100 lebih kotak perhari yang artinya dalam 1 bulan dia butuh 100 x 30 = 3000 kotak setiap bulan. Jika akan mendapatkan 1 pelanggan dengan margin 1000 maka anda bisa cuan 3 juta setiap bulan.

Dan ingat Jualan Online Tanpa modal harus kreatif. Cari tukang cetak packaging yang murah tanpa kualitas lumayan lalu ambil keuntungan sedikit agar harga tetap kompetitif/bersaing.

7. Jualan Template Desain “Quotes

Masih berkaitan dengan nomor 6, dimana industri makanan & Minuman yang bertumbuh di masa pandemi, ternyata juga banyak resto & cafe dengan konsep baru yang hadir menjadi pemain baru dalam sektor ini. Cofee Shop adalah jenis cafee yang paling sering muncul pada 2019 – 2021 ini.

Total ada 2900 lebih kedai cofee shop yang terdata menurut penelitian dari UNDIP dan tentunya masih banyak kedai yang belum terdata.

Ide Jualan Online Tanpa Modal untuk fenomena ini adalah Jualan Design Quotes atau kata kata yang biasanya akan dipajang di dinding Cofee Shop agar nuansa kedai lebih estetik.

Peluang ini sangat potensial karena tentunya setiap beberapa bulan sekali ada konsep baru dan brand baru yang membutuhkan Poster yang mendukung kedai mereka. Asal kita bisa memanfaatkannya kita bisa jual ide design di Shopee atau Tokopedia. Jangan lupa sekalian cetak dan pigora jika memungkinkan.

8. Jualan Daftar Pertanyaan Ngobrol Bareng Pasangan

Ide yang ke 8 ini sebetulnya sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu namun berbentuk kartu pertanyaan yang dicetak. Fenomena ini hadir karena banyak orang saat ini kurang bisa memulai obrolan atau bahkan karena sibuk bekerja beberapa pasangan memiliki masalah komunikasi kadang kala nyambung kadang kala ngga nyambung atau bahkan garing. 

Maka masalah ini dapat diubah menjadi sebuah potensi bisnis yaitu list pertanyaan untuk memancing obrolan sepasang kekasih, suami istri, teman kantor, atau bahkan untuk Games Company Outbound.

Ide Jualan Online Tanpa Modal ini berbekal kreatifitas atau bahkan cukup bertanya kebanyak orang… apa sih hal yang biasanya ditanyakan oleh pasangan – pasangan lalu rangkum menjadi pertanyaan. Agar tanpa modal  kamu bisa menjual dalam bentuk softfile yang diberi password berbetuk E-Book PDF.

ide jualan online tanpa modal

Semoga bisa membantu kamu sebagai referensi Ide Jualan online tanpa modal yang laku setiap hari. Tentunya masih banyak ide lainnya belum tergali yang mungkin saja juga potensial selalu ingat langkah pertama diatas tadi ya.

Manfaatkan Google & Tiktok bukan kita yang dimanfaatin google. Asalkan ada kemauan dan ada niat pasti akan ketemu jalan nya sendiri sendiri dalam berjualan online.

Jika Ingin Jualan Online Tanpa Modal Maka…

  1. Harus Peka Melihat Sebuah Masalah
  2. Harus Kreatif Cari Cara Memberikan Sebuah Solusi
  3. Harus Kreatif juga Agar tidak perlu modal 
  4. Harus Tahu Cara Jualnya

Baca Juga: Mengulik Alasan Mengapa Marketplace Sangat Digemari Di Indonesia

Penutup

Kalau Sudah tahu mau jualan apa? Waktunya Anda pelajari Cara Jualan Online yang tepat agar idenya tidak terbuang sia-sia dan bisa memaksimalkan peluang yang ada.

Pastinya kamu ingin begitu jualan online cepet dapet pembelinya dan penjualanya naik terus. Memang tidak mudah, TAPI ada caranya kok dan sudah Sasana Digilab susun dalam kursus jualan online Marketplace Hack 1.0 : Tokopedia dan Shopee.

sasana digital logo karier

Perusahaan penyedia Solusi Digital & Teknologi untuk kebutuhan bisnis Anda. Selengkapnya…

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Hubungi Sekarang !
Sasana Digital
Selamat datang di Sasana Digital!

Ada yang bisa kami bantu? Jika ada, silahkan klik tombol berikut ya! 😊