Blog ›

Cara Menggunakan SEO Shopee untuk Meningkatkan Penjualan

I

Bagaimana ya cara berjualan di Shopee yang toko atau produknya muncul di halaman pertama? Apakah ada triknya? Jawab saja dengan simpel apabila mendengar tersebut. Ya, triknya disebut teknik SEO Shopee. Teknik ini merupakan kunci utama yang membantu meningkatkan penjualan produk di toko Anda.

Teknik SEO Shopee ini umumnya digunakan untuk menaikan halaman dan artikel website. Tetapi seiring berjalannya waktu, SEO Shopee dan SEO website punya kesamaan cara. Bahkan SEO pada toko online seperti Shopee punya sebutan sendiri yaitu SEO e-commerce.

Jika Anda yang sangat ingin tahu tentang teknik SEO Shopee saat ini berada di artikel yang tepat. Kalimat-kalimat selanjutnya yang Anda baca akan menuntaskan rasa penasaran mengenai Teknik SEO Shopee.

Apa Itu SEO Shopee?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang juga didefinisikan sebagai teknik optimasi yang berguna untuk meningkatkan jumlah pengunjung website atau toko online di mesin pencari.

Saat teknik tersebut digunakan untuk Shopee, visibilitas toko atau halaman penawaran produk berpotensi muncul di berbagai mesin pencari seperti, Google, Bing, Yahoo, Kiwi, Opera Mini, UC Browser dan lainnya.

Ada berbagai hal penting yang harus Anda perhatikan supaya muncul di rekomendasi halaman. Mulai dari cara memberi deskripsi produk yang tepat, nama  penawaran produk yang memiliki kata kunci hingga cara menentukan produk untuk dijual.

Contohnya saat pembeli butuh sepatu untuk joging, sebagai penjual Anda harus peka dengan kalimat apa yang mungkin pembeli gunakan di kolom pencarian. Mungkin kata kunci inilah yang pembeli gunakan untuk mencapai tujuannya:

  • Sepatu joging
  • Sepatu joging pria atau wanita
  • Sepatu running
  • Sepatu joging murah, dan masih banyak lagi

Intinya, jika benar dalam menerapkan SEO Shopee toko Anda berpotensi menjaring pelanggan yang banyak.

Baca Juga: Platform Marketplace B2B: Keuntungan dan Segudang Peluangnya

Perbedaan SEO dan SEM Shopee

Bagi yang baru mengenal istilah SEO tentu tidak akan mengenal dengan istilah SEM. Kedua hal ini sedikit dibahas agar suatu saat Anda ingat dan tidak perlu mencari tahu lagi tentang perbedaannya.

SEO dan SEM merupakan hal yang berbeda. Tetapi perlu diketahui bahwa SEM merupakan bagian dari SEO. Lebih jelasnya SEO adalah memaksimalkan pencarian organik agar toko muncul di bagian teratas halaman Shopee.

Sedangkan SEM adalah membuat toko tampil urutan atas Shopee melalui beriklan.

Jadi perbedaanya, SEO adalah trafik organik tanpa mengeluarkan biaya sementara SEM adalah trafik berbayar yang butuh platform lain seperti media sosial dan Google Ads untuk membuat toko berada di urutan atas.

Peran SEO Shopee untuk Penjualan

Peran SEO Shopee untuk Penjualan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dari SEO adalah membuat toko atau produk tampil di halaman teratas mesin pencarian.

Secara sederhana, dengan menduduki posisi teratas pencarian maka potensi pembeli mengklik toko atau produk juga semakin besar. Jika pembeli mengklik maka akan memperimbangkan penawaran produk setelah melihat harga, deskripsi, rating dan testimoni pembeli lain.

Perlu juga diketahui bahwa dengan mengklik toko atau produk Anda di tampilan teratas belum tentu langsung dibeli. Hal tersebut kembali pada keputusan pembeli bisa karena berbagai macam umumnya disebabkan persaingan harga, kualitas dan lainnya.

Positifnya, toko dan produk Anda memiliki banyak pengunjung dan berpotensi dianggap bagus oleh algoritma Shopee. Jumlah dan testimoni pengunjung ini punya peran pada algoritmanya.

Oleh karena itu, coba pikirkan bagaimana nasib toko atau produk lain yang tidak bisa tampil di urutan teratas, apakah ada banyak pembeli jika yang berada di atas saja masih belum pasti dibeli.

Ingat! Peran SEO Shopee hanya sebatas membuat nilai toko dan produk bagus dalam bersaing di mesin pencari. Untuk urusan dibeli kembali pada pertimbangan pelanggan.

Baca Juga: 10 Poin Kelebihan dan Kekurangan Marketplace, Apa Saja?

Penyebab Muncul Halaman Pertama Shopee

Hal berikut akan menjawab pertanyaan Anda yang penasaran mengenai apa yang menjadi acuan toko atau produk berada di halaman pertama Shopee.

1. Kata Kunci Sesuai

Kata kunci ini yang akan menampilkan hasil pencarian pembeli. Makanya judul produk dari toko online tidak boleh sembarangan, harus terdata oleh algoritma shopee.

Banyak platform gratis maupun berbayar yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Misalnya, pembeli mengetik kata kunci sepatu anak bola, mesin pencari tidak mungkin memunculkan kata kunci yang tidak sesuai.

Tetapi mesin pencari akan merekomendasikan kata kunci yang mirip. Makanya perlu memasukan kata kunci yang mirip dalam produk seperti di deskripsi.

2. Konten Produk Berkualitas

Sebagai penjual pemula hal-hal yang perlu diatur dalam produk sebagai berikut:

  • Judul produk
  • Deskripsi sesuai produk dan mengandung kata kunci produk
  • Foto atau gambar harus jelas dan bagus
  • Hastag yang digunakan sesuai dengan sasaran
  • Atribut toko dan produk

Shopee akan merekomendasikan toko atau produk di halaman pertama pencarian jika informasi kualitas produk sesuai dengan poin-poin tersebut.

Begitu juga dengan kualitas yang produk yang tidak teratur, pasti susah muncul di halaman pertama pencarian bahkan tidak muncul sama sekali.

3. Rating dan Jumlah Produk Laku

Penyebab toko atau produk berada di halaman pertama Shopee yang ketiga adalah rating dan jumlah produk terjual. Rating toko atau produk yang memiliki bintang 4-5 punya potensi tampil di halaman pertama.

Dan jumlah produk laku yang sangat banyak juga punya andil dalam menduduki halaman teratas pencarian.

4. Status Toko atau Reseller

Faktor yang keempat ini belum banyak yang mengetahui bahwa sangat mempengaruhi hasil pencarian Shopee.

Toko dengan status Star Seller dan Star+ pasti muncul dengan trafik organik. Sedangkan untuk toko Shopee Mall akan direkomendasikan algoritma Shopee ketika ada tambahan kata kunci ori atau original.

5. Kategori Produk

Untuk membuat kategori yang cocok untuk dijual Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Karena hal ini yang dilupakan para penjual. Sering membuat kategori toko tanpa menyesuaikan dengan trafik.

Baca Juga: Cek Fakta! Pentingkah Algoritma Shopee untuk Penjualan Anda?

Manfaat SEO Shopee

Manfaat SEO Shopee

Menggunakan SEO memiliki banyak manfaat untuk penjual Shopee. Kunjungan toko yang bertambah, membuat berbagai aspek lebih efisien, contohnya promosi dan masih banyak.

Berikut manfaat menerapkan SEO untuk toko Shopee, yaitu:

1. Peningkatan Visibilitas Toko dan Produk

Penerapan SEO untuk jualan Shopee berguna meningkatkan kunjungan toko dan produk dari mesin pencari.

Dengan SEO penawaran produk mudah dijangkau pelanggan dari berbagai daerah melalui mesin pencari. Khususnya pembeli yang menulis kata kunci sesuai dengan riset akan bertemu dengan toko atau produk Anda.

2. Traffic Toko Bertambah

Toko atau produk yang sering ditemukan pelanggan membuat algoritma sering menampilkan di mesin pencari. Trafik kunjungan juga terus bertambah.

Dengan trafik yang terus bertambah akan menciptakan kesadaran merek dengan sendirinya.

3. Pembelian produk meningkat

Berkat kunjungan yang meningkat, produk yang dijual juga banyak membeli. Optimalisasi SEO pada produk akan lebih bagus jika ditambah dukungan foto yang berkualitas dan deskripsi produk yang detail.

Baca Juga: Efektif! 11 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

Cara Menggunakan SEO Shopee

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara menerapkan SEO Shopee tidak berbeda jauh dengan SEO website. Untuk selengkapnya baca di bawah ini:

1. Melakukan Riset Kata Kunci Shopee

Cara pertama menerapkan SEO adalah dengan melakukan riset kata kunci produk yang tepat.

Kata kunci ini yang akan menjadi alamat yang dituju mesin pencari. Oleh karena itu, kata kunci harus ada dalam judul, deskripsi dan hastag.

Dan jangan lupa untuk memilih kata kunci yang volume persaingannya terlalu berat. Karena semakin tinggi volume pencarian semakin sulit persaingannya. Untuk melakukan riset keyword bisa menggunakan Google Trend, Ubersuggest dan lain-lain.

2. Masukan LSI Keyword di Deskripsi Produk

LSI adalah keyword-keyword yang memiliki kemiripan dengan kata kunci yang Anda pilih. Lebih jelasnya, Anda menggunakan kata kunci “sepatu jogging” kata lain di platform riset kata kunci berupa “sepatu running”.

Keyword “sepatu running” ini bisa dimasukan ke dalam deskripsi. Artinya, LSI ini seperti kata lain yang sering digunakan pembeli atau bisa disebut sinonim.

3. Menggunakan Long Tail Keyword Produk

Maksud long tail keyword ini adalah kata kunci yang panjang. Biasanya long tail keyword ini berisi judul produk yang lebih detail, dengan menambahkan merek, umur dan lainnya di akhir judul.

Contohnya, Sepatu futsal menjadi sepatu futsal anak, sepatu futsal lokal, sepatu futsal nike dan lainnya. Harapannya dengan long tail keyword tersebut exposure toko semakin meningkat dan CTR berpotensi besar.

Baca Juga: 8 Ide Jualan Online Tanpa Modal yang Laku Setiap Hari

4. Memperbarui Deskripsi Toko Produk

Deskripsi toko produk harus selalu diperhatikan karena merupakan hal yang pertama kali dilihat pembeli.

Mengisi deskripsi dengan baik menjadi hal penting. Dengan menyertakan lokasi, headline yang menjelaskan toko misalnya UMKM, jam operasional dan didukung foto atau gambar yang bagus.

Jangan lupa merubah deskripsi jika memang Anda sedang menjalankan event seperti promo gratis ongkir, cashback atau lainnya.

5. Memaksimalkan Halaman Produk Penjualan

Memaksimalkan halaman produk merupakan praktek yang lebih spesifik dari deskripsi produk. Banyak penjual pemula salah kaprah dalam mengoptimalkan halaman penjualannya.

Mereka menganggap bahwa memposting produk yang sama berkali-berkali merupakan tindakan bagus untuk mengangkat algoritma mesin pencari padahal oleh pihak Shopee dinilai buruk karena dideteksi sebagai spam.

Sebaiknya halaman produk dibuat ideal dan simple mungkin. Misalnya deskripsi yang hanya berisi 100 karakter.

Keterangan dalam halaman produk penjualan harus Anda perbarui secara berkala. Mungkin dengan mengganti kata kunci yang sedang tren, bagian copywritingnya dan hal lainnya.

Pertanyaan seputar SEO Shopee

Pertanyaan-pertanyaan umum tentang SEO Shopee sebagai berikut:

Bagaimana Cara Kerja SEO Shopee?

Cara kerja SEO Shopee tidak berbeda jauh dengan SEO website, cara kerjanya adalah berikut:

  • Riset kata kunci produk Shopee
  • Meletakan LSI keyword dalam deskripsi produk
  • Menggunakan long tail keyword
  • Melakukan update deskripsi produk
  • Mengoptimalkan halaman produk penjualan
  • Meningkatkan traffic kunjungan toko

Apa Saja yang Harus Dioptimasi pada SEO Shopee?

Faktor penting yang perlu dioptimasi pada SEO Shopee untuk meningkatkan penjualan, yaitu optimasi kata kunci, optimasi deskripsi produk, optimasi halaman penjualan produk, optimasi foto produk dan optimasi ulangan produk.

Apakah SEO Shopee Itu Berbayar?

SEO Shopee itu tidak berbayar untuk menampilkan di hasil halaman mesin pencari, yang diperlukan hanya ketekunan dari penjual.  Yang perlu mengeluarkan biaya adalah SEM (Search Engine Marketing).

Baca Juga: 25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2023]

Penutup

SEO Shopee punya peran besar dalam meningkatkan penjualan produk. Cara menggunakannya pun tidak perlu mengeluarkan biaya. Sebab penerapan SEO Shopee menuntun penjual benar-benar mengoptimasi toko dan produk dengan mencari kata kunci yang tepat, deskripsi yang masih mengandung keyword, memasang foto berkualitas bagus dan lainnya.

Jika Anda merupakan penjual toko online Shopee yang masih kurang paham tentang SEO Shopee baik dengan cara kerja atau lainnya. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada kami, dengan mengklik banner di bawah.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?