Blog ›

12 Manfaat Pemasaran Online: Perluas Jangkauan Bisnis

I

Pernahkah Anda bertanya-tanya, “Apa sih manfaat pemasaran online bagi kesuksesan bisnis masa kini?” Respon skeptis seperti ini menjadi hal yang wajar bagi setiap orang, terutama tatkala mereka harus memastikan sebaik mungkin mengenai opsi-opsi yang akan dipilihnya.

Sebelum menerapkan sebuah strategi, orang-orang biasanya harus meyakinkan diri mengenai tujuan dan manfaat yang bisa dirasakan mengenai apa yang akan dilakukannya. Begitu pula mengenai pemasaran online dalam sebuah bisnis.

Dalam artikel kali ini, kita akan menjelajahi manfaat pemasaran online dan mengapa setiap bisnis harus mempertimbangkan strategi pemasaran digital tersebut.

Mengenal Pemasaran Online

Pemasaran online mengacu pada segala upaya yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan melalui internet. 

Ini mencakup berbagai strategi seperti optimasi mesin pencari (SEO), iklan online, media sosial, pemasaran konten, email marketing, dan banyak lagi. 

Pemasaran online memberikan kesempatan bagi bisnis online maupun offline untuk terhubung dengan target audiens mereka secara lebih efektif dan efisien.

Setelah mengetahui apa itu pemasaran online, pada bagian selanjutnya kami akan menjelaskan tujuan dan manfaat dari pemasaran atau promosi online itu sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Digitalisasi UMKM di Era Serba Online

Tujuan Pemasaran Online

Manfaat Pemasaran Online

Pemasaran online memiliki tujuan penting dan bervariasi dalam upayanya untuk mempromosikan bisnis, yang jika hal ini dimanfaatkan dengan baik maka akan membuahkan keuntungan pemasaran online yang bisa dirasakan secara nyata.

Berikut ini adalah beberapa tujuan utama pemasaran online yang perlu dipahami:

1. Meningkatkan Keterlibatan dan Kesadaran Merek

Salah satu tujuan utama dari pemasaran online adalah untuk meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek. 

Dengan memanfaatkan berbagai strategi dan kanal digital seperti media sosial, konten menarik, dan iklan online, perusahaan dapat memperluas jangkauan merek mereka dan menarik perhatian audiens potensial. 

Tujuan ini mencakup hal dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan interaksi dengan merek, serta membangun citra merek yang positif di mata konsumen.

2. Meningkatkan Lalu Lintas dan Konversi Situs Web

Pemasaran online juga bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas dan konversi di situs web perusahaan. 

Melalui strategi SEO (Search Engine Optimization), perusahaan dapat meningkatkan peringkat situs web mereka di hasil pencarian dan menarik lebih banyak pengunjung organik. 

Selain itu, dengan memanfaatkan kampanye iklan berbasis klik (PPC) dan optimisasi tautan, perusahaan dapat mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web mereka dan mendorong konversi, seperti pembelian produk atau langganan layanan.

3. Meningkatkan Keberhasilan Penjualan dan Pendapatan

Salah satu tujuan pemasaran online yang paling signifikan adalah meningkatkan keberhasilan penjualan dan pendapatan perusahaan. 

Dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital yang tepat, seperti email marketing, remarketing, dan penargetan terarah, perusahaan dapat mencapai prospek yang relevan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Pemasaran online juga dapat membantu dalam mengembangkan program loyalitas pelanggan dan mendorong penjualan berulang serta meningkatkan nilai transaksi.

Baca Juga: Catat! 30+ Istilah Pemasaran Penting di Dunia Marketing

Manfaat Pemasaran Online

Manfaat Pemasaran Online

Setelah berbagai target berhasil dituju, selanjutnya Anda akan merasakan bagaimana manfaat pemasaran online yang baik bagi nasib bisnis Anda, yang diantaranya adalah:

1. Biaya yang Lebih Efektif

Salah satu keuntungan atau manfaat pemasaran online adalah biaya yang relatif terjangkau. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau siaran televisi, pemasaran online memungkinkan Anda mengatur anggaran yang lebih kecil dan tetap mencapai audiens yang relevan. 

Anda dapat menggunakan iklan berbayar di platform media sosial atau mesin pencari dengan menyesuaikan biaya sesuai kemampuan keuangan Anda. 

Selain itu, terdapat juga strategi pemasaran online yang dapat dilakukan secara organik, seperti memanfaatkan media sosial dan konten yang menarik, yang dapat menghasilkan output positif tanpa biaya yang signifikan.

2. Kecepatan Pembagian Kampanye yang Cepat

Kecepatan distribusi atau penyebarluasan marketing campaign, menjadi salah satu manfaat pemasaran online. 

Kecepatan adalah aspek penting dalam pemasaran online. Anda dapat meluncurkan kampanye pemasaran online dalam waktu singkat, baik itu melalui iklan berbayar atau konten organik. 

Dalam hitungan menit, pesan Anda dapat mencapai audiens yang luas di seluruh dunia. Selain itu, respon terhadap kampanye marketing online juga dapat dilihat secara instan. 

Anda dapat melacak tingkat konversi, interaksi pengguna, dan keberhasilan kampanye secara real-time atau dalam waktu yang nyata. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan dengan cepat untuk mencapai hasil yang lebih baik.

3. Data Terukur dengan Jelas

Hal menarik mengenai manfaat pemasaran online adalah jejak digitalnya. Marketing online memiliki kemudahan untuk dilacak dan diukur dengan jelas. Untuk mendukungnya, berbagai alat analitik tersedia untuk menganalisis data dan kinerja kampanye Anda. 

Anda dapat melihat berapa banyak kunjungan ke situs web Anda, tingkat konversi, sumber lalu lintas, dan hal lainnya. Informasi ini memberikan wawasan yang berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki dalam strategi pemasaran Anda. 

Dengan melacak hasil secara terperinci, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan fokus pada upaya yang memberikan hasil terbaik.

Baca Juga: 10+ Workshop Digital Marketing: Upgrade Skill Pemasaran Anda

4. Targeting Audiens yang Relevan

Salah satu kelebihan besar pemasaran online adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens yang relevan dengan produk atau layanan Anda. 

Melalui strategi seperti iklan berbayar di mesin pencari atau media sosial, Anda dapat menentukan siapa yang melihat iklan Anda berdasarkan faktor seperti demografi, minat, dan perilaku online. 

Dengan targeting audiens yang tepat, Anda dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda dan mencapai konsumen yang lebih potensial. 

Dalam pemasaran online, Anda dapat menghasilkan iklan yang relevan dan personal yang menarik perhatian audiens yang tepat.

5. Pengalaman yang Diberikan Kepada Pelanggan Lebih Personal

Pemasaran online memungkinkan Anda untuk membangun hubungan pribadi dengan audiens. Melalui media sosial dan email marketing, Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. 

Anda dapat menjawab pertanyaan mereka, memberikan dukungan, dan merespons umpan balik dengan cepat. 

Interaksi ini membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, karena mereka merasa didengar dan diperhatikan oleh bisnis Anda. 

Dengan memperhatikan kebutuhan individu, Anda dapat menyampaikan pesan yang lebih relevan dan membuat pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

6. Memberi Kesan yang Baik

Pemasaran online memungkinkan Anda untuk menciptakan pesan yang mengesankan bagi audiens Anda. 

Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis konten visual, seperti gambar, video, atau desain terbaik untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan Anda. 

Dalam dunia online yang penuh dengan konten, penting untuk membedakan diri Anda dengan pesan yang kreatif dan menarik. 

Dengan menampilkan keunikan dan keindahan merek Anda melalui pemasaran online, Anda dapat memikat dan mengesankan audiens Anda.

Baca Juga: Apa Itu Paid Promote? Ini 5 Manfaatnya dalam Upaya Pemasaran

7. Menawarkan Tampilan Menarik

Pemasaran online memiliki daya tarik yang kuat bagi konsumen. Bahkan ini menjadi tren baru dalam dunia promosi bisnis. Dengan mengandalkan pembuatan konten yang menarik, konten visual yang menakjubkan, atau penawaran khusus, Anda dapat menarik perhatian serta minat audiens Anda.

Anda dapat memanfaatkan kekuatan cerita dan emosi untuk membuat konten yang menghubungkan dengan audiens dan membuat mereka terlibat. 

Di dunia yang dipenuhi dengan banyak informasi ini, pemasaran online yang menarik menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

Dalam mengoptimalkan keunggulan pemasaran online, penting bagi bisnis untuk memiliki strategi yang matang dan kreatif. 

Dengan memanfaatkan keuntungan biaya efektif, kecepatan, pelacakan yang terukur, penargetan yang tepat, personalisasi, pesan yang mengesankan, dan daya tarik yang menarik, bisnis dapat meraih kesuksesan dalam dunia digital yang semakin kompetitif.

8. Menampilkan Portofolio Lebih Menarik

Bagi penjual layanan profesional, faktor paling penting adalah menampilkan keahlian yang ingin dijual kepada pelanggan.

Dengan internet, memungkinkan penjual layanan menggunakan konten untuk menyampaikan pesan dan memperlihatkan keahlian dalam topik yang relevan dengan audiens target pelanggan.

Anda juga bisa melakukannya secara offline, tetapi alat-alat online membuatnya jauh lebih mudah untuk mencapai audiens yang luas dan relevan. 

Hal-hal seperti blogging, media sosial, dan webinar memungkinkan Anda mendidik pelanggan tentang topik yang penting bagi mereka, sekaligus memperlihatkan keahlian Anda dalam prosesnya.

9. Dapat Menargetkan Niche yang Spesifik

Seperti halnya Anda dapat membangun hubungan dengan cara yang menargetkan, pemasaran online juga memungkin untuk menargetkan niche yang sangat spesifik.

Dengan niche yang lebih spesifik Anda menyampaikan pesan kepada pelanggan yang membutuhkan layanan Anda. 

Anda dapat melakukannya dengan murah dengan menargetkan kata kunci dalam posting blog edukatif, atau berpartisipasi dalam grup atau menggunakan hashtag industri di media sosial. 

Baca Juga: 12 Manfaat Pemasaran Online: Perluas Jangkauan Bisnis

10. Mudah Ditemukan oleh Klien 

Pelanggan potensial mungkin akan mencari perusahaan atau bisnis anda melalui internet. Oleh karena itu menjadi penting menghadirkan perusahaan anda di internet.

Umumnya pelanggan mencari suatu bisnis atau perusahaan dengan berbagai cara, termasuk melalui mesin pencari, dengan membaca ulasan online, di media sosial, melalui webinar, dan lainnya.

11. Mudah Dipelajari

Meskipun ada banyak aspek digital marketing yang perlu dipelajari, namun memulainya cukup mudah. 

Semakin kompleks tergantung pada sifat tujuan dan skala kampanye yang dijalankan. Namun, yang terpenting adalah menemukan strategi yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda.

12. Strategi yang Beragam

Ada berbagai strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Bisnis B2B yang tertarik mendapatkan prospek internasional mungkin memiliki strategi yang berbeda dengan bisnis lokal B2C yang menjual pakaian. 

Beberapa perusahaan dapat lebih menguntungkan dengan content marketing dan SEO, sementara yang lain dapat memanfaatkan kampanye iklan berbasis konversi. 

Kuncinya adalah selalu menganalisis hasil dan mengembangkan taktik serta metode yang lebih baik dari waktu ke waktu. Strategi digital marketing yang tepat adalah yang dapat berubah dan beradaptasi sesuai tren terkini dengan cepat, seiring perubahan kebutuhan bisnis.

Baca Juga: Digital Marketing Plan: Langkah Tepat Optimalkan Pemasaran

Pertanyaan Seputar Manfaat Pemasaran Online

Setelah memahami 12 keuntungan pemasaran online di atas, akan lebih lengkap jika Anda juga mengetahui beberapa hal seputar pertanyaan berikut ini.

1. Apa Saja Manfaat Pemasaran Online?

Pemasaran online memiliki beragam manfaat yang dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis, menjangkau khalayak yang lebih luas, dan mencapai hasil yang lebih baik secara keseluruhan. 

Beberapa manfaat utama dari pemasaran online diantaranya adalah:

a. Jangkauan yang Lebih Luas: Dengan manfaat penjualan online ini, bisnis dapat mencapai audiens global tanpa batasan geografis. 

b. Targeting yang Lebih Tepat: Pemasaran online memungkinkan bisnis untuk menargetkan audiens tertentu berdasarkan kriteria demografis, minat, kebiasaan, atau perilaku. 

c. Biaya yang Lebih Rendah: Manfaat penjualan berbasis online yang umumnya banyak disukai marketer adalah harganya yang lebih terjangkau daripada metode tradisional, seperti iklan cetak atau siaran televisi. 

d. Pengukuran dan Analisis yang Akurat: Dalam kategori ini, manfaat promosi online adalah memberikan kemampuan untuk melacak dan menganalisis kinerja kampanye dengan lebih detail. 

2. Apa Tujuan Utama dari Pemasaran Online?

Tujuan utama dari pemasaran online adalah mempromosikan produk atau layanan secara efektif untuk mencapai hasil bisnis yang diinginkan. 

Adapun beberapa tujuan yang biasanya ingin dicapai melalui pemasaran online adalah:

a. Meningkatkan Penjualan: Pemasaran online bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. 

b. Meningkatkan Brand Awareness: Pemasaran online dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. 

c. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan: Melalui pemasaran online, bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan mereka. 

d. Memperluas Pasar: Pemasaran online membuka pintu untuk ekspansi bisnis dengan menjangkau pasar baru. 

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan Media Promosi Online?

Media promosi online, seperti pemasaran melalui internet, memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah dijelaskan dalam sebuah tabel.

Kelebihan Media Promosi OnlineKekurangan Media Promosi Online
Mengjangkau audiens lebih luas dan beragam di berbagai lokasiPersaingannya ketat dan kompetitif
Biaya media promosi online lebih terjangkauAda risiko keamanan dan privasi yang perlu diperhatikan
Targeting audiens lebih tepat dan spesifikKetergantungan pada teknologi, karena memerlukan koneksi internet dan teknologi lainnya
Memungkinkan interaksi langsung pelanggan dan brandKeterbatasan akses, bagi sebagian orang yang tidak memiliki koneksi internet stabil

Baca Juga: 25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2023]

Penutup

Dalam perkembangan era digital yang masif ini, manfaat pemasaran online sepertinya perlu Anda libatkan sebaik mungkin demi kesuksesan bisnis. 

Dengan kemampuan menarget audiens secara global, meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan traffic web, dan memperluas pangsa pasar, marketing online telah membuka pintu selebar-lebarnya bagi peluang pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

Sejalan dengan itu, kami menyediakan layanan konsultasi digital marketing yang dapat membantu Anda merancang strategi pemasaran online yang efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi digital marketing yang lebih detail! Eits, ada konsultasi gratisnya juga, lho!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?