Blog ›

12+ Tren Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan Tahun 2024 [Update]

I

Ingin tahu apa saja bisnis online yang menjanjikan untuk Anda?

Memulai bisnis online memang tidak selalu berjalan mulus. Akan ada tantangan dan hambatan di setiap perjalanannya, maka pebisnis perlu bijak dalam mengambil keputusan untuk perkembangan bisnisnya.

Artikel ini akan mengajak Anda menggali lebih dalam tentang bisnis apa yang menguntungkan hingga strategi memulainya. Simak selengkapnya hanya di sini!

1. Dropshipper

Dropshipper menjadi salah satu jenis bisnis online yang cukup praktis. Anda tidak perlu repot membuat, menyiapkan, atau mengirim produk kepada konsumennya. 

Dropshipper cukup mempromosikan dan menjual produk saja. Pihak supplier lah yang akan mengurus produk hingga ke tangan konsumen.

2. Bisnis Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip atau lebih dikenal dengan jastip adalah bisnis yang ramai di kalangan kaum millenial. Bisnis ini menjadi peluang usaha 2024 yang cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Ketika konsumen membutuhkan produk yang tidak dijual di daerahnya, mereka bisa memakai bisnis satu ini. Nantinya, Anda dapat menjual produk dengan menambahkan biaya jasa atau transportasi. 

Jastip adalah bisnis online minim modal yang menghasilkan keuntungan maksimal. Ini dikarenakan Anda hanya perlu berbelanja produk ketika ada pesanan dari pembeli saja.

3. Jualan Produk Digital

Jualan produk digital mempunyai daya tarik sendiri dibandingkan dengan produk umumnya. Ide bisnis ini tengah marak beberapa tahun belakangan.

Pada dasarnya, produk digital adalah semua produk yang tidak berwujud. Produk itu seperti e-book, aplikasi, game, dan masih banyak lagi. Bisnis ini sangat menguntungkan karena jangkauan pasar yang luas sehingga cocok sebagai sumber penghasilan pasif.

4. Jasa Online Payment (Pembayaran Online)

Setiap bulan setiap orang rutin membayar berbagai tagihan, seperti tagihan listrik, air, pulsa, dan lain sebagainya. Terutama syarat pembayaran tersebut tidak boleh melebihi tenggat tanggal karena akan ada biaya denda. 

Namun, ada beberapa orang yang memilih membayar denda karena masalah lokasi yang jauh atau antrian yang lama. Itulah alasan jasa pembayaran online bisa menjadi ide bisnis online yang menguntungkan bagi Anda.

Baca juga: Apa Itu Bisnis Online? Definisi hingga Cara Memulainya

5. Bisnis Catering

Ada banyak bisnis online menjanjikan dengan keuntungan besar, salah satunya adalah bisnis catering. Kini catering tidak sebatas kebutuhan acara tertentu saja, tetapi juga bisa catering kantoran, catering rumah sakit, hingga catering sekolah.

Adanya bisnis ini, pasti mempermudah orang-orang yang memiliki kesibukan. Inilah alasan bisnis catering bisa mendatangkan keuntungan.

Bisnis catering bisa dijalankan oleh siapa saja, apalagi Anda yang hobi memasak. Melalui bisnis ini, Anda bisa menyalurkan kegemaran Anda untuk menghasilkan cuan.

6. Bisnis Frozen Food (Makanan Beku)

Bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak akan padam. Semakin banyak inovasi makan yang semakin unik. Salah satunya adalah bisnis frozen food.

Besarnya peluang bisnis 2024,  membuat bisnis frozen food ramai dikembangkan. Terlebih bisnis ini bisa dijalankan di rumah saja. Tidak hanya menjual nugget atau sosis, bisnis makanan beku juga bisa menjual risol, dimsum, smoothies, dan lain sebagainya.

7. Bisnis Minuman Kekinian

minuman boba bisnis online yang menjanjikan

Bisnis kuliner masih menjadi favorit para pebisnis pemula. Ini terlihat dari banyaknya inovasi makanan dan minuman yang hadir. Tidak kalah dari kuliner makanan, saat ini sudah banyak ragam minuman kekinian yang diburu para kaum millenial.

Beberapa jenis minuman kekinian itu adalah minuman boba, thai tea, kopi susu, dan masih banyak lagi. Untuk menjalankan bisnis ini tidaklah sulit mengingat pasar kuliner ini sangatlah luas.

8. Bisnis Makanan Sehat, Makanan Ringan, dan Makanan Rumahan

Potensi bisnis makanan sehat belakangan ini tengah berkembang pesat. Mengingat orang-orang mulai beralih ke pola hidup sehat dan belum banyak pelaku bisnis di lini makanan sehat. 

Segmen pasar bisnis makanan sehat memang tidak sebesar makanan cepat saji, sehingga beberapa orang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan makanan ini. Dengan demikian, ini bisa menjadi kesempatan Anda mendapatkan banyak keuntungan.

Selain bisnis makanan sehat, bisnis makanan ringan dan makanan rumahan juga tidak sepi peminat. Besarnya modal yang didapatkan dan minimnya modal yang dikeluarkan, membuat banyak orang membuka bisnis makanan ringan dan makanan rumahan.

9. Produk Kecantikan, Kesehatan, dan Perawatan Tubuh

Produk kecantikan, kesehatan, dan perawatan tubuh tengah banyak dicari oleh banyak kalangan, terutama para perempuan. 

Bagi Anda yang memahami produk-produk tersebut, jangan ragu untuk memulai bisnis online ini. Apalagi Anda bisa memahami kebutuhan mereka dan tren yang sedang berlangsung.

Memanfaatkan media sosial hingga marketplace untuk mempromosikan dan menjual produk, menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki modal terbatas.

10. Bisnis Kerajinan Tangan Lokal

Bisnis kerajinan tangan bisa menjadi kesempatan Anda mengubah hobi menjadi sumber penghasilan. 

Di tengah banyaknya barang produksi mesin, produk kerajinan tangan masih memiliki tempat di hati peminatnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pasar ketika menjalankan bisnis satu ini.

Apalagi kini semakin banyak anak muda yang mulai tertarik dengan berbagai produk kerajinan tangan. Alasan inilah yang juga mendorong tumbuhnya bisnis kerajinan tangan lokal, seperti bisnis pottery, rajut, lilin aroma terapi, dan lain sebagainya.

11. Bisnis Tanaman Hias ataupun Produk Hobi Lainnya

Pandemi Covid-19 telah mengubah pola hidup dan kebiasaan banyak orang. Ada banyaknya waktu luang yang dihabiskan di rumah, membuat beberapa orang memulai hobi baru dengan merawat tanaman hias.

Ide bisnis ini bisa menjadi ladang keuntungan Anda. Dengan memanfaatkan berbagai platform digital, lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan. Terutama ada beberapa pihak yang mau mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan tanaman, pot, hingga bibit yang telah mereka inginkan.

12. Content Creation & Content Production

Ramainya penggunaan media sosial, mendorong semakin banyak brand besar hingga kecil yang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. 

Peluang bisnis lewat internet ini, digunakan perusahaan content creation & content production untuk menggaet para content creator. 

Content creator adalah orang yang membuat dan menyediakan konten pada saluran digital. Kini, bisnis mempekerjakan mereka untuk menarik konsumen baru atau yang sudah ada untuk menggunakan produk atau layanan perusahaan.

13. Bisnis Produk Thrifting

Ide bisnis kekinian ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang baru memulai bisnis. Tanpa modal besar, Anda bisa meraup keuntungan besar.

Dalam bisnis ini, Anda bisa menjual berbagai produk mulai dari pakaian, sepatu, buku, hingga tas yang masih layak pakai. Produk dengan kondisi baik yang dijual dengan harga miring, tentunya menjadi solusi remaja masa kini yang cukup impulsif dalam berbelanja.

Baca juga: 15+ Contoh Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan Tahun 2023

Sebelumnya, kita sudah mengetahui 13 peluang usaha online yang menjanjikan. Berikutnya, akan dibahas persiapan menjalankan bisnis online agar menguntungkan.

Persiapan Menjalankan Bisnis Online agar Menguntungkan

persiapan menjalankan bisnis online agar menguntungkan

Setelah menentukan usaha online yang menguntungkan, diperlukan persiapan menjalankan bisnis online. Di bawah ini langkah persiapan yang dapat Anda jadikan panduan memulai bisnis online.

1. Modal Menjalankan Bisnis Online

Salah satu hal terpenting yang perlu dipersiapkan sebelum memulai suatu bisnis online adalah modal. Modal dibutuhkan untuk memproses dan membeli semua keperluan bisnis, seperti bahan baku, peralatan, pemasaran, dan lain sebagainya.

2. Business Plan

Selanjutnya, Anda perlu membuat business plan sederhana untuk merencanakan bisnis secara efektif. Beberapa faktor yang direncanakan adalah deskripsi bisnis, analisis pasar dan kompetitor, produk atau jasa, rencana pemasaran hingga rencana keuangan.

Dengan membuat business plan sederhana, Anda bisa merancang rencana bisnis online lebih terarah.

Baca juga: Praktis! 7 Kiat Belajar Bisnis Online dari Nol Tahun 2023

3. Daftar Supplier

Menentukan supplier juga tidak kalah penting untuk persiapan bisnis Anda. Butuh ketelitian ekstra untuk menentukan supplier yang cocok sesuai kebutuhan bisnis. 

Peranan supplier dalam bisnis sangatlah penting mengingat produksi bisa terhambat karena tidak terpenuhinya bahan baku. Oleh karena itu, Anda perlu membuat daftar supplier potensial dengan memperhatikan profesionalisme, kualitas, hingga kemampuan supplier tersebut.

4. Aset Usaha Online

Aset menjadi aspek besar dalam menjalankan jualan online yang menjanjikan. Yang termasuk dalam aset usaha online adalah gambar, video, media sosial, hingga toko online.

Membangun aset usaha online tidaklah mudah. Anda perlu mengoptimalkan dengan baik untuk mendatangkan keuntungan besar dalam jangka waktu panjang. Selain itu, manajemen aset juga diperlukan untuk menjaga nilai dan performa aset tersebut.

5. Rancangan Strategi Pemasaran

Dalam memasarkan produk online atau offline, strategi pemasaran tetaplah penting. Mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat tentu akan berdampak pada perkembangan bisnis.

Dalam memaksimalkan strategi pemasaran, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform digital, seperti website, media sosial, dan marketplace. Anda juga bisa memakai online advertising dengan biaya lebih murah, namun menjangkau lebih banyak audiens.

Baca juga: 10 Poin Kelebihan dan Kekurangan Marketplace, Apa Saja?

Berikutnya, kita akan membahas mengenai tips & strategi agar bisnis online Anda makin menjanjikan.

Tips & Strategi agar Bisnis Online Makin Menjanjikan

tips dan strategi bisnis online yang menjanjikan

Saat menjalankan bisnis tentunya Anda akan dihadapkan dengan berbagai hambatan dan tantangan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips dan strategi agar bisnis online makin menjanjikan. Simak di bawah ini ya!

1. Identifikasi Pasar, Audiens yang Ditarget, dan Kompetitor

Ketika menjalankan bisnis online, Anda harus menentukan produk apa yang dibutuhkan pasar. Menjual produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar, akan menjadi peluang Anda memenangkan persaingan di pasar bisnis online.

Selain itu, menentukan target audiens juga diperlukan untuk kesuksesan bisnis Anda. Dengan mengetahui audiens, Anda bisa menentukan produk, layanan, hingga strategi pemasaran apa yang cocok untuk mereka.

Di pasar bisnis online, nantinya Anda akan bertemu dengan banyak kompetitor. Identifikasi kompetitor perlu dilakukan agar Anda bisa mengantisipasi pergerakan mereka yang bisa menghambat perkembangan bisnis.

2. Perhatikan Tren dan Peluang Terkini

Anda bisa memanfaatkan tren dan peluang terkini untuk memulai bisnis online. Dengan riset melalui media sosial, seperti Instagram, TikTok, atau Twitter untuk Anda bisa mengetahui tren yang sedang berlangsung. 

Konsumen akan menuntun pebisnis untuk menghadirkan produk terbaru mengikuti tren yang ada. Dan Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menciptakan produk sesuai keinginan konsumen, agar mereka tertarik membeli produk Anda.

3. Maksimalkan Kehadiran Media Sosial

Pesatnya perkembangan teknologi internet juga berpengaruh dalam dunia bisnis. Hadirnya berbagai platform digital, seperti media sosial menjadi cara paling mudah mempromosikan produk. 

Jika sebelumnya kita menyebarkan informasi melalui media cetak, dengan media sosial Anda bisa melakukannya dengan lebih cepat dan efektif. Memaksimalkan media sosial sebagai strategi pemasaran akan meningkatkan visibilitas dan memperluas jaringan pasar bisnis Anda.

Baca juga: Bahas Media Promosi Mulai dari Pengertian Hingga Fungsinya!

4. Kumpulkan Feedback dan Testimoni Pelanggan

Untuk menciptakan bisnis online terpercaya dan terbukti, Anda dapat mengumpulkan feedback dan testimoni pelanggan. 

Feedback dan testimoni tersebut tidak hanya sebagai gambaran untuk mengukur kualitas dan kepuasan pelanggan. Namun, juga berfungsi sebagai alat untuk mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan terhadap produk Anda.

5. Evaluasi Bisnis Online secara Rutin

Sebagai pebisnis, penting melakukan evaluasi bisnis online secara rutin. Evaluasi bisnis dilakukan untuk membandingkan rencana dengan hasil yang telah dicapai dalam kurun waktu tertentu. 

Hal ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana harapan dan kepuasan pelanggan. Selain itu, penting juga mengetahui apa saja yang perlu ditingkat pada bisnis Anda.

Baca juga: 9 Strategi Membangun Keunggulan Produk Bisnis yang Efektif

Pertanyaan Seputar Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan bisnis online yang menjanjikan. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait bisnis online yang menjanjikan.

1. Bisnis Online Apa yang Cocok untuk Pemula?

Ada beberapa ide bisnis online yang bisa Anda coba jika ingin terjun dalam dunia bisnis, seperti toko online, dropshipper, makanan online, content creator, affiliate marketing, dan masih banyak lagi.

2. Jualan Apa yang Paling Laku dan Menjanjikan Saat Ini?

Di tengah ramainya bisnis online di pasar, berikut ini jenis-jenis jualan yang paling laku dan menjanjikan:

  • Produk Perawatan dan Kecantikan
  • Furniture Rumah
  • Produk Kesehatan
  • Produk Makanan dan Minuman
  • Gadget
  • Produk Pakaian
  • Peralatan Olahraga

Itu tadi beberapa jenis jualan yang paling laku dan menjanjikan yang bisa Anda coba.

3. Usaha Apa yang Paling Cepat Berkembang?

Kini dengan bantuan berbagai platform digital, pebisnis semakin mudah menjalankan bisnisnya. Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha yang paling cepat berkembang:

  • Ciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan
  • Menjalankan Kursus Online
  • Membuka Rental Mobil
  • Jasa Wedding Organizer
  • Bisnis Franchise atau Waralaba

Itu tadi beberapa jenis usaha yang paling cepat berkembang.

4. Apa Kelemahan atau Kekurangan dari Bisnis Online

Tidak hanya memiliki kelebihan, bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dari bisnis online adalah kompetisi bisnis online yang ketat, besarnya resiko penipuan, hingga butuh usaha membangun kepercayaan konsumen.

Penutup

Nah, itulah 13 bisnis online yang menjanjikan dan bisa Anda coba. Dengan perkembangan digital yang pesat, ada banyak peluang bisnis online menguntungkan yang bisa menghasilkan profit besar bagi Anda.

Jika Anda masih bingung memilih atau mengembangkan bisnis online yang menguntungkan, Layanan Training Sasana Digital bisa jadi solusinya. Hilangkan kebingungan Anda dengan klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya dan coba konsultasi gratis bersama kami!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?