Blog ›

KOL Specialist: Ketahui Peran Mereka dalam Dunia Marketing

I

KOL Specialist atau Key Opinion Leader Specialist adalah salah satu profesi yang sedang naik daun di era digital saat ini.

Namun, menjadi seorang KOL Specialist bukanlah perkara mudah. Dalam dunia digital yang semakin kompetitif, menjadi seorang KOL Specialist membutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup untuk bisa bersaing dengan para KOL lainnya.

KOL Specialist harus mampu membangun personal branding yang kuat, memahami tren dan kebutuhan pasar, serta bisa menghasilkan konten-konten yang menarik dan menghibur untuk menarik perhatian para pengikutnya.

Oleh karena itu, artikel Sasana Digital kali ini akan membahas secara lebih mendalam mengenai KOL Specialist dan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang KOL yang sukses dalam bisnis.

Mengenal Apa Itu KOL Specialist

Apa itu KOL Specialist? KOL Specialist adalah profesi yang memiliki tanggung jawab untuk membangun hubungan dengan KOL (Key Opinion Leader) untuk menjalankan strategi media sosial dan kampanye yang kreatif.

KOL akan melakukan koordinasi untuk memastikan kampanye promosi berjalan sesuai tujuan yang dicapai. KOL memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku konsumen dan dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau layanan.

KOL juga dapat membantu meningkatkan brand awareness dan brand image suatu brand melalui kegiatan endorsement atau promosi di media sosial.

Baca juga: Paid Promote vs Endorse, Berikut 4 Poin Perbedaannya!

Sedangkan, KOL Management merupakan metode perusahaan untuk mengelola para KOL Specialist yang tergabung dalam manajemen perusahaan.

Tujuan utamanya adalah untuk membantu KOL Specialist menjadi agen pemasaran yang efektif bagi perusahaan, sehingga pesan promosi dapat tersampaikan dengan baik kepada target market yang ditetapkan, terutama kepada para pengikut KOL tersebut.

Setelah Anda mengetahui apa itu KOL Specialist, di bagian selanjutnya, akan dibahas mengenai tugas dan tanggung jawab menjadi seorang KOL Specialist.

Baca Juga: 10+ Tugas Digital Marketer dan Gajinya di 2023. Tertarik?

Apa Saja yang Menjadi Tugas dan Tanggung Jawab Seorang KOL Specialist?

Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang KOL Specialist

Dilansir dari Green House, berikut di bawah ini merupakan tugas dan tanggung jawab seorang KOL Specialist, antara lain:

  • Menegosiasikan biaya untuk jasa KOL secara tepat dengan memastikan kesepakatan yang saling menguntungkan
  • Terlibat dalam ideation untuk kampanye pemasaran sambil memperoleh dan mengelola KOL atau influencer
  • Mengelola komunikasi dan bangun hubungan yang baik dengan media, KOL, dan agensi pihak ketiga untuk kolaborasi bersama dalam kampanye
  • Menjangkau dan membangun jaringan KOL untuk berbagai kategori produk di media sosial
  • Menerapkan kampanye engagement dengan berkoordinasi bersama KOL terkait persyaratan, timeline, dan hasil kerja mereka
  • Berkolaborasi dengan anggota tim yang lain untuk memulai dan melaksanakan kampanye promosi produk
  • Memilih, menangani, mengatur pertemuan, dan mengingatkan pada setiap Account Executive untuk menjalankan kampanye pemasaran
  • Menganalisis dan memantau kinerja KOL

Setelah membahas tugas dan tanggung jawab dari seorang KOL Specialist, Anda juga harus memperhatikan skill yang dibutuhkan. Berikut daftar hard skill dan soft skill yang dibutuhkan jika Anda tertarik menjadi seorang KOL Specialist:

Hard Skill

Jenis kemampuan ini diperlukan untuk membantu kinerja mereka saat mengelola kampanye dan kebutuhan KOL.

Umumnya, seorang KOL dituntut untuk memiliki planning skill serta pengetahuan akan dunia marketing dan media sosial.

Soft Skill

Setelah membahas mengenai hard skill yang harus dimiliki oleh seorang KOL, Anda juga harus memiliki soft skill sebagai pendukung profesi ini.

Soft skill yang harus dimiliki seorang KOL adalah kemampuan presentasi, komunikasi, dan juga problem solving.

Ketiga jenis soft skill tersebut dinilai paling sesuai dengan tugas keseharian dari seorang KOL yang dituntut untuk mampu berinteraksi dengan banyak pihak.

KOL Specialist vs Influencer: Profesi yang Sama atau Beda?

Penting untuk memahami perbedaan antara KOL Specialist dengan Influencer, di mana KOL cenderung melakukan komunikasi satu arah sedangkan Influencer melakukan hal yang sebaliknya.

Seorang KOL Specialist bahkan mungkin meminta asistennya untuk menanggapi suatu opini atau pertanyaan, berbeda dengan seorang Influencer yang terlihat lebih dekat dengan pengikutnya karena interaksi langsung.

Bagi KOL Specialist, jumlah followers tidak menjadi fokus utama karena mereka dinilai dari keahlian dan pemahaman mereka dalam suatu topik. Semakin valid pendapat yang diungkapkan, maka semakin terkenal pula seseorang sebagai KOL Specialist.

Sementara itu, bagi Influencer, jumlah followers merupakan hal penting dalam mengukur keberhasilan mereka.

Dengan audiens khusus mereka, Influencer memiliki komunitas pengikut sendiri yang menuntut mereka untuk terus menghasilkan konten berkualitas guna meningkatkan popularitas dan memperluas jangkauan pesan yang disampaikan.

Namun, untuk perbedaan lebih jelasnya, Anda dapat melihat dari penjelasan di bawah ini:

1. Influencer Membutuhkan Media Sosial Sementara KOL Specialist Tidak Selalu Membutuhkan Media Sosial

Maksudnya adalah seorang Influencer sangat memerlukan media sosial untuk mengembangkan keahliannya dan meningkatkan jumlah pengikutnya.

Sementara KOL tidak terlalu bergantung pada media sosial dalam membangun jaringan audiens mereka dan meningkatkan penjualan.

Bagi KOL, media sosial hanyalah dianggap sebagai salah satu saluran untuk memperoleh lebih banyak audiens dan mempromosikan produk atau layanan.

KOL tetap dianggap sebagai sosok yang dihormati dan memiliki otoritas di bidangnya, bahkan tanpa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi.

Baca juga: 5 Fungsi Media Sosial dan Prediksinya Pada Bisnis 2023

2. Saat Menggunakan Media Sosial, KOL Specialist Hanya Berkomunikasi Satu Arah Sedangkan Influencer Berkomunikasi Dua Arah

Komunikasi KOL cenderung bersifat satu arah di mana mereka jarang merespon pertanyaan atau saran dari audiensnya. Biasanya, tanggapan diberikan oleh asisten pribadi atau manajer media sosialnya.

Di sisi lain, Influencer menggunakan pola komunikasi dua arah, terutama untuk jenis micro Influencer, di mana mereka harus aktif terlibat dengan audiens.

3. Konten yang Dibuat Oleh KOL Specialist Tidak Didasarkan Pada Konten yang Viral

Seorang Influencer mengandalkan konten yang viral untuk menambah jumlah pengikutnya, sedangkan seorang KOL berfokus pada produk dan layanan yang relevan dengan bidang dan keahliannya.

Suatu brand bekerja sama dengan Influencer untuk mendapatkan akses ke pengikut mereka, sementara perusahaan membutuhkan KOL untuk mendukung produk atau layanan dengan kredibilitasnya.

Meskipun KOL dapat menjadi seorang Influencer karena pengaruhnya yang besar, sebaliknya seorang Influencer belum tentu dapat menjadi seorang KOL.

Baca juga: Content Marketing: Pengertian, 29 Tipe, dan Trennya di 2023

Bagaimana Cara Memilih KOL Specialist Untuk Strategi Marketing yang Efektif?

Bagaimana cara memilih KOL Specialist untuk strategi marketing yang efektif

Kegunaan KOL menjadi sangat penting ketika suatu brand ingin mengubah persepsi masyarakat.

Strategi marketing KOL umumnya bertujuan untuk branding, bukan penjualan. Jika melakukan pemasaran bersama KOL berhasil meningkatkan penjualan, hal tersebut dianggap sebagai sebuah bonus.

Namun, brand tetap harus berhati-hati dalam memilih KOL karena sertifikasi keahlian bukanlah satu-satunya pertimbangan.

Agar pemasaran bersama KOL efektif, pastikan seorang KOL dipilih berdasarkan beberapa faktor, seperti otoritas, popularitas, karakter, kepribadian, keterampilan komunikasi yang baik, sosok panutan, berkharisma, dan kesesuaian dengan brand.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat menemukan KOL yang cocok dan memberikan dampak positif pada bisnis. Oleh karena itu, pastikan memilih KOL yang sesuai dengan bisnis Anda.

Selain itu, perlu dipilih KOL yang berpengalaman dalam bidang tertentu karena semakin lama KOL tersebut berkecimpung dalam bidang tersebut, maka akan semakin profesional.

Bagaimana Cara Kerja KOL Specialist

Cara kerja KOL Specialist dimulai dengan melakukan riset untuk menemukan KOL yang tepat untuk merek atau produk yang sedang dipromosikan. Setelah itu, akan menghubungi KOL tersebut dan menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Dalam kerja sama ini, KOL akan diundang untuk mencoba produk atau merek, memberikan ulasan, merekomendasikan kepada pengikut mereka, atau melakukan promosi dalam berbagai media sosial.

KOL juga bertanggung jawab untuk mengukur hasil kerja sama dengan para KOL tersebut, seperti berapa banyak eksposur merek atau produk yang diperoleh, seberapa besar pertumbuhan audiens, dan seberapa efektif promosi yang dilakukan.

Dengan cara ini, KOL dapat memberikan laporan yang akurat dan berguna kepada klien mengenai keberhasilan kampanye promosi menggunakan KOL.

Berapa Penghasilan Seorang KOL Specialist di Indonesia?

Menurut hasil riset yang dilansir dari Glassdoor, sebuah situs web yang menyediakan informasi tentang perusahaan, termasuk review dari karyawan dan mantan karyawan, informasi gaji, dan wawancara dengan pekerja dari perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Penghasilan seorang KOL Specialist khususnya di Indonesia adalah sekitar 12 juta per bulan. Nominal ini berdasarkan keseluruhan lamanya tahun bekerja dan dari seluruh industri yang ada di Indonesia.

Baca juga: Mudah! 10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Tips Menjadi Seorang KOL Specialist bagi Pemula

Tips menjadi seorang KOL Specialist bagi pemula

Setelah Anda mengetahui tentang KOL, mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, skill yang dibutuhkan, hingga penghasilannya.

Jika Anda tertarik mengenai KOL lebih jauh dan mungkin berkeinginan untuk memulai profesi sebagai seorang KOL Specialist, berikut tips yang dapat Anda terapkan:

1. Tingkatkan Kemampuan dan Pengetahuan

Untuk memperkuat peran sebagai KOL, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang platform media sosial, marketing, dan komunikasi.

Agar mendapatkan pemahaman yang cukup, Anda bisa mulai dengan mengikuti kursus atau menempuh pendidikan di jurusan seperti marketing, public relation, ilmu komunikasi, atau bidang terkait lainnya.

Selain itu, penting juga untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu membangun hubungan yang harmonis dengan Influencer dan klien agar dapat mencapai tujuan bersama.

2. Dapatkan Pengalaman Pertama Anda

Sebaiknya Anda mencoba melaksanakan program magang atau bekerja di perusahaan marketing atau public relation untuk memperoleh pengalaman langsung dalam bekerja mengatur kampanye media sosial.

Selain itu, Anda juga dapat menjadi sukarelawan di organisasi atau industri yang Anda minati dan berusaha membangun jaringan dengan anggota komunitas.

3. Bangun Personal Branding Anda

Sebagai seorang KOL, peran Anda adalah mewakili klien dan brand yang Anda kerjakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki akun media sosial yang profesional dan mencerminkan nilai dan keahlian Anda.

Pastikan Anda sering memperbarui profil media sosial dan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki.

4. Bangun Networking yang Luas

Untuk mencapai kesuksesan sebagai KOL, sangatlah penting untuk membangun hubungan yang baik dengan Influencer, klien, dan para profesional di industri yang terkait.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menghadiri acara-acara industri, bergabung dengan organisasi profesional, dan menjalin koneksi melalui media sosial.

Dengan cara ini, kamu dapat meningkatkan jangkauan dan kredibilitas Anda sebagai seorang KOL.

5. Bersikap Proaktif dan Up To Date

Perkembangan media sosial dan Influencer marketing terus berlangsung.

Untuk mencapai kesuksesan sebagai KOL, penting untuk memperlihatkan sikap proaktif dalam mencari peluang baru dan mengikuti tren industri dan praktik terbaik.

Meski karir di bidang ini bisa menjadi tantangan, namun dengan dedikasi, kerja keras, serta pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, maka Anda dapat mencapai kesuksesan di dalam industri yang sedang berkembang pesat ini.

Pertanyaan Seputar KOL Specialist

Ada beberapa pertanyaan menarik yang berkaitan dengan KOL Specialist. Di bawah ini tersedia beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran Anda terkait KOL Specialist.

1. Apa Itu KOL Specialist?

KOL specialist adalah seorang profesional yang bertugas untuk mengelola kinerja para KOL. Profesi ini mengajak kerja sama para influencer yang telah ditetapkan oleh tim dan memastikan mereka bekerja sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

2. Apakah KOL dan Influencer Itu Sama?

Seorang KOL biasanya berprofesi sebagai seorang profesional di bidang tertentu, di mana profesi tersebut merupakan pekerjaan sehari-hari. Sedangkan influencer, mereka membangun citra diri dari internet sebagai orang terkenal. Namun belum tentu mereka menggeluti profesi khusus sebelumnya.

3. Bagaimana Cara Kerja KOL Specialist?

Secara sederhana, cara kerja KOL Specialist dimulai dengan melakukan riset untuk menemukan KOL yang tepat dengan produk atau layanan brand. Setelah itu,mereka akan menghubungi KOL tersebut dan menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Nantinya, KOL akan diundang untuk mencoba produk atau merek, memberikan ulasan, hingga mempromosikan ke berbagai media sosial.

4. Berapa Gaji KOL Specialist?

Dikutip dari Glasdoor, seorang KOL Specialist khususnya di Indonesia mendapat penghasilan sekitar 12 juta per bulan. Nominal ini berdasarkan berapa lama bekerja dan dari seluruh industri yang ada di Indonesia.

Penutup

Kemampuan KOL dalam membangun hubungan dengan Influencer, klien, dan profesional industri, serta memanfaatkan media sosial dan teknologi yang ada, sangat dibutuhkan dalam menjalankan strategi marketing yang efektif.

Semoga artikel ini dapat memberikan pandangan yang lebih jelas untuk Anda mengenai peran dan tanggung jawab seorang KOL dalam dunia bisnis saat ini.

Jika Anda membutuhkan bantuan seperti layanan konsultasi untuk menerapkan strategi marketing yang efektif dalam menggunakan KOL, tim Sasana Digital siap membantu Anda.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?