Blog ›

10 Digital Marketing Tools untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

I

Dalam era digital saat ini, Digital Marketing tools menjadi sangat penting bagi bisnis yang ingin tumbuh dan berkembang. Dengan banyaknya pilihan tools yang tersedia, bisnis dapat memilih tools yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Namun, sebelum memilih dan mengimplementasikan tools, penting bagi bisnis untuk memahami tujuan dan strategi Digital Marketing mereka. Tanpa pemahaman yang baik, bisnis mungkin akan kesulitan dalam mengoptimalkan penggunaan tools dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Dalam artikel Sasana Digital kali ini, akan dibahas mengenai pentingnya menggunakan Digital Marketing tools untuk bisnis Anda dan rekomendasi Marketing tools perusahaan yang wajib Anda ketahui dan gunakan untuk memaksimalkan hasil dari aktivitas Digital Marketing bisnis Anda.

Apa Itu Digital Marketing Tools?

Marketing Tools atau Digital Marketing Tools merupakan kumpulan berbagai elemen penting dalam dunia bisnis yang digunakan oleh perusahaan.

Digital Marketing tools ini digunakan untuk merancang dan menjalankan kampanye pemasaran yang sukses guna mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Manfaat dari penggunaan tools untuk digital marketing sangatlah besar dalam mencapai berbagai tujuan bisnis.

Dalam hal ini, Digital Marketing tools dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, menambah jumlah prospek, meningkatkan penjualan, dan membantu perusahaan dalam memperoleh data-data penting mengenai pasar dan pelanggan mereka.

Informasi yang diperoleh dapat diolah dan dikelola secara otomatis dengan menerapkan Marketing tools yang tepat. Dalam mengimplementasikan Marketing tools, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan penggunaannya.

Penggunaan Marketing tools yang tepat dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih cepat dan efisien.

Oleh karena itu, pemahaman yang tepat mengenai Marketing tools akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja bisnis.

Marketing tools atau alat pemasaran dapat diartikan sebagai berbagai metode, proses, strategi, sumber daya, teknologi, dan bahan yang digunakan oleh perusahaan dan profesional pemasaran untuk membangun dan menerapkan kampanye pemasaran yang sukses untuk produk dan jasa.

Setiap jenis Marketing tools memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, sehingga penting untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Terdapat empat elemen penting yang disebut sebagai 4P dalam pemasaran, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).

Kombinasi dari empat elemen tersebut akan membentuk strategi pemasaran yang sukses. Teknik pemasaran dan penggunaan Marketing tools menjadi komponen penting dalam strategi yang membantu kegiatan promosi, pengoptimalan strategi konten, dan brand awareness akan produk Anda.

Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut, para ahli bidang pemasaran biasanya menggunakan berbagai jenis Marketing tools sebagai bagian dari strategi pemasaran perusahaan.

Baca juga: Simak 12 Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui definisi apa itu alat pemasaran, kini simak penjelasan selengkapnya mengenai mengapa Digital Marketing tools itu penting khususnya bagi bisnis Anda.

Mengapa Digital Marketing Tools Itu Penting bagi Bisnis?

Digital Marketing tools memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan bisnis.

Dengan menggunakan Digital Marketing tools, Anda dapat menginformasikan produk dan jasa kepada publik sehingga dapat membangun kesadaran pasar yang akhirnya memberikan keuntungan pada bisnis dalam jangka panjang.

Lebih dari itu, Digital Marketing tools dapat membantu mengingatkan pelanggan untuk melanjutkan transaksi atau bahkan memperkenalkan produk baru yang ada pada bisnis.

Salah satu contoh dari penggunaan Digital Marketing tools adalah melalui email marketing, yang mana dapat digunakan untuk menghubungi pelanggan setelah mereka melakukan pembelian pertama.

Dengan begitu, Anda dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dan membuat mereka tetap terhubung dengan bisnis Anda.

Selain itu, Marketing tools juga dapat membantumu dalam mengevaluasi strategi pemasaran.

Dengan mengumpulkan tanggapan pelanggan terhadap kampanye pemasaran, Anda dapat mengevaluasi kembali apakah strategi pemasaran sudah berhasil atau belum.

Dalam hal ini, arti penting dari penggunaan Marketing tools adalah untuk membantu bisnis dan strategi pemasaran Anda untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis Anda untuk memilih Marketing tools yang tepat dan efektif agar kampanye pemasaran dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Digital Marketing Penting untuk Bisnis UKM

10 Rekomendasi Jenis-jenis Digital Marketing Tools

Saat ini, Digital Marketing menjadi keharusan bagi bisnis yang ingin berkembang.

Dalam menjalankan Digital Marketing, penting bagi bisnis untuk memiliki alat pemasaran yang memudahkan dan membantu dalam melaksanakan strategi Digital Marketing.

Alat pemasaran tersebut tidak terbatas pada platform iklan saja, tetapi juga mencakup tools yang digunakan untuk riset dan analitik.

Kehadiran website dan media sosial adalah contoh sederhana dari aktivitas Digital Marketing.

Melalui website, bisnis dapat membangun brand awareness dan meningkatkan kredibilitas di dunia digital.

Sedangkan melalui media sosial, bisnis dapat terhubung langsung dengan pelanggan dan mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun, untuk memaksimalkan hasil dari Digital Marketing, bisnis juga perlu memanfaatkan berbagai Digital Marketing tools yang tersedia.

Berikut beberapa contoh alat pemasaran yang penting untuk membantu perkembangan bisnis Anda.

1. Classified Ads

Jenis Marketing tools ini dapat membantu bisnis Anda untuk memperoleh calon pelanggan (leads).

Dalam hal ini, leads merujuk pada calon pelanggan yang tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Classified ads adalah salah satu jenis Marketing tools yang dapat membantu Anda dalam menarik perhatian pelanggan potensial.

Alat pemasaran ini dapat mengarahkan orang ke situs web atau halaman web tertentu, dan juga dapat menarik orang yang sedang mencari informasi lebih lanjut.

Jika Anda belum mengetahui, classified ads mirip dengan iklan baris pada media cetak. Namun, classified ads dibuat dan dipublikasikan untuk keperluan situs web.

Banyak brand yang menggunakan Marketing tools ini untuk meningkatkan penjualan, karena biaya iklan seperti ini jauh lebih murah daripada menggunakan media cetak.

Selain itu, classified ads juga dapat menjangkau target audiens yang tepat dengan memfokuskan pada demografi wilayah tertentu.

2. Media Sosial

jenis digital marketing tools - 2

Dalam pemasaran digital, media sosial merupakan salah satu alat pemasaran yang penting untuk mencapai target pasar.

Dengan menggunakan media sosial, bisnis dapat membangun hubungan yang kuat secara online dengan calon konsumennya.

Setiap platform media sosial memiliki audiens yang berbeda-beda tergantung pada karakteristik dan demografi mereka. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan platform media sosial tertentu, penting untuk mempelajari karakteristik dan demografi audiens pada platform tersebut.

Dengan mempelajari karakteristik dan demografi audiens, bisnis dapat memilih satu atau beberapa platform yang paling sesuai untuk fokus dalam kampanye pemasarannya. Hal ini akan membantu bisnis untuk mencapai target pasar dengan lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 11 Tips Digital Marketing Ini Ampuh Membantu Strategi Bisnis

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu Marketing tools yang digunakan sebagai teknik pengoptimalan konten pada situs web untuk meningkatkan peringkat pada halaman hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Result Page / SERP).

Berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang lebih menekankan pada penggunaan iklan berbayar, SEO memfokuskan pada upaya pengoptimalan konten agar mendapatkan peringkat hasil pencarian secara organik.

Semakin tinggi peringkat situs web bisnis Anda pada algoritma mesin pencari, semakin besar peluang untuk muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Dengan muncul di halaman pertama mesin pencari, peluang untuk produk Anda dikenal oleh lebih banyak orang juga semakin besar.

4. Survei Pasar

jenis digital marketing tools - 4

Marketing tools yang dimaksud adalah survei, yang sangat berguna dalam menentukan karakteristik produk yang akan dibuat atau apakah perlu dilakukan perbaikan atau pengembangan produk yang sudah ada.

Survei juga sangat berguna dalam memahami pandangan dan preferensi pelanggan mengenai produk, serta membantu dalam mempelajari pandangan dan preferensi pelanggan terhadap produk kompetitor.

Jenis survei dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari tatap muka, melalui telepon, hingga online.

5. Program Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan merujuk pada kemungkinan pelanggan yang sudah ada akan kembali untuk bertransaksi lagi.

Hal ini berbeda dengan loyalitas merek yang mencakup seberapa kuat pelanggan terikat dengan merek tersebut.

Dengan menjalankan program loyalitas pelanggan, bisnis dapat mempertahankan pelanggan yang ada dan mendorong mereka untuk terus bertransaksi dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Program ini dapat mencakup diskon untuk pembelian berikutnya atau insentif lainnya untuk memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan.

Mempertahankan pelanggan yang sudah ada melalui program loyalitas pelanggan jauh lebih efektif dan ekonomis dibandingkan dengan mencoba menarik pelanggan baru.

Menurut Market Business News, biaya untuk mendapatkan pelanggan baru bisa mencapai tujuh kali lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

6. Google Analytics

jenis digital marketing tools - 6

Google Analytics merupakan salah satu Digital Marketing tools yang dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Dengan Google Analytics, Anda dapat mengakses beragam laporan terkait website Anda, seperti jumlah kunjungan dalam kurun waktu tertentu, bounce rate, pendapatan, konversi, produk terlaris, serta perangkat yang digunakan saat mengakses situs.

Untuk menggunakan Google Analytics, Anda hanya perlu membuat akun Google dan menghubungkan channel kampanye bisnis Anda ke dalam platform ini. Dari search engine Google hingga email marketing, semuanya dapat dilacak melalui Google Analytics.

Selain itu, Google Analytics juga dapat dihubungkan dengan Google Ads. Dengan begitu, iklan online yang Anda buat dapat dipantau dari satu dashboard.

Anda dapat mengetahui jumlah leads yang dihasilkan, kualitas landing page, dan jumlah penjualan yang terjadi.

Dengan informasi ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja kampanye bisnis Anda secara keseluruhan.

7. Google Ads

Google Ads merupakan produk Google yang penting untuk masuk ke dalam daftar Digital Marketing tools terbaik.

Sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, Google Ads menawarkan jasa pemasangan iklan tidak hanya di Google, tetapi juga di website dan aplikasi mobile.

Berbagai jenis iklan dapat disebarluaskan melalui Google Ads, termasuk iklan video dan iklan produk. Cara kerja dari alat ini biasanya berdasarkan cookie dan kata kunci yang dipilih dan ditawar oleh pengiklan.

8. Canva

jenis digital marketing tools - 8

Canva memang menjadi salah satu Digital Marketing tools terbaik yang sangat membantu dalam proses desain visual.

Selain menyediakan berbagai template dan elemen desain, Canva juga memiliki fitur kolaborasi yang memudahkan tim dalam bekerja bersama-sama dalam satu proyek desain.

Canva juga menyediakan fitur untuk membuat animasi, video, dan desain untuk keperluan cetak seperti brosur atau undangan.

Dengan menggunakan Canva, Anda bisa membuat berbagai jenis konten visual untuk kebutuhan pemasaran dengan mudah dan efisien.

Baca juga: Digital Marketing Plan: Langkah Tepat Optimalkan Pemasaran

9. Unsplash

Menggunakan gambar atau foto sebagai representasi bisnis atau jualan memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, terdapat risiko pelanggaran hak cipta yang bisa menimbulkan masalah hukum.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan gambar dan foto dari situs yang menyediakan kumpulan gambar atau foto gratis dan bebas dari hak cipta.

Salah satu situs yang menyediakan gambar dan foto gratis tersebut adalah Unsplash. Situs ini menyediakan banyak kategori gambar dan foto seperti Wallpapers, 3D Renders, dan Textures & Patterns.

Unsplash memperbolehkan penggunaannya baik secara komersil maupun non-komersil. Meskipun demikian, pengguna tetap dilarang untuk memperjualbelikan foto atau gambar tersebut.

Sebagai pengguna gambar dan foto dari situs seperti Unsplash, Anda juga disarankan untuk memperhatikan lisensi dan hak cipta dari gambar atau foto yang Anda gunakan.

Pastikan bahwa gambar atau foto tersebut benar-benar bebas dari hak cipta dan dapat digunakan dengan aman sehingga tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

10. Mailchimp

jenis digital marketing tools - 10

Pertumbuhan media sosial yang pesat seringkali membuat orang memilih untuk fokus pada strategi pemasaran di platform ini.

MailChimp adalah salah satu aplikasi Digital Marketing yang dapat membantu Anda mengakuisisi pelanggan melalui email dengan mudah dan terpercaya.

Dengan MailChimp, Anda dapat mengirimkan ribuan email dalam satu waktu dengan membuat daftar kontak (leads) dan mengirimkan email atau newsletter yang dipersonalisasikan.

MailChimp juga terintegrasi dengan Google Analytics sehingga Anda dapat melacak keberhasilan kampanye pemasaran yang dilakukan.

Dengan melihat data, Anda dapat mengetahui apakah email yang dikirimkan berhasil mendatangkan lebih banyak pelanggan baru atau menarik orang untuk mengklik website Anda, dan lain sebagainya.

Dengan MailChimp, Anda bisa lebih mudah dan efisien dalam melakukan kampanye pemasaran melalui email dan Anda juga dapat mengetahui hasilnya dengan lebih jelas dan terukur sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang tepat dan memperbaiki strategi pemasaran agar lebih efektif.

Baca Juga: Panduan Membangun Struktur Organisasi Tim Digital Marketing

Pertanyaan Seputar Digital Marketing Tools

Selanjutnya kita akan membahas beberapa pertanyaan seputar digital marketing tools yang sering diajukan dan memberikan penjelasan yang lebih detail untuk membantu Anda memahami konsep dari digital marketing tools.

1. Kenapa Tools & Aplikasi Digital Marketing Menjadi Penting bagi Bisnis?

Sebab, dengan menggunakan tools dan aplikasi digital marketing Anda akan terbantu untuk mencapai setiap goals bisnis Anda. 

Dengan Digital Marketing tools, Anda dapat menginformasikan produk atau jasa kepada publik sehingga dapat membangun kesadaran pasar yang akhirnya memberikan keuntungan pada bisnis dalam jangka panjang.

2. Apa Saja Contoh Marketing & Digital Marketing Tools?

Contoh Marketing dan Digital Marketing Tools adalah Classified Ads, media sosial, Search Engine Optimization (SEO), survei pasar, hingga mailchimp.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa Digital Marketing tools terbaik yang bisa membantu bisnis Anda meraih kesuksesan di era digital.

Namun, alat pemasaran tersebut hanya sebagian kecil dari banyak opsi yang tersedia di luar sana. Penting bagi bisnis untuk terus mengikuti tren dan teknologi baru untuk memaksimalkan potensi Digital Marketing.

Tetapi perlu diingat, Digital Marketing tools hanya merupakan satu dari banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam strategi pemasaran bisnis. Penting juga untuk terus mempelajari perilaku konsumen dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka.

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam mengembangkan strategi Digital Marketing pada bisnis Anda, jangan ragu untuk melakukan konsultasi. Salah satunya Sasana Digital yang memiliki layanan konsultasi terbaik siap untuk membantu bisnis Anda.

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?