Blog ›

Strategi Membuat Iklan Produk Menarik: 14 Contoh & Tips Praktis

I

Contoh iklan produk yang jitu dan langsung “kena” ke sasaran target, sering kali menjadi titik fokus dalam strategi pemasaran yang efektif. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa iklan produk terkenal dan melakukan studi kasus untuk memahami bagaimana mereka berhasil menarik perhatian, mempengaruhi audiens, dan mencapai tujuan pemasaran mereka. 

Dari iklan televisi yang memukau hingga kampanye digital yang inovatif, setiap contoh menunjukkan kekuatan kreativitas dan strategi yang diterapkan oleh merek-merek terkemuka untuk membedakan diri mereka di pasar yang kompetitif. Anda pun bisa menjadikan ini sebagai inspirasi beriklan untuk produk bisnis Anda. 

Apa Itu Iklan Produk?

Iklan produk adalah salah satu alat pemasaran yang sangat penting bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka kepada target audiens. Melalui iklan produk, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk yang ditawarkan, menarik perhatian mereka, dan mendorong pembelian.

Iklan produk bisa muncul dalam berbagai format, seperti iklan televisi, iklan cetak, iklan digital, dan iklan media sosial. Dalam era digital saat ini, iklan produk yang efektif harus bisa menarik perhatian di tengah lautan informasi yang ada.

Adapun tujuan adanya iklan produk adalah:

  • Meningkatkan Kesadaran Produk (Brand Awareness), yaitu menyampaikan informasi tentang keberadaan produk kepada target audiens yang mungkin belum mengetahuinya.
  • Menarik Perhatian Konsumen (Attention), yaitu membuat iklan yang menarik dan menonjol sehingga konsumen tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan.
  • Membangun Citra Merek (Brand Value), untuk memperkuat identitas merek melalui pesan yang konsisten dan relevan dengan nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh perusahaan.
  • Mendorong Pembelian (Encourage Purchases), yaitu untuk menginspirasi konsumen untuk mencoba dan membeli produk melalui promosi, penawaran khusus, atau penguatan kebutuhan akan produk tersebut.
  • Meningkatkan Penjualan (Increase Sales), yang secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan penjualan produk dengan menjangkau konsumen potensial dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.
  • Kompetisi (Competition), membuat produk terlihat lebih menarik dibandingkan dengan produk pesaing, sehingga konsumen lebih memilih produk yang diiklankan.
  • Memperluas Pasar (Expand Market), yaitu menjangkau audiens baru yang belum pernah dijadikan target sebelumnya, dengan tujuan memperluas pangsa pasar produk.

Baca Juga: 9+ Contoh Iklan Internet untuk Inspirasi Promosi Bisnis!

Jenis-Jenis Iklan Produk

Iklan produk dibagi menjadi dua kategori utama: Iklan Tradisional dan Iklan Online. Berikut penjelasannya:

A. Iklan Tradisional

Berikut ini jenis-jenis platform untuk praktik iklan tradisional:

1. Iklan Televisi

 Memanfaatkan elemen visual dan audio yang kuat untuk menarik perhatian pemirsa.

2. Iklan Cetak

Ditemukan di majalah, koran, atau brosur, menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan pesan.

3. Iklan Luar Ruang

Terdiri dari billboard, spanduk, dan poster di lokasi strategis untuk menarik perhatian orang yang berlalu lalang.

B. Iklan Online

Berikut ini jenis-jenis platform untuk praktik iklan online/digital:

1. Iklan Digital

Iklan digital adalah jenis iklan yang muncul di beberapa platform digital website, media sosial, atau aplikasi dalam bentuk banner, video, atau posting bersponsor. Menawarkan penargetan audiens yang lebih spesifik dan pengukuran efektivitas melalui data analitik.

Dengan memahami kedua kategori ini, perusahaan dapat memilih strategi yang paling sesuai untuk menjangkau target audiens dan mencapai tujuan pemasaran.

Baca Juga: Cara Mudah Menjalankan Iklan di Instagram [Panduan Lengkap]

Tips Membuat Iklan Produk yang Memikat

Berikut ini tips penting dalam membuat iklan produk yang memikat dan sesuai dengan target pasar bisnis Anda:

1. Kenali Target Audiens: 

Mengetahui siapa yang akan melihat iklan Anda adalah langkah pertama untuk membuat iklan yang efektif. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku mereka.

2. Tentukan Tujuan Iklan

Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, menarik pengunjung ke situs web, atau meningkatkan penjualan?

3. Gunakan Visual yang Menarik: 

Gambar atau video yang menarik bisa menarik perhatian lebih cepat dibandingkan teks saja. Visual juga harus relevan dengan produk agar menarik perhatian audiens.

4. Buat Naskah yang Menarik

Naskah yang baik adalah yang bisa menceritakan kisah, menggugah emosi, dan menjelaskan manfaat produk dengan jelas.

5. Sampaikan Pesan dengan Jelas: 

Pesan iklan harus mudah dipahami dan langsung ke intinya. Hindari kalimat yang terlalu panjang dan rumit.

6. Sertakan Call to Action (CTA): 

CTA yang kuat bisa mendorong audiens untuk mengambil tindakan, seperti mengunjungi website atau membeli produk.

7. Optimalkan untuk SEO: 

Gunakan kata kunci yang relevan dan populer untuk meningkatkan visibilitas iklan Anda di mesin pencari.

8. Uji Coba dan Evaluasi

Lakukan A/B testing untuk mengetahui iklan mana yang paling efektif dan lakukan penyesuaian jika diperlukan.

9. Gunakan Platform yang Tepat

Setiap platform memiliki audiens yang berbeda, jadi pastikan iklan Anda muncul di tempat yang tepat.

Baca Juga: Yuk, Kenali Social Media Advertising Beserta Penggunaanya!

Contoh Iklan Produk Minuman dari Brand Ternama

Berikut ini contoh iklan produk minuman dari brand lokal dan luar negeri, sebagai inspirasi untuk penerapan strategi bisnis Anda:

1. Coca-Cola 

contoh iklan produk minuman - coca cola

Iklan Coca-Cola sering kali menampilkan momen kebersamaan yang hangat dan menggugah emosi. Salah satu contohnya adalah iklan “Share a Coke” yang mempersonalisasi botol dengan nama-nama konsumen.

2. Teh Botol Sosro

contoh iklan produk minuman - teh botol sosro

Iklan produk minuman Teh Botol Sosro lebih menekankan pada kesegaran dan keaslian rasa teh asli Indonesia. Sering kali menampilkan adegan keluarga atau teman yang menikmati Teh Botol Sosro bersama, menciptakan suasana hangat dan penuh kebersamaan.

3. Kukubima Ener-G!

contoh iklan produk minuman - kukubima

Contoh iklan produk yang ditampilkan Kukubima Ener-G! menekankan pada peningkatan energi dan stamina. Biasanya menampilkan individu yang aktif dan dinamis, baik dalam olahraga maupun aktivitas sehari-hari, menunjukkan bagaimana minuman ini membantu meningkatkan performa dan vitalitas. Slogannya sering kali menyuarakan semangat dan kekuatan.

Tabel Diskusi (Bedah Contoh Iklan Produk Minuman)

Produk  Jenis Iklan Ciri Khas Iklan Hasil 
Coca-Cola  Sering beriklan di televisi dan platform digital seperti di YouTube. Minuman pendamping momen kebersamaan. Meningkatkan kesadaran merek secara global.
Teh Botol Sosro Salah satu contoh iklan produk minuman yang dominan terlihat di televisi. Teh untuk segala makanan, dengan aroma dan rasa khas. Ekspansi produk secara nasional dan mulai meningkatkan awareness secara global.
Kukubima Ener-G! Dominan terlihat di iklan televisi. Minuman berenergi dengan iklan para atlet. Mempertahankan brand value dan kepercayaan pelanggan sejak dulu.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Produk dalam Negeri, Contoh Sukses & Analisis

Contoh Iklan Produk Makanan dari Brand Ternama

Berikut ini contoh iklan produk makanan yang menggunakan jenis saluran iklan berbeda, sebagai inspirasi untuk penerapan strategi bisnis Anda:

1. Indomie

contoh iklan produk makanan - indomie

Iklan Indomie menekankan kelezatan dan variasi rasa mie instan yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Sering kali menampilkan adegan keluarga atau anak muda yang menikmati berbagai varian Indomie, dengan slogan “Indomie Seleraku” yang menguatkan kesan favorit sepanjang masa.

2. SilverQueen

contoh iklan produk makanan - silverqueen

SilverQueen, contoh iklan produk makanan yang menonjolkan momen-momen spesial dan romantis, sering kali dengan pesan kasih sayang. Misalnya, iklan yang menunjukkan pasangan saling memberikan cokelat SilverQueen sebagai tanda cinta, menciptakan suasana yang manis dan mengesankan.

3. Bittersweet By Najla

contoh iklan produk makanan - bittersweet by najla

Bittersweet By Najla adalah merek kue populer di Indonesia, yang terkenal sebagai slice-cake dalam box dengan berbagai pilihan kue yang lezat dan menarik. Iklan produk ini sering ditemukan di media sosial seperti Instagram dan YouTube, menampilkan kelezatan dan keunikan produknya.

Tabel Diskusi (Bedah Contoh Iklan Produk Makanan)

Produk  Jenis Iklan Ciri Khas Iklan Hasil 
Indomie Iklan produk makanan ini sering tampil di berbagai saluran media, termasuk iklan TV, YouTube, billboard atau banner, radio, dan lainnya. Mie instan lokal yang melegenda di Nusantara, identik dengan berbagai varian rasa. Meningkatkan kesadaran merek dan penjualan secara global.
SilverQueen Dominan terlihat di iklan televisi. Brand coklat lokal melegenda dari Indonesia. Punya citra sebagai coklat lambang “kasih sayang” atau “keromantisan”.
Bittersweet By Najla Dominan terlihat di iklan digital (Instagram, YouTube, dan TikTok). Ini adalah contoh iklan produk simple. Sebagai 

produk kue viral, mereka sering membuat berbagai jenis konten menarik secara konsisten.

Branding sebagai box-cake dengan komposisi yang kaya, seperti coklat lumer, dengan target utama anak muda pengguna media sosial.

Baca Juga: Galeri Iklan Facebook: 3+ Cara Mudah Gunakan Ad Library

Contoh Iklan Produk Kecantikan

Berikut ini contoh iklan produk kecantikan lokal dengan strategi iklan berbeda,  sebagai inspirasi untuk penerapan strategi bisnis Anda:

1. Wardah

contoh iklan produk kecantikan - wardah

Iklan Wardah sering menonjolkan keunggulan produk yang halal, aman, dan cocok untuk semua jenis kulit. Dalam salah satu iklan, ditampilkan wanita-wanita dengan kulit yang bercahaya dan sehat, menggunakan produk Wardah seperti serum atau pelembab. Pesan yang disampaikan adalah “Cantik dari Hati,” mencerminkan kecantikan yang alami dan bersumber dari produk yang terpercaya.

2. Avoskin

contoh iklan produk kecantikan - avoskin

Iklan produk kecantikan Avoskin biasanya fokus pada bahan-bahan alami dan manfaat produk. Salah satu iklan menampilkan seorang wanita yang menggunakan Avoskin Your Skin Bae Serum, dengan visual close-up kulitnya yang tampak lebih cerah dan halus setelah pemakaian. 

Slogan seperti “Nature’s Best for Your Best Skin” digunakan untuk menekankan komitmen merek terhadap bahan alami dan hasil yang nyata.

3. Scarlett Whitening

contoh iklan produk kecantikan - scarlett whitening

Contoh iklan produk dari Scarlett Whitening sering kali menampilkan before-and-after pemakaian produk, seperti lotion atau body scrub. Dalam salah satu iklan, seorang influencer menunjukkan perubahan warna kulitnya setelah menggunakan Scarlett Whitening Lotion, dengan tagline “Whitening is Brightening,” yang menunjukkan keefektifan produk dalam mencerahkan kulit.

4. Somethinc

contoh iklan produk kecantikan - somethinc

Iklan produk kecantikan Somethinc biasanya menunjukkan testimonial dari pengguna atau beauty influencers yang menjelaskan pengalaman mereka menggunakan produk seperti serum atau essence. Iklan ini sering kali menampilkan hasil nyata dengan kulit yang lebih sehat dan glowing, menggunakan slogan “Real Results for Real People.”

Dengan menggunakan platform media sosial dan e-commerce, merek-merek kecantikan ini berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun kepercayaan konsumen melalui iklan yang menarik dan relevan.

Tabel Diskusi (Bedah Contoh Iklan Produk Kecantikan)

Produk  Jenis Iklan Ciri Khas Iklan Hasil 
Wardah Iklan produk kecantikan ini sering kali terlihat di televisi (dominan) dan media sosial.  Salah satu brand kosmetik lokal dan  populer di Indonesia. Dikenal sebagai produk kecantikan halal yang cocok untuk semua jenis kulit wanita Indonesia.
Avoskin Menampilkan iklan produk di media sosial seperti Instagram, TikTok, hingga YouTube. Merek lokal Indonesia yang terkenal dengan produk perawatan kulit berbahan alami dan berkualitas tinggi. Personal branding sebagai kosmetik yang mempertahankan bahan alami dengan komposisi yang sesuai dengan kebutuhan/permasalahan kulit wajah.
Scarlett Whitening Sering menggunakan iklan produk di platform digital (IG, FB, TikTok, YouTube, dan e-commerce). Brand produk kecantikan lokal yang sangat populer di lndonesia, terkenal dengan produk pencerah dan perawatan kulit. Efektivitas atau hasil nyata produk (karena sering menggunakan konten Before-After penggunaan).
Somethinc Awalnya sering menggunakan iklan produk di platform digital (IG, FB, TikTok, YouTube, e-commerce), dan kini terlihat di TV. Merek perawatan kulit yang sering memasarkan produknya melalui media sosial dan e-commerce. Branding sebagai brand kosmetik atau skincare premium dengan hasil aplikasi yang sempurna.

Contoh Iklan Produk Sabun

Berikut ini contoh iklan produk sabun dengan strategi iklan berbeda,  sebagai inspirasi untuk penerapan strategi bisnis Anda:

1. Lifebuoy

contoh iklan produk sabun - lifebuoy

Iklan Lifebuoy biasanya menampilkan situasi sehari-hari di mana keluarga beraktivitas, seperti anak-anak bermain di luar rumah. Iklan tersebut menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy untuk melindungi dari kuman dan menjaga kesehatan. Slogannya seperti “Cegah 10 Penyakit dengan Cuci Tangan Pakai Sabun” menekankan keunggulan produk dalam membunuh kuman dan menjaga kebersihan.

2. Dove

contoh iklan produk sabun - dove

Dove adalah contoh iklan produk sabun yang menampilkan wanita dengan berbagai jenis kulit yang merasakan kelembutan setelah menggunakan sabun Dove. Salah satu iklan menunjukkan seorang wanita yang mencuci wajah dengan Dove Beauty Bar, diikuti dengan visual kulitnya yang tampak lebih halus dan lembap. Slogan seperti “Dove, Merawat Kulit dengan Lembut” digunakan untuk menekankan sifat lembut dan melembapkan produk.

3. Nuvo Family

contoh iklan produk sabun - nuvo

Contoh iklan produk Nuvo Family biasanya menampilkan keluarga yang aktif dan peduli akan kebersihan. Dalam salah satu iklan, terlihat ibu yang mencuci tangan anak-anaknya dengan sabun Nuvo, diikuti dengan visual seluruh keluarga yang sehat dan bersih. Slogannya “Bersih dan Sehat Bersama Nuvo” menggambarkan manfaat produk dalam menjaga kebersihan keluarga.

4. Dettol

contoh iklan produk sabun - dettol

Iklan Dettol biasanya menampilkan situasi di mana orang-orang berisiko terpapar kuman, seperti di transportasi umum atau sekolah. Iklan tersebut menunjukkan orang mencuci tangan atau mandi dengan sabun Dettol untuk perlindungan ekstra. Slogan seperti “Dettol Melindungi dari Kuman Berbahaya” menekankan fungsi antiseptik produk.

Tabel Diskusi (Bedah Contoh Iklan Produk Sabun)

Produk  Jenis Iklan Ciri Khas Iklan Hasil 
Lifebuoy Beriklan di Televisi Lifebuoy adalah merek sabun keluarga Indonesia. Branding sebagai produk sabun yang menekankan manfaat kesehatan dan perlindungan dari kuman.
Dove Beriklan di Televisi dan media sosial Produk sabun yang fokus pada perawatan kulit dan kelembutan. Dikenal sebagai beauty-soap (sabun kecantikan) untuk wanita.
Nuvo Family Sering beriklan di Televisi Sama seperti Lifebuoy, Nuvo Family juga merupakan sabun keluarga. Menonjolkan diri sebagai sabun kebersihan dan kesehatan untuk perlindungan keluarga.
Dettol Beriklan di Televisi Punya slogan “Dettol Melindungi dari Kuman Berbahaya”. Iklannya pun menonjolkan diri bahwa Dettol adalah sabun anti kuman untuk sehari-hari atau antiseptik saat terluka. Dikenal sebagai sabun antiseptik untuk keluarga, menjaga dari kuman dan luka.

Baca Juga: Digital Advertising: Pengertian, Cara Kerja, serta Contohnya

Apa Tindakan Berikutnya (Next Step) yang Perlu Diambil? 

Untuk pemilik bisnis, manajer pemasaran, dan staf pemasaran digital, memahami strategi iklan produk yang efektif adalah kunci keberhasilan. Beriklan dengan tepat sesuai target pasar perlu dilakukan sejak awal, termasuk brand-value (ciri khas produk yang ingin ditonjolkan) hingga saluran yang ingin digunakan dalam beriklan, yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan dalam membuat iklan produk yang menarik dan efektif, kami menawarkan Layanan Training & Consulting Digital Marketing yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Melalui program ini, Anda akan mempelajari cara membuat iklan yang memikat, memahami tren digital terkini, dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda untuk hasil terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan strategi pemasaran yang tepat.

Baca Juga: 10+ Cara Menawarkan Produk Lewat WA untuk Promosi Bisnis Anda

Penutup

Secara keseluruhan, contoh iklan produk yang telah kita bahas menunjukkan beragam pendekatan dan strategi yang digunakan oleh merek-merek terkemuka untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran mereka. 

Studi kasus di dalamnya mengingatkan kita akan pentingnya kreativitas, penyesuaian dengan tren pasar, dan pemahaman yang mendalam terhadap audiens untuk mencapai hasil yang optimal dalam dunia pemasaran modern.Siap untuk meningkatkan penjualan dengan iklan produk yang menarik? Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dari ahli pemasaran digital Sasana Digital! Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis!”

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?