Blog ›

9+ Contoh Iklan Internet untuk Inspirasi Promosi Bisnis!

I

Sebagai seorang pebisnis, melakukan promosi melalui teknologi digital adalah sebuah keharusan yang wajib dicoba demi memperoleh banyak profit dan meningkatkan penjualan bisnis. Banyak contoh iklan internet yang dapat menjadi inspirasi bisnis Anda.

Namun, apakah Anda sudah mencoba metode promosi yang lebih segar untuk konsumen produk Anda?

Yuk! Simak beberapa contoh berikut ini! Siapa tahu cocok dan dapat optimalkan promosi bisnis Anda.

Apa Itu Iklan Internet?

Seperti yang Anda tahu, iklan menjadi media promosi paling penting dalam bisnis. Iklan juga terbagi ke dalam berbagai macam, bentuk, hingga format. Apalagi di zaman digital ini, muncul lagi yang namanya iklan internet.

Iklan internet (Internet Advertising) adalah sebuah metode pemasaran yang digunakan dengan menggunakan media internet sebagai alat untuk menyampaikan promosi.

Iklan internet dapat berupa audio, visual dan perpaduan antara audio dan visual. Iklan ini juga dapat berupa gambar, animasi, video dan musik, video dengan audio, teks, audio teks dan sebagainya.

Bentuk iklan disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis platform yang akan digunakan sebagai media pemasaran. Misalnya website, YouTube, Instagram, Facebook, Twitter dan media digital lainnya.

Iklan internet juga dapat disebut sebagai iklan digital, karena media yang digunakan untuk menyampaikan iklan dan promosi adalah media digital tersebut.

Saat ini, jenis iklan ini sudah banyak digunakan karena banyaknya manfaat yang diberikan. Iklan internet terbukti efisien dan efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas, dibandingkan dengan iklan konvensional.

Selain itu, iklan internet juga dapat dikreasikan agar lebih menarik melalui beragamnya jenis media yang dapat dikombinasikan.

Baca Juga: Tips Beriklan di Instagram

Jenis dan Contoh Iklan Internet

Terdapat beberapa jenis iklan internet atau iklan digital yang biasa digunakan sebagai media promosi. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Contoh Iklan Internet Pencarian (Search Ads)

Iklan pencarian adalah iklan yang memanfaatkan mesin pencarian (search engine) sebagai media yang digunakan untuk memasang iklan.

Anda biasanya akan menjumpai contoh iklan ini saat Anda mengetikkan kata kunci yang relevan dengan jenis iklan yang dipasang.

Iklan ini dapat muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian sebagai rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencarian sesuai kata kunci. Namun juga dapat muncul di bagian tengah atau bagian bawah dari hasil pencarian.

2. Contoh Iklan Internet Media Sosial (Social Media Ads)

Iklan media sosial merupakan jenis iklan yang menggunakan platform media sosial sebagai media untuk menyebarkan melakukan promosi.

Misalnya dengan membuat konten di Instagram, Facebook, YouTube, Twitter dan media sosial lainnya sesuai dengan target sasaran yang dibutuhkan oleh bisnis.

Dibutuhkan konten yang menarik untuk memasang ads pada jenis iklan ini. Semakin menarik konten yang Anda buat, maka semakin luas juga jangkauan iklan tersebut.

3. Contoh Iklan Internet E-mail (E-mail Ads)

Iklan e-mail adalah contoh iklan internet yang menggunakan teks sebagai bahan promosi yang dikirimkan melalui e-mail promotions.

Dalam membuat iklan ini, Anda harus menyiapkan bahan teks iklan yang menarik dan informatif. Namun tidak ada unsur paksaan untuk membeli sebuah produk.

Bahasa yang digunakan tetap persuasif tapi dengan ajakan yang sehalus mungkin.

4. Contoh Iklan Internet Bergambar (Display Ads)

Iklan bergambar merupakan jenis iklan yang berupa gambar atau tampilan display. Iklan ini akan muncul di halaman website atau blog.

Anda dapat bekerja sama dengan pemilik website tertentu atau blogger yang relevan dengan bisnis Anda untuk dapat memasang iklan bergambar pada halaman website atau blog mereka.

Contoh iklan ini dapat ditemui di website, media sosial dan media penampil gambar lainnya.

5. Contoh Iklan Internet Penargetan Ulang (Retargeting Ads)

Iklan penargetan ulang adalah iklan yang disebarkan kembali di berbagai platform dengan semua jenis format iklan.

Iklan ini adalah upaya untuk memaksimalkan promosi agar pengguna yang baru saja berinteraksi dengan iklan Anda di sebuah platform digital, dapat kembali terjangkau radar iklan yang sama di platform lain.

Sehingga semakin sering terpapar iklan tersebut, audiens akan semakin tertarik dan tersita perhatiannya.

Misalnya, saat baru saja seorang pengguna mengetikkan kata kunci untuk produk yang juga Anda jual, maka iklan Anda akan muncul pada hasil pencarian pengguna tersebut.

Baca Juga: Yuk, Kenali Social Media Advertising Beserta Penggunaanya!

6. Contoh Iklan Internet Video (Video Ads)

Iklan video adalah jenis ikan internet yang menggunakan media audio visual untuk lebih meningkatkan daya tarik sebuah promosi. Sehingga pesan-pesan promosi dapat divisualisasikan sekaligus dinarasikan melalui audio.

Iklan video ini dapat digunakan di berbagai platform yang mendukung, seperti Facebook, Instagram, YouTube, website dan sebagainya. Dan contoh iklan video yang mudah ditemui adalah di platform YouTube.

7. Contoh Iklan Internet Audio (Audio Ads)

Sesuai namanya, iklan audio adalah jenis iklan yang berbentuk audio, sehingga fokusnya adalah pada media-media suara seperti radio, Spotify, Noice dan sebagainya.

Anda dapat memasang iklan ini secara langsung atau juga dapat bekerja sama dengan podcaster atau channel radio tertentu.

Tips untuk membuat iklan audio yang baik adalah skrip iklan yang menarik dan interaktif, sehingga dapat membuat pendengar ingin mendengarkan iklan atau konten hingga tuntas.

Contoh iklan internet yang berbentuk audio adalah dengan penggunaan bahasa yang menarik, informatif sekaligus persuasif dan menyentuh sisi emosional pendengar.

8. Contoh Iklan Internet Native

Iklan native merupakan jenis iklan yang ramah pengguna atau user friendly karena tampilannya yang tidak mencolok sebagai iklan.

Iklan ini menyesuaikan dengan halaman dari platform iklan yang digunakan, sehingga pengguna merasa nyaman saat melihatnya. 

Contoh iklan internet jenis native misalnya iklan yang dipasang di media sosial dan mengikuti format tampilannya, sehingga tidak disadari jika itu adalah sebuah iklan.

9. Contoh Iklan Internet Seluler (Mobile Ads)

Iklan seluler atau mobile ads adalah jenis iklan yang muncul melalui perangkat seluler dalam bentuk apapun, contoh iklan ini seperti pesan teks SMS, atau iklan website yang muncul saat Anda membuka internet.

Iklan ini memanfaatkan riwayat penelusuran pengguna melalui perangkat selulernya. 

Contoh iklan internet ini yaitu pada saat Anda baru saja mencari sesuatu di perangkat seluler, maka beberapa waktu kemudian iklan yang bersangkutan akan muncul.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Memasang Iklan Digital Menurut Pakar?

Pertanyaan Seputar Contoh Iklan Internet

Beberapa pertanyaan terkait iklan berikut mungkin juga Anda tanyakan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Apa Saja Ciri-Ciri Iklan di Internet?

Iklan di internet memiliki perbedaan dengan iklan pada media konvensional. Beberapa ciri-ciri iklan di internet adalah sebagai berikut:

a) Singkat Namun Tetap Menarik

Ciri yang pertama dari iklan di internet adalah singkat dalam penyampaiannya dan menarik dalam pengemasannya.

Jika iklan berbentuk video maka durasinya tidak terlalu panjang. Kemudian jika iklan berupa teks, maka tulisannya pun singkat dan mudah diingat.

Iklan yang singkat dan tetap memberikan kesan menarik ini tentu tidak terlepas dari proses kreatif saat pembuatannya.

b) Pemilihan Kata Logis dan Tertarget

Pemilihan kata yang digunakan dalam iklan internet biasanya logis dan pesan disampaikan langsung kepada target atau audiens. Contoh iklan internet yang baik adalah penggunaan bahasa yang tidak bertele-tele.

c) Bahasa yang Mudah Dipahami dan Informatif

Sebuah iklan internet menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan informatif. Seringkali, hanya satu kali saja mendengar atau membaca, orang akan paham maksud dari iklan tersebut.

Maka, contoh iklan internet yang baik adalah bahasanya yang mudah untuk dipahami. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, maksud dari iklan tersebut mudah untuk dimengerti.

e) Menonjolkan Keunggulan Produk

Karena waktu yang singkat, iklan internet akan berfokus pada keunggulan produk.

Tujuan dari iklan tentu saja untuk mempromosikan sebuah produk. Karena waktu untuk menampilkan iklan biasanya singkat, maka iklan akan terfokus pada keunggulan.

Contoh iklan internet yang memfokuskan keunggulan adalah tidak bertele-tele menjelaskan tentang produk yang dipromosikan.

f) Memanfaatkan Media dengan Maksimal

Ciri selanjutnya dari iklan internet adalah dengan memanfaatkan media seperti audio, animasi dan gambar agar suasana iklan lebih terbangun dan menyentuh emosi pemirsa iklan.

Contoh iklan internet yang memanfaatkan media ini biasanya berbentuk video dengan tambahan audio yang mendukung.

2. Apa Saja Kelebihan Iklan Internet?

Dengan berbagai media yang bisa disentuh oleh iklan internet ini memberikan banyak sekali manfaat. Berikut beberapa kelebihan iklan internet.

a) Biaya Pemasangan yang Sesuai Budget

Saat Anda akan memasang iklan di internet, baik di media sosial, marketplace maupun media lainnya, Anda akan memperoleh perkiraan budget yang akan Anda bayarkan.

Setiap media memiliki tarifnya masing-masing, sehingga Anda dapat menyesuaikan pemasangan iklan yang sesuai dengan budget.

Dengan begitu iklan internet ini dapat menjadi pilihan untuk bisnis kecil yang ingin memasang iklan di internet. Tidak hanya bisnis besar seperti pemasangan iklan konvensional.

b) Iklan Aktif 24 Jam

Berbeda dengan iklan konvensional yang memiliki batas waktu tertentu untuk dapat menjangkau audiens. Seperti misalnya brosur dan papan billboard yang hanya akan menjangkau orang-orang yang melewatinya.

Iklan internet memiliki kelebihan dapat menjangkau audiens selama 24 jam, dan tidak terbatas tempat atau lokasi di mana audiens berada.

c) Hasil lebih terukur

Hasil pemasangan iklan di internet lebih terukur jika dibandingkan dengan iklan konvensional.

Iklan di internet memberikan insight berupa angka dari jangkauan iklan yang Anda pasang.

Hasil ini dapat menjadi bahan evaluasi dari pemasangan iklan Anda untuk memperbaiki strategi pemasangan iklan selanjutnya.

3. Apa Saja Contoh Iklan di Media Elektronik?

Berikut beberapa contoh iklan di media elektronik yang mungkin biasa Anda temui.

a) Contoh Iklan Internet Video di YouTube

contoh iklan internet video di youtube
Source: YouTube.com

Saat Anda mengunjungi situs YouTube dan menjelajahi video yang ingin ditonton, Anda pasti menemui iklan di video yang Anda putar seperti iklan berikut ini.

Iklan ini dapat muncul di setiap channel YouTube yang bekerja sama dalam pemasangan iklan.

b) Contoh Iklan Internet Display di Shopee

Contoh Iklan Internet Display di Shopee
Source: Shopee.co.id

Contoh kedua yaitu iklan display yang disesuaikan dengan tampilan setiap platform, dan berikut adalah salah satu iklan display di halaman Shopee.

Iklan ini biasanya disesuaikan dengan tampilan platform agar lebih menyatu dengan halaman dan tidak terlihat bahwa ini adalah iklan.

Dapat Anda lihat, latar belakang warna yang digunakan pada iklan tersebut menggunakan warna dominan orange sesuai dengan ciri khas Shopee.

c) Iklan Gambar

iklan gambar
Source: Kompas.com

Berikut adalah contoh iklan gambar yang dipasang di halaman website kompas. Biasanya di halaman website terdapat berbagai iklan yang dipasang, baik iklan gambar maupun video.

Dan iklan di atas termasuk iklan gambar yang dipasang di halaman website Kompas.

Baca Juga: Google Ads vs Facebook Ads, Perbedaannya Bikin Untung?

Penutup

Iklan internet menjadi salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan bisnis Anda. Iklan internet memberikan Anda hasil nyata dari jangkauan yang dihasilkannya. 

Mengoptimalkan pemasaran melalui iklan internet kini dapat Anda coba dengan berbagai manfaatnya. Anda juga bisa memperoleh layanan training by Sasana Digital untuk memperoleh strategi marketing bisnis yang efektif, dengan klik banner berikut!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?