fbpx
Sedang Mencari Kursus Google Ads Ketahui Poin Penting yang Perlu Dipelajari

Sedang Mencari Kursus Google Ads? Ketahui Poin Penting yang Perlu Dipelajari

Ada pepatah bahwa siapa yang menguasai medan perang, maka ia yang menang. Pahami terlebih dahulu poin Google Ads sebelum anda terjun ke dalamnya.

Bagaimana anda bisa menang perang kalau anda tidak paham medannya? Pertanyaan ini juga pas jika ditujukan ke anda yang berencana mengambil kursus dan terjun ke dunia Google Ads. Apa saja kira-kira hal penting yang perlu anda pelajari ketika mengikuti Google Ads, agar anda bisa lebih bersaing di lapangan nanti?

Google Ads sendiri memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Bahkan tidak sedikit juga agen-agen Google Ads yang faktanya tidak paham bagaimana platform tersebut bekerja, yang pada akhirnya berimbas kepada klien mereka yang hasilnya kurang maksimal.

Karena itu, agar anda tidak terjebak dalam kebingungan, pastikan anda sudah tahu poin poin penting yang perlu dipelajari.

Jenis dan Format Google Ads

Ini adalah hal pertama yang harus pahami. Setiap jenis dan format dari Google Ads memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda pula. Misalnya, search ads yang tampil di hasil pencarian dan memiliki opsi targeting berdasarkan keywords.

Setiap topik bisnis dan tujuan beriklannya, tentu harus sesuai dengan jenis dan format yang dipilih. Tentunya agar rasio antara biaya dengan hasilnya bisa lebih maksimal.

Cara Kerja Google Ads

Terutama untuk anda yang masih sangat baru dan pertama kali menggunakan Google Ads, anda wajib paham bagaimana cara Google Ads memberikan iklan kepada pengguna. Mulai dari cara pembuatan, sistem penargetan, dan cara menghitung biayanya.

Dengan begitu anda bisa membuat perencanaan iklan yang lebih tepat sasaran, yang tentunya kembali lagi agar hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal.

Pelajari konsep-konsep yang vital bagi iklan seperti quality score pada search ads atau konsep retargeting pada display ads.

Metrik Penting Google Ads

Kemudian anda juga harus mempelajari metrik-metrik apa yang perlu anda perhatikan sesuai dengan goal iklan anda.Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, digital marketing memiliki konsep user journey atau touch point. Ini artinya, digital marketing bisa merekam orang-orang yang sudah berada di stage tertentu. Misalnya baru sekali mengunjungi website anda atau mungkin yang sudah melakukan transaksi bersama anda.

Baca Juga: 5 Tools Google Wajib Untuk Menunjang Strategi Digital Marketing Perusahaan

Dengan begitu anda bisa melakukan evaluasi terhadap metrik yang sesuai dengan stage dari user journey anda. Misalnya metrik impresi ketika anda sedang mengiklankan brand anda dengan goal awareness, yang memang tujuannya untuk menjangkau orang sebanyak-banyaknya.

Goal ini tentu juga berdampak pada pemilihan strategi pengeluaran budget yang nantinya anda pilih, dan memastikan bahwa strategi anda cocok dengan goal yang anda targetkan.

Evaluasi dan Optimasi

Selanjutnya yang perlu anda tahu adalah, bagaimana cara melakukan evaluasi dan optimasinya. Sebab ads yang anda buat tentu tidak mungkin bisa langsung sempurna, dan cara menyempurnakannya tidak bisa asal dengan pakai feeling saja.

Anda harus banyak menanyakan metrik yang digunakan dan data apa yang dipakai sebagai dasar untuk pertimbangan optimasi. Misalnya, menggunakan metrik CTR sebagai pertimbangan relevansi antara keyword dengan iklan yang tampil.

Prospek Karir

Terakhir, khusus bagi anda yang belajar Google Ads untuk mendapatkan karir yang lebih baik, tanyakan juga bagaimana prospek karir dari seorang Google Ads Strategist. Secara garis besar memang tidak ada bedanya dengan posisi strategis lain, yaitu junior, senior, dan terakhir head. Tapi anda juga bisa bertanya yang lebih luas, seperti kesempatan untuk menjadi freelance atau membuka bisnis konsultan sendiri.

Jangan kunci diri anda di dalam satu channel marketing saja! Dunia digital marketing sangatlah luas, dan dari berbagai pilihan itu anda juga bisa mengkombinasikannya agar menjadi lebih efektif.

Baca Juga: Ikut Training Google Ads, Apa Saja Hal Penting yang Perlu Dipelajari?

Karena itu, anda bisa mengikuti berbagai pilihan ragam kursus digital marketing yang ada di Sasana Digital. Dapatkan berbagai informasi dan pelajaran berdasarkan studi kasus nyata!

Comments are closed.