Blog ›

Kenali Apa Itu Shopify, Cara Daftar & Panduan Penggunaannya!

I

Pertanyaan mengenai “Apa itu Shopify?” pasti berputar-putar di kepala Anda saat ini, apalagi tren bisnis online saat ini ramai memperbincangkannya.

Dasarnya, Anda dapat mengetahui bahwa Shopify adalah platform e-commerce populer yang memungkinkan siapapun untuk membangun dan mengelola toko online mereka sendiri. 

Namun apakah cukup hanya dengan mengetahui arti eksplisitnya saja? Bagaimana dengan maknanya secara luas, kegunaan, fitur, hingga cara menggunakannya? Karena itu, Anda akan dibawa menjelajah lebih dalam mengetahui tentang Shopify berikut ini!

 

Apa Itu Shopify?

 

Apa Itu Shopify?

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan platform e-commerce kenamaan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan kawan-kawannya. 

Ketiga contoh tersebut bisa dijadikan gambaran untuk memahami apa itu Shopify dengan lebih mudah dan sederhana.

Namun secara istilah, makna Shopify adalah platform e-commerce yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola toko online mereka sendiri. 

Juga, dalam beberapa tahun terakhir Shopify telah menjadi salah satu platform e-commerce paling populer di dunia, dengan jutaan toko online yang dibangun dengan menggunakan layanan ini.

Setelah mengetahui apa itu Shopify, berikutnya kita akan membahas berbagai fitur Shopify.

 

Fitur-Fitur Shopify

 

Berikut ini adalah beberapa fitur kunci Shopify yang dapat membantu meningkatkan kemampuan e-commerce Anda:

1. Pembuatan Toko Online yang Mudah

Salah satu keunggulan Shopify adalah mudah dalam penggunaannya. Platform ini menawarkan pembuatan toko online yang intuitif dan sederhana, bahkan bagi pemula sekalipun.

Anda dapat memilih dari berbagai tema dan template yang responsif, kemudian menyesuaikannya dengan merek dan kebutuhan bisnis Anda. 

Dengan antarmuka yang user-friendly, Anda dapat dengan mudah menambahkan produk, mengatur inventaris, dan mengelola konten toko Anda.

 

2. Penyediaan Produk yang Lengkap

Shopify memungkinkan Anda untuk menyediakan berbagai produk dengan mudah. Anda dapat mengatur katalog produk, mengelompokkannya dalam kategori, dan menambahkan deskripsi, harga, dan gambar yang menarik. 

Anda juga dapat mengatur opsi varian produk seperti ukuran, warna, atau gaya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lengkap kepada pelanggan Anda.

 

3. Integrasi dengan Berbagai Penyedia Pembayaran

Shopify menawarkan integrasi dengan berbagai penyedia pembayaran, termasuk kartu kredit, PayPal, dan gateway pembayaran populer lainnya. 

Hal ini memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi dengan metode yang paling mereka sukai. Shopify juga menyediakan sistem keamanan yang handal untuk melindungi data transaksi pelanggan Anda.

 

4. Pengelolaan Inventaris yang Efisien

Dengan fitur pengelolaan inventaris Shopify, Anda dapat dengan mudah melacak stok produk Anda. 

Anda juga dapat mengatur level persediaan, menerima notifikasi saat stok produk menipis, dan mengelola varian produk dengan cepat. 

Fitur ini membantu Anda menjaga ketersediaan produk yang akurat dan menghindari kehabisan stok yang tidak diinginkan.

 

5. Pilihan Pengiriman yang Fleksibel

Shopify menyediakan integrasi dengan berbagai penyedia pengiriman terkemuka, sehingga Anda dapat menawarkan pilihan pengiriman yang fleksibel kepada pelanggan Anda. 

Anda pun dapat mengatur tarif pengiriman berdasarkan lokasi, berat, atau harga pesanan. Fitur ini memungkinkan Anda menyesuaikan pengiriman sesuai dengan preferensi pelanggan dan memastikan pengiriman yang efisien.

 

6. Analitik dan Pelaporan yang Mendalam

Shopify menyediakan fitur analitik yang komprehensif, sehingga Anda dapat melacak performa toko online kepemilikan. Sehingga memungkinkan Anda untuk dapat memantau data penjualan, pengunjung, tingkat konversi, dan lain-lain. 

Dengan informasi yang terperinci ini, Anda dapat menganalisis kinerja bisnis Anda dan membuat keputusan yang berdasarkan data untuk meningkatkan strategi penjualan Anda.

 

7. Fitur Pemasaran dan SEO

Shopify menyediakan fitur pemasaran yang kuat untuk membantu Anda mempromosikan toko online. Sehingga Anda dapat membuat kampanye diskon, kode kupon, atau mengatur program loyalitas untuk mendorong penjualan. 

Selain itu, Shopify juga memberikan dukungan SEO yang memungkinkan Anda mengoptimalkan toko online Anda agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

 

8. Aplikasi dan Integrasi

Shopify memiliki ekosistem aplikasi dan integrasi yang luas yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan fungsionalitas toko online Anda. 

Anda dapat menambahkan aplikasi pihak ketiga seperti sistem email marketing, chatbot, atau alat pengelolaan kehadiran media sosial. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan meningkatkan toko online berdasarkan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

Dengan kelengkapan fitur Shopify yang fleksibel ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan e-commerce dengan lebih mudah dan efektif. Setelah mengetahui fitur-fitunya, berikutnya kita akan membahas manfaat Shopify.

Baca Juga: Platform Marketplace B2B: Peluang Kini dan Masa Mendatang

 

Manfaat Shopify

 

Sebagai salah satu platform e-commerce populer yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa manfaat utama menggunakan Shopify:

1. Mudah Digunakan dan Dikelola

Salah satu keunggulan utama Shopify adalah kemudahan penggunaannya. Dengan antarmuka yang intuitif dan sederhana, bahkan pemula sekalipun dapat dengan cepat memahami dan mengelola toko online mereka. 

Anda tidak perlu memiliki keahlian teknis yang mendalam atau pengalaman dalam pengembangan web untuk memanfaatkan platform ini.

 

2. Pembuatan Toko Online yang Cepat

Shopify memungkinkan Anda untuk membangun toko online dengan cepat dan efisien. Dengan pilihan tema dan template yang responsif, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan toko berdasarkan merek dan preferensi Anda. 

Selain itu Anda juga dapat menambahkan produk, mengatur harga, mengatur inventaris, dan mengelola konten toko Anda dengan mudah.

 

3. Hosting Aman dan Terpercaya

Shopify menyediakan hosting yang aman dan andal untuk toko online Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang masalah teknis seperti keamanan, pemeliharaan server, atau pembaruan perangkat lunak. 

Shopify mengelola semua aspek ini untuk Anda, sehingga Anda dapat fokus pada menjalankan bisnis Anda.

 

4. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Shopify memungkinkan Anda untuk menyesuaikan toko online Anda seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. 

Platform ini dapat menangani toko online kecil hingga besar dengan jumlah produk yang beragam. Anda dapat mengubah tampilan, menambahkan fitur, dan memperluas fungsionalitas toko Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

5. Mobile-Friendly dan Responsif

Shopify dirancang dengan pendekatan mobile-first, yang berarti toko online Anda akan dioptimalkan untuk tampil dengan baik di perangkat seluler. 

Ini sangat penting karena banyak konsumen saat ini melakukan pembelian melalui smartphone atau tablet. Dengan tampilan yang responsif, pelanggan Anda dapat dengan mudah mengakses dan berbelanja di toko Anda melalui perangkat mobile.

 

6. Dukungan Pelanggan yang Baik

Shopify menyediakan dukungan pelanggan yang baik melalui berbagai saluran, termasuk email, obrolan langsung, dan forum komunitas. 

Tim dukungan Shopify siap membantu Anda dengan pertanyaan teknis, masalah transaksi, atau masalah lain yang mungkin Anda hadapi. 

Terdapat juga sumber daya pembelajaran yang kaya seperti dokumentasi, panduan, dan tutorial yang membantu Anda memaksimalkan penggunaan platform.

 

7. Integrasi yang Luas

Shopify menyediakan integrasi yang luas dengan aplikasi pihak ketiga dan layanan lainnya. Anda dapat mengintegrasikan toko online Anda dengan alat pemasaran, analitik, sistem pembayaran, dan banyak lagi. 

Integrasi ini memungkinkan Anda untuk memperluas fungsionalitas toko Anda dan mengotomatisasi beberapa aspek bisnis Anda.

 

8. Fitur Pemasaran yang Kuat

Shopify menawarkan berbagai fitur pemasaran yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru. 

Anda dapat membuat kampanye diskon, mengirim email pemasaran, atau mengatur program loyalitas. 

Fitur seperti keranjang belanja ditinggalkan dan ulasan produk juga tersedia untuk membantu meningkatkan konversi dan membangun kepercayaan pelanggan.

Dengan manfaat-fitur Shopify yang lengkap, Anda dapat mempercepat pertumbuhan bisnis e-commerce Anda. Setelah mengetahui manfaat Shopify, berikutnya kita akan membahas cara berjualan di Shopify.

Baca Juga: 25 Marketplace Online Terbesar di Indonesia [Update 2023]

 

Cara Berjualan di Shopify

 

Cara Berjualan di Shopify

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara berjualan di Shopify:

1. Mendaftar ke Shopify

Kunjungi situs web Shopify dan buat akun Anda. Isi informasi yang diperlukan, seperti alamat email, kata sandi, dan nama toko. Ikuti petunjuk pendaftaran hingga Anda berhasil membuat akun.

 

2. Membuat Toko Online

Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan ke panel kontrol Shopify. Klik tombol “Tambahkan produk” untuk mulai membuat toko online Anda. 

Unggah gambar produk, tambahkan deskripsi, dan tentukan harga. Anda juga dapat mengatur kategori dan varian produk jika diperlukan.

 

3. Menyesuaikan Tampilan Toko Anda

Shopify menawarkan berbagai tema dan template yang dapat Anda pilih untuk mendesain tampilan toko Anda. 

Pilih tema yang sesuai dengan merek Anda, lalu sesuaikan tampilan dengan menambahkan logo, warna, dan gambar latar belakang yang relevan.

 

4. Mengatur Opsi Pembayaran

Shopify menyediakan berbagai pilihan pembayaran, termasuk kartu kredit, PayPal, dan gateway pembayaran lainnya. 

Pilih opsi pembayaran yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Pastikan untuk mengatur pengaturan keamanan dan privasi yang sesuai untuk melindungi data transaksi pelanggan Anda.

 

5. Mengatur Pengiriman dan Kebijakan Pengembalian

Tentukan metode pengiriman yang akan Anda tawarkan dan atur tarif pengiriman berdasarkan lokasi, berat, atau harga pesanan. 

Pastikan Anda memiliki kebijakan pengembalian yang jelas dan mudah diakses oleh pelanggan. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memberikan pengalaman berbelanja yang baik.

 

6. Menyesuaikan SEO dan Pemasaran

Optimalkan toko online Anda untuk mesin pencari dengan mengoptimalkan judul halaman, deskripsi, dan kata kunci yang relevan. 

Selain itu, gunakan fitur pemasaran Shopify, seperti kampanye diskon, email pemasaran, dan program loyalitas, untuk mempromosikan toko Anda dan meningkatkan penjualan.

 

7. Melakukan Pengelolaan Inventaris

Gunakan fitur pengelolaan inventaris Shopify untuk melacak stok produk Anda. Atur level persediaan, terima notifikasi saat stok produk menipis, dan kelola varian produk dengan efisien. 

Dengan pengelolaan inventaris yang baik, Anda dapat menghindari kehabisan stok yang tidak diinginkan dan memberikan pengalaman belanja yang lancar.

 

8. Memantau dan Menganalisis Kinerja

Gunakan fitur analitik Shopify untuk melacak kinerja toko online Anda. Pantau data penjualan, pengunjung, tingkat konversi, dan lainnya. 

Analisis ini akan memberikan wawasan tentang keberhasilan strategi penjualan Anda dan membantu Anda membuat keputusan berdasarkan data.

 

9. Mempromosikan Toko Anda

Gunakan strategi pemasaran digital, seperti media sosial, blog, atau kampanye iklan, untuk mempromosikan toko Anda. 

Buat konten berkualitas, bangun kehadiran online Anda, dan libatkan pelanggan melalui saluran pemasaran yang relevan.

 

10. Meningkatkan dan Mengoptimalkan

Selalu lakukan evaluasi dan perbaikan terhadap toko Anda. Pelajari apa yang berhasil dan tidak berhasil, dan terus tingkatkan toko online Anda berdasarkan umpan balik pelanggan dan analisis data yang Anda kumpulkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memulai perjalanan berjualan di Shopify dengan sukses. 

Dengan dedikasi, upaya, dan pemahaman yang baik tentang target pasar Anda, Anda dapat membangun bisnis e-commerce yang menguntungkan dan berhasil.

Baca Juga: 10 Poin Kelebihan dan Kekurangan Marketplace, Apa Saja?

 

Pertanyaan Seputar Apa Itu Shopify

 

1. Apa Fungsi Shopify bagi Bisnis?

Shopify memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis dalam dunia e-commerce. Fungsi utamanya adalah memungkinkan para pengusaha dan pemilik toko untuk membuat dan mengelola toko online mereka dengan mudah. 

Dengan menggunakan Shopify, Anda dapat membuat tampilan toko online yang menarik dan profesional, mengelola inventaris produk dengan efisien, mengatur sistem pembayaran yang aman, serta melacak dan menganalisis penjualan Anda. 

Selain itu, Shopify juga menyediakan berbagai alat pemasaran dan integrasi dengan saluran penjualan lainnya untuk membantu Anda mengembangkan bisnis secara online. Singkatnya, Shopify berfungsi sebagai platform yang komprehensif untuk membangun dan mengelola bisnis online.

 

2. Apakah Jualan di Shopify Berbayar atau Gratis?

Shopify menyediakan 2 opsi jenis layanan bagi penggunanya, yaitu berbayar dan gratis. Untuk memaksimalkan fungsional dan mendapatkan semua fitur yang lengkap, Anda perlu berlangganan dan membayar biaya bulanan atau tahunan. 

Dalam paket berbayar, Anda akan mendapatkan akses ke fitur-fitur tambahan, dukungan teknis yang lebih baik, dan integrasi yang lebih luas dengan aplikasi pihak ketiga. Namun, jika Anda baru memulai atau memiliki anggaran terbatas, Shopify juga menyediakan versi gratis yang disebut “Shopify Lite”. 

Dalam versi ini, Anda dapat menjual produk melalui situs web yang sudah ada, media sosial, atau platform lainnya dengan menggunakan tombol “Buy” dari Shopify. 

Meskipun dengan versi gratis terdapat keterbatasan, tetapi ini merupakan pilihan yang baik untuk memulai eksplorasi dan menguji potensi bisnis Anda di platform Shopify.

 

3. Apakah Shopify Tersedia di Indonesia?

Ya, Shopify tersedia dan dapat digunakan di Indonesia. Shopify telah menunjukkan eksistensinya di Indonesia dengan menyediakan dukungan pelanggan lokal, membuka kantor perwakilan, dan berkomitmen untuk memahami kebutuhan dan karakteristik pasar Indonesia. 

Hal ini menjadikan Shopify sebagai pilihan yang sangat relevan dan mendukung pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia. 

Dengan Shopify, para pelaku bisnis di Indonesia dapat memanfaatkan semua fitur dan fungsi yang ditawarkan untuk mengembangkan bisnis mereka secara online. Yaitu dengan menjual produk mereka kepada pelanggan di dalam maupun luar negeri, serta memanfaatkan potensi pasar yang luas di era digital ini.

Baca Juga: Cara Efektif Meningkatkan Penjualan di Shopee bagi Pemula

 

Penutup

 

Itulah jawaban dari “Apa itu Shopify” lengkap dengan cara memulai hingga cara berjualan di Shopify dengan efektif di dalamnya.

Dengan platform e-commerce Shopify, Anda dapat membangun toko online yang menarik dan sukses dengan mudah, tanpa harus memiliki keahlian teknis yang mendalam. 

Dari desain template yang menawan hingga fitur manajemen inventaris yang efisien, Shopify menyediakan segala yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis e-commerce Anda.

Pemanfaatan e-commerce, website, maupun platform digital lainnya, memang memberikan opsi kepada kita untuk memahami strategi yang tepat dan mumpuni. Misalnya memahami cara jitu berjualan di marketplace.

Namun jika hal tersebut di luar ranah Anda, maka Anda bisa mendapatkan layanan IT profesional dan dukungan lainnya yang Anda butuhkan, dengan cara klik banner di bawah!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?