Blog ›

5+ Rahasia Social Media Branding, Siap Sukseskan Bisnis Anda

I

Dalam dunia bisnis, social media branding sangat penting terhadap produk yang kita tawarkan kepada konsumen, mengingat pengguna media sosial di dunia hingga saat ini terus meningkat. 

Di Indonesia, terdapat lebih dari 70% orang menjadi pengguna aktif media sosial. Ditambah penjualan produk melalui media sosial juga menunjukkan statistik yang menjanjikan. Sekitar 8 dari 10 orang memutuskan membeli barang setelah melihatnya di media sosial.

Saat ini terdapat istilah social media branding, dimana Anda harus mendesain media sosial bisnis agar menarik dan memiliki pembeda dengan media sosial bisnis lain. Oleh karena itu penting bagi Anda memahami lebih lanjut tentang social media branding demi membangun citra bisnis yang baik.

Apa Itu Social Media Branding

Apa Itu Social Media Branding

Dengan melihat perkembangan digital marketing yang semakin pesat, tentu setiap pebisnis perlu menyusun strategi bisnis berbasis digital untuk meningkatkan engagement. Bahkan kini, media sosial menjadi platform penting yang mampu menjangkau target pasar lebih luas.

Branding adalah salah satu upaya strategi para pebisnis untuk meningkatkan engagement dan brand awareness serta menjangkau target pasar yang luas.

Namun secara pengertian, branding merupakan suatu kegiatan komunikasi untuk membedakan dan membesarkan  suatu brand atau produk dengan produk lain.

Branding tidak hanya berupa penambahan logo, value proposition, tagline. Namun Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk mengembangkan brand dengan branding bisnis.

Lalu, sosial media adalah media online untuk berinteraksi satu sama lain, berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Jadi social media branding diartikan sebagai suatu upaya untuk mengkomunikasikan pembeda suatu brand atau produk dengan produk lain serta membesarkannya di media sosial.

Demikianlah pemahaman mengenai social media branding, lalu setelah ini beralih kepada tujuan social media branding yang akan dibahas di bawah ini.

Baca Juga: Apa Itu Digital Branding? Pahami Konsep hingga Strateginya

Tujuan Social Media Branding

Tujuan Social Media Branding

Setelah pembahasan mengenai apa itu social media branding, maka selanjutnya adalah tujuan social media branding, yang diantaranya sebagai berikut.

1) Memperkenalkan Merek atau Produk

Tujuan pertama social media branding adalah memperkenalkan merek atau produk Anda kepada audiens yang lebih luas, dimana pengguna media sosial sangatlah banyak sehingga mudah untuk menjangkaunya. 

Melalui sosial media  produk Anda nantinya yang akan memberikan informasi, promosi dan konten yang akan menarik konsumen lebih banyak.

2) Membangun Hubungan dengan Pelanggan Potensial 

Tujuan kedua yaitu membangun hubungan pelanggan yang potensial, dimana pada setiap media sosial sudah terfilter berdasarkan demografi pelanggan yang sesuai dengan target pemasaran produk Anda.

Hal itu akan mempermudah Anda untuk mendapatkan interaksi dan peningkatan penjualan produk.

3) Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan ketiga adalah meningkatkan brand awareness, social media branding berupaya untuk membuat brand atau produknya dikenal konsumen, terutama dengan adanya ciri khas sendiri atau pembeda dari produk lain.

Dikutip dari jurnal Strategi Branding Media Sosial pada Bisnis Startup: Kasus PickPack, Durianto menyatakan bahwa kesadaran merek dapat dibangun dan diperbaiki melalui cara-cara berikut:

  • Pesan yang disampaikan oleh suatu brand harus mudah diingat oleh konsumen
  • Pesan yang disampaikan harus berbeda dengan produk lainnya, serta harus ada hubungan antara merek dengan kategori produknya 
  • Memakai tagline, dan hastag yang menarik sehingga membantu konsumen mengingat brand  
  • Jika suatu merek memiliki simbol, dengan adanya simbol tersebut dapat dihubungkan dengan mereknya
  • Perluasan nama brand dapat dipakai agar brand semakin diingat konsumen
  • Kesadaran merek  dapat diperkuat dengan memakai suatu isyarat yang sesuai dengan kategori produk, merek
  • Melakukan pengulangan untuk meningkatkan peringatan, karena membentuk ingatan lebih sulit dibanding dengan membentuk pengenalan

Cara cara diatas dapat diimplementasikan ketika Anda ingin membuat logo, tagline dan lain-lainnya dalam social media bisnis Anda, sehingga tampak berkualitas dan menarik.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Strategi Branding Sukses untuk Bisnis Anda!

4) Mempromosikan dan Memasarkan Produk

Selanjutnya adalah bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda. Tentunya melalui konten-konten ber-value tinggi hingga penggunaan tagline yang tepat untuk menarik konsumen atau pembeli.

Setelah mengetahui tujuan dari social media branding, selanjutnya akan membahas bagaimana peran social media terhadap branding pada bisnis. 

Peran Social Media untuk Branding

Social media memiliki kontribusi penting dalam branding, yang diantaranya adalah:

1. Sarana Word of Mouth Paling Efektif

Apabila pada marketing offline mengenal istilah mouth to mouth, atau pemasaran dari cerita pelanggan yang mampir, melalui medsos kini sudah berganti dengan teknik baru, yaitu word of mouth. Hal ini karena ulasan pada medsos sangat mempengaruhi audiens.

2. Membangun Kepercayaan

Melalui social media branding, Anda dapat membangun kepercayaan terhadap konsumen dengan memberikan informasi yang akurat  mengenai produk Anda secara detail.

Media sosial adalah tempat yang paling efektif untuk membangun kepercayaan tersebut, seperti memberikan testimoni dari konsumen lain, menerima komplain dan saran dari konsumen, dan sebagainya.

3. Membangun Autentikasi

Keaslian dalam  produk adalah suatu hal yang penting dalam  branding, dimana setiap kali konsumen akan membeli suatu produk atau layanan pastilah akan memilih produk yang asli karena terjamin kualitasnya.

Di suatu masa pasti akan ada produk-produk KW yang menyerupai produk yang Anda rilis, entah dari segi desain logo ataupun bentuk dari produk.

Oleh karena itu,sosial media diperlukan untuk menginformasikan keaslian produk Anda kepada Audiens agar dapat membedakan mana produk asli dan bukan. 

4. Membangun Koneksi

Social media branding akan membantu bisnis Anda membangun koneksi dengan konsumen dan para pebisnis lain untuk misalnya kerja sama atau kolaborasi agar meningkatkan exposure produk Anda dan mereka. 

Jika Anda membangun sosial branding yang baik, itu akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak koneksi karena orang-orang tertarik dengan produk Anda. Ini juga yang membuat pentingnya sosial branding yang tepat dilakukan.

5. Membangun Kredibilitas

Kredibilitas dapat terbangun melalui social media branding, dimana melalui media sosial ini dapat mewujudkan upaya membangun kredibilitas.

Contohnya seperti konten yang autentik dan transparansi, melakukan eksperimen, konsisten upload, serta membangun hubungan yang organik terhadap pelanggan. Selanjutnya Sasana Digital akan memberikan pembahasan pentingnya social media branding bagi bisnis Anda.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing? Ayo Bahas Lengkap Seluk-beluknya!

Pentingnya Social Media Branding

Berdasarkan tujuan dan perannya, Anda bisa melihat bahwa social branding  begitu penting bagi suatu bisnis.

Dimana setiap orang mencari informasi lewat media sosial, yang mana sangat potensial untuk membangun daya tarik konsumen  melalui produk Anda dengan  desain ataupun tampilan isi dari sosial media  yang menarik.

Selain itu, salah satu keuntungan memaksimalkan social branding adalah proses pemasaran bisa lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu membagikan spanduk, menyewa poster, majalah atau flyer untuk mempromosikan produk Anda. 

5 Cara membangun Personal Branding Bisnis di Media Sosial

Penasaran dengan 5 tips membangun personal branding? Berikut ini bocorannya!

1) Gunakan Platform Media Sosial yang Tepat

Media sosial terdiri dari beberapa platform yang berbeda seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Anda tidak harus menggunakan semua jenis platform media sosial untuk menciptakan kesadaran merek.

Karena terlalu banyak menggunakan platform media sosial membuat pemasaran media sosial Anda tidak efektif dan sulit membangun brand awareness.

Oleh karena itu, gunakan hanya salah satu media sosial yang sering digunakan pelanggan target Anda.

Jika target pelanggan Anda adalah profesional, relatif lebih tua, dan memiliki model bisnis B2B (business to business), maka  Facebook dan LinkedIn adalah platform media sosial yang cocok untuk Anda gunakan.

Namun bila target pelanggan Anda relatif masih muda dan perusahaan Anda menjalankan model bisnis B2C (business to customer), maka Instagram adalah platform yang tepat untuk Anda. 

2) Optimalkan Akun Media Sosial Kamu

Mengoptimalkan akun media sosial juga menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu di sosial media. Akun media sosial yang lengkap akan membuat banyak orang mengenal bisnis kamu.

Ada 3 bagian penting yang harus Anda optimalkan pada akun media sosial:

a. Profile Picture pada Akun Media Sosial

Biasanya konsumen akan mudah mengenal dan mengingat suatu bisnis melalui profile picture yang digunakan pada media sosial. Maka dari itu gunakanlah logo bisnis Anda  sebagai profile picture.

b. Rincian Kontak yang Bisa Dihubungi

Langkah selanjutnya,  Anda  harus mengoptimalkan akun media sosial pada bagian kontak yang bisa dihubungi konsumen jika mereka mulai tertarik untuk menggunakan bisnis Anda.

Cantumkan alamat website, nomor telepon, nomor WhatsApp, link marketplace dan katalog produk Anda. Dengan begitu konsumen mudah terhubung dengan bisnis Anda.

c. Deskripsi Singkat Mengenai Bisnis

Bagian ini merupakan bagian yang mendeskripsikan identitas bisnis Anda. Bisa berisi penjelasan singkat mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tujuan adanya deskripsi bisnis yaitu agar konsumen mengerti dan lebih mengenal bisnis Anda.

3) Memiliki Ciri Khas atau Pembeda

Hal yang tidak kalah penting dalam melakukan social branding adalah dengan menyajikan ciri khas menarik. Jika hanya menawarkan produk secara monoton, maka branding produk Anda tidak akan berhasil.

Salah satu contoh ciri khas yang dapat Anda gunakan untuk membuat branding produk yaitu jargon atau tagline dari postingan produk Anda. Misalnya seperti jargon Hilo Teen “Tumbuh tuh ke atas nggak ke samping”.

Selain itu desain logo yang elegan dan menarik akan berpengaruh dalam membangun personal branding social media Anda.

4) Jenis Konten

Kemudian setelah target audiens selesai, selanjutnya adalah jenis konten yang akan Anda posting di media sosial sebagai branding.

Misalnya jika di IG bisa berupa feed, IG story, reels atau siaran langsung. Tergantung dari bagaimana Anda menentukan kebutuhan konten tersebut.

Masing-masing memiliki fungsinya sendiri dan keefektifan dalam menjangkau interaksi audiens.

5) Tampil Secara Interaktif dengan Audiens

Setelah itu Anda harus mengupayakan untuk membuat konten-konten interaktif agar lebih dekat dengan konsumen.

Misalnya dengan membuat sesi tanya jawab, mengadakan giveaway, mengadakan diskon dengan waktu terbatas hingga menanggapi komentar audiens.

Giveaway bisa dilakukan ketika sedang ulang tahun bisnis Anda atau bertepatan dengan hari nasional, yang mana menjadi kesempatan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

Diskon terbatas saat live juga dapat membangun sosial branding pada bisnis karena audiens akan tertarik membeli produk Anda.

Upaya-upaya tersebut secara tidak langsung akan membangun branding pada sosial media bisnis  dan membuat  kesadaran merek pada produk Anda. 

Baca Juga: 8 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah

Apa Tujuan Utama Social Media Branding?

Tujuan utama dari social media branding adalah meningkatkan kesadaran merek terhadap audiens serta pembeda produk Anda dengan produk lain di pasaran.

Bagaimana Peran Media Sosial sebagai Sarana Branding Bisnis?

Social media branding berperan sebagai sarana WOM yang efektif, membangun kepercayaan, membangun autentikasi, membangun koneksi dan kredibilitas.

Kenapa Social Media Branding Penting bagi Bisnis?

Karena konsumen melihat suatu produk melalui sosial media sehingga social media branding menjadi penting yang akan membentuk kesan pertama pada konsumen untuk melakukan pembelian.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu social media branding, tujuan, peran beserta contohnya, yang mana hal tersebut penting untuk diimplementasikan ke dalam bisnis sehingga dapat meningkatkan brand awareness produk dari bisnis Anda.

Bila Anda membutuhkan alternatif solusi untuk memulai melakukan sosial media branding, Sasana Digital menyediakan layanan training yang dapat Anda jadikan referensi. Silahkan klik banner di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini

Layanan Sasana Digital

Hubungi Kami
Halo, ada yang bisa kami bantu?